Pulau Menjangan Bali, Surganya Para Penyelam di Bali Barat

Keindahan Biota Laut Pulau Menjangan (sumber: @dinarintolahimang on Instagram)
Keindahan Biota Laut Pulau Menjangan (sumber: @dinarintolahimang on Instagram)
Daftar isi

Pulau Dewata Bali selalu identik dengan objek wisata laut dengan pesona yang memukau. Tidak heran bila wisatawan domestik maupun mancanegara selalu memilih Bali sebagai destinasi wisata pilihan. Wisata Pulau Menjangan merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang selalu memikat wisatawan. Terletak di sebelah barat Pulau Dewata, Menjangan sama sekali tak kalah daya tarik dengan pulau lain yang ada di Bali, seperti Nusa Penida dan Nusa Ceningan.

Selain terkenal karena panorama laut yang luar biasa, Menjangan Bali, yang dikenal sebagai surganya para penyelam ini memiliki banyak spot serta aktivitas wisata seru yang sayang untuk dilewatkan. Sudah kenalkah Advonturers dengan tempat wisata yang satu ini? Untuk mengenal pulau ini lebih jauh, kamu wajib simak ulasan mengenai wisata Pulau Menjangan Bali berikut ini!

Menjangan Bali, Surga Tersembunyi di Barat Pulau Dewata

Menjangan adalah pulau sekaligus objek wisata yang terletak di kawasan Bali Barat. Objek wisata yang satu ini masih termasuk dalam Taman Nasional Bali Barat. Tak hanya akan menemukan eksotisme pantai serta daratan, Menjangan Bali justru terkenal akan keindahan biota lautnya. Hal ini membuat Menjangan terkenal memiliki spot snorkeling dan diving yang digemari para penyelam. 

Kala kamu berkunjung ke pulau yang satu ini, kamu akan merasa sedang menemukan sebuah surga tersembunyi. Selain itu, kamu juga akan merasa sedang berlibur ke tempat wisata pribadimu, lho. Hal ini dikarenakan masih belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sini sehingga Menjangan terasa sangat sunyi dan menenangkan. Berkunjung ke Menjangan sangat cocok bagimu yang sejenak ingin meninggalkan keramaian kota.

Lokasi & Cara ke Pulau Menjangan Bali

Sudah tahukah kamu di mana lokasi Pulau Menjangan? Lokasi Pulau Menjangan sendiri berada di Desa Klampok, Grokgak, Buleleng, Bali. Lokasi Pulau Menjangan berada di sebelah utara Taman Nasional Bali Barat, guys. Lalu, bagaimanakah cara ke Pulau Menjangan Bali? Untuk mengetahui cara ke Pulau Menjangan Bali, kamu bisa simak akses perjalanan menuju ke Pulau Menjangan yang berangkat dari Banyuwangi berikut ini. 

Artikel Terkait

Dari Banyuwangi, kamu bisa langsung mengawali perjalananmu dari Pantai Bangsring atau Pantai Grand Watudodol untuk menuju ke Menjangan. Dari sini, kamu bisa langsung menyeberang menggunakan kapal motor yang disediakan oleh jasa penyeberangan Bangsring Boat. Waktu perjalanan menyeberang dari Banyuwangi ke Menjangan adalah sekitar 1 jam. Namun, kamu tak akan merasa penat karena sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati panorama laut yang cantik.

Biaya ke Pulau Menjangan Bali

Meskipun biaya ke Pulau Menjangan Bali terdengar cukup mahal, kamu tak perlu khawatir karena segala yang akan kamu dapatkan tentu sepadan dengan biaya ke Pulau Menjangan yang sudah kamu keluarkan. Bagi kamu yang berangkat dari Bali, kamu dapat menyewa kapal dengan harga Rp 550.000 per hari. Bila kamu ingin menyewa peralatan snorkeling, kamu harus membayar biaya sekitar Rp 50.000.

Biaya ke Pulau Menjangan bagi kamu yang berangkat dari Banyuwangi akan lebih murah. Kamu dapat membeli paket perjalanan sekitar Rp 250.000 dengan ketentuan minimal dua orang, dan kamu akan mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap, yakni peralatan snorkeling, tiket, dan dua kali makan. Bagi Advonturers yang membutuhkan seorang tour guide, kamu dapat menyewa tour guide dengan tarif Rp 100.000. 

Penginapan di Pulau Menjangan Bali

Berkunjung ke Pulau Menjangan rasanya sangat kurang bila kamu tak bermalam. Teruntuk kamu yang masih betah berlibur di pulau yang satu ini, bermalam merupakan solusi terbaik untukmu. Ada banyak rekomendasi penginapan di Pulau Menjangan Bali. Penginapan di Menjangan yang paling terkenal adalah The Menjangan Resort. Meski memiliki harga sewa yang fantastis, The Menjangan Resort memiliki fasilitas yang lengkap.

The Menjangan Resort (sumber: @swaradera on Instagram)
The Menjangan Resort (sumber: @swaradera on Instagram)

Namun, kamu tak perlu khawatir karena masih banyak penginapan di Pulau Menjangan yang mematok tarif ratusan ribu saja. Kamu bisa memilih penginapan yang sesuai dengan budget pribadimu, guys. Adapun rekomendasi penginapan di Pulau Menjangan yang memiliki harga sewa terjangkau adalah: Menjangan Hill, NusaBay Menjangan, Batu Ampar Menjangan, dan lain-lain.

Aktivitas Seru Wisata Pulau Menjangan Bali

Tak sabar untuk segera menikmati wisatamu di pulau yang satu ini? Simak rekomendasi aktivitas seru yang bisa kamu lakukan, berikut ini!

1. Berenang di Air Laut Jernih

Pulau yang satu ini memiliki air laut yang sangat jernih nan berwarna kebiruan yang memanjakan mata. Maka akan sangat rugi bila kamu tak mencoba merasakan jernihnya air di Menjangan ini. Berenang di air laut yang jernih akan memberikan pengalaman tersendiri untukmu. Berenang sambil menikmati pemandangan alam sekitar mampu menjadi sarana healing untukmu.

Berenang di Air Laut Jernih (sumber: @swaradera on Instagram)
Berenang di Air Laut Jernih (sumber: @swaradera on Instagram)

Sambil berenang, kamu bisa menikmati asrinya pemandangan alam sekitar pulau ini. Air laut di pulau yang satu ini terlihat jernih bak kristal. Berenang di lautan Menjangan tentu akan terasa berbeda dengan berenang di tempat lainnya. Maka dari itu, berenang di air laut yang jernih merupakan aktivitas wisata yang wajib kamu lakukan di sini. 

2. Menikmati Snorkeling 

Dikenal sebagai surganya para penyelam, snorkeling Pulau Menjangan merupakan aktivitas wisata yang sama sekali tak boleh dilewatkan. Pasalnya, kondisi biota laut yang ada di pulau ini masing sangat terjaga di balik air laut yang sangat jernih. Keragaman hewan-hewan laut yang berwarna-warni, serta terumbu karang yang cantik membuatmu seakan tak ingin kembali ke daratan. Salah satu spot snorkeling favorit wisatawan adalah Anchor Wreck, di mana terdapat bangkai Kapal Belanda yang tenggelam di sini. 

Snorkeling di Pulau Menjangan (sumber: @adampalbat on Instagram)
Snorkeling di Pulau Menjangan (sumber: @adampalbat on Instagram)

Sambil menikmati snorkeling Pulau Menjangan, tak ada salahnya bila kamu mengambil foto estetik dengan gaya underwater. Kamu dapat berfoto dengan ikan-ikan serta terumbu karang cantik yang ada di sini. Keindahan biota laut di objek wisata yang satu ini memanglah tiada tara sehingga mendapat julukan sebagai surganya para penyelam.

3. Berkuda

Mungkin berkuda di sekitar pantai atau laut terdengar aneh bagimu. Nyatanya, berkuda di pinggiran pantai bak yang ada di film-film benar adanya. Kamu bisa menikmati berkuda di pinggiran pantai kala berkunjung ke Menjangan. Tak hanya di pinggiran pantai, berkuda juga dapat kamu lakukan di Hutan Menjangan. Bagi kamu si pemula, kamu tak perlu khawatir karena kegiatan berkudamu akan dipandu oleh seorang guide.

Berkuda di Pulau Menjangan (sumber: @canro.simarmata on Instagram)
Berkuda di Pulau Menjangan (sumber: @canro.simarmata on Instagram)

Jasa wisata berkuda ini disediakan oleh Menjangan Resort. Maka dari itu, jika kamu tertarik untuk melakukan kegiatan berkuda selama berwisata ke Menjangan Bali, kamu dapat menghubungi Menjangan Resort terlebih dahulu. 

4. Naik Perahu Kayak

Naik perahu kayak atau kayaking, merupakan aktivitas wisata yang juga sayang untuk kamu lewatkan. Menaiki perahu kayak bersama orang tersayang akan menjadi pengalaman berbeda untukmu. Selama melakukan kayaking, kamu akan melintasi perairan Teluk Bajul, kemudian melintasi area hutan bakau yang asri dan rimbun. 

Naik Perahu Kayak (sumber: @bienve_melan on Instagram)
Naik Perahu Kayak (sumber: @bienve_melan on Instagram)

Menaiki perahu kayak merupakan aktivitas wisata seru yang tidak boleh kamu lewatkan, karena sambil berwisata kamu akan sekaligus berolahraga dengan mendayung perahu kayak. Untuk menyewa perahu kayak, kamu dapat menghubungi persewaan perahu kayak yang ada di sekitar Menjangan.

5. Berburu Foto Keren

Siapa yang tak ingin berburu foto keren, terutama saat liburan? Terlebih, jika kamu sedang liburan di Menjangan! Tentunya, banyak spot foto keren yang bisa kamu temukan di sini. Tak hanya di daratan, bahkan kamu juga wajib mencoba foto dengan gaya underwater yang keren saat snorkeling.

Berburu Foto Keren di Pulau Menjangan (sumber: @adhihuda on Instagram)
Berburu Foto Keren di Pulau Menjangan (sumber: @adhihuda on Instagram)

Setiap sisi dari pulau ini memanglah terlihat instagramable. Berburu foto keren dan instagenic nampak merupakan suatu kewajiban bila kamu berkunjung ke Menjangan Bali. Maka dari itu, jangan sampai kamu tak mengabadikan momen wisata serumu di Pulau Menjangan ini, ya!

6. Naik Kapal Selam Odyssey

Ingin menikmati keindahan bawah laut namun takut untuk melakukan snorkeling? Kamu bisa menaiki Kapal Selam Odyssey. Kapal Selam Odyssey merupakan kapal selam yang memang diperuntukkan untuk kegiatan wisata. Mengarungi lautan menggunakan kapal selam tentu memberikan pengalaman wisata terbaik untukmu. Dari dalam kapal selam, kamu bisa menyaksikan ragam biota laut yang sangat cantik.

Pemandangan Bawah Laut Pulau Menjangan (sumber: @travelingdelaneys on Instagram)
Pemandangan Bawah Laut Pulau Menjangan (sumber: @travelingdelaneys on Instagram)

Jika Advonturers membawa anak-anak, menyelam menggunakan Kapal Selam Odyssey merupakan aktivitas wisata yang menyenangkan. Menyaksikan aneka hewan laut dan cantiknya terumbu karang dari dalam kapal selam akan membuat anak-anak semakin betah untuk berlibur di Menjangan.

7. Bertemu Rusa Menjangan

Jika kawasan pantai biasanya identik dengan hewan kera, maka pantai-pantai di Pulau Menjangan Bali identik dengan Rusa Menjangan. Rusa Menjangan yang berkeliaran di pinggiran pantai ini seolah sedang menyapa wisatawan yang berkunjung ke rumah mereka, yakni Menjangan.

Rusa Menjangan (sumber: @indonesia_travelmate on Instagram)
Rusa Menjangan (sumber: @indonesia_travelmate on Instagram)

Wisatawan bisa bermain dengan rusa-rusa ini secara bebas, karena rusa-rusa yang ada di sini merupakan hewan yang dilepas begitu saja. Rusa-rusa di sini terkenal tidak galak, tak heran bila wisatawan selalu betah bermain-main dengan rusa-rusa lucu di sini. Namun, kamu juga tetap harus berhati-hati karena rusa-rusa ini juga bisa kapan saja menyerangmu jika merasa terganggu.

Baca juga: Pulau Cinta Gorontalo, Wisata Romantis Bagai di Maldives

Begitulah tadi sedikit informasi mengenai wisata Pulau Menjangan Bali. Aktivitas wisata manakah yang menarik hatimu? Berkunjung ke wisata Pulau Menjangan Bali sangat cocok untuk Advonturers yang sejenak ingin melepas penat dari keramaian kota. Di Pulau Menjangan, kamu akan merasa lebih tenang karena kondisinya yang sunyi. Terlebih jika kamu suka olahraga menyelam, kamu wajib banget berkunjung ke objek wisata Pulau Menjangan Bali untuk wisata menyelam yang paling fantastis!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *