1. Danau

Danau Toba Parapat: Daya Tarik dan Rute Menuju ke Sana

Danau Toba Parapat adalah salah satu danau terkenal di Indonesia. Danau hasil ledakan gunung api purba yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu ini memiliki luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter.

Kok itu ada Parapat-nya, min? Kamu penasaran kenapa ada Parapat dan apa yang membedakannya dari Danau Toba yang kita kenal selama ini. Yuk, simak informasi selengkapnya di artikel Advontura kali ini!

Tentang Danau Toba Parapat

Parapat adalah sebuah kelurahan yang terletak di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, yang juga mencakup wilayah Danau Toba. Terkenal sebagai Danau Toba Parapat karena posisinya yang berada di sebelah timur danau, Parapat menjadi tempat bagi danau vulkanik terbesar di dunia ini berada. 

Danau Toba lebih terasa seperti laut karena ukuran dan kedalamannya. Keberadaanya membentuk pemandangan yang menakjubkan di daerah ini.

Lokasinya sekitar 170 km dari Medan, dapat kamu capai dalam waktu sekitar 4 jam melalui tol. Keistimewaan danau ini tidak hanya terletak pada ukuran dan kedalamannya, tetapi juga karena adanya Pulau Samosir yang besar di tengahnya, dapat kamu dari Parapat.

Sumber: Wikipedia

Danau Toba sendiri terbentuk dari tiga letusan besar Gunung Toba, menciptakan dua kaldera sebelum membentuk danau. UNESCO mengakui keistimewaan kaldera Toba sebagai Global Geopark dan warisan dunia. Dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, Danau Toba memberikan udara sejuk di sekitarnya.

Selain keindahannya, danau ini juga menjadi tempat tinggal bagi dua kelompok suku, Tomok dan Simanindo, dengan pusat kerajinan di Huta Raja, Desa Lumban Suhi-Suhi, Samosir.

Daerah sekitar Danau Toba juga terkenal sebagai ‘Negeri Sejuta Air Terjun’ karena terdapat puluhan air terjun menawan di sekitarnya, menjadikan Danau Toba sebagai salah satu daya tarik utama di wilayah tersebut.

Rute Menuju Danau Toba Parapat

Jika ingin melakukan perjalanan ke Danau Toba dengan menggunakan pesawat, terdapat dua opsi rute yang dapat dipilih. Opsi pertama adalah dengan terbang ke Bandara Internasional Kualanamu di Medan, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Bandara Internasional Sisingamangaraja XII di Siborongborong, Tapanuli Utara. Dari sana, perjalanan ke Danau Toba akan kamu lanjutkan melalui jalur darat.

Sebagai alternatif, pilihan lain adalah langsung terbang ke Bandara Internasional Sisingamangaraja XII dari Jakarta atau kota besar lainnya.

Sumber: Wikipedia

Jika memilih rute darat dari Medan, opsi transportasi yang dapat kamu gunakan adalah bus Medan-Parapat dengan waktu perjalanan sekitar 4 jam. Namun, untuk pengalaman perjalanan yang lebih pribadi, agen perjalanan di Medan dapat membantu dalam penyewaan mobil beserta sopir untuk perjalanan menuju Danau Toba.

Dari Danau Toba, perjalanan ke Pulau Samosir dapat dilanjutkan dengan kapal feri. Ada beberapa pilihan kapal feri yang beroperasi, seperti dari Pelabuhan Ajibata ke Pelabuhan Tomok dengan jadwal keberangkatan setiap jam, atau dari Pelabuhan Muara ke Pelabuhan Sipinggan yang melayani dua kali keberangkatan, yaitu pukul 06.30 WIB dan 15.00 WIB. Perlu kamu ingat bahwa jadwal ini dapat berubah, sehingga disarankan untuk memeriksa informasi terbaru sebelum melakukan perjalanan.

Daya Tarik Sekitar Danau Toba Parapat

Berikut ini sejumlah daya tarik yang ada di sekitar Danau Toba Parapat yang juga bisa kamu kunjungi:

1. Pantai Bebas Parapat

Di urutan pertama, ada Pantai Bebas Parapat yang menarik untuk kamu kunjungi. Meskipun bernama pantai, sebenarnya tempat wisata ini adalah tanah yang menjorok danau dengan air yang tenang. Berada di sini adalah salah satu cara untuk menikmati keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir.

Pantai ini telah direnovasi, menawarkan banyak sudut foto menarik dengan latar belakang Danau Toba. Tersedia juga fasilitas olahraga dan area bermain anak-anak yang membuat kunjungan semakin menyenangkan.

2. Batu Gantung

Dari Parapat, kamu bisa naik speedboat untuk menuju ke Batu Gantung. Bentuk batu yang menggantung ini unik karena seperti wanita dan anjing. Kisah wanita dan anjing ini juga beredar di masyarakat sebagai legenda lokal.

Legenda tersebut menceritakan tentang seorang wanita yang dipaksa menikah dengan seorang pria dari keluarga kaya raya namun bodoh atau tidak berakal seperti orang normal. Wanita itu memilih bunuh diri dengan melompat dari tebing. Anjing peliharaannya juga ikut bersama wanita itu.

Sumber: Wikipedia

3. Pesanggrahan Bung Karno

Di Parapat, terdapat Pesanggrahan Bung Karno yang dapat wisatawan kunjungi. Meskipun akses ke dalam bangunan pesanggrahan tidak dibuka untuk umum, pengunjung tetap dapat mengambil foto di luar bangunan sambil menikmati panorama Danau Toba dan Pulau Samosir.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Pemerintah Provinsi Sumatra Utara, Bung Karno, presiden pertama Indonesia, pernah ditahan selama sekitar sebulan di Berastagi dan 12 hari di Parapat. Di pesanggrahan ini, Bung Karno pernah memberikan pidato yang membara untuk memotivasi semangat rakyat Indonesia.

4. Air Terjun Situmurun

Kombinasi keindahan Danau Toba dengan pesona air terjun dapat dinikmati di destinasi wisata Air Terjun Situmurun, yang memiliki ketinggian sekitar 70 meter. Air terjun ini terdiri dari tujuh tingkatan, mengalir dari tebing di tepi Danau Toba dan jatuh langsung ke dalam danau. Lokasi wisata ini terletak di Desa Situmurun, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Sumber: Wikipedia

5. Bukit Gibeon

Salah satu daya tarik wisata di sekitar Danau Toba Parapat adalah Bukit Gibeon, yang terletak di Parapat, Sumatera Utara. Banyak pengunjung menyebut bukit ini sebagai “bukit senyum” karena konon pengunjung akan merasakan kebahagiaan setelah menyaksikan keindahan alam di sana. Selain menikmati pemandangan Danau Toba dari ketinggian, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk berkemah. Melihat matahari terbit dan terbenam menjadi kegiatan menarik lainnya yang dapat dinikmati di tempat ini.

Baca Juga:

Demikian pembahasan Advontura kali ini mengenai Danau Toba Parapat. Danau satu ini memang salah satu tempat di Sumatera Utara yang wajib kamu kunjungi. Semoga penjelasan kali ini dapat membantumu ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Danau Toba Parapat: Daya Tarik dan Rute Menuju ke Sana

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]