Green Canyon Pangandaran: Harga Tiket Masuk & Aktivitas Wisata

Body Rafting di Green Canyon Pangandaran (sumber: @visitgreencanyon on Instagram)
Body Rafting di Green Canyon Pangandaran (sumber: @visitgreencanyon on Instagram)
Daftar isi

Jawa Barat rasanya memang tak habis-habis bila dibicarakan soal sektor pariwisatanya. Bandung dengan Floating Marketnya, Bogor dengan Puncaknya, hingga Cirebon dengan Keraton Kasepuhannya, seolah menggambarkan bahwa Provinsi Jawa Barat cukup unggul dalam bidang pariwisata. Begitupun dengan Kabupaten Pangandaran, yang terkenal akan objek wisata Green Canyon. Sudah kenalkah kamu dengan Green Canyon Pangandaran?

Green Canyon Pangandaran merupakan salah satu objek wisata terkenal di Pangandaran, yang mirip dengan wisata Green Canyon yang ada di Amerika. Jika Advonturers suka bermain air, kamu bisa sesekali coba berwisata ke tempat ini. Merasakan segarnya air yang bak berwarna tosca, ditemani dengan asri hijau pemandangan alam sekitar akan membuat liburanmu terasa lebih menyenangkan. Penasaran? Kabel roll kejatuhan manggis, scroll sampai habis!

Green Canyon Pangandaran, Wisata Alam Ala Film Amerika di Jawa Barat

Bicara soal Green Canyon, pasti Advonturers sudah sering mendengar soal wisata Green Canyon yang ada di Amerika. Pangandaran pun memiliki kembarannya, guys. Green Canyon merupakan wisata air alami yang terletak diantara tebing-tebing tinggi nan asri. Green Canyon Pangandaran menawarkan wisata air dengan pemandangan alam sekitar yang juga estetik. Tentunya, hal ini sayang untuk kamu lewatkan.

Berendam di Sungai Green Canyon (sumber: @visitgreencanyon on Instagram)
Berendam di Sungai Green Canyon (sumber: @visitgreencanyon on Instagram)

Green Canyon Pangandaran juga disebut sebagai Cukang Taneuh oleh masyarakat sekitar, yang berarti jembatan tanah. Pemberian istilah Cukang Taneuh ini dikarenakan adanya sebuah jembatan tanah yang melintang di atas Sungai Cijulang. Jembatan ini biasa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melintasi Sungai Cijulang. Namun, terlepas dari apapun nama serta julukannya, tempat ini tetaplah ciamik 

Misteri Green Canyon Pangandaran

Di balik keindahannya, ada sejumlah Misteri Green Canyon Pangandaran. Konon katanya, Green Canyon Pangandaran terbentuk dari alam yang berusia jutaan tahun. Jauh sebelum menjadi tempat wisata, kawasan Green Canyon jarang dilewati masyarakat karena terkenal sebagai kawasan yang angker. Hanya beberapa orang yang berani pergi ke sana, untuk berburu biawak dan ular. Kebenaran dari misteri Green Canyon Pangandaran yang satu ini masih belum bisa diketahui kebenarannya.

Artikel Terkait

Nama Green Canyon sendiri pertama kali dipopulerkan oleh seorang turis dari Perancis, bernama Bill John, pada tahun 1993. Bukan tanpa alasan, turis ini memberikan nama Green Canyon karena kagum pada keindahannya. Selain itu, dinding batu yang menghiasi tempat ini ditengarai berasal dari erosi tanah selama jutaan tahun. Keberadaan gua dengan pemandangan batuan stalagtit dan stalagmit juga menjadi daya tarik tersendiri di tempat ini.

Tiket Masuk Green Canyon Pangandaran & Jam Buka

Green Canyon itu bagus banget, tapi bagaimana dengan harga tiket masuknya? Tenang! Harga tiket masuk Green Canyon Pangandaran ini ternyata cukup terjangkau, guys. Dengan sekitar Rp 200.000 saja, kamu sudah bisa menyewa sebuah perahu untuk 6 orang. Asyik banget, kan? Harga tiket masuk Green Canyon Pangandaran ini cukup murah bila dibandingkan dengan pengalaman berwisata yang akan kamu dapatkan di sana. Jadi, tak usah lagi, deh, bingung soal harga tiket masuk Green Canyon Pangandaran.

Terkait dengan jam bukanya, Green Canyon Pangandaran ini bisa kamu kunjungi pada pukul 08.00 – 17.00 pada setiap harinya. Pengecualian untuk hari Jumat, kamu baru bisa mengunjungi Green Canyon Pangandaran ini pada sekitar pukul 13.00, guys. Jadi, kapan nih, kamu mau main-main ke tempat wisata yang cantik ini?

Lokasi Green Canyon Pangandaran & Rute

Objek wisata Green Canyon Pangandaran Jawa Barat sendiri terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Namun, apakah kamu sudah tahu dimana letak persis dari tempat wisata ini? Bagi Advonturers yang belum pernah ke Pangandaran, kamu tak perlu khawatir. Advontura punya rekomendasi rute perjalanan yang anti ribet untukmu. Catat dan simak baik-baik, ya!

Green Canyon Pangandaran (sumber: @visitgreencanyon on Instagram)
Green Canyon Pangandaran (sumber: @visitgreencanyon on Instagram)

Berangkat dari arah Jabodetabek, kamu yang menaiki mobil pribadi bisa melewati jalan tol supaya lebih cepat. Keluarlah dari Tol Cileunyi, dan masuklah ke arah Nagreg dan Ciawi. Kemudian, masuklah ke arah Tasikmalaya. Setelah itu, menujulah ke daerah Ciamis dan Banjar. Lanjutkanlah perjalananmu hingga ke Pangandaran. Setelahnya, kamu bisa mengikuti arah dari maps bila masih kebingungan.  

Fasilitas Wisata Green Canyon Pangandaran Jawa Barat

Setiap tempat wisata tentu harus memiliki fasilitas yang memadai demi menunjang kenyamanan wisatawan, tak terkecuali Green Canyon ini. Adapun fasilitas umum yang akan kamu dapatkan kala berkunjung ke tempat ini antara lain: area parkir memadai, mushola, kamar mandi, dan restoran. Selain fasilitas umum, ada juga fasilitas berupa hotel di Green Canyon Pangandaran dan sekitarnya.

Bagi kamu yang ingin beristirahat atau bermalam di sekitar kawasan wisata Green Canyon, kamu bisa menyewa hotel, villa, atau bungalow yang tersedia. Tiap penginapan tentu memiliki fasilitas berbeda tergantung dari harganya. Kamu bisa memilih penginapan sesuai budgetmu, guys. Namun, tak jarang pula wisatawan yang memilih beristirahat di rumah warga sekitar.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Green Canyon Pangandaran

Supaya kamu semakin kepo dan tertarik untuk berkunjung ke sini, berikut ini ada sedikit spoiler tentang aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di Green Canyon!

1. Berenang di Sungai Tosca Super Jernih

Siapa yang tak ingin berenang saat melihat pesona air di Green Canyon ini. Air sungai yang bak berwarna tosca, membuatmu ingin segera nyebur ke dalamnya. Air sungai berwarna tosca ini sudah tentu terasa segar bila mengguyur tubuhmu, dibarengi dengan udara segar yang ditimbulkan dari lingkungan sekitarnya.

Berenang di Air Jernih Green Canyon (sumber: @visitgreencanyon on Instagram)
Berenang di Air Jernih Green Canyon (sumber: @visitgreencanyon on Instagram)

Tak perlu khawatir akan gatal-gatal, karena air sungai di Green Canyon ini super jernih dan sama sekali tak keruh! Bahkan, sah-sah saja jika kamu ingin berfoto dengan gaya underwater yang estetik. Pokoknya, berenang di air yang super jernih ini adalah kewajiban saat kamu berkunjung ke tempat ini!

2. Menikmati Eksotisme Tebing dan Stalagtit

Tebing menjulang yang mengitari Green Canyon ini seolah menambah eksotismenya. Batuan-batuan asli alam yang konon katanya telah terbentuk sejak jutaan tahun akibat adanya erosi, menjadi sesuatu yang sangat luar biasa kini. Ketika berkunjung ke Green Canyon Pangandaran, kamu akan melihat tebing batu yang menjulang tinggi dan megah.

Menikmati Eksotisme Tebing Green Canyon (sumber: @visitgreencanyon on Instagram)
Menikmati Eksotisme Tebing Green Canyon (sumber: @visitgreencanyon on Instagram)

Pemandangan alam sekitarnya juga menambah keindahan dari Green Canyon itu sendiri. Batuan stalagtit dan stalagmit turut menjadi pemandangan unik tersendiri yang menjadi daya tarik. Jika kamu berkunjung ke tempat ini, sempatkanlah untuk sejenak berposes bersama tebing dan batuan yang eksotis ini!

3. Menelusuri Sungai dengan Kano

Menyusuri perairan yang cukup dalam tak mungkin bila kamu lakukan dengan berjalan kaki. Menyewa perahu kano akan menambah keseruan liburanmu, guys! Menyusuri sungai Green Canyon dengan perahu, diiringi canda tawa bersama orang-orang tersayang, pasti bakal membuat liburanmu semakin menyenangkan. Saat menyusuri sungai dengan kano, tak ada salahnya bila kamu sejenak berswafoto ria, karena tiap spotnya sungguh Instagrammable.

Menysuri Green Canyon dengan Perahu (sumber: @visitgreencanyon on Instagram)
Menysuri Green Canyon dengan Perahu (sumber: @visitgreencanyon on Instagram)

Menyewa perahu kano di Green Canyon umumnya diperuntukkan untuk 5-6 orang dalam satu perahu. Kamu dapat menyewanya dalam paket wisata dengan harga yang berbeda-beda. Adapun harga paket wisata yang ditawarkan hanya mulai dari Rp 200.000 saja untuk 5-6 orang. Maka dari itu, kamu wajib ajak teman-teman serta keluargamu untuk berwisata ramai-ramai ke tempat ini!

4. Body Rafting

Rafting Green Canyon Pangandaran merupakan kegiatan utama dan wajib ketika Advonturers berkunjung ke tempat ini. Jika kamu ingin melakukan body rafting, hendaknya kamu harus bisa berenang supaya kamu tetap tenang dan tak panik saat mengapung di atas air. Untuk melakukan body rafting, kamu akan dibekali dengan helm dan baju pelampung. Sehingga, kamu tak perlu ragu dengan keamanan body rafting di Green Canyon.

Body Rafting di Green Canyon Pangandaran (sumber: @visitgreencanyon on Instagram)
Body Rafting di Green Canyon Pangandaran (sumber: @visitgreencanyon on Instagram)

Body rafting Green Canyon Pangandaran dilakukan bagi kamu yang benar-benar ingin menikmati alam Green Canyon secara keseluruhan. Nikmati setiap aliran air yang mengelilingi tubuhmu saat terbawa arus air yang tak terlalu kencang membuatmu merasa lebih tenang. Saat merasa lelah di tengah-tengah kegiatan body rafting, berhentilah sejenak untuk beristirahat dan menaikkan suhu badan supaya tubuhmu tak kedinginan, guys!

Baca juga: Blue Lagoon Jogja: Tiket Masuk, Alamat, & Spot Foto Kerennya

Itulah sedikit informasi mengenai objek wisata Green Canyon Pangandaran. Meski ada misteri Green Canyon Pangandaran, keindahan tempat wisata ini adalah yang utama. Jika kamu sudah penasaran dan ingin segera jalan-jalan ke Green Canyon ini, hendaknya segera atur jadwalmu, ya. Jangan sampai tempat wisata yang satu ini tak masuk dalam wishlist liburan kamu.

Jangan lupa potret momen berhargamu ketika berwisata ke tempat ini. Tunjukkanlah pada teman-temanmu supaya semakin banyak orang yang mengetahui keindahan Green Canyon ini. Tempat ini merupakan destinasi wajib saat kamu mengunjungi Kabupaten Pangandaran. Green Canyon Pangandaran menunggumu, tong hilap, nya!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *