Gili Ketapang: Info Snorkeling, Tiket Masuk, Lokasi, & Rute

Pasir Putih Gili Ketapang (sumber: @giliketapang_trip on Instagram)
Pasir Putih Gili Ketapang (sumber: @giliketapang_trip on Instagram)
Daftar isi

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keunggulan di bidang pariwisatanya. Misalnya, Batu, Banyuwangi, dan Jember, yang terkenal memiliki objek wisata terkenal di Jawa Timur. Dalam hal ini, Kota Probolinggo pun tak mau kalah. Sebab, Kota Probolinggo juga memiliki objek wisata yang sangat memikat, yakni obek wisata Gili Ketapang.

Lokasi Gili Ketapang adalah di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Hidden gem satu ini menyimpan sejuta keindahan yang mungkin tak banyak diketahui orang. Maka dari itu, hendaknya tempat ini bisa menjadi referensi liburanmu, Advonturers. Untuk mengetahui lebih lanjut tentangnya, kamu bisa cek ulasan berikut sampai selesai, guys!

Sejarah Gili Ketapang & Misterinya

Dibalik keindahannya, setiap tempat tentu memiliki nilai sejarahnya tersendiri, termasuk Pulau Gili Ketapang Probolinggo ini, guys. Alkisah, tempat ini dahulunya masih bernama Desa Ketapang. Desa Ketapang ini akhirnya pecah akibat adanya peperangan antara Suku Dayak, yang mendiami desa tersebut, dengan seorang penyebar Agama Islam, yakni Syech Maulana Ishaq. 

Beliau diyakini memiliki tongkat sakti, yang kemudian ia tancapkan ke tanah. Akhirnya, daratan terbelah menjadi dua, dan terciptalah nama Gili Ketapang, karena nama ini berasal dari Desa Ketapang. Selain itu, di sini terdapat sebuah gua yang menyimpan misteri.

Artikel Terkait

Gua itu bernama Gua Kucing. Masyarakat sekitar meyakini Gua Kucing sebagai petilasan dari Syech Maulana Ishaq. Hmm, ternyata, nilai sejarah dan misteri dari Pulau Gili Ketapang Probolinggo ini cukup menarik ya, guys. Namun, kamu tak perlu khawatir, selebihnya, tempat ini tetaplah tempat wisata yang worth it untukmu!

Pesona Utama Gili Ketapang Probolinggo

Sebelum menapakkan kakimu kemari, kamu perlu tahu dulu tentang apa saja pesona utama dari Pulau Gili Ketapang Probolinggo ini, guys. Check this out!

1. Pasir Putih yang Luas

Ketika berkunjung ke Pulau Gili Ketapang Probolinggo, jangan heran bila kamu dapat menyaksikan hamparan pasir putih luas nan cantik. Saat kamu belum turun dari perahu motor yang mengangkutmu menyeberang, kamu sudah dapat melihat keestetikan pasir putihnya. Di pinggiran Pantai Gili Ketapang, kamu dapat menemukan pasir putih yang bersih. 

Pasir Putih Gili Ketapang (sumber: @giliketapang_trip on Instagram)
Pasir Putih Gili Ketapang (sumber: @giliketapang_trip on Instagram)

Menapakkan kakimu di pasir putih yang lembut, diiringi oleh kehangatan sinar mentari, akan membuatmu nyaman berlama-lama di sini. Sejenak rebahan di pasir putihnya, kemudian memotret momen tersebut, bisa menjadi pengalaman berfoto yang gokil buatmu, Advonturers. Jika pasir pantainya saja sudah estetik, bayangkan bagaimana jika kamu menyempatkan diri untuk menikmati snorkeling gili ketapang. Mantul abis, deh!

2. Pemandangan Gunung dari Kejauhan

Selain dimanjakan oleh air laut yang kebiruan dan pasir putih yang lembut, gunung pun turut menjadi daya tarik saat kamu berkunjung ke objek wisata Gili Ketapang Probolinggo ini. Lokasinya yang berada di Selat Madura, seolah menyajikan keindahan alam yang sungguh memukau, perpaduan laut dan gunung yang mampu membuatmu semakin kagum dengan potensi alam Indonesia ini. 

View Pegunungan dari Gili Ketapang (sumber: @destinasi_ade on Instagram)
View Pegunungan dari Gili Ketapang (sumber: @destinasi_ade on Instagram)

Dari kejauhan, kamu akan dapat melihat pemandangan berupa gunung di sini. Perpaduan gunung dengan langit biru, serta burung-burung yang beterbangan, pasti membuatmu tak ingin buru-buru pulang dari sini. Maka dari itu, jika Advonturers memiliki niat untuk berkunjung ke sini, sepertinya kamu tak perlu pikir panjang. Gaskeun!

3. Taman Bawah Laut Nan Cantik

Bila berkunjung ke objek wisata satu ini, mungkin tak lengkap bila kamu tak mencoba snorkeling di sini. Kamu pasti akan terpana dengan aneka ragam biota laut yang terjaga keasriannya. Bunga karang, serta hewan-hewan laut yang cantik seolah membuatmu tak ingin naik ke daratan, guys. Pemandangan bawah laut yang menjadi favorit para wisatawan saat melakukan snorkeling Gili Ketapang adalah bertemu dengan Ikan Nemo yang imut-imut, guys!

Snorkeling Gili Ketapang (sumber: @giliketapang_trip on Instagram)
Snorkeling Gili Ketapang (sumber: @giliketapang_trip on Instagram)

Bagaimana, sudahkah kamu tertarik? Anyway, untuk menikmati snorkeling, kamu harus naik perahu terlebih dahulu sejauh 200 meter. Saat sudah berada di bawah laut, jangan lupa capture momen tersebut, ya. Karena momen snorkelingmu bisa jadi sangat instagenic karena dilatarbelakangi oleh pemandangan bawah laut nan cantik!

Lokasi Gili Ketapang & Rutenya

Bagi Advonturers yang belum tahu, Lokasi Gili Ketapang Probolinggo sendiri berada di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo, Jawa Timur. Setelah mengetahui lokasinya, dan jika kamu tertarik untuk mengunjungi objek wisata yang cantik ini, sudahkah kamu tahu rute perjalanannya? Jika belum, berikut ini Advontura sajikan rekomendasi rute perjalanan menuju ke sana. Simak baik-baik, khususnya bagi Advonturers yang berangkat dari Surabaya dan Malang!

1. Rute Gili Ketapang dari Surabaya

Pertama-tama, kamu harus menuju ke Kabupaten Probolinggo terlebih dahulu. Sesampainya, kamu bisa langsung menuju ke Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo. Waktu perjalanan dari Surabaya menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga adalah sekitar 1,5 jam, guys. Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi, kamu dapat memarkirkannya sesampaimu di pelabuhan. Bagi kamu yang naik kendaraan umum seperti kereta api, kamu dapat menuju pelabuhan menggunakan ojek. 

Jika sudah sampai di pelabuhan, kamu tinggal naik kapal motor untuk menyeberang ke Pulau Gili Ketapang Probolinggo. Waktu penyeberangan ini kurang lebih sekitar 30 menit. Selama perjalanan, Advonturers akan dimanjakan oleh pemandangan laut yang eksotis dan tak ada salahnya jika kamu sejenak menghirup aroma laut yang menenangkan.

2. Rute Gili Ketapang dari Malang

Jika Advonturers berangkat dari Kota Malang, tentunya pertama-tama kamu harus berkendara menuju Kabupaten Probolinggo Terlebih dahulu, guys. Jika ingin cepat sampai, bagi kamu yang mengendarai mobil, kamu dapat melewati jalan tol. Bagi yang mengendarai motor, kamu bisa melewati rute reguler non-jalan tol. Yang penting, safety riding, ya!

Anyway, sesampaimu di Kabupaten Probolinggo, kamu harus menuju ke Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo. Sesampaimu di pelabuhan, parkirkan kendaraanmu, dan naiklah kapal penyeberangan menuju Pulau Gili Ketapang. Penyeberangan ini akan memakan waktu sekitar 30 menit, guys. Selama penyeberangan, tak ada salahnya bila kamu sejenak santai menikmati perjanan dengan view laut yang indah.

Harga Tiket Masuk & Jam Buka Gili Ketapang

Harga tiket masuk Gili Ketapang Probolinggo tak mahal, namun menawarkan harga yang cukup variatif. Supaya Advonturers tidak bingung soal biaya tiket masuknya, berikut ini Advontura sajikan pricelistnya hanya untuk kamu. Jangan lupa dicatat, ya!

  • Tiket Masuk Pelabuhan : Rp 2.500
  • Biaya Parkir Motor : Rp 3.000
  • Biaya Parkir Mobil : Rp 10.000
  • Banana Boat (per enam orang) : Rp 300.000
  • Jetski (per dua orang, 20 menit) : Rp 150.000

Adapun paket wisata yang mencakup biaya snorkeling Gili Ketapang dan beberapa fasilitas lainnya, yaitu:

  • Paket 1 (Rp 100.000) : Snorkeling, Kapal PP, Peralatan Snorkeling, Makan Siang, Tour Guide, dan Foto Underwater.
  • Paket 2 (Rp 120.000) : Snorkeling, Kapal PP, Peralatan Snorkeling, Makan Siang (Cumi-Cumi Hitam), Tour Guide, dan Foto Underwater.  
  • Paket 3 (Rp 500.000) : Snorkeling, Kapal PP, Peralatan Snorkeling, Makan Siang, Tour Guide, Foto Underwater, dan Cinematic Videography menggunakan Drone.

Selain harga tiket masuk yang variatif, kamu juga perlu mengetahui jam buka dari objek wisata ini jika berminat mengunjunginya. Jam operasional dari  objek wisata ini dibedakan menjadi dua, yaitu: Pemberangkatan pukul 06.00 – 10.00, dan waktu kepulangan pukul 13.00 – 17.00. Jika Advonturers memang berminat untuk berkunjung ke sini, maka segera atur waktu dan kemasi barangmu, ya!

Setelah mengetahui sedikit spoiler tentang objek wisata Gili Ketapang Probolinggo, rasanya sangat tak mungkin bila kamu tak tertarik. Ternyata, Kabupaten Probolinggo memiliki potensi wisata yang tak main-main, ya. Maka dari itu, tempat wisata satu ini harusnya masuk dalam wishlist liburan kamu, guys.

Sebagai masyarakat Indonesia, sudah seharusnya kita turut mengangkat potensi pariwisata Nusantara. Salah satunya adalah objek wisata memukau ini. Setelahmu mampir ke sini, jangan lupa rekomendasikan objek wisata eksotis ini ke teman-temanmu juga, ya. Bila perlu, kamu juga harus tunjukkan hasil foto-foto instagenicmu selama liburan di objek wisata yang cantik ini, supaya teman-temanmu makin iri dan ingin berkunjung ke sini juga!

Baca juga: Nusa Lembongan: Rute Perjalanan & 7 Aktivitas Wisata Favorit

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *