1. Air Terjun
  2. Wisata Alam

Coban Putri: Wisata Eksotis Batu Penuh Misteri, Foto, & Rute

Kota Batu terkenal akan objek wisata variatifnya, baik di kancah Provinsi Jawa Timur, bahkan di kancah nasional. Hal ini dikarenakan Kota Batu memang dikenal sebagai salah satu kota wisata di Indonesia, guys. Bicara soal objek wisata Batu, pasti orang-orang akan menyebut Jatim Park, Batu Night Spectacular, dan wisata petik apelnya. Namun, sudahkah Advonturers tahu tentang objek wisata Coban Putri Batu? Hmm, tempat wisata seperti apa sih, itu?

Objek wisata Coban Putri Batu merupakan sebuah tempat wisata berupa air terjun. Biasanya, jika kota-kota lain menyebut air terjun sebagai curug, maka, di Kota Batu dan sekitarnya, masyarakat menyebutnya sebagai coban. Tempat wisata ini dikenal dengan eksotisme air terjun serta panorama alam yang indah di sekelilingnya. Harusnya, ini bisa, sih, jadi referensi liburan kamu. Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut, kamu harus scroll bacaan ini hingga selesai, ya!

Coban Putri, Air Terjun Eksotis dengan Penuh Misteri

Coban Putri Batu merupakan objek wisata berupa air terjun yang terletak di Kota Batu. Objek wisata ini letaknya tak jauh dari coban-coban terkenal lainnya di Batu. Meski Kota Batu lebih terkenal dengan wisata petik apelnya, nyatanya tempat wisata ini tak kalah daya tarik. Coban ini bisa menjadi pilihan liburan kamu kala mengunjungi Kota Batu, guys.

Eksotisme Air Terjun Coban Putri (sumber: @achai_windharta on Instagram)
Eksotisme Air Terjun Coban Putri (sumber: @achai_windharta on Instagram)

Dibalik eksotisme serta keindahannya, objek wisata ini dikenal memiliki sejumlah misteri dan legenda Coban Putri. Hal ini pun tak jarang juga dipercaya oleh masyarakat setempat. Mulai dari kepercayaan tentang adanya penampakan putri-putri yang mandi di coban ini, dan masih banyak legenda Coban Putri lainnya. Namun, kamu tak perlu terlalu khawatir dengan misteri dan legenda Coban Putri tersebut, guys. Terlepas dari itu semua, tempat ini merupakan objek wisata yang sangat worth it untuk dijadikan tempat melepas penat.

Legenda Coban Putri

Masyarakat sekitar mengenal beberapa legenda Coban Putri. Konon katanya, objek wisata ini dinamakan demikian, karena orang-orang yang tinggal di sekitar air terjun ini sering melihat penampakan seorang putri yang sedang mandi. Legenda Coban Putri yang satu ini begitu santer terdengar di masyarakat. 

Konon, putri mandi yang dimaksud adalah tokoh terkenal Kerajaan Singosari, yakni Ken Dedes, atau yang kita tahu sebagai istri dari Ken Arok, seorang Raja Singosari. Ada yang mengatakan bahwa Ken Dedes sering mandi di kawasan Songgoriti, namun juga kerap mandi di air terjun ini.

Lokasi & Rute ke Coban Putri

Ketika kamu berkunjung ke Kota Batu, tak ada salahnya untuk sejenak menyempatkan waktumu untuk berkunjung ke sini. Hal ini tentu bertujuan supaya liburanmu semakin seru dengan mengunjungi objek wisata alam yang satu ini. Tapi, sudahkah Advonturers tahu tentang letak objek wisata ini? Lokasi Coban Putri Batu sendiri berada di Desa Tlekung, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur, guys.

Jalan menuju Coban Putri Batu pun terbilang tak jauh dari pusat Kota Batu, hanya sekitar 7 km saja. Jika kamu belum tahu jalan menuju ke sana, maka kamu wajib simak rekomendasi rute ke Coban Putri berikut ini. Berangkat dari Alun-Alun Kota Batu, ya!

Dari Alun-Alun Kota Batu, kamu dapat melalui kawasan Oro-Oro Ombo. Melalui jalur lintas barat, ada papan petunjuk arah menuju Coban Putri Batu. Setelah 600 meter, kamu akan menemukan pintu gerbang masuk ke Air Terjun Coban Putri Batu. Kamu bisa menggunakan bantuan maps jika kebingungan di tengah jalan.

Ternyata, rute ke Coban Putri Batu tak terlalu rumit, ya! Namun, saat menuju ke sana, kamu akan menemukan beberapa jalan berbatu dan berkelok. So, tetaplah berhati-hati dan utamakan safety riding, ya!

Harga Tiket Masuk Coban Putri

Advonturers ingin menikmati wisata dengan budget rendah, namun worth it dan menyenangkan? Objek wisata ini rupanya harus masuk dalam wishlist liburan kamu. Bukan tanpa alasan, pihak pengelola objek wisata ini mematok harga tiket masuk Coban Putri yang sangat murah bagi wisatawan, yakni Rp 10.000 saja. Wow, murah banget, ya!

Selain harga tiket masuk Coban Putri, Advonturers yang membawa kendaraan akan dikenai biaya parkir. Namun, tak usah khawatir. Biaya parkir Rp 3.000 untuk motor, dan biaya parkir Rp 5.000 untuk mobil. Lagi-lagi, murah banget, kan? Kamu tak perlu merogoh kocek terlalu dalam bila ingin berwisata ke sini, karena kamu hanya akan dikenai biaya parkir dan harga tiket masuk. Kapan lagi bisa wisata seru dengan budget under Rp 20.000? Cus deh, gak pake lama!

Fasilitas di Coban Putri

Demi kenyamanan wisatawan, tentunya objek wisata Air Terjun Coban Putri Batu memiliki fasilitas menarik. Tempat wisata ini memiliki taman serta kolam ikan, yang akhirnya membuat lingkungan sekitarnya menjadi lebih colorful. Tentunya hal ini sudah oke, untuk kamu jadikan spot foto yang cukup instagrammable. Selain itu, terdapat fasilitas playground untuk anak-anak, sehingga Advonturers tak perlu khawatir anak-anak akan rewel bila dibawa berwisata kemari.

Adapun fasilitas terbaru yang dimiliki oleh objek wisata ini, yaitu offroad menggunakan mobil. Fasilitas offroad ini wajib kamu coba bila berkunjung ke sini, guys. Dengan biaya Rp 35.000 saja, kamu sudah bisa menikmati offroad seru dengan jarak tempuh 2 km. Selepas seru-seruan offroad, kamu bisa beristirahat di gazebo yang telah di sediakan. Tak perlu khawatir, toilet dan mushola pun telah disiapkan demi menunjang kenyamanan wisatamu, guys.

Spot Wisata Menarik di Coban Putri Batu

1. Air Terjun

Air terjun merupakan tujuan utama bila kamu berkunjung ke objek wisata ini. Eksotisme air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun serta panorama alam yang indah, pasti akan membuatmu betah berlama-lama di sini. Jika kamu hobi berswafoto, mungkin kamu bisa mengambil gambar momen-momen seru wisatamu, dengan latar belakang air terjun ini, guys.

Pesona Air Terjun Coban Putri (sumber: @_bramasta_ on Instagram)
Pesona Air Terjun Coban Putri (sumber: @_bramasta_ on Instagram)

Karena lokasi Coban Putri berada di dataran tinggi, tentu hal ini mendatangkan udara yang sangat sejuk. Udara sejuk yang ada di sekeliling tempat ini ini juga mampu memberikan ketenangan untukmu. Liburanmu pasti terasa lebih berkualitas jika kamu mengunjungi wisata alam yang satu ini. Jadi, tanpa perlu pikir panjang, segeralah berkunjung kemari, ya!

2. Ayunan

Bagi Advonturers yang rindu permainan masa kecil, seperti ayunan, kamu bisa menemukannya di sini. Sejenak duduk di ayunan dan mengayunkan badanmu ke depan dan ke belakang, terdengar sangat asyik. Ayunan yang ada di sini pun tentu oke bila kamu jadikan spot foto, guys.

Ayunan di Coban Putri (sumber: @dewii.ariyanti on Instagram)
Ayunan di Coban Putri (sumber: @dewii.ariyanti on Instagram)

Bayangkan betapa serunya bermain ayunan dengan latar belakang air terjun yang sangat eskotis. Ayunan merupakan fasilitas yang wajib kamu coba kala mengunjungi tempat ini. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati saat memainkan ayunan tersebut, ya!

3. Spot Foto di Ketinggian

Selain eksotisme air terjun dan panorama alam yang begitu indah, wisata Air Terjun Coban Putri Batu juga menawarkan pengalaman berswafoto yang berbeda untuk wisatawan. Tempat ini juga memiliki sejumlah spot foto yang sangat instagrammable dan digemari kawula muda. Namun, spot foto yang terkenal di sini rata-rata adalah spot yang terletak di ketinggian, guys.

Spot Foto di Coban Putri (sumber: @puterigumi on Instagram)
Spot Foto di Coban Putri (sumber: @puterigumi on Instagram)

Gardu pandang, ayunan, bintang, dan jembatan kayu merupakan spot foto yang sangat terkenal di sini. Spot-spot foto ini wajib kamu coba saat berkunjung ke sini, dan capture momen liburan terbaikmu. Jangan lupa post foto-foto instagenicmu di sosial media, ya. Pasti teman-temanmu bakal iri!

4. Lahan Piknik & Camping

Jika Advonturers suka berkemah, maka objek wisata satu ini bisa menjadi pilihanmu. Hal ini dikarenakan tempat ini juga memiliki spot untuk piknik dan camping bagi wisatawan. Jika biasanya piknik dan camping identik dengan daerah pegunungan, maka kamu wajib sesekali mencoba camping atau piknik di daerah air terjun. Menarik, kan?

Piknik di Coban Putri (sumber: @puterigumi on Instagram)
Piknik di Coban Putri (sumber: @puterigumi on Instagram)

Berkemah dan piknik ditemani oleh deburan air terjun yang deras, udara yang sejuk, serta kesunyian malam. Pasti membuatmu betah dan bisa menjadi sarana healing yang bagus bagimu. Jika kamu benar tertarik, maka tak ada salahnya kamu sejenak melepas penat dari kegiatan sehari-harimu dengan berkemah dan piknik di tempat wisata yang apik ini.

Ternyata, selain memiliki keindahan alam yang memukau, tempat ini juga memiliki legenda yang begitu dikenal masyarakat. Di balik keindahannya, legenda dari objek wisata ini begitu kental dipercaya oleh masyarakat. Namun, terlepas dari itu semua, objek wisata ini tetaplah menjadi sebuah objek wisata yang patut kamu kunjungi.

Jika kamu benar tertarik untuk mengunjunginya, tak ada salahnya kamu menyempatkan sejenak waktumu ya. Hati-hati saat melakukan perjalanan, karena jalan menuju Coban Putri Batu lumayan berkelok. Setelahmu dari sini, jangan lupa rekomendasikan objek wisata ini ke teman-temanmu, dan tunjukkan jalan menuju ke sana, ya!

Baca juga: Curug Lembah Tepus: Spot Wisata, Rute, Tiket, Potret Pesona

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Coban Putri: Wisata Eksotis Batu Penuh Misteri, Foto, & Rute

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]