1. Rekomendasi Wisata

7 Tempat Wisata di Bandung yang Gratis, Wajib Kamu Kunjungi!

Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya.

1. Jalan Braga

Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan bersejarah yang tersebar di sepanjang jalan ini. Keberadaan bangunan-bangunan warisan ini menjadikan Braga sebagai destinasi menarik untuk kamu kunjungi bersama teman ataupun orang terdekat. Tidak hanya diminati oleh para wisatawan saja, tetapi banyak warga Bandung sendiri yang sering menghabiskan waktu di sini untuk bersantai atau berjalan-jalan.

Sumber: Flickr

Daya tarik khusus Braga terletak pada suasananya yang estetik dan teduh. Di sepanjang jalan, kamu akan dapat melihat pohon yang berderet, kursi kayu yang menghiasi trotoar, ornamen batu bulat di bahu jalan, berbagai toko-toko menarik, dan lampu jalan yang bergaya Eropa. Berbagai pemandangan menarik dapat kamu saksikan di sini, mulai dari lukisan yang dipajang di trotoar, pertunjukkan seni jalanan, hingga keseruan melihat orang-orang yang tengah asyik berfoto. 

2. Teras Cikapundung

Obyek wisata yang dikembangkan oleh BBWS Citarum ini menawarkan kenyamanan bagi setiap pengunjungnya karena suasana yang masih alami dan keberadaan pepohonan yang melimpah. Sungai Cikapundung, yang mengalir di sekitar obyek wisata, menjadi destinasi favorit bagi pengunjung.

Sumber: Bagian Administrasi Pembangunan

Selain dapat menikmati kegiatan swafoto dan merasakan pengalaman naik perahu karet, pengunjung yang membawa anak-anak dapat juga bermain air atau bahkan berenang, karena arus sungai di Teras Cikapundung terbilang tidak deras dan memiliki kedalaman yang cukup dangkal.

3. Gedung Sate

Gedung Sate merupakan bangunan peninggalan paling terkenal di Bandung. Bangunan ini memiliki nilai sejarah yang berharga. Pembangunan dimulai pada tahun 1920, pada masa pemerintahan Hindia Belanda, dan memakan waktu empat tahun sampai selesai.

Sumber: Flickr

Arsitektur Gedung Sate memperlihatkan perpaduan yang menarik antara unsur budaya Timur dan Barat, dengan fondasi teknik konstruksi mutakhir pada kala itu yang diadopsi dari gaya arsitektur Barat. Desain unik Gedung Sate merupakan hasil karya dari arsitek terkenal bernama J. Berger. Selain menjadi kantor Gubernur, Gedung Sate juga menjadi tempat wisata. Biasanya, rombongan study tour menjadikan gedung ini sebagai destinasi utama, mengingat bangunanya yang penuh akan nilai sejarah. Mengunjungi Bandung dianggap belum lengkap tanpa mengabadikan foto di depan Gedung Sate.

4. Jalan Asia Afrika

Jalan Asia Afrika merupakan lokasi yang penuh dengan nilai sejarah. Di sini, terdapat berbagai bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda. Karena itu, banyak pengunjung yang datang ke Jalan Asia Afrika dengan tujuan utama berfoto. 

Biasanya, orang-orang memilih untuk mengunjungi Bandung tidak hanya untuk berwisata, tetapi juga untuk menggali pengetahuan sejarahnya. Jalan Asia Afrika memiliki banyak bangunan bersejarah, salah satunya adalah Gedung Merdeka. Selain Gedung Merdeka, di sekitarnya, terdapat sebuah bangunan bersejarah yang dikenal sebagai Gedung De Vries.

Sumber: Wikipedia

Jalan ini menjadi lokasi penting dalam penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955, yang dihadiri oleh para kepala negara dari Asia dan Afrika. Acara tersebut menjadi momen bersejarah dalam perjalanan gerakan anti-kolonial dan perjuangan menentang kolonialisme. Maka dari itu, Asia Afrika menjadi nama jalan satu ini.

5. Alun-alun Bandung

Alun-alun Bandung merupakan destinasi wisata gratis yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Bandung. Lokasinya juga tidak jauh dari Jalan Asia Afrika dan Jalan Braga. Jadi, kamu dapat sekalian mengunjungi 3 tempat sekaligus jika ke kawasan ini.

Sebagai suatu kota yang dirancang dengan memperhatikan aspek kosmologi, alun-alun telah menjadi salah satu komponen utama dalam pembentukan Kota Bandung sejak berdirinya pusat pemerintahan Kabupaten Bandung pada tanggal 25 September 1810. Alun-alun Bandung mengalami transformasi dari fungsi sebagai batas antara ruang umum dan ruang sakral menjadi suatu area terbuka yang dapat diakses oleh publik.

Sumber: Wikipedia

Lapangan rumput sintetis menciptakan suasana yang menyenangkan bagi warga yang ingin menghabiskan waktu di sini. Alun-alun Kota Bandung ini terletak di depan Masjid Raya Jawa Barat, yang dikenal dengan dua menaranya yang ikonik. Jika kamu berkunjung ke sini, selalu jaga kebersihan areanya, ya!

6. Babakan Siliwangi Forest Walk

Selanjutnya, terdapat Babakan Siliwangi Forest Walk, sebuah area hutan kota yang termasuk dalam tempat wisata gratis di Bandung. Pengunjung dapat merasakan pengalaman unik saat menjelajahi dan menikmati kesegaran hutan kota ini. Area hutan kota ini memungkinkan wisatawan untuk berjalan menyusuri kawasan seluas 3,8 hektar dari ketinggian 3-4 meter di atas permukaan tanah menggunakan jembatan kayu sepanjang 2,3 kilometer.

Jembatan di Babakan Siliwangi Forest Walk memiliki papan kayu selebar 1,5 meter sebagai pijakan dan pembatas pagar besi setinggi satu meter, menciptakan jalur yang nyaman bagi pengunjung untuk berkeliling. Dengan begitu, tidak perlu khawatir akan terjadi kerumunan dengan wisatawan lainnya.

Sumber: Wikipedia

Di sepanjang jembatan Babakan Siliwangi Forest Walk, terdapat kursi-kursi dengan berbagai bentuk yang dapat pengunjung gunakan untuk istirahat. Dengan keberuntungan, pengunjung juga dapat bertemu dengan tupai dan burung yang berada di dalam hutan ini.

7. Lapangan Gasibu

Salah satu tempat wisata gratis di Bandung yang patut kamu coba adalah Lapangan Gasibu. Lapangan satu ini terletak tepat di depan Gedung Sate. Lapangan ini berfungsi sebagai tempat untuk berolahraga bagi warga setempat. Keberadaannya yang strategis dan menarik menjadikan tempat ini banyak orang minati untuk beraktivitas, terutama di pagi hari.

Sumber: Tribunnews Jabar

Meskipun tidak bermaksud untuk beraktivitas olahraga, kamu dapat menikmati suasana dengan duduk-duduk di taman yang berada di sekitar area lintasan lari. Menariknya, berfoto di Lapangan Gasibu juga menjadi kegiatan yang menyenangkan, terutama dengan latar belakang Gedung Sate yang menjadi landmark ikonik dari Kota Bandung.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Bandung Seperti Luar Negeri yang Menarik

Sekian pembahasan Advontura kali ini mengenai rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Dari sekian rekomendasi, mana yang masuk ke dalam wishlist-mu? Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat untuk kamu, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Tempat Wisata di Bandung yang Gratis, Wajib Kamu Kunjungi!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Jalan-jalan ke taman wisata sudah, berlibur akhir pekan di pantai juga sudah. Hmm, kira-kira kita mau kemana lagi ya? Gimana kalau ke pusat perbelanjaan? Why not? Berlibur atau sekedar menghabiskan waktu luang di pusat perbelanjaan seperti Lokasari Square bukanlah ide yang buruk lho. Pasalnya,beberapa aktivitas menarik seperti bermain di arcade, karaoke, sembari berbelanja pakaian bisa […]

    Trending

    Ditengah, kurangnya teman hiburan yang ramah lingkungan di Jakarta, hadirlah Allianz Ecopark menjadi salah satu list tempat wisata yang eco friendly. Tempat ini dibangun dengan luas lahan hampir 34 hektar dengan mengubah Padang Golf Ancol menjadi sebuah sarana rekreasi yang mengusung konsep hiburan, edukasi, dan pastinya ramah lingkungan. Informasi tentang Allianz Ecopark lainnya, selengkapnya bisa […]
    Yuk, kita berlibur ke Sumatera Selatan! Kira-kira selain pemandangan alam bukit barisan yang memanjakan mata, objek wisata manakah yang seru dan juga menyenangkan? Yap, main ke Alaska Park Banjarbaru adalah pilihan yang tepat. Tempat ini merupakan sebuah taman rekreasi keluarga yang memiliki wahana yang beraneka ragam. Wahana yang tersedia pun cocok untuk segala umur. Untuk […]