1. Pantai

Pantai Sulamadaha: Daya Tarik, Kegiatan, dan Rute Lokasi

Saatnya travelling ke Maluku! Jika di pembahasan sebelumnya kita bersenang-senang di Indonesia bagian barat. Kali ini kita akan mengintip keindahan pantai yang ada di Ternate, Provinsi Maluku. Yap, Pantai Sulamadaha yang begitu eksotis membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sana. 

Biar makin penasaran, yuk simak perjalanan wisata di Pantai Sulamadaha berikut ini!

Daya Tarik Pantai Sulamadaha Ternate

Pantai Sulamadaha adalah salah satu pantai yang terkenal di wilayah Maluku. Bahkan di hari-hari biasa pun tak lepas dari kedatangan para pengunjung. Mereka begitu menikmati berbagai wisata yang ada di pantai ini. Tak jarang dari mereka mengabadikan momen bersama keluarga dan teman-temannya. 

Adapun spot keren yang bisa kamu nikmati seraya menghabiskan hari liburmu di pantai ini, seperti:

Laguna Saomadaha

Bermain dengan deburan ombak di pantai sudah biasa. Namun, pernahkan kamu bermain di gelombang air laut yang menenangkan? Contohnya adalah Laguna Saomadaha. Perairan tenang yang terdapat terumbu karang di dalamnya membuat siapa saja ingin menjelajah taman surgawi ini. 

Lalu, di tepi laguna Saomadaha, kamu akan melihat banyak sampan yang berjajar dengan rapi. Nah, ketika sampan ini berlayar melewati laguna, betapa mengejutkannya seolah-olah sampan tersebut seperti melayang karena kejernihan air yang luar biasa. Wah, jiwa travelling mu pasti meronta-ronta ya?

Sumber: IDN Times

 

Keindahan Alam Bawah Laut

Kejernihan air laut tersebut membuat kita bisa melihat pemandangan terumbu karang beserta biota laut yang ada di sana. Surga yang jatuh ke bumi ini menyimpan banyak keindahan yang memukau sehingga sayang sekali jika pengunjung tidak menikmatinya. 

Tentu saja, menikmatinya harus dengan cara yang baik ya kawan advontura? Jangan sampai, kita merusak atau mengambil terumbu karang dengan sesuka hati. Pasalnya, terumbu karang merupakan sebuah ekosistem laut perairan dangkal yang berfungsi untuk mencegah abrasi air laut. 

Sumber: TripAdvisor

Pesona Pantai Sulamadaha

Berbicara tentang pesona alam pantai memang tiada duanya. Di Pantai Sulamadaha, kamu bisa menikmati pasir hitam yang eksotis, bebatuan dan terumbu karang di sekitar pantai. Alih-alih mencelupkan kaki di dinginnya air laut, berenang di bibir pantai pun tidak akan membuatmu khawatir. 

Sejauh mata memandang, burung-burung berkicauan dan bersahutan kesana kemari sembari angin sepoi-sepoi menyapa rambutmu. Selanjutnya, pemandangan yang tak kalah indahnya adalah melihat Pulau Hiri di seberang. 

Bagi masyarakat Ternate, pulau tersebut menjadi saksi bisu dalam kilas sejarah pelarian seorang Sultan Muhammad Djabir Syah. Pada masa itu, beliau melarikan diri dari penangkapan Belanda dan bersembunyi di Pulau Hiri. 

Berbicara tentang keindahan Pulau Hiri, tentu kamu akan merasa takjub dengan hamparan pasir berwarna hitam yang mengitari pulau tersebut. Pasir hitam tersebut terbentuk secara alami, sehingga para pelancong ingin banyak yang ingun mengabadikan momen di sana. 

Lalu, untuk kamu penikmat pantai di malam hari tak perlu cemas ya? Saat malam hari, pantai di sini tidak akan terlihat gelap karena gazebo bermandikan cahaya lampu di tepi pantai selalu ramai pengunjung.

Fasilitas Pantai Sulamadaha

Pada bagian ini, kamu akan mengenal apa saja fasilitas yang bisa kamu dapatkan di pantai ini. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai cukup lengkap. Pertama, area parkir yang dibangun untuk pengunjung cukup luas sehingga mampu menampung kendaraan pribadi yang dibawa oleh pengunjung. 

Selanjutnya, jika pengunjung merasa kelaparan setelah bermain di pantai, mereka bisa singgah untuk makan makanan yang tersedia di sana. Kemudian, ada beberapa toilet yang tersedia serta gazebo-gazebo yang teduh yang diperuntukkan untuk pengunjung yang ingin piknik atau beristirahat.

Sumber: Pariwisata Indonesia

Di tepi pantai, juga terdapat penyewaan wahana. Pengunjung bisa memilih wahana apa yang ingin mereka nikmati. Wahana-wahana tersebut antara lain snorkeling, diving, banana boat, dan menikmati keindahan laut dengan perahu kano. 

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan 

Fasilitas yang telah disediakan akan membawamu untuk menikmati aktivitas-aktivitas seru selama liburan di Pantai Sulamadaha. Berikut ada kegiatan yang setidaknya harus kamu lakukan ketika berkunjung di sini.

Snorkeling & Diving

Kegiatan seru pertama yang pasti dilakukan adalah menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling maupun diving. Pesona alam bawah laut ini sejenak mengajakmu menikmati keindahan yang tidak bisa kamu temui di daerah perkotaan. 

Merehatkan badan dari hingar bingar rutinitas dengan snorkeling dan diving cukup ampuh mengembalikan mood mu kembali. Cahaya matahari yang menembus air laut membuat terumbu karang tampak berkilauan,lho. Di sisi lain, warna air yang sangat jernih seakan membuatmu tak ingin menyudahi kegiatan seru ini. 

Mengelilingi Pulau Hiri dengan Perahu Kano

Menikmati keindahan Pulau Hiri dengan jarak dekat juga bisa,lho guys. Pasalnya, di sini disediakan penyewaan perahu kano. Untuk berangkat ke sana, kamu hanya perlu membayar penyewaan dengan harga terjangkau. 

Dengan menikmati keindahan laguna dan mendapatkan pengalaman lebih personal dengan menaiki kano adalah pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu dengan sederhana dan berkesan. 

Bermain Air dengan Banana Boat

Ingin mencoba wahana yang lebih seru? Coba saja menaiki wahana banana boat. Dengan perahu karet memanjang, berwarna kuning cocok untuk beramai-ramai. Melepas tawa dan merasakan tubuh terkena percikan air cukup membuatmu senang kembali. 

Rasakan euforia yang mengasyikkan bersama keluarga dan teman-temanmu dengan menaiki banana boat. Eits inget, jangan sampai ketagihan ya!

Bersepeda Mengelilingi Pantai Sulamadaha

Pantai identik dengan senja. Senja yang mulai menampakkan rupanya sehingga langit akan berubah warna menjadi jingga kekuningan. Tak ada aktivitas mengesankan selain bersepeda pelan-pelan mengitari pantai . Menikmati keindahan pantai dan disambut dengan semilir angin membuat suasana semakin syahdu. Yuk anak senja, bikin momen yang berkesan untuk dikenang di sini!

Sumber: Maluku

Rute Menuju Pantai Sulamadaha

Supaya bisa sampai di Pantai Sulamadaha, kamu perlu melewati akses atau  jalan yang tidaklah sulit. Ngomong-ngomong, jarak pantai ini dari bandara hanya sekitar 6 kilometer. Sementara itu, jaraknya dari pusat kota kurang lebih 14 kilometer. Namun dari palabuhan lumayan jauh yaitu 17 kilometer. Tentunya perjalanan tersebut tidak memakan waktu berjam-jam.

Akhirnya, kita sampai di akhir pembahasan. Gimana? Sudah kebayang nggak sih jika kesana kamu mau ngapain aja? Pasti ingin mencoba semua wahana, bukan? 

Baca Juga: Danau Tolire, Wisata Alam yang Terkenal di Ternate!

Oke, sampai jumpa di pembahasan lainnya yang pasti nggak kalah seru. Selamat bersenang-senang ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Sulamadaha: Daya Tarik, Kegiatan, dan Rute Lokasi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]