1. Pantai

Pantai Ujung Genteng Sukabumi: Harga Tiket, Rute & Daya Tarik

Nama Pantai Ujung Genteng Sukabumi mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat. Padahal, pantai satu ini memiliki pemandangan yang indah lengkap dengan pasir putih yang bersih.

Kali ini, Advontura akan membahas pantai kebanggaan kabupaten Sukabumi ini. Apa saja yang membuat pantai satu ini berbeda dari pantai-pantai lainnya di Jawa Barat. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Tentang Pantai Ujung Genteng

Sebelum membahas lebih jauh tentang Pantai Ujung Genteng, yuk kenali terlebih dahulu tentangnya. Nama Pantai Ujung Genteng juga banyak disebut dengan nama Ujung Gunting. Sebutan ini diambil dari lokasinya yang berada di ujung pulau dan mirip seperti bentuk gunting. Pada awalnya, Pantai Ujung Genteng bukanlah sebuah desa melainkan daerah atau tempat rekreasi pantai saja. Karena terjadi pembagian wilayah, akhirnya tempat ini berubah menjadi desa.

Sumber: Wikipedia

Daya Tarik Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Pantai Ujung Genteng memiliki daya tarik tersendiri, lho. Berikut beberapa daya tarik wisata dari pantai satu ini:

1. Hamparan Pasir Putih

Pantai Ujung Genteng merupakan destinasi yang cocok bagi para pecinta pantai dengan pasir putih. Pantai ini menawarkan pesona pasir putih yang indah dan air laut yang berwarna biru, menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan untuk menikmati keindahan alam sambil berenang. Di sekitar pantai, terdapat beberapa gazebo sederhana yang dapat digunakan untuk bersantai sambil menikmati hembusan angin laut. Lokasinya juga ramah untuk semua kalangan, sehingga kamu juga dapat mengajak saudara, keluarga, dan anak-anak ketika berkunjung ke Pantai Ujung Genteng.

2.Bermain Ayunan di Pinggir Pantai

Di Pantai Ujung Genteng, terdapat fasilitas pelengkap yang dapat kamu nikmati secara gratis. Salah satunya adalah ayunan cinta yang terletak di tepi pantai. Ayunan ini menjadi daya tarik utama yang sering menjadi favorit para pengunjung. Selain itu, banyak orang yang juga menyukai berkemah di atas pasir putih bersama teman atau keluarga. Dari pantai ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan spektakuler matahari terbenam dan matahari terbit.

3. Beragam Kegiatan

Salah satu tujuan terbesar wisatawan datang ke Pantai Ujung Genteng adalah karena banyaknya kegiatan yang ditawarkan di sini. Di sisi lain, kombinasi indah hamparan pasir putih dan kejernihan air laut juga menjadi daya tarik utama pantai ini. Selain itu, selama berada di sini, kamu juga dapat menikmati berbagai kegiatan menarik, seperti menangkap lobster bersama nelayan setempat. Tidak hanya itu, jika beruntung, kamu juga bisa menyaksikan momen langka ketika penyu sedang bertelur di pantai ini.

4. Wisata Kuliner

Setelah puas menyaksikan sunset, bersantai di pasir putih, dan menyaksikan penangkaran penyu. Kamu akan menemukan berbagai hidangan lezat olahan hasil laut, seperti ikan layur bakar, tumis gurita, hingga hidangan mata lembu, yang merupakan sejenis siput yang biasanya ditemukan menempel pada bebatuan karang di sekitar Pantai Ujung Genteng.

Rute ke Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng terletak di Jalan Kelapa Condong, Ujung Genteng, Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Lokasi ini dapat kamu akses menggunakan kendaraan umum maupun pribadi, memberikan fleksibilitas bagi para pengunjung untuk mencapai destinasi wisata pantai yang indah ini.

Sumber: Wikipedia

Untuk menuju Pantai Ujung Genteng, diperlukan waktu perjalanan sekitar 4 jam dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bus menuju Sukabumi, Jawa Barat. Setelah tiba di Sukabumi, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Sukabumi. 

Pantai ini terletak cukup jauh dari keramaian, sehingga sangat cocok bagi mereka yang ingin menikmati suasana yang segar dan tenang. Meskipun perjalanan untuk mencapai daerah Ujung Genteng memakan waktu yang cukup lama, kamu dijamin tidak akan merasa bosan selama dalam perjalanan. Saat menuju destinasi, kamu akan dapat menyaksikan pemandangan alam yang luar biasa indah dan masih tergolong asri.

Harga Tiket Masuk

Biaya tiket masuk ke Pantai Ujung Genteng terbilang sangat terjangkau. Untuk menikmati keindahan pasir putih dan bermain di pantai kebanggaan Sukabumi ini, kamu hanya perlu membayar Rp10.000 per orang. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, tambahan biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Cukup murah bukan?

Jam Buka Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Pantai Ujung Genteng dapat dikunjungi oleh umum sepanjang waktu, 24 jam penuh, ketika berada di Sukabumi. Namun, disarankan untuk tidak membawa kendaraan saat malam atau dini hari karena keamanan kurang terjaga pada saat-saat tersebut. Untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah, kamu dapat datang pada pagi dan sore hari. Pada waktu tersebut, kamu dapat menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam yang mempesona dari tepi pantai.

Wisata Lain di Sekitar Ujung Genteng

Curug Cikaso

Curug Cikaso belakangan ini semakin populer dan hampir sebanding dengan kepopuleran Pantai Ujung Genteng. Hal ini wajar mengingat di lokasi tersebut, pengunjung dapat menikmati keindahan tiga air terjun sekaligus, yaitu Curug Asepan, Curuh Aki, dan Curug Meong. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter, dan tebing seluas 100 meter. Di bawah air terjun, terdapat kolam berwarna kebiruan yang bisa kamu gunakan untuk berendam, berenang, dan juga bermain air. Kamu dapat berkunjung pada pagi hari agar dapat menikmati pemandangan dan suasana segar lebih lama. Kamu hanya perlu membayar Rp4.000 saja untuk tiket masuk ke Curug Cikaso.

Sumber: Wikipedia

Curug Cigangsa

Di wilayah wisata Ujung Genteng, tidak jauh dari Curug Cikaso, terdapat sebuah curug lain bernama Curug Cigangsa. Curug ini menawarkan pemandangan alam yang sangat memukau dengan tiga tingkatan yang indah. Masyarakat setempat percaya bahwa tiga tingkatan ini terbentuk karena tanah longsor yang terjadi bertahun-tahun yang lalu. Curug Cigangsa dinamai sesuai dengan nama seorang pria bernama Gangsa, yang konon dulu membabat hutan di lokasi tersebut.

Sumber: Backpacker Jakarta

Selain keindahan air terjun, di sana juga terdapat batu masigit atau batu masjid yang menarik untuk kamu lihat. Akses menuju curug ini memang cukup sulit, karena pengunjung harus menuruni lereng yang licin dan curam. Oleh karena itu, mayoritas pengunjung yang datang ke sini biasanya masih muda dan kuat untuk naik-turun lereng. Namun, meskipun perjalanan cukup melelahkan, segala rasa lelah pasti terbayar lunas dengan pemandangan indah yang dapat kamu lihat di Curug Cigangsa.

Baca Juga: 10 Tips Touring Motor Supaya Perjalanan Aman dan Nyaman

Demikian pembahasan Advontura kali ini tentang Pantai Ujung Genteng. Pantai ini memang belum lengkap secara fasilitas, tapi kamu akan merasa puas jika berkunjung ke sini. Semoga penjelasan kali ini dapat membantumu jika berkunjung ke Sukabumi!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Ujung Genteng Sukabumi: Harga Tiket, Rute & Daya Tarik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Jalan-jalan ke taman wisata sudah, berlibur akhir pekan di pantai juga sudah. Hmm, kira-kira kita mau kemana lagi ya? Gimana kalau ke pusat perbelanjaan? Why not? Berlibur atau sekedar menghabiskan waktu luang di pusat perbelanjaan seperti Lokasari Square bukanlah ide yang buruk lho. Pasalnya,beberapa aktivitas menarik seperti bermain di arcade, karaoke, sembari berbelanja pakaian bisa […]

    Trending

    Ditengah, kurangnya teman hiburan yang ramah lingkungan di Jakarta, hadirlah Allianz Ecopark menjadi salah satu list tempat wisata yang eco friendly. Tempat ini dibangun dengan luas lahan hampir 34 hektar dengan mengubah Padang Golf Ancol menjadi sebuah sarana rekreasi yang mengusung konsep hiburan, edukasi, dan pastinya ramah lingkungan. Informasi tentang Allianz Ecopark lainnya, selengkapnya bisa […]
    Yuk, kita berlibur ke Sumatera Selatan! Kira-kira selain pemandangan alam bukit barisan yang memanjakan mata, objek wisata manakah yang seru dan juga menyenangkan? Yap, main ke Alaska Park Banjarbaru adalah pilihan yang tepat. Tempat ini merupakan sebuah taman rekreasi keluarga yang memiliki wahana yang beraneka ragam. Wahana yang tersedia pun cocok untuk segala umur. Untuk […]