1. Pantai

Pantai Ngetun: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Daya Tarik

Pantai Ngetun, sebuah destinasi yang tersembunyi di Kabupaten Gunung Kidul, menawarkan keindahan pasir putihnya yang memukau, dikelilingi oleh dua bukit atau tebing karang di sisi-sisinya. Lokasi ini menjadi tempat favorit warga sekitar untuk memancing lobster.

Kali ini, Advontura akan mengulas kecantikan Pantai Ngetun, pantai kebanggaan Gunung Kidul. Ayo, mari kita simak informasi lebih lanjutnya!

Lokasi Pantai Ngetun

Pantai Ngetun memang terletak jauh dari keramaian yang umumnya ada di pantai-pantai wisata Gunung Kidul. Perjalanan menuju Pantai Ngetun memerlukan usaha ekstra karena informasinya masih terbatas dan akses jalannya belum sepenuhnya optimal. Keistimewaan Pantai Ngetun terletak pada pesonanya sebagai pantai alami berpasir putih yang dikelilingi oleh dua semenanjung yang menjorok ke laut.

Kecantikan Pantai Ngetun sebanding dengan pantai-pantai populer di Gunung Kidul. Pasir putih yang cantik bersih, ditambah dengan lanskap bukit-bukit alami Gunung Kidul, memberikan ciri khas yang unik pada pantai ini. 

Sumber: @Jogja24Jam (Via X)

Di sekitar pantai, terdapat pepohonan rindang yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh sambil menikmati panorama sekitar. Ketika air laut surut, keindahan pantai semakin bertambah dengan munculnya karang-karang kecil, rumput laut, dan ganggang laut yang sebelumnya tertutup oleh ombak.

Pantai ini terletak searah dengan jalur menuju Pantai Nglambor atau Pantai Siung, dan diapit oleh dua bukit tinggi. Pengunjung dapat memanjat bukit untuk menikmati panorama Pantai Ngetun dari ketinggian bukit karang. 

Karena berada di antara dua bukit, pantai ini menciptakan kesan seperti teluk mungil. Pantai Ngetun umumnya belum sering dikunjungi oleh wisatawan, lebih sering menjadi pilihan bagi mereka yang suka menjelajahi tempat-tempat tersembunyi seperti Pantai Ngetun ini.

Rute Menuju Pantai Ngetun

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi pantai ini? Jika iya, kamu dapat memulai perencanaan dengan mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya adalah memiliki kendaraan yang handal. Akses menuju pantai ini cukup sulit karena jalannya masih berbatu dan belum diaspal.

Namun, justru inilah yang menambah keseruan dengan tantangan dan rintangan yang menarik. Jika kamu menggunakan kendaraan roda dua, pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima dan sehat, mengingat lokasinya yang jauh dari pemukiman. Jadi, jika ban motormu bocor, kamu mungkin harus mendorong motor sejauh berkilo-kilo menuju tempat tambal ban terdekat.

Sumber: Wisato

Jika kamu berencana mengunjungi pantai teluk kecil ini, kamu dapat melalui jalur menuju pantai Siung atau pantai Wediombo. Dari pusat kota, kamu akan menemukan plang penunjuk arah menuju kedua lokasi pantai tersebut. Lokasi Pantai Ngetun berada di barat Pantai Timang. Papan petunjuk arah menuju Pantai Ngetun sangat kecil, jadi jika kamu khawatir akan tersesat, lebih baik bertanya kepada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngetun

Pantai Ngetun merupakan destinasi wisata yang tidak memungut biaya masuk, sehingga pengunjung tidak perlu membayar retribusi untuk menikmati keindahan tempat ini. Meski demikian, terdapat biaya parkir bagi mereka yang membawa kendaraan. Tarif parkirnya cukup terjangkau, yakni Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Sumber: WS Rental

Jam Operasional

Sejak pertama kali buka hingga sekarang, pantai ini tetap buka setiap hari selama 24 jam. Hal ini memungkinkan kamu dan pengunjung lainnya dapat kapanpun mengunjungi tempat ini. Namun, disarankan untuk memilih waktu kunjungan dengan bijak, misalnya menghindari akhir pekan. Jam terbaik untuk mengunjungi adalah di pagi atau sore hari.

Daya Tarik Pantai Ngetun

Pantai yang begitu indah ini tentunya tidak akan sempurna tanpa adanya daya tarik yang dapat menarik perhatian para pengunjungnya. Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang sudah Advontura rangkum.

Menikmati Keindahan Pantai

Tidak mau kalah dengan keindahan Pantai Jungwok, pantai ini mampu sepenuhnya memukau para wisatawan yang menyaksikannya. Pesona pantai ini sungguh luar biasa dengan kecantikan dan suasan eksotisnya.

Dari kejauhan, warna biru terang alami air lautnya dapat memukau mata. Kebersihan air lautnya juga terjaga tanpa adanya limbah atau sampah yang mengganggu. Keaslian dan keasrian alam lautnya tetap terpelihara dengan sangat baik.

Bukit yang Mengapit Pantai

Daya tarik unik lainnya dari pantai ini adalah keberadaan dua bukit kembar yang berfungsi sebagai penyelubung alami pantai tersebut. Kedua bukit ini merupakan terbentuk dari batu karang besar yang permukaannya ditumbuhi berbagai jenis vegetasi. Namanya adalah Watu Bangku dan Watu Gentong.

Meskipun memiliki pemandangan pantai dengan bukit yang indah, hal ini bukanlah sesuatu yang istimewa di Gunung Kidul. Pasalnya, banyak pantai di daerah ini menawarkan pemandangan serupa, seperti Pantai Pok Tunggal dan destinasi pantai lainnya. Bukit-bukit ini sering digunakan sebagai area camping ground, dan bagian bawahnya ternyata menjadi tempat yang ideal untuk memancing.

Namun, yang membedakan adalah bukan ikan yang sering kamu temui di antara batu karang ini, melainkan lobster dengan berbagai ukuran. Kedua bukit ini juga bisa menjadi latar belakang fotografi, terutama untuk sesi foto prewedding.

Sumber: @YogyakartaCity (Via X)

Menyaksikan Matahari Terbenam dan Terbit

Saat senja menjelang, kamu akan dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam yang sungguh memukau. Sementara itu, ketika fajar menyingsing, panorama sunrise siap menyapa pagimu.

Ketika cahaya matahari pagi mulai terbit, pasir putih pantai ini terlihat semakin cerah dan berkilau akibat terpapar sinar matahari. Sekali lagi, pemandangan menakjubkan ini merupakan momen yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Ambillah gambar untuk mengabadikan keindahan tersebut dengan kameramu.

Menyaksikan Pelepasan Tukik

Rupanya, pasir pantai di sini merupakan tempat yang ideal bagi penyu untuk melakukan proses penetasan telur. Hal ini karena keadaan pantai yang cenderung sepi dan keberadaan pasir yang tetap bersih dan alami.

Tentu saja, fenomena ini menjadi langka dan menjadi daya tarik khusus dari pantai ini. Selain penyu, pasir pantai ini juga sering menjadi habitat bagi hewan laut lainnya, seperti kelomang, ubur-ubur, dan berbagai jenis fauna laut lainnya.

Baca Juga: Benteng Van der Wijck: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tariknya

Sekian pembahasan Advontura kali ini mengenai lokasi, rute, harga tiket, dan daya tarik dari Pantai Ngetun. Semoga informasi kali ini dapat memberi kamu gambaran jika datang ke pantai satu ini!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Ngetun: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Daya Tarik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]