2022 Datang! Ini Dia 20 Tempat Wisata Tahun Baru Terfavorit

Pesta Kembang Api (sumber: @ishen21 on Instagram)
Pesta Kembang Api (sumber: @ishen21 on Instagram)
Daftar isi

Tak lama lagi, kita akan kembali merayakan tahun baru. Biasanya, perayaan tahun baru identik dengan riuh ramai masyarakat yang bersukacita merayakan datangnya tahun baru. Namun, tak sedikit juga masyarakat yang merayakan tahun baru dengan berwisata seru bersama keluarga. Jika Advonturers juga berniat untuk berwisata di malam tahun baru, sudahkah kamu menemukan tempat wisata tahun baru yang cocok untukmu?

Berwisata di manapun tentunya akan terasa menyenangkan jika kamu lewatkan bersama orang-orang tersayang, dan dengan perasaan yang penuh sukacita. Mulai dari alun-alun, pantai, hingga stadion, merupakan tempat yang recommended untuk merayakan malam pergantian tahun. Berikut ini Advontura sajikan rekomendasi tempat wisata yang sayang bila kamu lewatkan saat perayaan tahun baru. Semuanya wajib masuk daftar destinasi favoritmu saat tahun baru! 

20 Tempat Wisata Tahun Baru Paling Hits & Favorit di Indonesia

Tahun baru masih beberapa saat lagi, namun kamu wajib planning dari sekarang. Jangan sampai keseruan pergantian tahun kamu sia-siakan, check this out!

1. Monumen Nasional – Jakarta

Monumen Nasional di Jakarta memanglah selalu menjadi favorit dalam bucket list tempat wisata tahun baru di Jakarta. Saat perayaan tahun baru, kamu bisa menikmati pertunjukan video mapping dan kembang api yang berwarna-warni di sini. Hal ini menjadikan Monumen Nasional sebagai tujuan wisata di tahun baru favorit masyarakat. Bahkan, setiap tahunnya, tak hanya masyarakat asli Jakarta yang turut merayakan tahun baru di Monumen Nasional.

Monumen Nasional (sumber: @ade.irwn21 on Instagram)
Monumen Nasional (sumber: @ade.irwn21 on Instagram)

Destinasi wisata tahun baru yang satu ini tepatnya berada di Jl. Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Untuk harga tiket masuknya pun bervariasi namun tak mahal, hanya mulai dari Rp 2.000 – Rp 15.000 saja. Wah, murah sekali, bukan? Tak heran ya, bila Monumen Nasional yang menjadi ikon Kota Jakarta ini selalu ramai dikunjungi masyarakat setiap malam tahun baru. Maka dari itu, akan sayang sekali bila Advonturers melewatkan keseruannya! 

Artikel Terkait

2. Bundaran HI – Jakarta

Bundaran HI di Jakarta menjadi salah satu tempat wisata tahun baru di Jakarta yang turut menjadi favorit masyarakat. Ada panggung hiburan serta pertunjukan kembang api yang spektakuler, khususnya saat malam pergantian tahun. Momen ini tentu sayang bila kamu lewatkan, guys. Namun, karena perayaan tahun baru di Bundaran HI merupakan event outdoor, akan lebih baik bila kamu membawa jaket atau payung supaya tak kedinginan atau kehujanan.

Bundaran HI (sumber: @activitypatz.jpg on Instagram)
Bundaran HI (sumber: @activitypatz.jpg on Instagram)

Bagi Advonturers yang mungkin belum pernah ke Jakarta, atau belum pernah ke Bundaran HI, lokasi Bundaran HI sendiri berada di kawasan Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. Keseruan malam tahun baru di Bundaran HI nampaknya bisa menjadi referensi destinasi wisata tahun baru pilihan bagi kamu yang bosan merayakan malam pergantian tahun di rumah saja. Jadi, tunggu apa lagi?

3. Bromo – Malang

Siapa yang tak tertarik untuk merayakan pergantian tahun di Gunung Bromo, yang terkenal akan keindahannya. Bromo dapat kamu jadikan sebagai tujuan wisata di tahun baru pilihanmu. Tempat wisata tahun baru di Jawa Timur yang satu ini menawarkan keindahan alam sekitar pegunungan yang akan membuatmu terpana. Bila bermalam di Bromo, pastinya kamu dapat menyaksikan pemandangan terang lampu-lampu dari pusat Kota Malang.

Kawasan Wisata Bromo (sumber: @alviiansyah4 on Instagram)
Kawasan Wisata Bromo (sumber: @alviiansyah4 on Instagram)

Bayangkan betapa serunya merayakan tahun baru dan menyaksikan gemerlap kembang api dari atas sini. Tak lupa, udara sejuk mengiringi tubuhmu setiap waktunya. Duh, pokoknya, kamu sama sekali tak boleh lewatkan momen pergantian tahun bareng destinasi wisata tahun baru yang satu ini, deh!

4. Alun-Alun Kota Batu – Malang

Salah satu pilihan destinasi wisata tahun baru di Jawa Timur adalah Alun-Alun Kota Batu. Saat perayaan malam tahun baru, biasanya akan digelar pesta kembang api. View kembang apinya pun pasti terlihat lebih ciamik karena Alun-Alun Batu terletak di daerah dataran tinggi. Selagi menunggu detik-detik bergantinya tahun, kamu bisa menikmati wahana dan fasilitas yang tersedia di Alun-Alun Kota Batu.

Alun-Alun Kota Batu (sumber: @visiteastjava on Instagram)
Alun-Alun Kota Batu (sumber: @visiteastjava on Instagram)

Untuk main-main ke Alun-Alun Kota Batu, kamu tak akan dikenai biaya tiket masuk, karena alun-alun merupakan fasilitas umum. Bagi kamu yang merayakan tahun baru di Kota Batu, tak ada salahnya untuk menjadikan Alun-Alun Kota Batu sebagai tujuan wisata di tahun baru favoritmu. Lokasi dari tempat wisata tahun baru yang satu ini adalah di Jl. Diponegoro, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

5. Puncak Mahameru – Lumajang

Menanti detik-detik pergantian tahun dari puncak gunung memanglah terdengar sangat menyenangkan. Kegiatan semacam ini bisa kamu lakukan di Puncak Mahameru, Lumajang. Puncak Mahameru merupakan tempat wisata tahun baru di Jawa Timur yang menawarkan pemandangan alam eksotis di sekitarnya, termasuk saat malam hari. Menyaksikan gemerlapnya kota dari Puncak Mahameru, ditemani hangatnya kopi seduhanmu saat malam tahun baru.

Puncak Mahameru (sumber: @sisi_alam.id on Instagram)
Puncak Mahameru (sumber: @sisi_alam.id on Instagram)

Terbayang, kan, bagaimana serunya mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa saat pergantian tahun. Harga tiket masuk destinasi wisata tahun baru yang satu ini tak mahal, hanya Rp 19.000 – Rp 24.000 saja, guys. Murah meriah, kan? Lokasi dari Puncak Mahameru sendiri berada di Lumajang dan Malang. Setelah dapat spoiler keseruan merayakan tahun baru di sana, kini tak ada alasan bagimu untuk tak menjadikan Puncak Mahameru sebagai tujuan wisata di tahun baru!

6. Bukit Bintang – Bandung

Bagi Advonturers yang ingin menghabiskan malam tahun baru di daerah dataran tinggi, Bukit Bintang bisa menjadi tujuan wisata di tahun baru pilihanmu. Di Bukit Bintang, kamu bisa menikmati pemandangan malam berupa gemerlap lampu dari Pusat Kota Bandung. Pesta Kembang Api yang sedang berlangsung di pusat kota pun turut nampak dari ini. Tak heran bila Bukit Bintang menjadi tempat wisata tahun baru di Bandung yang menjadi favorit masyarakat.

Bukit Bintang Bandung (sumber: @javascenery on Instagram)
Bukit Bintang Bandung (sumber: @javascenery on Instagram)

Selain itu, udara di sekitar Bukit Bintang ini juga sejuk. Destinasi wisata tahun baru yang satu ini pasti mampu memberikan ketenangan bagimu. Bukit Bintang sendiri terletak di kawasan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Harga tiket masuknya pun tak mahal, hanya sekitar Rp 15.000 saja. Tempat wisata tahun baru di Bandung satu ini cocok bagi Advonturers yang ingin seru-seruan saat malam tahun baru dengan budget terbatas!

7. Jembatan Suramadu – Surabaya

Jembatan Suramadu merupakan bangunan ikonik yang menghubungkan Surabaya dan Madura. Pemandangan yang nampak dari Jembatan Suramadu saat malam hari tentu saja sangat apik. Maka dari itu, Jembatan Suramadu nampaknya cocok menjadi salah satu tempat wisata tahun baru di Jawa Timur pilihanmu. Menghitung detik-detik pergantian tahun dengan menatap gemerlap lingkungan sekitar, tentu menjadi pengalaman yang berharga. 

Jembatan Suramadu (sumber: @maduraholic on Instagram)
Jembatan Suramadu (sumber: @maduraholic on Instagram)

Dari Jembatan Suramadu, Advonturers bisa menyaksikan pesta kembang api yang digelar dari Pusat Kota Surabaya. Meski tak ada pesta kembang api yang berlangsung di Jembatan Suramadu, eksotisme pemandangan berhias lampu-lampu terang, juga mampu menarik perhatianmu. Seru banget, kan? Jadi, kamu wajib menjadikan Jembatan Suramadu sebagai tujuan wisata di tahun baru!

8. Puncak – Bogor

Setiap tahun baru Puncak Bogor selalu menjadi tempat wisata tahun baru yang ramai didatangi wisatawan. Wisatawan yang berkunjung pun tak hanya berasal dari Bogor saja loh, guys. Saat perayaan tahun baru, ada panggung hiburan dan pesta kembang api yang akan menemanimu di sana. Selagi menanti detik-detik pergantian tahun, kamu bisa menikmati jajanan yang ada di sana, seperti jagung bakar. Terdengar seru, ya?

Puncak Bogor (sumber: @deperesort on Instagram)
Puncak Bogor (sumber: @deperesort on Instagram)

Harga tiket masuk ke destinasi wisata tahun baru yang satu ini sangat terjangkau, yakni hanya mulai dari Rp 15.000 saja. Sangat murah dibandingkan keseruan-keseruan yang akan kamu dapatkan di sana. Murah dan worth it untuk Advonturers yang menginginkan wisata seru saat malam pergantian tahun. Kamu juga bisa bermalam di penginapan yang ada di sekitar sana. Puncak Bogor wajib masuk wishlist tujuan wisata di tahun baru versi kamu!

9. Batu Night Spectacular (BNS) – Malang

Seperti namanya, Batu Night Spectacular memang selalu spektakuler pada setiap momennya, tak terkecuali saat akhir tahun. Tak heran bila BNS selalu dijadikan tempat wisata tahun baru di Jawa Timur pilihan keluarga. Banyak wahana unik yang bisa kamu nikmati di sini, seperti: rumah kaca, teater 4D, gokart, dan masih banyak lagi. Gemerlap lampu-lampu yang menerangi malam tentu menambah keseruan liburanmu di destinasi wisata tahun baru yang satu ini.

Batu Night Spectacular (sumber: @infomalangraya on Instagram
Batu Night Spectacular (sumber: @infomalangraya on Instagram)

Batu Night Spectacular hendaknya menjadi tujuan wisata di tahun baru favoritmu, karena kamu akan menemukan banyak keseruan dibalik harga tiket masuknya yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp 35.000 saja, guys. Lokasi BNS sendiri terletak di Jl. Hayam Wuruk No. 1, Oro-Oro Ombo, Batu, Jawa Timur.

10. Tanah Lot – Bali

Pulau Dewata memanglah senantiasa menjadi tujuan wisata favorit masyarakat, tak terkecuali saat perayaan tahun baru. Tanah Lot harus banget masuk list tujuan wisata di tahun baru untukmu. Menikmati indahnya sunset di penghujung tahun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak heran bila banyak orang memilih Tanah Lot sebagai tempat wisata tahun baru yang wajib dikunjungi.

Tanah Lot Bali (sumber: @iam.sayo on Instagram)
Tanah Lot Bali (sumber: @iam.sayo on Instagram)

Meski tak digelar pesta kembang api dari pihak pengelola Tanah Lot, kamu bisa membawa kembang api sendiri dan merasakan pestamu sendiri. Hal ini semakin seru ditemani dengan pemandangan sekitar Tanah Lot yang sangat indah di malam hari. Harga tiket masuk destinasi wisata tahun baru yang satu ini pun tak mahal, hanya kisaran Rp 15.000 – Rp 20.000 saja, guys! Bagi Advonturers yang tertarik untuk mengunjungi Tanah Lot saat malam tahun baru nanti, kamu dapat mengunjunginya di Desa Beraban, Kediri, Tabanan, Bali.

11. Taman Mini Indonesia Indah – Jakarta

Taman Mini Indonesia indah adalah tempat wisata tahun baru di Jakarta yang selalu menyita perhatian. Pasalnya, Taman Mini Indonesia Indah selalu mengadakan konser musik dan pertunjukan kembang api yang menarik. Namun sayangnya, saat pandemi, Taman Mini Indonesia Indah mengadakan perayaan malam pergantian tahun secara virtual. Tenang saja, hal ini tak mengurangi serunya merayakan tahun baru bersama Taman Mini Indonesia Indah.

Taman Mini Indonesia Indah (sumber: @tripzilla.id on Instagram)
Taman Mini Indonesia Indah (sumber: @tripzilla.id on Instagram)

Berjalan-jalan di TMII dapat menjadi solusi wisata tahun baru yang pas untukmu. Harga tiket masuk ke destinasi wisata tahun baru yang satu ini tak mahal, hanya mulai dari Rp 20.000 saja. Namun, kamu akan dikenai biaya tambahan bila menikmati wahana-wahana yang ada di sana, sesuai pricelist yang telah ditentukan. Lokasi dari Taman Mini Indonesia Indah sendiri berada di JL. Raya Taman Mini, Jakarta Timur.

12. Borobudur & Prambanan – Yogyakarta

Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWCB) merupakan tujuan wisata di tahun baru yang menarik. Bila perayaan tahun baru biasanya digelar di stadion, pantai, bahkan puncak gunung, merayakan pergantian tahun di objek wisata candi merupakan hal yang menarik. TWCB merupakan salah satu tempat wisata tahun baru di Jogja yang menyajikan pagelaran atraksi, pameran, bahkan ada pelepasan banyak lampion saat pergantian tahun 2020 silam.

Candi Borobudur (sumber: @jogja.istimewa on Instagram)
Candi Borobudur (sumber: @jogja.istimewa on Instagram)

Terletak tak jauh dari Jogja, Candi Borobudur dan Prambanan bisa kamu jadikan pilihan destinasi wisata tahun baru. Dengan harga tiket masuk mulai dari Rp 25.000 saja, kamu bisa merayakan dertik-detik pergantian tahun dengan lebih seru, dan tentunya dengan pengalaman yang berbeda, guys. Jika Advonturers berminat, tak usah pikir panjang, deh. Segera susun plan kamu untuk mengunjungi tempat wisata tahun baru di Jogja satu ini! 

13. Malioboro – Yogyakarta

Saat berkunjung ke Jogja, perhatian wisatawan tak pernah luput dari tempat wisata tahun baru di Jogja yang satu ini. Malioboro digemari wisatawan karena menawarkan wisata belanja dengan harga yang murah meriah. Selagi menunggu pesta kembang api yang diadakan di Alun-Alun Keraton Utara, wisatawan bisa berbelanja dengan asyik, karena Malioboro buka hingga dini hari saat perayaan tahun baru.

Malioboro Jogja (sumber: @jogjascenery on Instagram)
Malioboro Jogja (sumber: @jogjascenery on Instagram)

Jika bosan merayakan tahun baru di rumah, Advonturers bisa coba jadikan Malioboro sebagai tujuan wisata di tahun baru nanti. Di Malioboro, kamu juga bisa sejenak menyusuri sepanjang jalan Malioboro dengan menaiki delman. Naik delman, pasti akan membuatmu merasa Jogja banget! Jangan lupa juga abadikan beberapa foto, karena tempat wisata tahun baru di Jogja satu ini memiliki banyak spot instagenic untukmu!

14. Gelora Bung Karno – Jakarta

Seperti yang kita tahu, Gelora Bung Karno memiliki banyak keseruan saat perayaan malam tahun baru. Mulai dari konser dan pertunjukan panggung hiburan, hingga pesta kembang api yang meriah, tak jarang tempat wisata tahun baru di Jakarta satu ini menyita perhatian masyarakat. Jika Advonturers bosan spent time tahun baru di rumah saja, next time, kamu bisa jadikan Gelora Bung Karno sebagai tujuan wisata di tahun baru pilihanmu.

Gelora Bung Karno (sumber: @radithbali_official on Instagram)
Gelora Bung Karno (sumber: @radithbali_official on Instagram)

Destinasi wisata tahun baru satu ini bertempat di kawasan Pintu Satu Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Supaya perayaan tahun barumu makin seru, jangan lupa ajak teman-temanmu untuk seru-seruan bersama di Gelora Bung Karno, ya!

15. Tanjung Perak – Surabaya

Bagaimana jadinya bila kamu menghabiskan malam pergantian tahun di pelabuhan? Siapa sangka, Pelabuhan Tanjung Perak berubah menjadi tempat yang epic saat perayaan tahun baru. Pelabuhan Tanjung Perak bisa menjadi pilihan tempat wisata tahun baru di Jawa Timur bagimu. Menyaksikan pesta kembang api yang gemerlap, dari sebuah kapal pesiar yang sedang bersandar di pelabuhan. Hal ini tentu memberikan pengalaman berbeda untukmu. 

Tanjung Perak (sumber: @milea_sekian18 on Instagram)
Tanjung Perak (sumber: @milea_sekian18 on Instagram)

Kapan lagi kamu bisa jadikan sebuah pelabuhan sebagai tujuan wisata di tahun baru. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Pelabuhan Tanjung Perak saat malam tahun baru nanti, kamu dapat menemukannya di kawasan Perak Timur, Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur. 

16. Pantai Losari – Makassar

Perayaan pergantian tahun di Pantai Losari juga tak kalah seru. Pantai Losari bisa kamu jadikan tujuan wisata di tahun baru nanti. Tempat wisata tahun baru yang satu ini dikenal sebagai pusat kembang api beberapa tahun belakangan. Of course, kamu akan menyaksikan pertunjukan kembang api yang spektakuler di sini. Selagi menunggu pergantian tahun, kamu bisa berjalan-jalan menyusuri pantai dan menikmati kuliner yang ada di sana. Mantap banget, kan? 

Pantai Losari (sumber: @nurwhdh21 on Instagram)
Pantai Losari (sumber: @nurwhdh21 on Instagram)

Selain mendapatkan banyak keseruan, kamu juga tak akan dikenai biaya tiket masuk bila berkunjung ke destinasi wisata tahun baru yang satu ini. Namun, jika Advonturers membawa kendaraan sendiri, kamu tetap wajib membayar biaya parkir. Lokasi dari Pantai Losari sendiri adalah di Jl. Metro Tj. Bunga, Maloku, Ujung Pandang, Makassar.

17. Balikpapan Super Block – Balikpapan

Menikmati liburan akhir tahun di kawasan elit? Tak kalah seru! Balikpapan Super Block bisa kamu jadikan tujuan wisata di tahun baru. Balikpapan Super Block adalah tempat wisata tahun baru yang juga terdiri dari beberapa pusat perbelanjaan dan penginapan elit. Tak hanya berbelanja, kamu juga bisa bermalam di hotel-hotel yang ada di sekitaran Balikpapan Super Block. 

Balikpapan Super Block (sumber: @astarabalikpapan on Instagram)
Balikpapan Super Block (sumber: @astarabalikpapan on Instagram)

Tak ketinggalan, gemerlap kembang api pun turut hadir menemani detik-detik pergantian tahun. Untuk lokasinya, destinasi wisata tahun baru yang satu ini terletak di sekitaran Jl. Jendral Sudirman, Balikpapan. Jadi, untuk Advonturers yang bosan merayakan tahun baru di rumah, dan memiliki budget lebih, kamu bisa bermalam di kawasan Balikpapan Super Block ini, ya! 

18. Lapangan Benteng – Medan

Setiap pergantian tahun, Lapangan Benteng Medan selalu ramai pengunjung. Tempat wisata tahun baru yang satu ini mengadakan panggung hiburan rakyat setiap malam tahun baru. Selagi menunggu detik-detik bergantinya tahun, kamu bisa sambil menikmati aneka kuliner yang dijual di sana. 

Lapangan Benteng Medan (sumber: @sumatra_utara_infrastruktur2 on Instagram)
Lapangan Benteng Medan (sumber: @sumatra_utara_infrastruktur2 on Instagram)

Jika Advonturers bosan berdiam diri di rumah saat malam tahun baru, Lapangan Benteng bisa menjadi tujuan wisata di tahun baru nanti. Destinasi wisata tahun baru yang satu ini terletak di Jl. Pengadilan, Kel. Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara. Tak perlu pikir panjang!

19. Sanur – Bali

Pantai Sanur di Bali hendaknya wajib menjadi tujuan wisata di tahun baru bagimu. Eksotisme pantai bisa kamu nikmati di sini, khususnya saat sunset tiba. Saat pergantian tahun, kegiatan yang biasa dilakukan di tempat wisata tahun baru yang satu ini adalah mengadakan pagelaran musik dan tari. Tak ketinggalan, pesta kembang api pun turut menambah keseruan dalam perayaan tahun baru di Pantai Sanur, Bali.

Pantai Sanur (sumber: @atang_triastama on Instagram)
Pantai Sanur (sumber: @atang_triastama on Instagram)

Selain itu, destinasi wisata tahun baru yang satu ini tak mematok harga tiket masuk bagi wisatawan, alias gratis! Lokasi Pantai Sanur sendiri berada di Jl. Kusuma Sari No. 1, Sanur, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali. Murah dan sangat worth it, jadi tunggu apa lagi? Kamu wajib banget tahun baruan di Pantai Sanur, Bali ini!

20. Garuda Wisnu Kencana – Bali

Perayaan tahun baru di Garuda Wisnu Kencana, Bali, memang selalu meriah. Bahkan, saat tahun malam baru 2020, tempat wisata tahun baru yang satu ini mengadakan pesta kembang api besar-besaran, dengan sekitar 20.000 kembang api. Selain itu, keseruan malam tahun baru juga bertambah dengan adanya aneka pertunjukan yang melibatkan ratusan seniman dan artis. Pertunjukan ini memadukan budaya lokal dengan modern, guys. Menarik sekali, bukan?

Garuda Wisnu Kencana (sumber: @baliadvertiser on Instagram)
Garuda Wisnu Kencana (sumber: @baliadvertiser on Instagram)

Harga tiket masuk ke Garuda Wisnu Kencana pun cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 125.000 saja. Destinasi wisata tahun baru yang satu ini terletak di kawasan Uluwatu, Ungasan, Badung, Bali. Keseruan perayaan tahun baru di sana membuatmu tak punya alasan untuk tak menjadikan Garuda Wisnu Kencana sebagai tujuan wisata di tahun baru bagimu!

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Surabaya Terkeren & Sudah Dibuka 2021

Setelah membaca beberapa spoiler tentang pilihan tujuan wisata di tahun baru di atas, manakah yang membuatmu tertarik? Hmm, sepertinya, semuanya cocok masuk wishlist tempat wisata tahun baru versi kamu. Jika kamu bosan di rumah, hendaknya kamu segera susun rencana liburan tahun barumu, dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata tahun baru di atas.


Saat tahun baru, tentu setiap insan bersukacita. Namun, merayakan tahun baru saat pandemi belum usai, membuatmu harus ekstra berhati-hati, guys. Jika kamu memutuskan untuk merayakan detik-detik pergantian tahun di tempat wisata, hendaknya kamu harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, ya!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *