Pantai Balekambang Malang: Tiket Masuk, Lokasi, & Spot Wisata

View Pantai Balekambang Malang (sumber: @pak.chee77 on Instagram)
View Pantai Balekambang Malang (sumber: @pak.chee77 on Instagram)
Daftar isi

Berdampingan dengan Kota Wisata Batu, Malang sama sekali tak kalah daya tarik bila kita berbicara soal sektor pariwisatanya. Kota Malang memiliki sejumlah tempat wisata yang menyenangkan untuk liburanmu. Bila Advonturers mencari wisata alam berupa pantai di kawasan Malang dan sekitarnya, wisata Pantai Balekambang Malang bisa menjadi salah satu solusi bagimu, guys.

Terletak di kawasan Bantur, Malang, Jawa Timur, Pantai Balekambang Malang tentu memiliki sejumlah keindahan dan fasilitas wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Bagi Advonturers yang belum kenal dengan pantai ini kamu wajib baca info Pantai Balekambang berikut ini. Siapa tahu, setelah ini kamu jadi segera beberes dan berangkat untuk trip wisata ke pantai yang sangat eye catching ini!

Sejarah Pantai Balekambang, Pantai Eksotis di Selatan Malang

Di balik keindahan dan ekostisme pantainya, ada sejarah Pantai Balekambang Malang yang juga dikenal masyarakat sekitar. Konon, ada seseorang yang membuka akses hutan Pantai Balekambang, bernama Syaikh Abdul Jalil. Syaikh Abdul Jalil dipercaya merupakan seorang ulama yang berasal dari Daerah Yogyakarta. Kini, makam Syaikh Abdul Jalil berada tak jauh dari Pantai Balekambang.

Sejarah Pantai Balekambang lainnya terdapat pada tahun 1978. Saat itu, salah satu perangkat Desa Srigonco membuka akses menuju Pantai Balekambang. Sejak saat itu, orang-orang dari luar desa dapat menggapai lokasi Pantai Balekambang. Pantai Balekambang Malang pun semakin ramai dikunjungi orang, dan lima tahun kemudian, pantai ini diresmikan oleh Bupati Malang sebagai objek wisata.

Misteri Pantai Balekambang Malang

Karena lokasinya yang berada di pantai selatan, tentu hal ini membuat pantai ini dikenal kental akan mitos serta misteri Pantai Balekambang Malang. Salah satu misteri Pantai Balekambang Malang yang santer dikenal masyarakat adalah air sekitar pantai ini dipercaya mampu membuat orang menjadi awet muda. Karena beredarnya mitos ini, banyak wisatawan yang gemar berendam, atau mengusapkan air pantai ini ke wajah mereka.

Artikel Terkait

Misteri Pantai Balekambang Malang yang lain adalah pasangan yang belum disahkan oleh pernikahan, hubungannya akan kandas bila berkunjung ke pantai ini. Namun, Misteri Pantai Balekambang yang satu ini belum bisa dibuktikan karena banyak pasangan muda-mudi yang tetap berkunjung untuk berwisata ke pantai ini. Selain itu, ada sebuah mitos yang menceritakan tentang keberadaan Sumur Pitu. 

Sumur Pitu merupakan sumur yang memiliki tujuh lubang, dan dipercaya merupakan tempat beradanya Pura Ismoyo Jati. Spot ini dikenal memiliki aura mistis yang kental. Konon katanya, banyak orang yang ingin melihat keberadaan sumur ini, namun rata-rata orang sudah menyerah di sumur pertama. Meskipun Pantai Balekambang Malang memiliki sejumlah misteri, kamu tak perlu khawatir bila ingin berwisata ke pantai ini, ya!

Lokasi & Jalan Menuju Pantai Balekambang

Sebelum berkunjung ke sana, kamu harus tahu terlebih dahulu di mana lokasi Pantai Balekambang. Lokasi Pantai Balekambang Malang terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Bantur, Malang, Jawa Timur. Jika Advonturers belum pernah sama sekali berkunjung ke pantai ini, Advontura punya rekomendasi jalan menuju Pantai Balekambang yang anti ribet untukmu. Simak dan catat baik-baik, ya!

Pantai Balekambang Malang (sumber: @fanobrott on Instagram)
Pantai Balekambang Malang (sumber: @fanobrott on Instagram)

Berangkat dari Kota Malang, bergeraklah menuju daerah Gadang. Lanjutkan perjalananmu dari Gadang, menuju daerah Kendalpayak. Kemudian, lanjutkan kembali perjalananmu menuju Desa Gondanglegi. Dari Desa Gondanglegi, menujulah ke Pantai Balekambang. Jalan menuju Pantai Balekambang dari Kota Malang berjarak sekitar 67 km, dan memakan waktu sekitar satu hingga dua jam perjalanan, guys.

Info Jam Buka & Tiket Masuk Pantai Balekambang

Setelah tahu jalan menuju Pantai Balekambang, info Pantai Balekambang Malang yang selanjutnya adalah jam buka dan harga tiket masuknya. Objek wisata Pantai Balekambang dibuka selama 24 jam non stop dan tujuh hari dalam seminggu. It means, Pantai Balekambang Malang ini buka setiap hari, guys! Selain jam bukanya yang fleksibel, harga tiket masuk Pantai Balekambang pun sangat terjangkau. Cocok bagi Advonturers yang ingin liburan menyenangkan dengan low budget!

View Pantai Balekambang Malang (sumber: @pak.chee77 on Instagram)
View Pantai Balekambang Malang (sumber: @pak.chee77 on Instagram)

Harga tiket masuk Pantai Balekambang saat hari normal adalah Rp 10.000, sedangkan harga tiket masuk Pantai Balekambang pada akhir pekan adalah Rp 15.000. Selain harga tiket masuk Pantai Balekambang, kamu juga akan dikenai biaya parkir bila kamu membawa kendaraan sendiri. Bagi Advonturers yang membawa sepeda motor, biaya parkirnya adalah Rp 5.000, sedangkan untuk mobil adalah Rp 10.000. Murah meriah, kan?

Fasilitas di Pantai Balekambang Malang

Demi menunjang kenyamanan para wisatawan, Pantai Balekambang Malang juga memiliki sederet fasilitas yang cukup memadai. Beberapa fasilitas tersebut antara lain: area parkir memadai, mushola, toilet umum, toko pakaian, penyewaan ban, warung, dan penginapan. Bicara soal penginapan di Pantai Balekambang, ada banyak pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan budget, bila kamu ingin bermalam di sekitar Pantai Balekambang Malang.

Penginapan di Pantai Balekambang pun bervariasi, dengan harga mulai dari Rp 300.000 saja. Untuk fasilitasnya? Bisa diadu! Tiap penginapan memiliki fasilitas berbeda, tentunya sesuai dengan harga sewa yang dipatok, guys. Jika Advonturers memiliki budget lebih, sesekali kamu bisa coba penginapan di Pantai Balekambang Malang ini, ya!

Spot-Spot Wisata Pantai Balekambang yang Terbaik

Setelah mengetahui sedikit info Pantai Balekambang di atas, supaya kamu semakin kepo dengan Pantai Balekambang Malang, berikut ini adalah spoiler tentang spot menarik di Pantai Balekambang Malang!

1. Tanah Lot “Wannabe”

Hmm, menurut, Advonturers, mengapa Pantai Balekambang Malang ini dijuluki sebagai Tanah Lot Wannabe? Tentu saja hal ini karena Pantai Balekambang memiliki beberapa kemiripan dengan wisata Tanah Lot, yang berada di Bali. Selain karena lautannya yang seeksotis Tanah Lot, keberadaan tempat ibadah umat Hindu di tengah lautnya pun turut menjadikan objek wisata Pantai Balekambang ini semakin mirip dengan Tanah Lot.

Pantai Balekambang, Tanah Lot Wannabe (sumber: @minacandra on Instagram)
Pantai Balekambang Malang, Tanah Lot Wannabe (sumber: @minacandra on Instagram)

Di tengah Pantai Balekambang Malang, ada sebuah pura yang berdiri megah. Pura tersebut bernama Pura Amarta Jati. Untuk bisa menjangkaunya, ada sebuah jembatan yang menghubungkan bibir pantai dengan Pura Amarta Jati. Karena kemiripan-kemiripan ini, akhirnya Pantai Balekambang Malang disebut sebagai Tanah Lot Wannabe. Menarik juga, ya!

2. Tiga Gugus Pulau di Tengah Laut

Selain keberadaan Pura Amarta Jati, jembatan penghubung, dan pantai yang eksotis, nilai estetika dari Pantai Balekambang ini tentu bertambah dengan adanya gugus pulau-pulau kecil di sekitarnya. Tak jarang, wisatawan memanfaatkan pemandangan pulau-pulau kecil ini sebagai latar belakang foto mereka. Deburan ombak yang menerjang gugusan pulau kecil ini juga menambah eksotisme Pantai Balekambang ini. 

Gugusan Pulau Pantai Balekambang Malang (sumber: @pak.chee77 on Instagram)
Gugusan Pulau Pantai Balekambang Malang (sumber: @pak.chee77 on Instagram)

Dari pinggiran pantainya, kamu sudah bisa melihat gugusan pulau-pulau kecil ini dari kejauhan. Terdengar luar biasa, kan? Intinya, berwisata ke Pantai Balekambang sama sekali bukan pilihan yang salah!

3. Jembatan Penghubung ke Pura

Di Pantai Balekambang Malang, terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan bibir pantai dengan Pura Amarta Jati. Tak jarang, jembatan ini juga menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Dari jembatan ini, kamu bisa menyaksikan eksotisme pantai beserta laut di sekelilingmu. Semakin terasa estetik dan menyenangkan bila kamu merasakan angin pantai yang sedang berhembus. 

Jembatan Pantai Balekambang Malang (sumber: @nieta_masrukhin on Instagram)
Jembatan Pantai Balekambang Malang (sumber: @nieta_masrukhin on Instagram)

Jembatan penghubung ini rupanya juga oke bila kamu jadikan spot foto. Saat mengunjungi Pantai Balekambang Malang, tak ada salahnya bila kamu menyempatkan diri untuk sejenak menyusuri jembatan ini!

4. Pura & Tempat Ibadah Hindu

Pantai Balekambang Malang disebut sebagai Tanah Lot Wannabe, tak lain tak bukan adalah karena keberadaan sebuah pura di tengah lautnya. Pura tersebut bernama Pura Amarta Jati. Letak pura yang berada di tengah eksotisnya laut, menjadi daya tarik utama wisatawan bila berkunjung kesini. Saat hari raya Nyepi, Pura Amarta Jati sangat ramai dikunjungi, karena pura ini masih beroperasi sebagai tempat ibadah. 

Pura Amarta Jati Pantai Balekambang Malang (sumber: @reareosurabaya on Instagram)
Pura Amarta Jati Pantai Balekambang Malang (sumber: @reareosurabaya on Instagram)

Bagi Advonturers yang suka berswafoto, Pura Amarta Jati mampu menjadi spot menarik bagimu, guys. Fyi, selain pura, di Pantai Balekambang juga terdapat makam dari Syaikh Abdul Jalil, yang juga ramai diziarahi wisawatan. 

5. Sunset Point Pantai Balekambang

Mengunjungi pantai tentu tak afdol bila tak menanti sunset di sana. Saat berkunjung ke objek wisata Pantai Balekambang Malang, sempatkanlah menunggu hingga matahari terbenam tiba. Ada beberapa spot menarik yang cocok untukmu menanti senja datang. Saat sunset tiba, pemandangan langit sore ditemani eksotisnya pantai, akan membuatmu terpana akan pesonanya. 

Sunset Pantai Balekambang Malang (sumber: @guntur_prabowo on Instagram)
Sunset Pantai Balekambang Malang (sumber: @guntur_prabowo on Instagram)

Sunset tersebut seolah membentuk siluet bayanganmu, sehingga akan sangat estetik bila kamu sempat memotretnya. Jadi, bagi Advonturers yang ingin berkunjung ke Pantai Balekambang, sempatkanlah untuk mengunjunginya pada sore hari untuk menikmati senja yang estetik di tempat ini!

Baca juga: Pantai Teluk Asmara: Harga Tiket Masuk, Lokasi, & Spot Foto

Begitulah sedikit info Pantai Balekambang Malang. Sepertinya, kamu harus pertimbangkan lagi jika tak mau berkunjung ke sini. Banyak keindahan alam yang akan kamu lewatkan bila melewatkan objek wisata yang satu ini. Sayang banget kan, guys?

Maka dari itu, hendaknya Pantai Balekambang Malang bisa menjadi salah satu solusi liburan bagi Advonturers sekalian. Berwisata saat pandemi itu perlu banget, loh. Namun, yang terpenting adalah kewajiban menjaga diri selama berwisata. Tubuhmu harus tetap sehat, dan harus tetap mengikuti prokes yang berlaku. Berkendaralah dengan aman saat menuju ke tempat wisata tujuanmu. Happy holiyay!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *