1. Wisata Alam

Dayeuh Manggung: Wisata Kebun Teh yang Ada di Garut

Sedang berencana untuk mengunjungi Garut dan sekitarnya? Yuk penuhi agenda perjalanan kunjunganmu ke Garut dengan mendatangi salah satu tempat wisata bernama Dayeuh Manggung.

Apalagi kalau ingin mencari udara segar serta sembari melihat seperti apa perkebunan teh. Tidak perlu berlama-lama lagi, mendingan langsung kenal sama tempat yang satu ini melalui artikel yang Advontura buat ini!

Sejarah Dayeuh Manggung

Terdapat sejarah di balik adanya Dayeuh Manggung, loh! Jadi dulu sebelum menjadi tempat wisata, Dayeuh Manggung merupakan hutan lebat yang disulap oleh Prabu Liman Sanjaya menjadi sebuah kawasan perkotaan. Penamaan Dayeuh Manggung sendiri berasal dari salah satu pembantu raja  Prabu Siliwangi, yaitu Aki Panyumpit karena mempunyai keahlian dalam berburu menggunakan panah dan sumpit.

Suatu ketika saat Aki Panyumpit berada di tempat tersebut, Ia mencium bau yang berasal dari Sungai Cipancar. Di saat yang bersamaan, dia melihat wanita cantik yang bernama Puteri Rambut Kasih. Kemudian, Ia menyampaikan hal tersebut kepada Prabu Siliwangi dan ia langsung jatuh cinta dan menikah, lalu memiliki dua anak.  Ketika kedua anak Prabu Siliwangi dan Puteri Rambut Kasih beranjak dewasa, mereka ditugaskan untuk menjadi penguasa di Balubur Limbangan. 

Sumber: Infogarut

Awalnya bernama Babakan Pidayeuheun, seiring dengan berkembangnya kawasan tersebut, lalu Prabu Liman Sanjaya menamainya “Dayeuh Manggung” karena, saat itu, daerah ini terkenal dengan produksi kain tenun dan produk wewangian yang sudah mencapai pasar dunia.

Rute & Lama Perjalanan Menuju Dayeuh Manggung

Rute yang kami bahas ini dapat dilalui kendaraan beberapa motor dari beberapa kawasan sekitar Garut. Jalur ini bisa menjadi acuan kamu dalam memperkirakan lama serta rute jalanan yang akan dilalui. Pertama kalau posisinya kamu dari Pusat Kabupaten Garut (Garut Kota) sekitar 35 menit. Kedua, dari Tasikmalaya kurang lebih 1 jam 30 menit. Ketiga dari Ciamis 2 jam. Keempat dari Bandung 2 jam 30 menit. 

Sumber: Kapanlagi Plus

Guna mempermudah menemukan titik tempatnya, ketika sudah berada di Jalan  Garut-Tasikmalaya, jalan terus hingga menemukan Jalan Desa Dayeuh Manggung dan kalau berdasarkan aplikasi maps, letaknya ada pada sebelah kiri.

Baca Juga: Kebun Teh Kemuning Karanganyar – Lokasi & Tiket Masuk

Harga Tiket & Jam Buka Dayeuh Manggung

Update saat ini, harga tiket masuk Dayeuh Manggung sebesar Rp5.000. Sedangkan kalau membawa kendaraan terdapat harga tambahan untuk mobil (Rp5.000) dan motor (Rp2.000). Paling biaya tambahan jika menggunakan fasilitas yang berbayar. Sedangkan jam bukanya Setiap Hari dari Pukul 07.00 hingga 17.00 Waktu Indonesia Barat.

Baca Juga: Kampung Pelangi Semarang: Lokasi, Tiket, & Aktivitas Wisata

Aktivitas Seru di Dayeuh Manggung

Namanya juga tempat wisata, pasti aktivitasnya bukan hanya sekadar jalan-jalan dan melihat pemandangan saja. Namun juga melengkapinya dengan melakukan aktivitas lainnya. Nah kalau ke Dayeuh Manggung jangan lupa lakukan beberapa aktivitas berikut ini:

Menjelajah Perkebunan Teh

Sekadar info, kebun teh pernah dikelola pada masa Pemerintahan Belanda, tepatnya sekitar tahun 1913. Sekarang pengelolahan dilakukan oleh PTPN VIII cabang Dayeuh Manggung (merupakan cabang perusahan PT. Perkebunan Nusantara yang berkaitan dengan agribisnis pertanian), setelah dinasionalisasikan (karena sebelumnya merupakan perusahaan milik  asing) oleh Pemerintah tahun 1957. Sebagai bukti saat berkunjung kamu bisa melihat beberapa bangunan asli yang belum direnovasi hingga sekarang.

Bukti lainnya kamu bisa melihat talang air dan salah satu ruangan yang bangunannya seperti perahu yang keduanya merupakan buatan Belanda pada saat itu. Posisinya berada di kaki gunung Cikuray.

Sumber: Urban Garut

Melihat Budidaya Tanaman Lainnya

Tak hanya teh saja, kamu bisa melihat budidaya tanaman lainnya seperti tanaman kepok (pisang), jeruk, biji kopi, alpukat hingga lengkeng. Semua tanaman tersebut bisa kamu lihat pada bagian kawasan afdeling tengah (merupakan pembagian kawasan untuk perkebunan).

Mengabadikan Momen Melalui Foto

Hampir setiap orang mengabadikan momen ketika berkunjung ke suatu tempat melalui foto. Baik membaginya melalui media sosial maupun hanya simpan sebagai dokumentasi pribadi. Kamu bisa menentukan spot manakah yang menurutmu pantas untuk diabadikan dalam foto. Sebagai referensi kalau masih bingung mau ambil foto dari mananya, kamu bisa melihat postingan atau konten milik orang lain.

Menikmati Beberapa Wahana Permainan

Dayeuh Manggung juga menawarkan beberapa wahana permainan untuk memanjakan para pengunjung. Antara lain flying fox dan tracking dengan menggunakan sepeda.

Eksplor Kampung ‘My Darling’

Ini bukan hanya sekadar kampung biasa, namun ada arti di balik kemunculannya yaitu berupa singkatan dari Masyarakat Sadar Lingkungan. Tujuannya untuk mendorong daya kreativitas terhadap warga yang bisa berdampak pada kelestarian lingkungan. Contoh penerapannya dengan menggunakan bahan bekas sebagai fondasi dan dekorasi bangunan ini dan membagi 2 kelompok sampah organik dan non-organik.

Hal ini sesuai dengan slogan yang mereka terapkan, “Asas Kemanfaatan”. Dengan luas 5 hektar, kampung ini semakin menarik dengan berbagai tanaman warna-warni dan lukisan tiga dimensi pada bagian rumah penduduknya. 

Sumber: Radio Elshinta (via X)

Camping

Keuntungan kamu jika menginap saat berlibur ke objek wisata ini yakni bisa lebih puas dan leluasa dalam mengeksplornya. Selain itu kamu bisa merasakan kehidupan layaknya warga asli setempat. Bentuknya bisa dengan menyewa penginapan yang tersedia atau dengan bercamping.

Baca Juga: Kampung Bambu Bogor: Harga Tiket & Rekomendasi Kegiatan

Lantaran letaknya berada berdekatan dengan pegunungan, jadi walaupun kamu datangnya pada saat siang hari udaranya tidak terlalu panas. Maka Dayeuh Manggung ini sangat cocok terutama bagi yang mencari tempat yang sejuk. Setelah baca artikel ini, yuk rekomendasikan objek wisata ini kepada orang tersayang!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Dayeuh Manggung: Wisata Kebun Teh yang Ada di Garut

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]