Pantai Pok Tunggal: Tiket Masuk & Spot Wisata Terbaru 2021

Pemandangan Pantai Pok Tunggal (sumber: @journey_traveling on Instagram)
Pemandangan Pantai Pok Tunggal (sumber: @journey_traveling on Instagram)
Daftar isi

Sedang memiliki planning untuk berlibur ke Yogyakarta? Mengunjungi pantai di Yogyakarta dapat menjadi opsi bagimu saat liburan. Siapa bilang bahwa Yogyakarta hanya memiliki Pantai Parangtritis sebagai wisata pantainya. Objek wisata Pantai Pok Tunggal turut bisa menjadi solusi liburan bagimu, kok. Masyarakat asli Yogyakarta tentu sudah kenal dengan objek wisata ini. Keindahan serta eksotisme pantainya sama sekali tak kalah dengan Parangtritis.

Seperti sebutannya, yakni Surga Tersembunyi, pantai ini memanglah terletak di tempat terpencil. Namun, justru inilah yang menjadikan tempat ini sebagai sebuah hidden gem. Pesonanya sama sekali tak kalah dengan pantai-pantai terkenal di Indonesia. Maka dari itu, jika kamu memiliki plan untuk berlibur ke Yogyakarta, tak ada salahnya jika sejenak kamu mampir ke pantai yang eksotis ini!

Keindahan Pantai Pok Tunggal, Hidden Gem-nya Jogja

Objek wisata Pantai Pok Tunggal Jogjakarta memang seringkali disebut sebagai surga tersembunyi. Hal ini dikarenakan lokasi Pantai Pok Tunggal sendiri memanglah terletak di tempat terpencil. Meskipun terletak di kawasan terpencil, keindahan pantai ini sama sekali tak kalah dengan pantai-pantai terkenal lainnya di Yogyakarta. Nama pantai ini berkaitan dengan keberadaan sebuah pohon besar yang disebut dengan Pohon Duras. 

Tepian Pantai Pok Tunggal (sumber: @dewi.tarina on Instagram)
Tepian Pantai Pok Tunggal (sumber: @dewi.tarina on Instagram)

Pohon Duras yang ada di sana memanglah langka dan menjadi satu-satunya atau tunggal di pantai ini. Pasir putih dengan hamparan laut biru seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai yang indah ini. Selain itu, keberadaan dinding perbukitan di sekeliling pantai ini seolah menambah nilai estetika dari pantai ini. Tertarik untuk mengunjunginya?

Lokasi dan Jalan Menuju Pantai Pok Tunggal

Bagi Advonturers yang ingin segera main-main ke pantai ini, lokasi Pantai Pok Tunggal sendiri berada di kawasan Tepus, Gunungkidul, Jogjakarta. Jalan menuju Pantai Pok Tunggal ini tak ribet dan lokasinya memanglah sedikit terpencil, namun hal ini membuatnya kian menjadi hidden gem. Setelah mengetahui lokasi Pantai Pok Tunggal, sudahkah kamu mengerti rute jalan menuju Pantai Pok Tunggal? Simak baik-baik karena Advontura sajikan rekomendasi rute jalan menuju Pantai Pok Tunggal untukmu!

Artikel Terkait

Berangkat dari Alun-Alun Gunung Kidul, bergeraklah menuju Pasar Hargosari. Setelah melewati pasar, pada pertigaan kedua beloklah ke kanan menuju Jalan Baron. Bergeraklah menuju Polsek Tanjungsari, dan lanjutkan perjalananmu hingga Pos Tanda Pembayaran Retribusi (TPR). Dari Pertigaan Pantai Kukup, beloklah ke kiri melewati sederet pantai hingga sampai di Pantai Indrayanti. Lanjutkan perjalananmu hingga sampai di Pertigaan pantai, beloklah ke kanan. Tak lama lagi kamu akan sampai di tujuanmu!

Info Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal 2021

Untuk kamu yang sudah semakin kepo dengan tempat wisata ini, kamu bisa mengunjunginya sepanjang hari karena pantai ini dibuka selama 24 jam non stop dari hari Senin hingga Minggu. Asyik banget, kan? Selain itu, berwisata ke tempat ini nampaknya memanglah cocok untuk kamu yang tetap ingin liburan dengan kantong tipis. Bagaimana tidak, harga tiket masuk Pantai Pok Tunggal ini hanya sebesar Rp 10.000 saja. Murah meriah banget, kan? 

Pantai Pok Tunggal Yogyakarta (sumber: @dewi_rhmd on Instagram)
Pantai Pok Tunggal Yogyakarta (sumber: @dewi_rhmd on Instagram)

Namun, bagi kamu yang membawa kendaraan sendiri, selain dikenai biaya tiket masuk Pantai Pok Tunggal, kamu juga wajib membayar biaya parkir. Biaya parkirnya pun tak mahal, yakni: Rp 2.000 untuk motor, Rp 10.000 untuk mobil, Rp 15.000 untuk Elf, dan Rp 25.000 untuk bus. Biaya tiket masuk Pantai Pok Tunggal yang murah meriah ini sungguh sayang untuk dilewatkan!

Aktivitas Wisata untuk Dilakukan di Pantai Pok Tunggal Jogjakarta

Sudah semakin penasaran dengan pantai nan elok ini? Berikut ini aktivitas wisata seru yang dapat kamu lakukan di sana!

1. Bermain Air dan Berenang

Bermain air dan berenang tentu menjadi aktivitas utama saat kamu berkunjung ke sebuah pantai, tak terkecuali pantai ini. Berenang di air laut nan biru ditemani dengan hembusan angin yang menusuk tubuh seolah membuatmu merasakan ketenangan. Bermain-main dengan ombak di pinggiran pantainya pun turut menjadi pilihan wisatawan saat berlibur kemari. 

Bermain Air di Tepi Pantai Pok Tunggal (sumber: @iancuteofficial on Instagram)
Bermain Air di Tepi Pantai Pok Tunggal (sumber: @iancuteofficial on Instagram)

Merasakan ombak mengguyur kakimu akan memberikan kesenangan tersendiri. Meski aktivitas tersebut terdengar menyenangkan, saat berenang, hendaknya kamu perlu tetap berhati-hati supaya tak sampai terbawa ombak ke tengah laut.

2. Bersantai di Tepi Pantai

Bagi Advonturers yang tak suka basah-basahan selama bermain di pantai, kamu bisa bersantai di tepi pantainya. Bermain pasir di tepi pantai ini juga nampak seru untuk dilakukan. Biasanya, wisatawan akan menggelar tikar dan berpiknik ala-ala saat bersantai di tepi pantai. 

Berjalan-jalan di Tepi Pantai Pok Tunggal (sumber: @jogjachill on Instagram)
Berjalan-jalan di Tepi Pantai Pok Tunggal (sumber: @jogjachill on Instagram)

Bersantai sembari menikmati keindahan pantai, dan bercengkrama hangat dengan orang-orang tersayang juga tak boleh kamu lewatkan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan sunbathing di sini. Namun, jangan lupa selalu gunakan tabir surya supaya kulitmu tidak terbakar oleh terik matahari!

3. Menjelajahi Tebing Karang

Selain eksotisme pantainya, Pantai Pok Tunggal Jogjakarta juga memiliki daya tarik lain. Daya tarik lain dari tempat ini adalah keberadaan tebing karang. Tebing karang yang berdiri megah bak benteng yang melindungi pantai ini memiliki tinggi sekitar 50 meter. Tentu saja hal ini berpotensi untuk dikembangkan sebagai sarana olahraga panjat tebing. 

Tebing Karang Pantai Pok Tunggal (sumber: @riarustianna on Instagram)
Tebing Karang Pantai Pok Tunggal (sumber: @riarustianna on Instagram)

Di sekitar tebing karang ini, banyak kera liar melompat-lompat dari balik tebing. Tak jarang tebing karang yang ada di sini menjadi primadona bagi wisatawan. Keberadaan tebing karang ini tentu membuat objek wisata ini terlihat semakin estetik.

4. Camping

Jika kamu ingin berlama-lama di pantai ini, bermalam merupakan solusi bagimu. Banyak penginapan Pantai Pok Tunggal yang bisa kamu sewa sesuai budgetmu. Jika Advonturers tak ingin jauh-jauh dari pantai, kamu bisa melakukan camping di sana. Camping juga menjadi opsi bagimu yang tak mau mengeluarkan budget lebih banyak untuk menyewa penginapan Pantai Pok Tunggal. 

Spot Camping di Pantai Pok Tunggal (sumber: @travelspromo on Instagram)
Spot Camping di Pantai Pok Tunggal (sumber: @travelspromo on Instagram)

Kamu bisa menyewa tenda dome dari penduduk sekitar jika kamu tak memiliki tenda untuk beristirahat. Tidur ditemani suara debur ombak dan hangatnya api unggun tentu mampu membuat tidurmu lebih nyenyak. Dengan berkemah, kamu tak perlu lagi bingung-bingung memikirkan soal penginapan Pantai Pok Tunggal mana yang akan kamu sewa!

5. Snorkeling

Pantai yang bagus umumnya identik dengan aktivitas snorkeling yang menyenangkan. Snorkeling dapat kamu lakukan di sini. Biota laut yang masih terjaga, dengan air laut berwarna kebiruan akan membuatmu merasa ingin segera nyebur dan tak ingin kembali ke darat. Selagi melakukan snorkeling, mengambil foto dengan gaya underwater nampak menjadi opsi yang keren bagimu. 

Berenang di Pantai Pok Tunggal (sumber: @annisa_dama89 on Instagram)
Berenang di Pantai Pok Tunggal (sumber: @annisa_dama89 on Instagram)

Saat snorkeling, kamu akan bertemu dengan aneka hewan laut yang menggemaskan. Tak lupa, terumbu karang yang cantik-cantik ini juga bakal menemani kegiatan snorkelingmu di sini!

6. Berkunjung ke Sungai Bawah Tanah

Pantai Pok Tunggal nampak memiliki sejuta keunikan. Selain tebing karang, sebuah mata air tawar yang ada di sini turut menjadi sebuah keunikan dan daya tarik. Mata air tawar yang dikatakan berasal dari aliran bawah khas daerah karst ini biasa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk memberdayakan warung makan dan kamar mandi umum sekitar pantai ini.

Pemandangan Pantai Pok Tunggal (sumber: @journey_traveling on Instagram)
Pemandangan Pantai Pok Tunggal (sumber: @journey_traveling on Instagram)

Mata air tawar ini tak jarang disebut sebagai Sungai Bawah Tanah, karena aliran airnya yang berasal dari bawah tanah. Hmm, unik banget, ya?

7. Berburu foto Sunset Pantai Pok Tunggal

Setelah bermain di pantai seharian, rasanya belum lengkap bila tak sekalian menanti sunset Pantai Pok Tunggal tiba. Eksotisme pantai yang tiap objeknya diekspos oleh sinar mentari senja pada akhirnya membentuk siluet-siluet bayangan yang cantik. Sunset Pantai Pok Tunggal menjadi salah satu momen favorit wisatawan. 

Langit Sore Pantai Pok Tunggal (sumber: @occy_oki on Instagram)
Langit Sore Pantai Pok Tunggal (sumber: @occy_oki on Instagram)

Sambil menanti sunset Pantai Pok Tunggal tiba, wisatawan biasanya berburu foto keren dengan latar belakang pantai yang dihiasi langit senja. Menanti senja di sini hendaknya menjadi kegiatan wajibmu di penghujung hari saat berkunjung ke sini.

Baca juga: Pantai Balekambang Malang: Tiket Masuk, Lokasi, & Spot Wisata

Setelah membaca beberapa ulasan di atas, ternyata Pantai Pok Tunggal Jogjakarta sama sekali tak kalah indah dengan pantai-pantai terkenal lainnya. Tak heran bila pantai ini senantiasa dijuluki sebagai surga tersembunyi, karena daya tarik luar biasanya yang juga tersembunyi. Kini, pantai ini telah diberdayakan sehingga menjadi objek wisata yang patut diperhitungkan. Maka dari itu, objek wisata ini wajib masuk wishlist liburan kamu.

Karena pandemi belum usai, saat berwisata hendaknya kamu tetap menjaga kesehatan. Mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan merupakan suatu kewajiban. Dengan hal ini, kamu bisa tetap berwisata dengan aman dan nyaman selama pandemi. Saat kamu berkunjung ke Jogja, sempatkanlah sejenak waktumu untuk mampir ke pantai ini, and enjoy the holiyay!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *