Gunung Bunder Bogor: Rute Jalan, Harga Tiket, & Spot Wisata

Wisata Gunung Bunder Bogor
Daftar isi

Kota Hujan Bogor selalu menyimpan kesan tersendiri bagi wisatawannya. Saat wisatawan berbicara soal Bogor, yang muncul pertama kali di pikiran selalu Puncak. Padahal, tak hanya itu, Advonturers. Objek wisata yang tak kalah menarik ialah Gunung Bunder Bogor.

Meskipun tak setenar Puncak, namun Gunung Bunder Bogor rupanya cukup bagus untuk kamu jadikan referensi liburan. Tentu tak kalah dengan objek wisata terkenal lainnya, Gunung Bunder Bogor pun memiliki sederet fasilitas wisata yang bisa bikin kamu betah. Lalu, apa saja sih, fasilitas wisata tersebut?

Spoilernya, kamu tak hanya akan berwisata di daerah pegunungan. Mulai dari villa, camping ground, hingga curug, pasti akan kamu temukan di Gunung Bunder Bogor ini. Sudah mulai penasaran, kan? Maka dari itu tak ada salahnya bila kamu scroll ulasan mengenai Gunung Bunder Bogor berikut ini!

Wisata Gunung Bunder Bogor, Spot Hiking Nan Menantang

Pemandangan Nan Indah dan Sejuk Gunung Bunder Bogor (sumber: @bunanissyah on Instagram)
Pemandangan Nan Indah dan Sejuk Gunung Bunder Bogor (sumber: @bunanissyah on Instagram)

Ketika berbicara soal objek wisata di Kota Hujan Bogor, pernahkah kamu mendengar soal Gunung Bunder Bogor? Yup, Gunung Bunder Bogor adalah sebuah objek wisata yang menjadi surga para pecinta hiking. Melakukan hiking sembari menyaksikan keindahan alam sekitar, tentu sangat worth bagi para wisatawan. Jika Advonturers merupakan penggemar hiking, nampaknya objek wisata Gunung Bunder Bogor ini boleh juga untuk kamu taklukkan. 

Selain hiking, kamu pun juga bisa menikmati beberapa fasilitas wisata lainnya. Berwisata dengan udara yang sejuk tentu menjadi pilihan banyak orang, bukan? Meskipun kamu mengunjunginya saat cuaca sedang terik, tentu udara di daerah Gunung Bunder Bogor tetap sejuk, guys. Memangnya, kalau siang bolong, Gunung Bunder buka atau tutup, sih? Jelas buka, guys. Menurut info Gunung Bunder terbaru, objek wisata Gunung Bunder Bogor ini dapat kamu kunjungi mulai pukul 07.00 pagi, hingga 17.00 sore. 

Artikel Terkait

Rute Perjalanan ke Gunung Bunder

Jip Adalah Salah Satu Kendaraan Pilihan Saat Menuju ke Gunung Bunder (sumber: @bapack_bapack124 on Instagram)
Jip Adalah Salah Satu Kendaraan Pilihan Saat Menuju ke Gunung Bunder (sumber: @bapack_bapack124 on Instagram)

Advonturers, tentu tak mungkin, ya, jika kamu ingin berwisata ke suatu tempat tanpa mengetahui rute perjalanannya. Bagi kamu yang tengah bersiap-siap untuk mengunjungi objek wisata Gunung Bunder Bogor, simak rute perjalanannya baik-baik, ya!

1. Rute Perjalanan dari Bandara Soekarno Hatta

Bila Advonturers berangkat dari Bandara Soekarno Hatta menuju obyek wisata Gunung Bunder Bogor, rupanya kamu direkomendasikan untuk melewati jalan tol supaya lebih efisien dan cepat sampai. Waktu yang kamu perlukan sekitar 2,5 jam perjalanan, guys. Tidak terlalu lama, kan?

Berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, kamu harus melewati Jalan Tol Prof. Dr. Sedyatmo terlebih dahulu. Kemudian, kamu harus melewati Jalan Tol Cililitan II, guys. Selanjutnya, kamu harus mengambil jalur Tol Jagorawi, hingga keluar tol menuju Kota Bogor. Sesampaimu di Kota Bogor, kamu tinggal melanjutkan perjalanan ke arah Kampus IPB Dramaga, kemudian melewati kawasan Ciampea. Tak lama kemudian, kamu akan sampai di tujuan wisatamu, deh!

2. Rute Perjalanan dari Jakarta

Rekomendasi rute perjalanan yang paling cepat dari Jakarta menuju ke obyek wisata Gunung Bunder ini adalah melalui jalan tol. Rutenya pun terbilang tak terlalu rumit, guys. Pertama, kamu harus melewati flyover Jl. Pramuka. Setelah melalui flyover Jl. Pramuka, kamu harus memasuki Jalan Tol Cililitan 2. Berkendaralah mengikuti jalan hingga kamu masuk ke Tol Jagorawi. 

Beberapa saat setelahnya, keluarlah dari Jalan Tol menuju Kota Bogor. Setelahnya, kamu tinggal melanjutkan perjalananmu melalui kawasan Ciampea, dan kamu akan sampai di Pamijahan, Bogor, which is daerah tersebut adalah lokasi objek wisata tujuanmu, yaitu Gunung Bunder Bogor!

3. Rute Perjalanan dari Stasiun Bogor

Rekomendasi rute perjalanan terakhir adalah dari Stasiun Bogor. Anyway, sama sekali tak rumit, loh, rute perjalanan menuju Gunung Bunder Bogor dari Stasiun Bogor. Hal ini dikarenakan kamu tak perlu naik ke jalan tol, karena jarak dari Stasiun Bogor ke objek wisata Gunung Bunder Bogor tak terlalu jauh, bahkan tak sampai satu jam perjalanan.

Keluar dari stasiun, kamu harus melewati Jl. Raya Gunung Batu terlebih dahulu. Setelahnya, kamu harus mengambil arah ke Kampus IPB Dramaga. Setelahnya, kamu tinggal melanjutkan perjalananmu ke kawasan Ciampea. Tak lama kemudian, kamu akan sampai di obyek wisata Gunung Bunder Bogor, dan siap untuk bersenang-senang!

Harga Tiket Masuk Gunung Bunder Bogor & Fasilitas

Gunung Bunder Bogor Juga Jadi Favorit Anak Muda Camping (sumber: @regitasari_19 on Instagram)
Gunung Bunder Juga Jadi Favorit Anak Muda Camping (sumber: @regitasari_19 on Instagram)

Berwisata ke Gunung Bunder Bogor bisa menjadi pilihan bagi Advonturers yang menginginkan liburan dengan low budget namun worth it. Hal ini dikarenakan biaya masuk Gunung Bunder tergolong murah, guys. Kamu cukup membayar biaya sebesar Rp17.500 per orang dan satu motor, dan Rp 30.000 per dua orang dan satu motor. Namun, biaya ini adalah biaya ketika kamu masuk ke gerbang Halimun Salak, guys

Jika Advonturers ingin memasuki objek wisata yang ada di dalamnya, seperti curug, camping ground, atau wisata outbound lainnya, kamu akan dikenai biaya tambahan saat memasukinya. Tapi, kamu tak perlu khawatir, karena kamu hanya akan ditarik biaya sebesar Rp 5.000 – Rp 10.000 saja per orangnya. Murah banget, kan? Jadi, stop worrying about budget, dan segera main-main ke Gunung Bunder Bogor, ya!

Terkait fasilitas yang ada di Gunung Bunder Bogor, tentunya sudah cukup lengkap, guys. Mulai dari area parkir yang luas, hingga penginapan, semuanya telah disediakan demi menunjang kenyamanan wisatawan.

Spot Spot Wisata Gunung Bunder Terbaik

Setelah mengetahui sedikit hal tentang wisata Gunung Bunder Bogor, kamu wajib simak beberapa hal berikut. Tentang spot-spot menarik di sana, loh!

1. Puncak Gunung Bunder

Spot pertama yang direkomendasikan saat berwisata ke Gunung Bunder Bogor adalah Puncak Gunung Bunder. Puncak Gunung Bunder memang selalu memiliki view yang memukau, guys. Lelahmu selama mendaki tentu akan terbayar jika telah sampai di destinasi wisata cantik satu ini. Viewnya sungguh mempesona!

Puncak Gunung Bunder (sumber: @zona_sugarly on Instagram)
Puncak Gunung Bunder (sumber: @zona_sugarly on Instagram)

Seperti yang telah sedikit dispill sebelumnya, wisata Gunung Bunder Bogor ini merupakan surganya para pecinta hiking loh, guys. Terbayang kan, bagaimana serunya hiking sambil melirik panorama alam sekitar Puncak Gunung Bunder Bogor ini? Bagi Advonturers yang suka wisata alam, wajib coba mampir ke sini, ya!

2. Villa

Jika Advonturers tertarik untuk bermalam di sekitar obyek wisata ini, beberapa villa Gunung Bunder bisa menjadi pilihan untukmu. Di sekitar Gunung Bunder Bogor, terdapat beberapa penginapan yang bisa kamu sewa, guys. Mencari villa di Gunung Bunder yang ada kolam renangnya? Ada! 

Villa Gunung Bunder (sumber: @pondok_de_la_tifa on Instagram)
Villa Gunung Bunder (sumber: @pondok_de_la_tifa on Instagram)

Sebagai opsi untukmu, beberapa villa Gunung Bunder Bogor yang ada di sekitar sana, antara lain: Centhini Resort, The Michael Resort, Green Villa, dan masih ada beberapa villa Gunung Bunder lainnya. Bagi kamu yang ingin menginap dengan murah meriah, kamu boleh tak memilih villa Gunung Bunder sebagai penginapan. Alternatifnya, kamu bisa mencoba camping di spot camping ground yang sudah disediakan, guys. Namun, bagi kamu yang ingin mencoba pilihan lain, kamu dapat mencari referensi hotel atau villa Gunung Bunder lainnya via aplikasi mobile!

3. Curug

Beberapa Advonturers pasti penasaran dan bertanya-tanya, ada nggak, sih, curug yang bagus di Gunung Bunder Bogor. Of course, ada! Fyi, beberapa curug Gunung Bunder memang selalu mencuri perhatian wisatawan karena keindahannya. Ketika berkunjung ke wisata Gunung Bunder Bogor, kamu dapat bermain air di beberapa curug Gunung Bunder yang ada. 

Curug Gunung Bunder (sumber: @saddam_yb on Instagram)
Curug Gunung Bunder (sumber: @saddam_yb on Instagram)

Curug Gunung Bunder yang ada pun sangat eksotis dan cukup instagrammable untuk kamu jadikan spot foto. Selain itu, kesegaran air yang jernih serta udara yang sejuk, akan membuatmu semakin betah berada di Gunung Bunder. Adapun beberapa curug yang bagus di Gunung Bunder, antara lain:  Curug Batu Ngampar, Curug Cihura, Curug Seribu, dan masih ada beberapa curug Gunung Bunder lainnya. Tertarik untuk mampir ke beberapa curug Gunung Bunder ini?

4. Camping Ground

Objek wisata Gunung Bunder tentu memiliki spot berkemah yang oke, guys. Jika Advonturers gemar berkemah bersama teman-teman dan keluarga, Camping Ground Gunung Bunder Bogor ini bisa jadi spot pilihan untukmu. Kamu bisa mendirikan tenda di spot Camping Ground Gunung Bunder yang telah disediakan.

Camping Ground Gunung Bunder (sumber: @albertsumilat on Instagram)
Camping Ground Gunung Bunder (sumber: @albertsumilat on Instagram)

Bayangkan bagaimana serunya suasana malam dengan menyalakan api unggun, menyeduh kopi, dan bercengkrama hangat dengan orang-orang tersayang. Fyi, Camping Ground Gunung Bunder yang menjadi favorit wisatawan untuk berkemah di objek wisata ini adalah Camping Ground Curug Cihurang. Untuk dapat menginap di Camping Ground Gunung Bunder ini, biayanya pun tak mahal, cukup Rp 50.000 saja per lima orang. Oke banget, kan? Yuk, segera kemasi barang-barangmu, dan cobalah bermalam di Camping Ground Gunung Bunder Bogor!

Salah Satu Spot Favorit di Gunung Bunder (sumber: @rudday0807 on Instagram)
Salah Satu Spot Favorit di Gunung Bunder (sumber: @rudday0807 on Instagram)

5. Pemandian Air Panas

Berwisata tentu bertujuan untuk membuatmu rileks bukan? Kamu bisa semakin rileks dengan mengunjungi pemandian air panas yang ada di objek wisata Gunung Bunder Bogor. Hangatnya air di tengah udara pegunungan yang dingin, pasti memberikan kesan ketenangan tersendiri untukmu. 

Pemandian Air Panas Ciparay Gunung Bunder

Adapun pemandian air panas yang terdapat di objek wisata Gunung Bunder Bogor ini adalah pemandian air panas Ciparay. Selain bisa merasakan ketenangan saat berendam di air panasnya, kamu juga akan dimanjakan oleh eksotisme pemandangan alam sekitar. Kamu pasti tak akan rugi bila berkunjung ke sini!

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai objek wisata Gunung Bunder Bogor, guys. Ternyata, berwisata kemari cukup worth ya. Sekarang, Advonturers pun tahu bahwa ternyata objek wisata di Kota Bogor tak hanya Puncak atau Taman Safari ya, guys

Bagi kamu yang memang berniat untuk melepas penat di akhir pekan, hendaknya kamu boleh banget untuk menjadikan Gunung Bunder Bogor ini sebagai referensi wisata kamu. Berwisata saat pandemi itu memang sangat penting untuk menghindarkan diri dari pikiran stress. Namun, jangan pernah abai terhadap protokol kesehatan, ya. Semoga sehat selalu!

Baca Juga: Curug Lembah Tepus, Spot Wisata, Rute, Tiket, & Potret Pesona

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *