Nusa Lembongan: Rute Perjalanan & 7 Aktivitas Wisata Favorit

Wisata Nusa Lembongan
Daftar isi

Nusa Lembongan merupakan sebuah pulau kecil yang berada tak jauh dari Bali. Jika Advonturers sering mendengar tentang Nusa Penida yang keindahannya tak kalah dari Pulau Dewata, maka Nusa Lembongan pun memiliki hal yang sama. Keindahan alam eksotis yang dimiliki Nusa Lembongan bisa masuk wishlist liburan kamu lho, Advonturers!

Omong-omong soal Nusa Lembongan, pulau kecil ini masih masuk wilayah Klungkung, Bali, dan terdiri dari dua desa, yaitu: Desa Jungut Batu dan Desa Lembongan. So, next time, jika kamu berkunjung ke Bali, sempatkanlah untuk mampir ke Nusa Lembongan. Khusus bagi para Advonturers, kali ini kami akan spill beberapa hal tentang Nusa Lembongan, yaitu tentang rute perjalanan serta aktivitas wisatanya. Wajib mampir ya, pokoknya!

Sekilas Tentang Nusa Lembongan

Nusa Lembongan (sumber: @nusalembongantour on Instagram)
Nusa Lembongan (sumber: @nusalembongantour on Instagram)

For your information, Nusa Lembongan adalah bahasa Bali, yang artinya adalah Pulau Lembongan. Objek wisata Nusa Lembongan Bali tentu bermacam-macam.

Mulai dari Pantai Jungut Batu, Goa Gala-Gala, hingga Jembatan Kuning, semuanya pasti akan membuatmu terpana akan keindahannya. Sebelum melangkah lebih jauh, hendaknya simak terlebih dahulu rangkaian informasi berikut ini, ya!

Rute Nusa Lembongan

Nusa Lembongan (sumber: unsplash @dannydegroot)

Sudah tak sabar untuk jalan-jalan ke Nusa Lembongan? Siapkan kertas dan pena untuk catat rute-rute menuju Nusa Lembongan berikut ini. Jangan sampai nyasar, ya!

Artikel Terkait

1. Rute Nusa Lembongan dari Bandara Ngurah Rai

Wisatawan dari luar pulau Bali, umumnya berangkat ke Nusa Lembongan dari Bandara Ngurah Rai. Bagi Advonturers yang ingin menuju ke Nusa Lembongan dan berangkat dari Bandara Ngurah Rai, kamu dapat simak baik baik rute perjalanan berikut ini!

Dari Bandara Ngurah Rai, kamu dapat menaiki bus jurusan Bandara Ngurah Rai – Batubulan. Kemudian, kamu harus turun di Bypass Sanur Hang Tuah. Dari bypass ini, kamu dapat berjalan kaki ke Penyeberangan Sanur. Jarak dari Bypass Sanur Hang Tuah ke Penyeberangan Sanur tidak jauh kok, guys. Hanya sekitar 400 meter saja. Setelahnya, kamu dapat menaiki perahu penyeberangan menuju Nusa Lembongan. Sampai, deh!

2. Rute Nusa Lembongan dari Pelabuhan Gilimanuk

Bagi Advonturers yang ingin mengunjungi Nusa Lembongan dan berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk, jangan khawatir! Advontura punya rekomendasi rute perjalanan yang cukup simpel untukmu. Catat baik-baik, ya!

Kamu dapat menaiki bus jurusan Gilimanuk Ubung, kemudian turunlah di Terminal Ubung. Setelah itu, kamu harus menuju ke Tohpati dengan menaiki bemo jurusan Ubung – Batubulan, guys. Sesudahnya, kamu harus kembali menaiki bus jurusan Batubulan – Nusa Dua, dan turunlah di Bypass Sanur Hang Tuah.

Sama seperti rute dari Bandara Ngurah Rai, setelah sampai di bypass ini, kamu dapat berjalan kaki menuju ke Penyeberangan Sanur. Kemudian, dari situ, kamu cukup naik perahu penyeberangan menuju Nusa Lembongan aja, deh. Tidak terlalu rumit, ya!

3. Rute Nusa Lembongan dari Benoa

Sedang bermain di Tanjung Benoa? Advonturers harus coba sekalian mampir ke Nusa Lembongan! Jarak dari Tanjung Benoa ke Nusa Lembongan tak jauh, dan perjalanannya pun tentu anti ribet.

Bagi kamu yang tertarik, kamu dapat menaiki perahu penyeberangan menuju Nusa Lembongan, dan berangkat dari Tanjung Benoa. As simple as that, kan? Jadi tunggu apa lagi? manfaatkan liburanmu semaksimal mungkin dengan mengunjungi wisata Nusa Lembongan Bali, ya!

Aktivitas Wisata Nusa Lembongan Terfavorit

Setelah mengetahui rute-rute perjalanannya, tentu kamu sudah kepo tentang aktivitas apa saja yang dapat kamu lakukan di wisata Nusa Lembongan Bali. Check this out!

1. Menikmati Percikan Air di Devil’s Tear

Devil’s Tear (sumber: @twogettravelling on Instagram)
Devil’s Tear (sumber: @twogettravelling on Instagram)

Nusa Lembongan memiliki sejumlah hidden gems yang ternyata sangat memukau. Wisata Nusa Lembongan Bali yang satu ini wajib kamu coba bagi kamu yang menyukai wisata ekstrem. Kamu tak bisa membayangkan pantai dengan pasir putih nan lembut di Devil’s Tear ini. Namun, di objek wisata Nusa Lembongan Bali yang satu ini, Advonturers dapat merasakan segarnya diguyur ombak yang menghantam tebing dengan keras. Waduh, kok serem, ya? Tidak, jika kamu tetap berhati-hati, guys.

Devil's Tear (sumber: @manniwuu on Instagram)
Devil’s Tear (sumber: @manniwuu on Instagram)

Lebih baik jangan terlalu dekat dengan ujung tebing, supaya tubuhmu tak terjatuh dan dihantam ombak. Selain percikan air, Devil’s Tear ini tentu boleh juga untuk kamu jadikan spot foto yang instagrammable.

Jika Advonturers berminat untuk mengunjungi Devil’s Tear, kamu dapat menaiki speed boat dari Pantai Sanur, kemudian turunlah di dermaga Jungut Batu. Dari sana, kamu dapat menggunakan motor untuk sampai ke destinasi wisata Nusa Lembongan Bali yang satu ini.

2. Berjemur di Dream Beach

Dream Beach (sumber: @minatjellecoaching on Instagram)
Dream Beach (sumber: @minatjellecoaching on Instagram)

Meskipun tak setenar Pantai Kuta, namun siapa sangka jika objek wisata Nusa Lembongan Bali yang satu ini sangat dikenal oleh wisatawan. Yup, it is Dream Beach! Wisatawan asing yang berkunjung ke Dream Beach biasanya gemar berjemur sembari menikmati panorama eksotisme pantai ini. Selain berjemur, objek wisata Nusa Lembongan yang satu ini juga digunakan spot berselancar oleh para wisatawan.

Spot Favorit di Dream Beach (sumber: @schoolofvida on Instagram)
Spot Favorit di Dream Beach (sumber: @schoolofvida on Instagram)

Dream Beach sangat bagus jika kamu jadikan spot untuk berfoto, karena sekitar pantainya masih sangat bersih karena jarang dikunjungi wisatawan. Namun, saat bermain di Dream Beach, hendaknya Advonturers harus bisa berhati-hati dan menjaga diri karena di pantai ini tidak ada lifeguard, guys.

Untuk mengunjungi Dream Beach, kamu dapat menaiki speed boat dari Padangbai atau Sanur Beach, kemudian turunlah di dermaga Mushroom Bay. Dari Mushroom Bay, Advonturers dapat menggunakan mobil atau motor untuk sampai ke Dream Beach ini.

3. Sunset di Pantai Jungut Batu

Sunset di Pantai Jungut Batu (sumber: @blackwhite_suardana on Instagram)
Sunset di Pantai Jungut Batu (sumber: @blackwhite_suardana on Instagram)

Pantai Jungut Batu merupakan salah satu objek wisata Nusa Lembongan Bali yang recommended. Pantai dengan pasir putih dan pemandangan yang eksotis ini akan membuatmu terkagum-kagum dan betah untuk berdiam di sini. Tempat wisata Nusa Lembongan yang satu ini cocok untuk kamu jadikan tempat bermain air, karena ombaknya tak terlalu besar.

Menikmati Sunset di Pantai Jungut Batu (sumber: @sugix_veyron on Instagram)
Menikmati Sunset di Pantai Jungut Batu (sumber: @sugix_veyron on Instagram)

Dari kejauhan, kamu dapat melihat megahnya Gunung Agung dari pantai ini. Bagi Advonturers yang suka berswafoto, rupanya bibir pantai adalah spot yang pas untukmu. Hal ini dikarenakan adanya jajaran perahu-perahu milik nelayan, yang akan semakin menambah estetika fotomu, guys. Best view untuk datang ke Pantai Jungut Batu ini adalah sore hari, karena kamu dapat melihat sunset yang indah yang ciamik.

Bagi Advonturers yang tertarik, kamu dapat mengunjungi Pantai Jungut Batu di Desa Jungut Batu, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

4. Snorkeling di Mushroom Bay

Pemandangan di Mushroom Bay (sumber: @mumi_koyee on Instagram)
Pemandangan di Mushroom Bay (sumber: @mumi_koyee on Instagram)

Mushroom Bay, atau yang juga akrab disebut sebagai Teluk Jamur, merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata Nusa Lembongan Bali. Air laut yang sangat jernih seolah menggoda kamu untuk segera nyebur dan snorkeling di dalamnya.

Bagaimana tidak, ragam biota laut yang tersembunyi di dalam lautan Mushroom Bay tentu akan membuatmu takjub. Pemandangan terumbu karang serta aneka hewan laut yang cantik seolah menjadi hidden gems di bawah sana.

Snorkeling di Mushroom Beach (sumber: The Paradise Beach)
Snorkeling di Mushroom Beach (sumber: The Paradise Beach)

Jika Advonturers ingin mengunjungi tempat wisata Nusa Lembongan yang satu ini, kamu dapat menggunakan jasa penyeberangan yang berangkat dari Pantai Sanur. Jangan lupa siapkan peralatan snorkelingmu, ya!

5. Berpetualang di Goa Gala-Gala

Goa Gala Gala (sumber: @_marissa_miracle on Instagram)
Goa Gala Gala (sumber: @_marissa_miracle on Instagram)

Rekomendasi wisata Nusa Lembongan Bali yang selanjutnya adalah Goa Gala-Gala. Berdasarkan kisahnya, Goa Gala-Gala yang sangat indah ini dibuat oleh para Pandawa. Namun, beberapa sumber informasi mengatakan bahwa goa ini dibangun oleh seorang petani sekaligus pendeta, yaitu Mangku Byasa.

Spot Eksotis di Dalam Goa Gala Gala (sumber: @dianmeitasari2105 on Instagram)
Spot Eksotis di Dalam Goa Gala Gala (sumber: @dianmeitasari2105 on Instagram)

Goa Gala-Gala memiliki banyak lorong di dalamnya. Lorong-lorong ini nampaknya sangat estetik jika kamu jadikan spot foto. Jika Advonturers memang berniat untuk mengunjungi goa ini, sebaiknya kamu didampingi oleh seorang tour guide, supaya tak tersesat di dalamnya, guys. Harga tiket masuk ke Goa Gala-Gala ini tak mahal, yaitu Rp 25.000 saja.

Untuk sampai ke tempat wisata Nusa Lembongan satu ini, kamu dapat menaiki speed boat yang berangkat dari Pantai Sanur, dan turun di Mushroom Bay. Sesudahnya, kamu dapat menuju Goa Gala-Gala dengan motor atau mobil, dan hanya memakan waktu sekitar 6 menit saja, guys.

6. Hangout & Berfoto ria di Atas Jembatan Kuning

Jembatan Kuning (sumber: @khyessika on Instagram)
Jembatan Kuning (sumber: @khyessika on Instagram)

Seperti namanya, tentu jembatan ini berwarna kuning. Jembatan Kuning menjadi salah satu tempat wisata Nusa Lembongan Bali yang direkomendasikan untuk kamu, Advonturers! Meskipun sempat dikabarkan roboh pada tahun 2016 silam, Jembatan Kuning kini telah direnovasi menjadi sebuah jembatan yang kokoh dan estetik.

Bagi kamu yang gemar berswafoto, kamu wajib mengunjungi Jembatan Kuning kala berwisata ke Nusa Lembongan. Berfoto di atas jembatan yang cukup panjang bagi pejalan kaki dengan background lautan, akan memberikan pengalaman berswafoto yang beda untukmu. Meski terkesan ‘hanya’ sebuah jembatan, jangan salah, Jembatan Kuning selalu ramai dikunjungi wisatawan, bahkan kamu harus antre, guys. Bagaimana tidak, panorama lautan sekitar jembatan ini memang sungguh tak main-main.

Berfoto di Atas Jembatan Kuning (sumber: @missreem_a on Instagram)
Berfoto di Atas Jembatan Kuning (sumber: @missreem_a on Instagram)

Advonturers, jika kamu ingin mengunjungi Jembatan Kuning, tentu kamu harus sampai dulu di Nusa Lembongan. Dari Pantai Sanur, kamu dapat menaiki speed boat menuju Nusa Lembongan. Setelahnya, kamu dapat menggunakan sepeda atau motor untuk sampai ke jembatan cantik ini.

7. Berenang dengan Ikan Manta di Manta Point

Ikan Manta (sumber: @mantarheidivecenter on Instagram)
Ikan Manta (sumber: @mantarheidivecenter on Instagram)

Manta Point merupakan spot diving yang terkenal dan merupakan bagian dari Kelingking Secret Point. Jika Advonturers menyukai wisata bawah laut dengan para ikan, rupanya mengunjungi Manta Point dapat menjadi referensi untukmu. Tempat wisata Nusa Lembongan Bali yang satu ini menawarkan sensasi berenang bersama jenis Ikan Pari langka, yaitu Ikan Manta.

sstt…bukan mantan ya, guyshihi!

Wisata ini akan memberikan pengalaman berbeda untukmu, karena kamu akan berenang bersama puluhan ekor Ikan Manta. Hmmm…biasanya, Ikan Pari itu serem, kan? Tak perlu khawatir, guys. Puluhan ekor Ikan Manta ini nggak akan ngapa-ngapain kamu, kok. Objek wisata Manta Point ini sudah dipastikan keamanannya, sehingga bisa menjadi objek wisata yang legal. Jadi, kamu tak perlu takut ya, guys.

Snorkeling Dengan Manta (sumber: @thebalibible on Instagram)
Snorkeling Dengan Manta (sumber: @thebalibible on Instagram)

Untuk sampai ke Manta Point, tentu kamu harus sampai ke Kelingking Secret Point. Advonturers dapat menaiki perahu jukung (perahu tradisional) dari Pantai Sanur, dengan membayar biasa sebesar Rp 40.000 dan memakan waktu sekitar 1,5 jam, guys. Selagi menunggu sampai di tujuan, pemandangan laut selama perjalanan tentu dapat memanjakan matamu. Worth it!

Setelah membaca sedikit ulasan tentang Nusa Lembongan tadi, sudahkan Advonturers tertarik mengunjunginya? Wisata Nusa Lembongan Bali ternyata cukup menjanjikan ya, guys.

Untuk kalian yang berencana untuk segera liburan, siapkan barang-barang kalian, dan jangan lupa mampir ke Nusa Lembongan. Tak ada salahnya mengistirahatkan pikiran kalian sejenak dengan berwisata. Terlebih, jika kalian mengunjungi destinasi yang worth it seperti wisata Nusa Lembongan Bali, why not? Safe trip!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *