1. Pantai

Bukit Karang Gunung Kidul: Referensi Wisata di Yogyakarta

Tempat liburan di Gunung Kidul, tidak hanya Goa Pindul dan Pantai Ngandong saja. Namun masih terdapat wisata lainnya yang mungkin belum banyak diketahui, seperti salah satunya, Bukit Karang Gunung Kidul letaknya gabung dengan Pantai Indrayanti.

Bagi para pecinta wisata alam yang mencari ketenangan dan keindahan, Bukit Karang Gunung Kidul ini bisa jadi destinasi yang tepat. Agar lebih familiar dan semakin mempersiapkan diri sebelum mengunjungi langsung, mending baca artikel buatan Advontura ini!

Seputar Bukit Karang Gunung Kidul

Salah satu daya fokus Bukit Karang Gunung Kidul ini yaitu menunjukkan keindahan melalui batu karang sekaligus keindahan alamnya. Karena letaknya masih satu tempat dengan pantai Indrayanti jadi bisa sekalian melihat sunset (matahari terbenam). Posisinya berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Letaknya diapit oleh 2 pantai yaitu Pantai Indrayanti dan Pantai Pok Tunggal. 

Sumber: Senang Rekreasi

Rute Menuju Bukit Karang Gunung Kidul

Bukit Karang Gunung Kidul ini letaknya kurang lebih 1 jam 45 menit melalui kendaraan darat. Untuk mencapainya terdapat 2 pilihan jalan bisa melalui Imogiri Barat atau Nasional III. Setelah sampai di perempatan Tepus, belok kiri ke arah Pantai Indrayanti. Sesampainya di Pantai Indrayanti, pengunjung dapat memarkir kendaraan di area parkir pantai dan kemudian berjalan kaki menuju Bukit Karang.

Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung dapat menggunakan bus jurusan Yogyakarta-Wonosari dari Terminal Giwangan Yogyakarta. Setelah sampai di Wonosari, pengunjung dapat naik ojek atau angkutan desa menuju Pantai Indrayanti, sedangkan kalau dari pusat kabupaten Wonosari durasi perjalannya hanya sekitar 50 menit. Dari Pantai Indrayanti, pengunjung hanya satu menit berjalan kaki menuju Bukit Karang.

Baca Juga: Pantai Akkarena: Sejarah, Lokasi, dan Harga Tiket

Harga Tiket & Jam Operasional Bukit Karang Gunung Kidul

Bagi yang ingin mengunjungi objek wisata ini, siapkan budget sebesar  untuk tiket masuk sebesar Rp2.000. Jika membawa kendaraan motor tarifnya adalah sebesar Rp2.000 dan mobil Rp5.000. Sebenarnya, untuk jam operasionalnya terkadang tidak menentu dan bisa berubah karena beberapa faktor seperti cuaca. Namun pada beberapa sumber tertulis jam operasionalnya adalah pada pukul 07.00 hingga 18.00.

Sumber: Kissparry

Pesona Bukit Karang

Ada alasan Bukit Karang menawarkan berbagai pesona yang menarik untuk dijelajahi. Berikut beberapa daya tarik utama dari  Bukit Karang Gunung Kidul:

Menyajikan Pemandangan Laut yang Indah

Dari sisi atas Bukit Karang, pengunjung dapat menikmati panorama laut lepas yang luas dan indah. Hamparan laut biru dengan ombak yang berdebur kencang, serta deretan pantai berpasir putih yang menawan, menjadi suguhan utama yang memanjakan mata. Ini juga cocok buat yang ingin referensi dengan melihat keindahan alam.

Banyak Spot Foto yang Instagramable

Pemandangan indah pastinya menghasilkan spot foto yang instagramable dengan berbagai latar belakang yang menarik. Pengunjung dapat berfoto dengan pemandangan laut lepas, tebing karang yang kokoh, serta pepohonan hijau yang menyegarkan. Apalagi kalau menggunakan lensa serta kamera yang memadai semakin mempercantik foto.

Sumber: Wallpaper Flare

Tempatnya Cocok Buat Healing

Bukit Karang Gunung Kidul termasuk tempat yang tenang  untuk bersantai dan menenangkan diri. Pengunjung dapat duduk di atas tebing karang sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan suara ombak yang menenangkan pikiran. Cocok banget buat yang ada keinginan buat healing dan ramah buat kaum introvert.

Melakukan Beberapa Aktivitas Seru

Di Bukit Karang, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seru, seperti trekking, camping, memancing, dan berenang di pantai. Selain itu, pengunjung juga bisa mengadakan acara supaya lebih seru melakukannya.

Baca Juga: Pantai Indrayanti Yogyakarta, Pantai Pasir Putih Elok dan Menawan

Tips Saat ke Bukit Karang

Berkunjung ke tempat wisata manapun kurang lengkap tanpa tips-tips ini. Hal ini supaya  kamu lebih banyak memiliki informasi lengkap tentang tempat yang akan kamu kunjungi dan  meminimalisir adanya kesalahan dan bisa untuk mempersiapkan langkah untuk antisipasi jika terjadi suatu hal. Berikut beberapa tips untuk kamu yang ingin berlibur Bukit Karang:

Lebih Baik Datang Saat Pagi atau Sore Hari

Waktu terbaik saat berkunjung ke Bukit Karang adalah pada pagi hari atau sore hari saat cuaca tidak terlalu panas. Alasannya jika pagi hari masih bisa merasakan udara sejuk serta tidak terlalu ramai. Sedangkan sore hari lebih cocok bagi yang senang dengan keramaian.

Sumber: Geograf.id

Bawalah perlengkapan yang sesuai dengan aktivitas yang kamu lakukan

Alangkah baiknya, kamu tentukan aktivitas dahulu apa saja yang sekiranya akan dilakukan sebelum memilih barang yang ingin dibawa. Perlengkapan seperti pelindung kepala, sunscreen, kamera, dan air minum sebaiknya kamu bawa. Sebab semua perlengkapan tersebut sangat kamu butuhkan. Terlebih kalau datangnya pas cuaca sedang panas.

Jaga Kebersihan Kawasan Wisata

Sebagai pengunjung yang baik sudah semestinya menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah sembarangan pada tempat khusus sampah, tidak mencoret fasilitas umum dan merusak tanaman yang ada. Karena bukan hanya supaya tidak mendapatkan teguran atau denda. Tapi guna untuk kenyamanan orang lain yang juga berkunjung.

Hati-Hati Saat Foto Terutama di Tebing Karang

Berfoto dengan latar belakang tebing bisa menambah kesan estetika  foto. Tapi mengingat tebing merupakan tempat yang paling rawan terjadinya kecelakaan. Tetap berhati-hatilah saat mengambil sudut di tebing, kalau perlu jangan hindari berdiri di bagian tepi tebing.

Baca Juga: Pantai Matras: Daya Tarik, Rute dan Kegiatannya yang Menarik

Jadi makin tertarik deh buat visit langsung. Kalau iya, segera buat rencana kunjungan dari sekarang. Biar pas berkunjung, sudah siap!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Bukit Karang Gunung Kidul: Referensi Wisata di Yogyakarta

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]