1. Gunung

Gunung Rinjani Lombok, Surga Wisata di Nusa Tenggara

Lombok terkenal akan keindahan alamnya yang menakjubkan. Mulai dari pantai, pulau, dan gunung, semua keindahan bersatu padu menjadi surga bagi wisatawan pecinta alam. Salah satu keindahan alam yang cukup terkenal adalah Gunung Rinjani Lombok. 

Pada kesempatan kali ini, Advontura ingin memperkenalkan lebih jauh tentang Gunung Rinjani Lombok dan bagaimana kegiatan dapat dilakukan di sana. Untuk informasi selengkapnya, yuk ikuti pembahasan Advontura dalam artikel ini!

Tentang Gunung Rinjani Lombok

Menurut informasi yang disampaikan oleh situs resmi Taman Nasional Gunung Rinjani, Gunung Rinjani diyakini telah ada sejak zaman Pra Kuarter, sementara aktivitas vulkaniknya telah dimulai sejak zaman Pleistosen. 

Letusan besar Gunung Rinjani menciptakan kaldera yang kemudian terisi air, membentuk Danau Segara Anak dengan kedalaman mencapai 230 meter pada ketinggian 2.010 meter di atas permukaan laut.

Sumber: Wikipedia

Proses aktivitas tektonik juga menghasilkan sebuah kerucut gunung baru yang dikenal sebagai Gunung Baru Jari, dengan ketinggian 2.376 meter di atas permukaan laut.

Sejarah letusan Gunung Rinjani mencakup periode mulai tahun 1847 hingga 2009, yang umumnya menghasilkan aliran lava dan hujan material piroklastik. 

Menurut informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), letusan Gunung Rinjani pada tahun 2009 terjadi di Gunung Baru Jari, menghasilkan aliran lava yang mengarah ke Danau Segara Anak.

Lokasi Gunung Rinjani

Rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia ini mem ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut. 

Gunung Rinjani Lombok adalah bagian paling besar dari Taman Nasional Gunung Rinjani, meliputi wilayah seluas sekitar 41.330 hektar. 

Tempat wisata di Lombok ini berada pada koordinat 8º25′ LS dan 116º28′ BT. Daerah ini sangat populer di kalangan pendaki Indonesia karena pesonanya yang menakjubkan. 

Harga Tiket Masuk Gunung Rinjani

Tiket masuk ke kawasan Gunung Rinjani adalah sebesar Rp5.000 per hari per orang bagi pengunjung lokal pada hari biasa, sedangkan pada hari libur, tarifnya adalah Rp7.500 per orang per hari. 

Bagi wisatawan asing, biaya masuk adalah Rp150.000 per hari per orang pada hari biasa dan Rp250.000 per orang per hari saat hari libur.

Sumber: Wikipedia

Untuk membantumu merinci budget wisata, Advontura akan memberimu beberapa kisaran yang perlu kamu persiapkan. Yang pertama, kami akan memberi kisaran biaya pembelian makanan, minuman dan sewa peralatan mendaki gunung Rinjani untuk 2 orang. 

Jika kamu ingin melakukan pendakian selam 3 hari 2 malam, kamu perlu mempersiapkan dana sebesar Rp1.760.000. Jika kamu ingin melakukan pendakian selama 4 hari 3 makam, kamu perlu mempersiapkan dana sebesar Rp2.100.000. 

Lalu, berikut adalah daftar biaya transportasi ke Sembalun, Tetebatu atau Senaru untuk 2 orang (pulang-pergi).

 

No.Dari / KeSenaruSembalunTetebatu
1AirportRp1.300.000Rp1.300.000Rp900.000
2Mataram, SenggigiRp 1.300.000Rp1.300.000Rp900.000
3BangsalRp900.000Rp1.200.000Rp1.000.000

 

Sebagai catatan, kisaran harga yang Advontura berikan di atas bersifat tentatif dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute menuju Gunung Rinjani

Untuk mencapai Gunung Rinjani, perjalanan dapat kamu mulai dari Mataram menuju Sembalun, Lombok Timur, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Jika kamu berada di luar Pulau Lombok, kamu dapat memulai perjalanan dengan terbang ke bandara Lombok. 

Sumber: Wikipedia

Setibanya di bandara, langkah berikutnya adalah menuju Selong, Lombok Timur, dengan kendaraan. Dari Selong, perjalanan dilanjutkan ke Pasar Air Mel, Lombok Timur. 

Dari Pasar Aikmel, perjalanan akan membawamu ke Sembalun, Lombok Timur, tempat pendakian Gunung Rinjani dimulai.

Kegiatan Pendakian di Gunung Rinjani

Puncak Gunung Rinjani adalah tujuan utama bagi para pendaki dan pecinta alam karena mencapai puncaknya merupakan suatu bentuk prestasi luar biasa. Antusiasme dari komunitas pecinta alam, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, terhadap pendakian di gunung ini terbilang sangat besar. 

Hal ini tercermin dalam peningkatan jumlah pengunjung yang melakukan pendakian setiap tahun. Khususnya, bulan Juli hingga Agustus merupakan periode dengan pendakian yang paling ramai pengunjung.

Sumber: Wikipedia

 

Pada pertengahan bulan Agustus, peserta pendakian umumnya didominasi oleh pelajar dan mahasiswa dari seluruh Indonesia yang ingin merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di puncak Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak melalui acara “Tapak Rinjani”.

Acara tersebut diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh salah satu kelompok pencinta alam di Pulau Lombok, bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

Jalur Pendakian Gunung Rinjani

Gunung Rinjani memiliki medan yang menantang, tetapi tetap populer di kalangan pendaki. Terdapat dua jalur pendakian yang sering dipilih, yaitu melalui Sembalun dan Senaru. Ada juga jalur lain seperti Aik Berik dan Timbanuh, tetapi tidak  sama populernya dengan jalur pendakian yang disebutkan sebelumnya. 

Sumber: Flickr

Jalur pendakian melalui Sembalun membutuhkan waktu sekitar 10 jam, dengan rute yang meliputi Sembalun Lawang-Pos 1 (1.156 mdpl) dalam waktu sekitar 2 jam, Pos 1-Pos 2/Pos Pemantauan (1.300 mdpl) dalam waktu sekitar 1 jam, Pos 2-Pos 3/Pos Pada Balong (1.800 mdpl)-Plawangan (2.639 mdpl) dalam waktu sekitar 3,5 jam. 

Pada rute ini, pendaki akan melewati persimpangan menuju bukit penyesalan, jalur penderitaan, serta tanjakan bukit sembilan. Rute terakhir adalah dari Plawangan menuju Puncak (3.726 mdpl) dalam waktu sekitar 3 jam. 

Dari puncak Gunung Rinjani, pendaki dapat menikmati pemandangan Gunung Tambora di timur, Gunung Agung di barat, serta Gunung Baru Jari dan Danau Segara Anak di bawahnya.

Baca Juga: 8 Wisata Lombok Timur Paling Hits dan Keindahan Panorama Alamnya

Demikian pembahasan Advontura mengenai Gunung Rinjani Lombok, semoga penjelasan ini dapat membantumu jika ingin mendaki gunung ini atau sekedar ingin mengetahui tentang Gunung Rinjani.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Gunung Rinjani Lombok, Surga Wisata di Nusa Tenggara

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]