Pantai Watu Ulo: Lokasi, Rute, Tiket Masuk, & Legendanya

Pantai Watu Ulo (sumber: @mampirjember on Instagram)
Pantai Watu Ulo (sumber: @mampirjember on Instagram)
Daftar isi

Meskipun tak banyak orang tahu, Kabupaten Jember, Jawa Timur merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki potensi tersendiri dalam bidang pariwisatanya. Kota yang dikenal dengan sebutan Kota Suwar Suwir ini ternyata juga memiliki sejumlah objek wisata yang memukau. Salah satu tempat wisata yang ada di Jember adalah Pantai Watu Ulo. Watu Ulo merupakan pantai eksotis yang terletak di kawasan Ambulu, Kabupaten Jember.

Eksotisme pantai selatan yang dimiliki oleh objek wisata Watu Ulo ini sangat kental terasa, dibarengi dengan deburan ombak yang cukup besar. Kendati demikian, keindahannya pun sama sekali tak terkalahkan. Selain itu, keberadaan cerita legenda Watu Ulo yang santer dikenal masyarakat turut menjadi daya tarik tersendiri. Kamu penasaran? Yuk, simak sedikit ulasan mengenai Pantai Watu Ulo Jember Jawa Timur berikut ini!

Pantai Watu Ulo, Pantai Cantik Nan Misterius di Jawa Timur

Siapa nih, Advonturers yang suka main-main di pantai? Objek wisata Watu Ulo bisa menjadi salah satu solusi kamu, loh! Bukan tanpa alasan, karena Pantai Watu Ulo merupakan salah satu pantai yang terindah di Jawa Timur. Pantai eksotis yang dilengkapi deburan ombak khas pantai selatan ini tak pernah luput dari perhatian wisatawan, baik lokal maupun domestik. Berjemur dan piknik ala-ala di pinggiran pantainya pun nampak terasa seru, guys.

Menikmati Ombak Pantai Watu Ulo (sumber: @huzeimah_ on Instagram)
Menikmati Ombak Pantai Watu Ulo (sumber: @huzeimah_ on Instagram)

Bicara soal panorama alamya, Watu Ulo tak kalah menarik dari pantai-pantai lain yang ada di Kabupaten Jember. Eksotisme Watu Ulo seolah bertambah dengan adanya batuan besar yang dipercaya sebagai bagian tubuh dari seekor naga. Terlepas dari apapun itu, panorama alam sekitar pantai menciptakan view alam luar biasa yang sayang untuk kamu lewatkan.

Asal Usul & Legenda Watu Ulo Jember

Dibalik keindahannya, ada sebuah legenda Watu Ulo yang santer dikenal masyarakat sekitar. Seperti namanya, Watu Ulo berarti Batu Ular dalam Bahasa Jawa. Hal ini semakin memperkuat kepercayaan masyarakat, karena di Pantai Watu Ulo terdapat barisan batu yang memanjang bak seekor ular. Legenda Watu Ulo lainnya adalah batu yang membentuk ular ini dipercaya sebagai seekor naga yang sedang tertidur. Konon katanya, naga tersebut merupakan utusan Ajisaka.

Artikel Terkait

Ular naga ini dikatakan memiliki ukuran yang sangat besar. Bagian tubuh naga ini dipercaya terbentang dari Banyuwangi hingga Pacitan. Masyarakat sekitar percaya bahwa bagian kepala naga berada di Banyuwangi, tubuh naga berada di Jember, dan ekor naga berada di Pacitan. Deretan legenda Watu Ulo ini sangat menarik, namun terkait kebenarannya, belum bisa benar-benar dibuktikan.

Tiket Masuk Watu Ulo & Fasilitas

Ingin berlibur namun kantongmu sedang tipis? Tak perlu khawatir! Wisata Watu Ulo Jember bisa menjadi solusi yang sangat pas untukmu. Bagaimana tidak, harga tiket masuk Watu Ulo ini hanyalah sekitar Rp 7.500 saja. Murah sekali, bukan? Selain tiket masuk Watu Ulo, kamu juga akan dikenai biaya parkir bila membawa kendaraan pribadi. Tarif parkir untuk sepeda motor adalah Rp 2.000, sedangkan tarif parkir untuk mobil adalah Rp 5.000.

Pantai Watu Ulo (sumber: @mampirjember on Instagram)
Pantai Watu Ulo (sumber: @mampirjember on Instagram)

Terkait fasilitasnya, tentu objek wisata Watu Ulo memiliki fasilitas yang memadai demi menunjang kenyamanan para pengunjung. Mulai dari persewaan tikar, kamar mandi, area parkir memadai, hingga warung yang menyediakan kuliner khas pesisir semuanya tersedia lengkap, guys. Anyway, menyewa tikar untuk bersantai di pasir putih dan menikmati segarnya es kelapa muda yang masih utuh dengan batok kelapanya, nampak jadi opsi yang bagus untukmu.

Lokasi & Rute Pantai Watu Ulo Jember Jawa Timur

Bagi Advonturers yang belum pernah berkunjung ke objek wisata Watu Ulo, Pantai Watu Ulo Jember Jawa Timur ini berada di kawasan Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Uniknya, letak Watu Ulo ini terletak di antara dua pantai lain, yakni Pantai Papuma dan Pantai Payangan. Jadi, ketika berkunjung ke kawasan ini, kamu bisa saja mengunjungi tiga pantai sekalipun, guys. Menarik, bukan?

Terkait dengan rutenya, bila kamu ingin pergi ke Watu Ulo dan berangkat dari Jember Kota, pertama-tama kamu harus bergerak menuju Perempatan Mangli. Selanjutnya berbeloklah ke arah Kecamatan Ajung. Lanjutkan perjalananmu hingga kawasan Jenggawah. Berjalanlah terus hingga sampai di Ambulu. Selanjutnya, kamu bisa mengikuti petunjuk arah yang ada hingga sampai di Pantai Watu Ulo Jember!

Aktivitas Wisata di Pantai Watu Ulo Terbaik

Supaya kamu semakin penasaran, berikut ini rekomendasi aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di Watu Ulo Jember!

1. Bermain Air & Berenang

Bermain air dan berenang sepertinya telah menjadi hal wajib saat berkunjung ke pantai. Tak terkecuali, saat kamu mengunjungi Pantai Watu Ulo Jember. Merasakan segarnya air pantai yang membasahi tubuh memanglah menjadi keseruan. Jika kamu tak bisa berenang, kamu dapat menyewa pelampung ban di tempat persewaan yang telah disediakan. Sekedar membasahi kaki dengan percikan-percikan ombak juga terdengar seru.

Bermain Air di Pinggir Pantai Watu Ulo (sumber: @moonflights on Instagram)
Bermain Air di Pinggir Pantai Watu Ulo (sumber: @moonflights on Instagram)

Namun, hendaknya kamu perlu berhati-hati saat berenang. Hal ini karena Watu Ulo Jember merupakan kawasan pantai selatan, sehingga pantai ini memiliki ombak yang cukup besar. Selebihnya, bermain air di Pantai Watu Ulo ini tetap menyenangkan, kok!

2. Bersantai di Gunung Karang Berbentuk Kepala Ular

Pantai Watu Ulo memiliki sejumlah spot menarik. Salah satunya adalah di gunung karang berbentuk kepala ular ini. Menikmati keindahan pantai dari atas sini, akan membuatmu merasa lebih puas menatap keindahan alam sekitar Pantai Watu Ulo Jember. Selain itu, spot ini juga sangat bagus bila kamu jadikan background foto.

Gunung Karang Berbentuk Kepala Ular (sumber: @yusfin_da on Instagram)
Gunung Karang Berbentuk Kepala Ular (sumber: @yusfin_da on Instagram)

Biasanya, wisatawan juga berbondong-bondong untuk naik ke gunung karang ini, karena mereka bisa melihat keindahan hamparan laut secara luas dari tempat yang lebih tinggi. Menarik, ya?

3. Menikmati Sunset

Bermain ke pantai tentu tak afdol jika tak sejenak tinggal untuk menikmati sunsetnya. Di Pantai Watu Ulo Jember, kamu bisa menyaksikan indahnya langit senja saat sore hari. Keindahan senja ini tentu bertambah karena eksotisme pantai serta deburan ombak yang menabrak batuan karang. Bagi kamu pemburu senja, berkunjung ke Pantai Watu Ulo Jember ini sepertinya sama sekali takkan membuatmu rugi.

Langit Sore di Pantai Watu Ulo (sumber: @anfrn_ on Instagram)
Langit Sore di Pantai Watu Ulo (sumber: @anfrn_ on Instagram)

Sembari menikmati keindahan sunset, boleh juga bila kamu mengabadikan momen senja tersebut dalam kamera. Foto yang kamu hasilkan pun tentu akan sangat estetik, karena langit senja seolah membentuk siluet bagi setiap objek yang ada di sana. Mantap banget, kan? 

4. Foto di Berbagai Spot Instagrammable

Bicara soal spot instagrammable, sepertinya setiap sisi dari pantai ini merupakan spot yang Instagrammable, guys. Pantai Watu Ulo Jember memanglah memiliki segudang keindahan alam. Mulai dari pasir putih, hingga pemandangan batu karang yang berada di tengah lautnya pun sama sekali tak kalah estetik. Biasanya, spot foto favorit wisatawan adalah bibir pantai, dan gunung karang.

Spot Foto di Pantai Watu Ulo (sumber: @d4n_koko on Instagram)
Spot Foto di Pantai Watu Ulo (sumber: @d4n_koko on Instagram)

Terlepas dari itu semua, kamu akan tahu jika sudah pernah berkunjung ke tempat ini. Setiap sisi pantai ini merupakan spot yang instagenic, kok. Jadi, bagi kamu yang suka berswafoto, kamu wajib banget berkunjung ke Watu Ulo ini!

5. Berwisata Kuliner

Setelah seharian bermain di pantai, tiba saatnya perutmu merasa lapar. Kuliner khas Pantai Watu Ulo Jember ini wajib kamu cicipi. Aneka menu seafood dapat kamu temukan di sini. Namun, biasanya ikan bakar adalah menu yang paling menjadi favorit wisatawan. Kamu bisa memilih sendiri ikan apa yang ingin kamu makan, dan seberapa besar ukurannya. 

Piknik di Pantai Watu Ulo (sumber: @fikryrohmatul on Instagram)
Piknik di Pantai Watu Ulo (sumber: @fikryrohmatul on Instagram)

Selain ikan bakar, kelapa muda yang masih utuh dengan batoknya turut menjadi favorit masyarakat. Menikmati segarnya air kelapa setelah makan ikan bakar mampu menjadi obat lelahmu sesudah lelah bermain air di pantai.

Baca juga: Pantai Balekambang Malang: Tiket Masuk, Lokasi, & Spot Wisata

Setelah mengetahui sedikit info dan legenda mengenai Pantai Watu Ulo Jember, sudahkah kamu penasaran untuk datang ke sini? Pantai Watu Ulo sama sekali tak kalah daya tarik dari pantai-pantai lain yang berada di Jember. Selain harga tiket masuk yang murah, keindahan dari Pantai Watu Ulo sendiri pasti akan membuatmu takjub. Maka dari itu, Pantai Watu Ulo sepertinya bisa menjadi solusi liburanmu di waktu senggang.

Watu Ulo selalu ramai dikunjungi wisatawan. Jadi, jangan sampai kamu kalah! Kawasan wisata ini menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat, jadi kamu wajib memakai masker dan jaga jarak saat berwisata di sini. Saat kamu berkunjung ke Jember, jangan lupa sempatkan waktumu untuk sejenak main-main ke Pantai Watu Ulo ini, ya! This gem is waiting for you guys!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *