1. Rekomendasi Wisata
  2. Wisata Alam

10 Wisata Alam di Garut yang Seru untuk Dikunjungi

Garut adalah kota yang jarang dilirik wisatawan. Padahal, banyak sekali tempat wisata yang ada di kota satu ini, lho! Kira-kira apa saja tempat wisata di Garut? Yuk, baca penjelasan Advontura kali ini tentang 10 wisata alam di Garut yang seru untuk dikunjungi.

Situ Bagendit 

Situ Bagendit merupakan salah satu danau yang berlokasi di Garut. Danau ini adalah salah satu destinasi wisata terpopuler di Garut dan banyak dikunjungi oleh wisatawan  Untuk dapat masuk ke danau satu ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang dan belum termasuk biaya parkir. 

Sumber: Wikipedia

Situ Bagendit terletak di Kampung Cipare, Desa Sukamukti, Garut. Danau ini sudah ada sejak zaman dahulu. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam di sekitar danau dengan menggunakan rakit atau perahu bebek. Setelah mengalami renovasi, tempat ini menjadi lebih bersih dan mulai menarik minat masyarakat dari luar Garut.

Desa Wisata Sindangkasih

Desa Wisata Sindangkasih terletak di Desa Sukamaju, Kabupaten Garut. Wisata alam Garut satu ini merupakan bukti nyata dari semangat gotong-royong masyarakat di Kampung Sindangkasih. Desa Wisata yang berdiri pada tahun 2019 ini diresmikan oleh Rudy Gunawan, Bupati Garut, pada bulan September 2020.

Sumber: Travel Kompas

Harga tiket masuk ke desa wisata ini juga tergolong cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp5.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak. Bagi kamu yang ingin mencoba river tubing, kamu hanya perlu membayar Rp35.000 untuk dewasa dan Rp20.000 untuk anak-anak. Pengelola desa ini menjelaskan bahwa desa ini berdiri atas keinginan masyarakat dan sepenuhnya bergantung pada swadaya masyarakat.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan adalah sebuah gunung yang bedi Krlokasi ec.Cisurupan, Kabupaten Garut. Papandayan terkenal dengan beberapa kawahnya yang indah, seperti Kawah Baru, Kawah Nangklak, Kawah Mas, dan Kawah Manuk, yang sering mengeluarkan uap dari dalam kawah.

Sumber: Wikipedia

Bagi kamu yang menggunakan transportasi umum dari Jakarta atau Bandung, kamu dapat menuju ke Terminal Guntur Garut terlebih dahulu. Setelah itu, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju kaki gunung. Jika tiba di Terminal Guntur Garut pada dini hari, kamu dapat menggunakan angkot yang mengarah ke pertigaan Pasar Cisurupan. Setelah itu, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menumpangi mobil pick-up yang siap sedia untuk mengangkut pendaki. Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, kamu dapat langsung menuju kaki gunung karena tersedia tempat parkir yang luas di sana.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Puncak Bogor yang Harus Kamu Kunjungi!

Embung Cibunar

Embung Cibunar terletak di Desa Cibunar, Kecamatan Tarogong Kidul. Wisata alam satu di Garut ini terkenal sebagai tempat yang cocok untuk memancing, berkemah, dan untuk menjauh sejenak dari keriuhan dunia. Embung ini sering ramai dengan para pemancing di akhir pekan karena lokasinya yang asri dan memiliki banyak ikan.

Sumber: SMP Plus Al Kohar

Ketika langit cerah, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah Gunung Guntur, Gunung Cikuray, dan Gunung Papandayan dari lokasi ini. Selain itu, terdapat saung atau rumah gubuk yang tersedia di Embung Cibunar sehingga banyak pengunjung yang sengaja datang ke sini hanya untuk piknik.

Kamojang Ecopark

Kamojang Ecopark adalah wisata alam yang dapat menjadi pilihanmu untuk melepas penat dan lelah. Keunikan dari tempat wisata ini adalah areanya yang sering kali diselimuti kabut yang terbilang cukup tebal. Terdapat berbagai wahana wisata dan area perkemahan yang menjadi daya tariknya. Pengelola juga telah menyediakan spot-spot foto menarik yang cocok untuk diunggah di media sosial, karena terlihat “instagramable”.

Sumber: Travelpromo

Daya tarik utama objek wisata ini adalah keindahan alam di sekitarnya. Jika melihat ke kejauhan, kamu akan dapat melihat pemandangan pegunungan yang berwarna biru kehijauan. Keindahan alamnya semakin lengkap ketika cuaca cerah, dengan langit biru dan awan putih yang menghiasi langit.

Beberapa tempat foto di Kamojang Ecopark kebanyakan terbuat dari kayu dan bambu, sehingga terlihat menyatu dengan alam sekitarnya. Selain itu, terdapat hutan dengan pohon pinus yang tertata rapi, yang semakin menambah keindahan alamya.

Pantai Santolo

Pantai Santolo terletak di Kec. Cikelet, Kabupaten Garut. Selain terkenal dengan Jeruk Garut, Kabupaten Garut juga memiliki salah satu pantai populer yaitu Pantai Santolo. Pantai ini terletak di kecamatan Cikelet, di sebelah selatan pusat kota Garut yang sering disebut sebagai Garut Selatan, Garsel, atau Garsela. Jaraknya sekitar 88 km atau memakan waktu sekitar 3,5 jam perjalanan dari Kota Garut.

Sumber: Wikipedia

Kawasan Pantai Santolo awalnya merupakan tempat nelayan menambatkan kapalnya, kemudian berkembang menjadi destinasi wisata yang indah. Aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan di sini, antara lain menikmati panorama pantai dan melihat kehidupan biota laut.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Bekasi yang Tidak Boleh Terlewatkan

Leuwi Korsi

Meskipun mungkin tidak begitu dikenal oleh banyak orang, Leuwi Korsi merupakan destinasi yang menarik bagi para wisatawan lokal. Tempat ini masih terjaga keasriannya dan jauh dari keriuhan kota. Keindahan utamanya adalah air sungainya yang sangat jernih, serta udara segar yang khas pegunungan, sehingga membuat siapa pun betah berlama-lama di sini.

Sumber: Di Garut

Tidak hanya air sungainya yang jernih, kamu juga dapat menikmati pemandangan indah tebing-tebing batu yang mengelilingi tempat ini. Bebatuan yang tersusun secara rapi di sini juga terkenal dengan nama Columnar Joint. Banyak yang menduga bahwa tempat ini merupakan salah satu situs megalitikum yang ada di Indonesia karena bentuk dan karakteristik batu-batunya yang unik.

Darajat Pass

Jika kamu warga asli Garut atau pernah tinggal di Garut, nama Darajat Pass pasti tidak asing di telingamu. Berbeda dengan pemandian air panas lainnya, Darajat Pass adalah sebuah kolam pemandian air panas sekaligus kolam bermain yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Terletak di Jalan Darajat Km. 14, Darajat Pass merupakan tempat yang wajib kamu kunjungi ketika datang ke Garut. Di sini, kamu akan menyaksikan pemandangan alam yang indah dan udara sejuk khas pegunungan begitu sampai di lokasi. Menarik bukan?

Sumber: Pixabay

Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang terletak di Garut Selatan, lebih tepatnya di Kecamatan Pameungpeuk, Desa Mancagahar. Tempat wisata satu ini memiliki garis pantai sepanjang sekitar 3,5 km dengan pasir yang eksotik dan batuan karang yang tidak kalah indahnya. Air lautnya bersih dan ombak yang cukup kuat, jadi kamu harus berhati-hati jika ingin berenang di sini.

Sumber: Wikipedia

Pantai yang indah ini melakukan pembukaan kembali pada tahun 2021 untuk merayakan penampilan barunya yang lebih fresh. Kamu juga dapat menyaksikan beberapa spot baru yang diatur dengan rapi di sekitar area pantai. Meskipun belum sepenuhnya selesai, keindahannya sudah berhasil menarik perhatian para wisatawan dari luar Garut.

Candi Cangkuang

Candi Cangkuang merupakan sebuah candi Hindu yang terletak di Jawa Barat, tepatnya di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut. Nama “Cangkuang” sendiri berasal dari tanaman pandan yang tumbuh di sekitar candi. Candi ini merupakan peninggalan candi Hindu pertama yang ditemukan di wilayah Sunda, dan merupakan satu-satunya candi Hindu di Sunda.

Sumber: Wikipedia

Candi Cangkuang memiliki hubungan dengan Kerajaan Galuh yang merupakan kerajaan Sunda pertama. Meskipun memiliki corak Hindu, terdapat makam Embah Dalem Arief Muhammad di dekat lokasi candi, yang merupakan seorang tokoh agama Islam yang dianggap sebagai leluhur penduduk Desa Cangkuang. 

Baca Juga: Pemandian Cipanas Garut – Khasiat, Tiket & Hotel Sekitar

Demikian pembahasan Advontura tentang 10 wisata alam di Garut yang tidak boleh kamu lewatkan. Kira-kira dari beberapa tempat wisata yang sudah disebutkan, mana yang masuk ke wishlist-mu?

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Wisata Alam di Garut yang Seru untuk Dikunjungi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]