1. Rekomendasi Wisata

10 Tempat Wisata di Lampung yang Menarik dan Asyik

Lampung terkenal sebagai salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang kaya akan potensi wisata. Provinsi satu ini memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk kamu kunjungi di hari biasa maupun hari libur. Penasaran apa saja? Yuk simak artikel Advontura kali ini tentang 10 tempat wisata di Lampung yang wajib kamu kunjungi!

Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas adalah suaka gajah yang terletak di Lampung, Indonesia. Selain di Way Kambas, ada juga Pusat Latihan Gajah di Minas, Riau. TNWK didirikan pada tahun 1985 dan menjadi sekolah gajah pertama di Indonesia.

Sumber: Wikipedia

Awalnya memiliki nama Pusat Latihan Gajah (PLG), nama tersebut kemudian berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah dengan fokus pada penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan, dan konservasi gajah. Sampai saat ini, Pusat Konservasi Gajah telah melatih sekitar 300 gajah yang saat ini sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Selain melindungi spesies gajah, kamu juga dapat menemukan International Rhino Foundation di Way Kambas. Lembaga ini bertugas untuk melindungi spesies badak yang ada di Lampung supaya tidak punah.

Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung terletak di Lampung, tepatnya di Jalan Way Ratai Km 14, Desa Sidodadi, Kec. Sidodadi, Pesawaran. Pantai satu ini menawarkan pemandangan yang indah serta berbagai permainan air. Tempat ini cocok untuk liburan keluarga dan terkenal sebagai destinasi wisata terkini di Lampung.

Sumber: Native Indonesia

Daya tariknya termasuk pasir timbul dan masjid apung yang dapat kamu capai menggunakan moda transportasi kapal. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan menakjubkan dari Puncak Krakatau View. Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar, sehingga aman untuk berenang. Selain itu, kamu juga dapat menikmati berbagai wahana permainan air seperti speed boat, air tumpah, kano, sampai banana boat.

Baca Juga: Pantai Santolo, Rasakan Suasana Santorini di Garut

Pantai Duta Wisata

Pantai Duta Wisata di Bandar Lampung adalah tempat yang tenang dan cocok untuk penyembuhan. Tempat wisata ini juga dapat dinikmati sebagai tujuan liburan bersama keluarga atau teman. Pantai Duta Wisata memiliki pepohonan rindang dan gazebo yang nyaman untuk bersantai. Pantai satu ini memang menawarkan berbagai aktivitas yang menarik dan seru. Jika cuaca mendukung, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati pemandangan pulau-pulau di Teluk Lampung. Ada juga bukit dengan pepohonan yang memukau.

Sumber: Kompas Regional

Pantai Batu Lapis

Pantai Batu Lapis adalah salah satu pantai yang terletak di daerah Lampung Selatan. Tempat wisata satu ini memiliki karakter yang unik karena pantai yang terdiri dari batuan berlapis-lapis, tidak seperti pantai biasanya yang berupa hamparan pasir putih atau hitam dan batu karang.

Keindahan pantai dengan air laut biru yang jernih dan formasi batuan yang menumpuk dapat dinikmati di Pantai Batu Lapis Kalianda. Formasi batuan yang berlapis-lapis di tepi pantai menjadi daya tarik utama dari pantai ini, yang mungkin sulit ditemukan di lokasi lain.

Sumber: Genpilampung

Di dekat area pantai ini, kamu akan diarahkan menuju Pantai Batu Lapis. Karena, kamu akan banyak menemukan arahan yang ada di pinggir jalan, berisi rute menuju ke Pulau Mengkudu dan Pantai Batu Lapis. Kita bisa menyewa kapal untuk menuju pantai ini atau kita bisa masuk melalui Pantai Kahai, yang terletak tidak jauh dari Pantai Batu Lapis. Kamu hanya perlu mengambil arah kiri sampai ke tepi pantai. Di sana, kamu akan banyak menemukan persewaan kapal untuk menuju ke Pantai Batu Lapis dan Pulau Mengkudu.

Danau Tirta Gangga

Danau Tirta Gangga di Lampung Tengah menarik perhatian dengan keindahan danau yang eksotis, mirip dengan yang ada di Pulau Bali. Selain sebagai destinasi wisata, danau ini juga sering menjadi sebagai tempat beribadah, terutama bagi pemeluk agama Hindu. Di tengah Danau Tirta Gangga, terdapat pura yang terapung di atas air dan patung Bima sedang bertarung dengan Naga Nemburnawa, menggambarkan kisah dalam pewayangan Dewa Ruci.

Sumber: Inspirasi Anvontur

Pantai Klara

Pantai Klara, meskipun namanya terdengar seperti nama seseorang, sebenarnya merupakan singkatan dari Kelapa Rapat. Nama tersebut berasal dari area sekitar pantai sendiri yang ditumbuhi oleh pohon kelapa dengan jarak cukup rapat di sepanjang kawasannya.

Sumber: Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran

Pantai Klara merupakan tujuan wisata yang sangat populer di kalangan penduduk Lampung, karena keindahan alamnya yang memukau dan ombak yang tenang. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan di laut, seperti berenang atau bermain air. Tempat wisata ini juga terkenal akan pasir putihnya yang lembut dan tidak menusuk.

Pantai  ini terletak di Padang Cermin, Pesawaran, Lampung. Tempat wisata ini dapat kamu capai dalam waktu sekitar 30-60 menit dari Bandar Lampung. Tiket masuknya terjangkau dan mencakup akses ke dua pintu pantai, yaitu Pantai Klara 1 dan Pantai Klara 2. Pantai ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 19.00 WIB.

Curup Lestari

Curup Lestari adalah destinasi wisata berupa air terjun setinggi sekitar 30 meter yang ada di Lampung Tengah. Air terjun ini memiliki nuansa yang alami karena sekelilingnya masih dipenuhi oleh alam hutan yang masih asri dan rimbun.

Sumber: Inspirasi Anvontur

Curup Lestari adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kota Batu, Pubian, Lampung. Air terjun wisata ini adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan, baik  pada hari biasa maupun hari liburan. Air terjun yang indah dan nuansa yang masih asri membuat tempat ini harus kamu kunjungi ketika mengunjungi Lampung!

Museum Lampung

Museum Lampung, juga terkenal sebagai Museum Tanah Lampung, adalah museum terbesar dan pertama di provinsi Lampung. Terletak di Kota Bandar Lampung, museum ini menawarkan berbagai koleksi yang membanggakan. Letak Museum Lampung terbilang strategis dan mudah kamu jangkau dari pusat kota Bandar Lampung.

Sumber: Wikipedia

Boemi Kedaton Mall

Boemi Kedaton Mall merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang terkenal di Lampung. Lokasi pusat perbelanjaan ini berada di Jalan Teuku Umar No.1, Kedaton, Bandar Lampung. Pusat perbelanjaan ini ini berada di persimpangan jalan dan berdekatan dengan Fly Over Kedaton yang baru resmi berdiri pada awal tahun 2018. Untuk masuk ke area mall, kamu dapat melalui Jalan Sultan Agung, sedangkan pintu keluar terletak di Jalan Teuku Umar, Bandar Lampung. Lokasi Mall Boemi Kedaton sangat strategis, dengan akses yang mudah kamu jangkau, dan berada di pusat kota yang dilalui oleh berbagai angkutan umum.

Sumber: Wikipedia

Pulau Pahawang

Pulau Pahawang di Lampung adalah destinasi pantai utama yang memikat seperti Maladewa dan mempesona para wisatawan. Tidak mengherankan bahwa pantai ini sering menjadi incaran pengunjung yang berlibur ke Lampung.

Sumber: Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran

Pada awalnya, Pulau Pahawang di Lampung sangat sepi pengunjung, tetapi setelah pandemi, pulau ini mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan kembali. Jarak yang tidak terlalu jauh dari ibu kota juga menjadi pertimbangan bagi para wisatawan, karena mereka dapat berlibur di pulau yang menyimpan keindahan yang luar biasa.

Baca Juga: Pesona Pantai Mesra, Pantai yang Menawarkan Nuansa Mesra 

Dari 10 tempat wisata di Lampung yang sudah Advontura sebutkan, mana yang menjadi favoritmu atau ingin kamu kunjungi suatu hari? Kebanyakan tempat wisata di Provinsi Lampung memang lebih berkaitan dengan alam. Jadi, kamu dapat menyegarkan pikiran ketika berkunjung ke Lampung.

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Tempat Wisata di Lampung yang Menarik dan Asyik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan advontura! Kita akan berenang-senang lagi kali ini. Coba tebak, kamu mau kami ajak membahas tempat wisata apa? Yap, hari ini kita akan membahas tentang Air Terjun Bajuin. Air terjun ini terletak di Kalimantan Selatan. Tepatnya di Desa Sungai Bakar, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut. Berbicara tentang keindahan alam di Kalimantan memang nggak ada […]

    Trending

    Telaga Ngebel Ponorogo merupakan telaga yang menampung air dari Sungai Jeram dan membawa sebagian air dari Sungai Talun. Saluran ini dibangun mulai dari tahun 1920 hingga 1924. Manfaat utama dari pembangunan waduk ini adalah untuk untuk mengairi sekitar 10.000 hektar lahan pertanian. Namun, dalam rangka untuk memaksimalkan pemanfaatan air yang terdapat dalam telaga ini, maka […]