25 Tempat Wisata di Surabaya Terkeren & Sudah Dibuka 2022

Tempat Wisata di Surabaya
Tempat Wisata di Surabaya (sumber: Pexels)
Daftar isi

Tempat wisata di Surabaya itu banyak, lho! Kota Surabaya, dikenal dengan gelar ‘Kota Pahlawan’-nya ini ternyata menyimpan banyak hidden gems berupa tempat wisata yang memukau.

Untuk kamu yang sudah tidak sabar untuk jalan-jalan dan melepaskan penat, cobalah berkunjung ke Surabaya, karena Surabaya memiliki banyak tempat wisata yang sudah dibuka dan boleh dikunjungi semasa pandemi.

Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Surabaya Sudah Dibuka 2022

Sudah tidak sabar mengetahui tempat wisata di Surabaya mana saja yang bisa kalian kunjungi? Berikut ini rekomendasi terbaiknya untuk kamu!

1. Ekowisata Mangrove Surabaya

Ekowisata Mangrove Surabaya merupakan destinasi wisata Surabaya yang cukup populer. Ekowisata Mangrove adalah tempat wisata di Surabaya yang menyajikan hamparan pemandangan hijau dan eyecatching di tengah teriknya cuaca di Surabaya.

Ekowisata Mangrove Surabaya (sumber tertera)

Untuk dapat berkunjung ke Ekowisata Mangrove Surabaya ini, kamu hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 25.000 saja. Ekowisata mangrove sendiri bertempat di daerah Wonorejo, Kecamatan rungkut, Kota Surabaya. Jika kamu menyukai wisata alam, Ekowisata Mangrove bisa menjadi pilihan destinasi wisata Surabaya yang patut dikunjungi.

Artikel Terkait

2. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam, destinasi wisata Surabaya yang recommended! Monumen Kapal Selam merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang sudah dibuka. Tempat wisata ini memiliki keunikan, yaitu kapal selam pada monumen tersebut adalah kapal selam yang digunakan untuk membebaskan Irian Barat dari Belanda di masa lampau.

Monumen Kapal Selam atau Monkasel (sumber: Surabaya Roll Cake)

Selain digemari wisatawan karena keunikannya, tarif masuk ke tempat wisata ini juga sangat murah, yaitu sekitar Rp 15.000 saja. Bagi kamu yang berminat, kamu dapat mengunjungi Monumen Kapal Selam ini di daerah Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

3. Museum De Mata Trick Eye

De Mata Trick Eye merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang sangat instagrammable. Bagi kamu yang hobi berswafoto, De Mata Trick Eye wajib menjadi referensi destinasi wisata Surabaya yang harus dikunjungi.

Museum De Mata Trick Eye 3D (sumber: Kabar Surabaya)

De Mata Trick Eye merupakan sebuah museum yang menyajikan karya-karya tiga dimensi unik, dengan banyak koleksi gambar ilusi yang mampu membuat kamu kagum karena tampaknya yang terlihat real.

Tidak mahal, kamu cukup membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 50.000 saja untuk dapat berkunjung ke tempat wisata yang ciamik ini. Bagi kamu yang tertarik, kamu dapat mengunjungi museum ini di Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya.

4. Hutan Bambu Keputih

Siapa sangka bahwa hutan Bambu Keputih yang hijau nan asri ini, dahulunya adalah bekas tempat pembuangan sampah. Kini, Hutan Bambu Keputih telah menjadi salah satu destinasi wisata Surabaya. Hutan Bambu Keputih merupakan tempat wisata di Surabaya yang sederhana namun worth it untuk dikunjungi.

Hutan Bambu Keputih Surabaya (sumber @ekamerrisaputri_ on Instagram)

Selain hutan pohon bambu, tempat wisata ini juga memiliki taman Bunga Sakura yang akan membuat kamu merasa sedang liburan di Jepang.  tempat wisata di surabaya yang berupa hutan bambu ini  berada di kawasan Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Kamu tidak akan dipungut biaya masuk saat mengunjungi tempat ini, alias gratis!

5. Food Junction Grand Pakuwon

Saat melakukan kunjungan wisata di Surabaya, tak lengkap rasanya jika tak mampir kulineran terlebih dahulu. Jika kamu menyukai wisata kuliner, kamu dapat mengunjungi Food Junction Grand Pakuwon saat berkunjung ke Surabaya. Food Junction Grand Pakuwon merupakan tempat wisata di Surabaya yang selalu ramai pengunjung karena tempat ini menyediakan berbagai macam kuliner.

Food Junction Grand Pakuwon Surabaya (sumber Sikidang.com)

Sembari menikmati hidangan kuliner yang ada, matamu akan dimanjakan oleh pemandangan danau buatan yang ada di sana. Jika kamu tertarik untuk kulineran di tempat wisata Surabaya ini, kamu dapat mengunjunginya di Jl. Grand Banjar Boulevard, Kota Surabaya.

6. Kenjeran Park

Kenjeran Park, atau yang akrab disebut dengan Kenpark, bisa menjadi referensi wisata kamu bila berkunjung ke Surabaya.  Tempat wisata di Surabaya yang terletak tidak jauh dari Pantai Kenjeran ini menyajikan berbagai spot foto yang instagrammable, sangat cocok bagi kamu yang gemar berswafoto.

Kenjeran Park Surabaya (sumber @dodi.valerio27 on Instagram)

Contoh spot foto yang ramai dikunjungi wisatawan kala plesiran di Kenjeran Park ialah Kelenteng Sanggar Agung, dan bangunan tiruan Temple of Heaven seperti di China. Untuk dapat mengunjungi Kenjeran Park, kamu hanya perlu membayar tiket seharga Rp 125.000 saja. Kamu dapat mengunjungi tempat wisata di Surabaya yang satu ini di kawasan Jl. Pantai Ria Kenjeran, Kota Surabaya.

7. Taman Mayangkara

Taman Mayangkara merupakan tempat wisata di Surabaya yang bernilai sejarah, dan terletak tak jauh dari Stasiun Wonokromo. Taman Mayangkara memiliki monumen yang khas, yang mana akan terlihat sebuah patung megah Mayor Djarot Soebiantoro (Pimpinan Batalyon 503 Mayangkara) yang sedang menaiki kuda putih nan cantik.

Taman Mayangkara Surabaya (sumber @mumun96 on Instagram)

Saat berkunjung ke tempat wisata Surabaya ini, kamu dapat menambah wawasan mengenai sejarah serta pertempuran yang pernah terjadi di Surabaya, saat melawan Belanda.  Untuk berkunjung ke tempat wisata di Surabaya yang ini, kamu tidak akan dikenai biaya masuk, dan dapat dikunjungi selama 24 jam penuh. Tertarik?

8. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay merupakan tempat wisata di Surabaya yang terletak di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak. Surabaya North Quay merupakan destinasi wisata Surabaya yang memadukan pusat perbelanjaan, wisata kuliner lokal, serta pemandangan indah kapal pesiar yang sedang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak.

Surabaya North Quay (sumber Tribun Jatim)

Best view untuk berkunjung ke Surabaya North Quay adalah pada malam hari, karena pengunjung akan disajikan lampu-lampu cantik yang terpasang di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak. Terang benderang malam dan gemerlap lampu warna-warni akan membuat kamu merasa lebih bahagia kala mengunjungi tempat wisata ini.

9. Kebun Bibit Wonorejo

Tempat wisata di Surabaya tak melulu tentang pusat perbelanjaan dan museum. Jika kamu menyukai tempat wisata yang asri dengan pepohonan yang rimbun, kamu dapat mengunjungi Kebun Bibit Wonorejo. Selain menyuguhkan pemandangan alam yang menyegarkan mata, Kebun Bibit Wonorejo juga menjadi tempat wisata di Surabaya yang edukatif, khususnya bagi anak-anak.

Kebun Bibit Wonorejo Surabaya (sumber @sulis.system on Instagram)

Kamu dapat menikmati wisata outbound serta memberi makan rusa, yang tentu menyenangkan untuk liburan keluarga. Kebun Bibit Wonorejo berada di daerah Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, dan kamu tak akan dikenai biaya karcis bila berkunjung ke destinasi wisata Surabaya satu ini.

10. Taman Flora Bratang

Salah satu tempat wisata di Surabaya yang sederhana adalah Taman Flora. Sebuah taman yang terletak di daerah Bratang, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya ini begitu asri dan cocok untuk dijadikan tempat piknik bersama orang-orang tersayang.

Taman Flora Bratang Surabaya (sumber Pasar Surya)

Taman Flora juga merupakan destinasi wisata Surabaya yang ramah anak, karena di sana terdapat fasilitas bermain untuk anak-anak. Taman Flora tidak mematok tarif masuk untuk wisatawan, sehingga siapapun bisa berwisata dengan gratis di Taman Flora Bratang ini.

11. Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Jika berbicara tentang tempat wisata di Surabaya yang direkomendasikan, Kebun Binatang Surabaya merupakan tempat wisata Surabaya yang bisa masuk wishlist-mu. Selain karena letaknya yang berada di pusat kota, Kebun Binatang Surabaya juga mematok harga tiket yang sangat murah, yakni sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000 saja.

Anak-anak bersama dengan satwa dari Kebun Binatang Surabaya (sumber @kafza.id on Instagram)

Kamu dapat mengunjungi Kebun Binatang Surabaya di kawasan Wonokromo, Kota Surabaya. Tempat wisata Surabaya ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berwisata edukatif bersama keluarga, khususnya anak-anak.

12. Rumah Batik Surabaya

Rumah Batik Surabaya dapat menjadi tempat wisata di Surabaya yang wajib kamu kunjungi. Rumah Batik Surabaya memiliki banyak corak batik khas Jawa Timur.

Rumah Batik Surabaya (sumber Cepagram)

Di sini, terdapat sekitar 2000 macam kain batik dengan corak berbeda, beserta bahannya. Tak hanya kain batik, Rumah Batik Surabaya juga menjual produk jadi, seperti: rok batik, baju batik, dan sarung.

Berkunjung ke destinasi wisata Surabaya yang satu ini juga dapat menjadi wisata edukatif untuk kamu, karena kamu akan dapat menyaksikan pembuatan batik secara langsung. Kamu dapat mengunjungi Rumah Batik Surabaya di kawasan Sawahan, Kota Surabaya.

13. Taman Kalongan

Ingin berkunjung ke tempat wisata di Surabaya dengan low budget? Taman Kalongan dapat menjadi pilihan saat kamu ingin mengunjungi tempat wisata dan liburan dengan murah. Dengan tarif Rp 5.000 saja, kamu dapat menikmati pemandangan sekitar Taman Kalongan.

Taman Kalongan (sumber Dinas Perhubungan Surabaya)

Ornamen ikonik dari Taman Kalongan ini adalah sebuah air mancur. Bila kamu berlibur bersama anak-anak, tantu tak perlu khawatir, karena Taman Kalongan memiliki fasilitas bermain untuk anak-anak. Kamu dapat mengunjungi tempat wisata ini di daerah Krembangan, Kota Surabaya.

14. Masjid Cheng Ho

Tak hanya museum dan taman, masjid pun turut menjadi tempat wisata di Surabaya. Masjid Cheng Ho merupakan masjid yang bernuansa Tionghoa. Untuk kamu yang beragama muslim, mungkin kamu bisa menyempatkan waktu untuk beribadah dan sejenak menikmati  keindahan bangunan Masjid Cheng Ho saat berkunjung ke Surabaya.

Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya (sumber Masjid.net)

Ornamen khas yang terdapat pada masjid ini salah satunya adalah patung singa dan relief naga yang bertuliskan lafadz ‘Allah’. Masjid yang dibangun pada tahun 2001 ini didirikan untuk mengenang Laksamana Cheng Ho, seorang keturunan Tionghoa yang aktif menyebarkan agama Islam di Nusantara. Masjid Cheng Ho sendiri terletak di daerah Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

15. Jembatan Merah

Bagi kamu yang gemar berwisata dengan nuansa vintage era kolonial, kamu dapat mengunjungi Jembatan Merah. Arsitektur jembatan yang masih terjaga seakan menambah keindahan tampak Jembatan Merah. Tempat wisata di Surabaya yang bersejarah ini sering digunakan masyarakat untuk pengambilan foto pre-wedding, karena viewnya yang cantik.

Jembatan Merah Surabaya (sumber Jawa Pos)

Masyarakat sering berkunjung ke tempat ini meskipun hanya sekadar untuk berswafoto, dan menikmati pemandangan sekitar dengan jalan-jalan sore. Kamu tak perlu merogoh kocek untuk mengunjungi Jembatan Merah ini, dan kamu dapat mengunjungi tempat wisata Surabaya ini di kawasan Nyamplungan, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya.

16. De Javasche Bank

De Javasche Bank, yang kini disebut Bank Indonesia, dahulunya merupakan bank sentral Hindia Belanda. Tempat wisata berupa museum yang terletak di Surabaya ini merupakan destinasi yang menarik, karena pada museum ini kita dapat melihat berbagai koleksi mata uang.

De Javasche Bank Surabaya (sumber @pungkiwaluyo on Instagram)

Bangunan megah De Javasche Bank bercorak neo-renaissance, dilengkapi dengan ukiran-ukiran cantik di sekelilingnya. Tak perlu bayar mahal untuk mengunjungi museum ini, cukup bayar karcis seharga Rp 5.000. Saat melakukan kunjungan ke tempat wisata Surabaya, kamu dapat mengunjungi Museum De Javasche Bank di daerah Krembangan, Kota Surabaya.

17. Monumen Bambu Runcing

Ketika berkunjung ke Surabaya, siapapun pasti akan melihat Monumen Bambu Runcing ini berdiri megah di tengah kota. Tempat wisata Surabaya satu ini merupakan sebuah perlambangan senjata yang digunakan para pejuang untuk melawan penjajah di masa lampau, yakni bambu runcing. Ornamen bambu runcing yang kokoh dikelilingi oleh kolam dan air mancur, seolah menambah nilai estetika monumen ini.

Monumen Bambu Runcing Surabaya (sumber @indraiswanto84 on Instagram)

Tak jarang, masyarakat rela berhenti hanya untuk mengambil foto di sekitar Monumen Bambu Runcing ini. Bagi kamu yang belum tahu letak tempat wisata di Surabaya yang ini, kamu dapat mengunjungi Monumen Bambu Runcing di Jl. Panglima Sudirman, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

18. Kadipaten (Keraton) Surabaya

Meski nampak seperti pemukiman biasa, masih banyak yang tidak tahu bahwa gapura megah yang terletak di sekitar Alun-Alun Contong ini menyimpan nilai sejarah dan menjadi destinasi wisata di Surabaya. Gapura dengan terowongan pendek, yang biasa digunakan untuk aktivitas pedagang kaki lima ini merupakan bagian dari Keraton Surabaya.

Gerbang Kampung Keraton Surabaya (sumber @gudangkamera.surabaya on Instagram)

Bila kamu berkunjung ke tempat wisata di Surabaya yang satu ini, kamu akan melihat bangunan-bangunan kuno di sepanjang jalan perkampungan. Berwisata gratis, namun memanjakan mata dan serasa bernostalgia, itulah yang akan kamu dapatkan jika berwisata ke Keraton Surabaya.

19. Kelenteng Sanggar Agung

Seperti halnya Masjid Cheng Ho, tempat ibadah turut menjadi tempat wisata di Surabaya. Tempat peribadatan umat Kong Hu Chu ini terletak di atas laut dan menyajikan pemandangan yang memukau. Bangunan yang paling khas dari Kelenteng Sanggar Agung ini adalah Patung Dewi Kwan Im yang megah dan cantik.

Kelenteng Sanggar Agung Surabaya (sumber @citruzgrandis on Instagram)

Uniknya, Kelenteng Sanggar Agung ini memadukan ciri khas Tionghoa, Jawa, dan Bali sehingga menciptakan tampak bangunan yang luar biasa. Ornamen bagian bawah bangunan ini sangat kental dengan ciri khas Bali, sementara ornamen bagian atasnya sangat lekat dengan ciri khas Jawa.

Kamu dapat mengunjungi tempat wisata ini di kawasan Pantai Kenjeran, dengan harga biasa masuk sekitar Rp 5.000 saja.

20. Jembatan Nasional Suramadu

Jembatan Suramadu merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang berupa jembatan. Menghubungkan Surabaya dan Madura, Jembatan Suramadu ini terletak di atas laut, dengan panjang sekitar 5400 meter. Tidak berupa jembatan biasa, Jembatan Suramadu memiliki style unik, yaitu berupa jalan tol.

Jembatan Suramadu, yang menghubungkan Surabaya dan Madura (sumber tertera)

Bayangkan betapa serunya bekendara di sebuah jalan tol yang terapung di atas laut, pasti hal ini memberikan pengalaman wisata baru untuk kamu. Tepat di bagian tengah jembatan ini, terdapat sebuah lengkungan besar yang berfungsi sebagai tempat lewatnya kapal laut besar.

21. Museum 10 November

Siapa yang tak kenal dengan Museum Sepuluh Nopember di Surabaya ini? Museum yang merupakan bagian dari Tugu Pahlawan ini merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang memiliki nilai sejarah tinggi. Selain nilai sejarahnya yang dikagumi, Museum Sepuluh Nopember juga dikagumi karena corak bangunan yang mirip dengan Museum Louvre di Paris, Perancis.

Tugu Pahlawan di Museum 10 November Surabaya (sumber @aniksstya on Instagram)

Saat memasuki museum ini, kamu akan disuguhkan oleh berbagai benda bersejarah, seperti koleksi senjata dan barang-barang peninggalan Bung Tomo. Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjunginya, kamu dapat mengunjungi Museum Sepuluh Nopember ini di kawasan Alun-Alun Contong, Kota Surabaya.

22. Surabaya Museum (Gedung Siola)

Surabaya juga memiliki tempat wisata edukatif yang instagrammable, yaitu Museum Surabaya. Museum Surabaya memiliki banyak spot foto yang sangat menarik, sehingga selain mendapatkan ilmu dari nilai sejarahnya, kamu juga akan mendapatkan foto-foto cantik di sana.

Museum Siola, atau disebut juga sebagai Surabaya Modern Museum (sumber @priambodoakbar on Instagram)

Selain karena spot foto yang menarik, koleksi yang terpajang di Museum Surabaya  ini tergolong lengkap, sehingga hal ini menjadi sebuah daya tarik untuk wisatawan. Kamu dapat mengunjungi tempat wisata di Surabaya yang estetik ini di Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

23. Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe dibangun dengan tujuan untuk mengenang para anggota TNI Angkatan Laut yang gugur saat pertempuran Surabaya. Monumen Jalesveva Jayamahe terletak di daerah Tanjung Perak, Kota Surabaya. Dibangun di sisi pinggir  laut, sebuah patung yang menjadi ikon monumen itu berdiri sangat gagah dan kokoh.

Monumen Jalesveva Jayamahe Surabaya (sumber @denmas.christo on Instagram)

Selain karena bangunannya, view sekitarnyapun mampu mencuri perhatian wisatawan karena letaknya yang berada di dekat laut. Best view untuk mengunjungi tempat wisata di Surabaya yang satu ini adalah sore hari, saat dimana kamu akan dapat menyaksikan langit senja sore yang cantik.

24. Kampung Bulak

Tak hanya di Malang atau beberapa daerah lainnya, kampung warna-warni rupanya juga dapat kamu temui di Surabaya.

Kampung Bulak Surabaya (sumber Wow Keren)

Kampung warna-warni di Surabaya ini disebut dengan Kampung Bulak, yang terletak di Kecamatan Bulak, Kota Surabaya. Tempat wisata di Surabaya yang colorful ini sangat cocok untuk kawula muda yang gemar berfoto dengan background yang berwarna-warni.

Untuk mengunjungi tempat wisata ini, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 saja. Kampung Bulak ini dapat kamu kunjungi mulai pukul 08.00 hingga 22.00.

25. Monumen Suroboyo

Belum afdol rasanya jika ke Kota Surabaya tanpa mengunjungi Monumen Suroboyo, yang merupakan tempat wisata di Surabaya yang murah, namun worth untuk dikunjungi. Ornamen bergambarkan seekor buaya dan seekor ikan hiu ini seakan menjadi simbol tetap Kota Surabaya.

Selain patungnya yang khas, Monumen Suroboyo juga menyediakan spot untuk masyarakat bermain skateboard, dan taman untuk sekadar berjalan-jalan santai. Jika kamu berkunjung ke Surabaya, kamu wajib untuk mengunjungi monumen ikonik Kota Surabaya ini, di daerah Wonokromo.

Monumen atau Patung Suroboyo, simbol ikonik kota Surabaya (sumber @muharer20 on Instagram)

Setelah menyimak beberapa ulasan tentang tempat wisata di Surabaya yang menakjubkan ini, sudahkah kamu tertarik untuk berwisata atau sekadar mengunjungi Kota Pahlawan ini? Melepaskan penat dengan mengunjungi tempat wisata di masa pandemi tentu menjadi hal yang cukup penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental tetap terjaga.

Jangan lupa untuk memasukkan Kota Surabaya sebagai wishlist tempat wisata yang wajib untuk kamu kunjungi, karena banyak tempat wisata di Surabaya yang sudah dibuka. Yuk, plesiran ning Suroboyo!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *