1. Rekomendasi Wisata

10 Rekomendasi Wisata Alam di Pekanbaru yang Terkenal

Pekanbaru adalah kota terbesar sekaligus ibukota dari Provinsi Riau. Di balik hiruk-pikuk kota kosmopolitannya, terdapat berbagai wisata alam di Pekanbaru yang harus kamu kunjungi.

Penasaran apa saja tempat wisata yang ada di Pekanbaru? Kali ini, Advontura akan mengenalkan kamu pada beberapa rekomendasi tempat wisata yang terhits dan terkenal di Pekanbaru. Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Bukit Kapur Air Hitam

Sumber: apabuka

Rekomendasi wisata alam yang pertama adalah Bukit Kapur Air Hitam. Bukit ini awalnya adalah tambah batu kapur yang sudah beralih fungsi menjadi destinasi wisata. Nama Air Hitam tersebut berasal dari lokasinya yang berada di daerah Air Hitam, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru. Di bukit ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan perbukitan kapur yang indah dan tidak ada duanya, sangat cocok untuk menjadi unggahan sosial mediamu. Untuk memasuki tempat wisata ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 saja.

Candi Muara Takus

Sumber: maps.google

Rekomendasi berikutnya adalah salah peninggalan kerajaan Buddha, yaitu Candi Muara Takus. Candi ini adalah satu peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya yang ditemukan pada tahun 2003. Jika dibandingkan peninggalan candi di Pulau Jawa yang terbuat dari batu andesit, Candi Muara Takus memiliki material bangunan yang sedikit berbeda, yaitu terbuat dari batu sungai, batu bata, dan batu pasir. Bangunan utama di kompleks Muara Takus adalah sebuah stupa besar berbentuk menara yang sebagian besar terbuat dari batu bata dan batu pasir kuning.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Medan yang Terkenal dan Paling Hits

Air Terjun Batu Dinding

Sumber: sikidang

Air Terjun Batu Dinding terletak sekitar dua jam perjalanan dari Kota Pekanbaru, tepatnya 80 km dari Tanjung Belit, Kabupaten Kampar, Riau. Wisata alam di Pekanbaru satu ini menawarkan keindahan alam serta udara yang asri ditambah aliran air yang jernih dari air terjun. Kamu dapat berenang di kolam alam yang berada di bawah air terjun. Meskipun Air Terjun Batu Dinding tidak terlalu tinggi, kamu dapat tetap menikmati keindahan air terjun. Untuk masuk ke tempat wisata ini, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000.

Danau Buatan Khayangan

Sumber: backpacker

Selanjutnya adalah Danau Khayangan. Danau ini bukan danau yang muncul secara alami, tapi dibangun oleh warga setempat. Selain menjadi tempat wisata, danau buatan ini juga menjadi saluran irigasi. Jika kamu mengunjungi danau ini, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berkeliling menggunakan sampan atau speedboat dan mendaki bukit yang ada di sekitar danau. Danau Buaran Khayangan terletak di Jalan Khayangan, Rumbai Pesisir, Pekanbaru dan tidak memungut tarif tiket masuk sepeserpun.

Air Terjun Aek Martua

Sumber: maps.google

Air Terjub Aek Martua terletak di Bangun Purba Timur Jaya, Kec. Bangun Purba, Kabupaten Rikan Hulu. Daya tarik dari air terjun ini adalah tiga tingkatan tempat mengalirnya air dengan ketinggian berbeda-beda, seperti 15-40 meter. Kamu dapat menikmati pemandangan alamnya yang masih asri sembari memotret foto di alam.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Air Terjun Guruh Gemurai

Sumber: maps.google

Air Terjun Guruh Gemurai berada di perbatasan Sumatera Barat dan Riau, tepatnya di hutan lindung Desa Kasang, Kec. Kuantan Mudik, Kab. Kuantan Singingi. Nama Guruh Gemurai berasal dari bahasa daerah setempat yang berarti air terjun dengan bunyi percikan yang bergemuruh. Ada juga balai untuk beristirahat ketika menikmati pemandangan alam pedesaan dan Sungai Kuantan yang berkelok-kelok.

Kawah Biru

Sumber: inakoran

Kawah Biru terletak di Desa Tanah Merah, Kec. Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Tempat ini sebenarnya adalah bekas galian yang terisi air hujan sehingga terbentuk sebuah kawah yang airnya berwarna biru. Warna air biru pada kawah ini disebabkan oleh galian pasir berwarna putih bening. Kamu dapat mengunjungi tempat wisata ini pada pukul 08.30-17.00 dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5,000 ditambah uang parkir sebesar Rp2.000.

Baca Juga: Asal Usul Danau Singkarak dan Keindahan 8 Objek Wisatanya

Taman Wisata Alam Mayang

Sumber: maps.google

Taman Wisata Alam Mayang berlokasi di Jalan H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkerang Timur, Tenayan Raya, Pekanbaru. Taman berkonsep alam ini merupakan destinasi wisata terbaik untuk berkumpul bersama keluarga. Hal tersebut dikarenakan taman ini menawarkan berbagai kegiatan, mulai dari outbound, area mandi bola, tempat memancing, dan masih banyak lagi. Tiket masuk ke wisata alam di Pekanbaru satu ini adalah sebesar Rp20.000 per orang.

 

Taman Kota Pekanbaru

Sumber: jemari.riau.go

Taman Kota Pekanbaru adalah tempat wisata yang cocok bagi kamu yang ingini menikmati suasana asri dan teduh untuk menjauh dari hiruk-pikuk kota. Lokasi taman ini berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 13716, Simpang Tiga, Bukit Raya, Pekanbaru yang juga masih berada dalam area kota. Taman kota ini dapat menjadi tempat untuk menyegarkan pikiran sejenak dan salah satu alternatif dari tempat wisata lainnya di Pekanbaru.

Baca Juga: Lembah Anai Padang, Pesona Air Terjun Hutan Lindung

Arboretum Universitas Riau

Sumber: melayupedia

Selanjutnya adalah Arboretum Universitas Riau. Tempat wisata ini berupa sebuah hutan sekunder yang terletak di Universitas Riau dan satu-satunya yang tersisa. Arboretum ini sebenarnya berfungsi sebagai pusat penelitian dan pendidikan, tapi sekarang sudah banyak dikunjungi orang. Tempat ini berlokasi di Jl. HR. Subantas Km. 12,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru dan terbuka tanpa tarif tiket masuk.

Baca Juga: Pulau Nias Sumut, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru. Jadi bagaimana apakah kamu tertarik untuk mengunjungi 10 rekomendasi tempat wisata di atas? Semoga beberapa rekomendasi Advontura di atas dapat membantumu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Rekomendasi Wisata Alam di Pekanbaru yang Terkenal

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Jalan-jalan ke taman wisata sudah, berlibur akhir pekan di pantai juga sudah. Hmm, kira-kira kita mau kemana lagi ya? Gimana kalau ke pusat perbelanjaan? Why not? Berlibur atau sekedar menghabiskan waktu luang di pusat perbelanjaan seperti Lokasari Square bukanlah ide yang buruk lho. Pasalnya,beberapa aktivitas menarik seperti bermain di arcade, karaoke, sembari berbelanja pakaian bisa […]

    Trending

    Ditengah, kurangnya teman hiburan yang ramah lingkungan di Jakarta, hadirlah Allianz Ecopark menjadi salah satu list tempat wisata yang eco friendly. Tempat ini dibangun dengan luas lahan hampir 34 hektar dengan mengubah Padang Golf Ancol menjadi sebuah sarana rekreasi yang mengusung konsep hiburan, edukasi, dan pastinya ramah lingkungan. Informasi tentang Allianz Ecopark lainnya, selengkapnya bisa […]
    Yuk, kita berlibur ke Sumatera Selatan! Kira-kira selain pemandangan alam bukit barisan yang memanjakan mata, objek wisata manakah yang seru dan juga menyenangkan? Yap, main ke Alaska Park Banjarbaru adalah pilihan yang tepat. Tempat ini merupakan sebuah taman rekreasi keluarga yang memiliki wahana yang beraneka ragam. Wahana yang tersedia pun cocok untuk segala umur. Untuk […]