Ranca Upas Bandung: Spot Wisata & Tiket Masuk Desember 2021

Penangkaran Rusa Ranca Upas (sumber: @njarhamim on Instagram)
Penangkaran Rusa Ranca Upas (sumber: @njarhamim on Instagram)
Daftar isi

Siapa bilang kota-kota besar di Indonesia hanya bercerita tentang hiruk pikuk keramaian kota, hari-hari yang sibuk, dan lalu lintas yang macet. Kota Kembang Bandung tak begitu, kok! Banyak pilihan spot wisata yang worth it untuk kamu kunjungi saat liburan. Bandung pun terkenal dengan sejumlah objek wisatanya, yakni Floating Market, Farmhouse Lembang, dan Trans Studio. Namun, sudahkah kamu kenal dengan Ranca Upas Bandung?

Ranca Upas Bandung merupakan spot wisata berupa bumi perkemahan yang terletak di kawasan Ciwidey, Bandung. Maka dari itu, tak jarang masyarakat sekitar juga menyebut Ranca Upas Bandung sebagai Ranca Upas Ciwidey. Banyak aktivitas wisata seru yang bisa kamu lakukan di sini selain berkemah. Bagi Advonturers yang belum kenal dengan objek wisata Ranca Upas Bandung, simak informasi berikut ini!

Ranca Upas Bandung, Bumi Perkemahan yang Dikelilingi Rusa

Ranca Upas Bandung, atau juga akrab disebut Kampung Cai Ranca Upas merupakan objek wisata berupa bumi perkemahan yang terletak di kawasan Ciwidey. Ranca Upas Ciwidey mampu memberikan pengalaman wisata berbeda untukmu, guys. Pemandangan alam serta udara sejuk di dalamnya seolah berpadu untuk memberikan liburan terbaik bagimu. Saat liburan nanti, kamu boleh, deh, untuk bermalam dengan camping di sini.

Bermain Bersama Rusa di Ranca Upas (sumber: @ciwideyhits on Instagram)
Bermain Bersama Rusa di Ranca Upas (sumber: @ciwideyhits on Instagram)

Di Ranca Upas Ciwidey, terdapat penangkaran rusa yang membuatmu merasa sedang berkemah di taman safari dan dikelilingi rusa-rusa lucu. Selain itu, masih banyak spot wisata lain yang bisa kamu eksplor di sini, mulai dari wahana outbound, waterboom, pemandian air hangat, hingga spot kuliner. Untuk bisa bermalam di sini, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu, ya!

Info Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Ranca Upas (Desember 2021)

Bagi Advonturers yang penasaran sama harga tiket masuk Ranca Upas 2021, tenang saja, karena harga tiket Ranca Upas masih murah meskipun sekarang sudah tahun 2021. Harga tiket masuk Ranca Upas Bandung tak lain tak bukan hanya mulai dari Rp 22.000 – Rp 55.000 saja. Harga tiket Ranca Upas ini sangat worth it untukmu yang ingin berwisata seru dengan budget yang terbatas.

Artikel Terkait

Adapun jam buka objek wisata Kampung Cai Ranca Upas ini adalah sejak pukul 07.00 – 16.00. Bila Advonturers berkemah di sini, maka jam bukanya adalah 24 jam non stop. Spot berkemah dari objek wisata yang satu ini tentu saja sayang bila kamu lewatkan. Di balik harga tiket Ranca Upas yang murah, banyak spot menarik yang bisa kamu jelajahi di sana. Di Ranca Upas Bandung, kegiatan wisatamu menjadi lebih berkualitas, deh!

Lokasi dan Rute ke Ranca Upas Bandung

Setelah membaca sekilas info tentang Ranca Upas, bagi kamu yang penasaran dan sudah tak sabar untuk jalan-jalan ke sini, kamu bisa mengunjungi Kampung Cai Ranca Upas ini di Jl. Ciwidey – Patengan, Patengan, Rancabali, Bandung. Adapun rekomendasi rute perjalanan dari Jakarta dan Jawa Tengah menuju Ranca Upas Bandung adalah sebagai berikut. Catat dan simak baik-baik!

1. Rute ke Ranca Upas dari Jakarta

Jika Advonturers berangkat dari Jakarta, kamu bisa melewati jalan tol supaya lebih cepat. Kamu bisa keluar dari Tol Soroja untuk menuju ke Ranca Upas Bandung. Dari tol Soroja, bergeraklah menuju Alun-Alun Soreang. Setelahnya, menujulah ke Jalan Soreang Cincin. Kemudian, bergeraklah ke barat menuju Jalan Ciwidey – Soreang. Setelaqh melewati gerbang masuk Kawah Putih, tak lama lagi kamu akan sampai di Ranca Upas Ciwidey!

2. Rute ke Ranca Upas dari Jawa Tengah

Bagi Advonturers yang berangkat dari Jawa Tengah, kamu dapat mengawali perjalananmu dari Kota Semarang. Kamu bisa menggunakan jalan tol supaya lebih cepat, guys. Dari Tol Semarang, kamu akan melewati Tol Batang – Semarang, hingga Tol Soreang – Pasirkoja. Kemudian, keluarlah dari jalan tol. Dari kawasan Soreang, bergeraklah menuju Ciwidey. Setelah sampai di Ciwidey, lanjutkan perjalananmu melewati kawasan Sukasari, Babakan Jampang, hingga Lebakmuncang. Tak lama kemudian, kamu akan sampai di salah satu spot Ranca Upas Bandung, yakni Kampung Cai!

Fasilitas Wisata Ranca Upas Bandung

Kampung Cai Ranca Upas tentu memiliki sederet fasilitas menarik demi menunjang kenyamanan wisatawan sendiri. Beberapa diantaranya adalah penginapan, kolam renang air panas, dan spot camping. Bagi kamu yang sudah pernah berkunjung ke Ranca Upas Ciwidey, kamu pasti sudah hafal dengan segala fasilitasnya. Kolam renang Ranca Upas bisa kamu coba bila kamu suka bermain air. Fyi, terdapat kolam renang yang menggunakan air panas, lho!

View Ranca Upas Bandung (sumber: @yoselinruth on Instagram)
View Ranca Upas Bandung (sumber: @yoselinruth on Instagram)

Bagi kamu yang bingung mencari penginapan Ranca Upas, berkemah bisa menjadi solusi yang bagus untukmu. Spot camping Ranca Upas tersedia luas dan sayang untuk kamu lewatkan. Namun, bila kamu tak ingin bermalam di spot camping Ranca Upas, kamu bisa mencari beberapa pilihan penginapan Ranca Upas dan sekitarnya yang terletak tak jauh dari sini. Pokoknya, tak perlu pikir panjang, deh!

Spot Wisata Ranca Upas Bandung Tervaforit tahun 2021

Supaya kamu makin penasaran dengan bumi perkemahan satu ini, ketahui dulu beberapa spot wisata menarik yang akan dapat kamu eksplor di sana!

1. Penangkaran Rusa

Tak hanya berkemah, bermain dengan rusa-rusa lucu menjadi pilihan aktivitas wisata seru yang bisa kamu lakukan di sini. Ranca Upas Ciwidey memiliki penangkaran rusa. Di sini, kamu bisa bermain bersama rusa secara langsung, tanpa adanya pagar pembatas. Tak perlu takut, karena wisatawan aka ditemani oleh pawang rusa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berfoto bersama rusa-rusa ini juga menjadi opsi bagus untukmu.

Penangkaran Rusa Ranca Upas (sumber: @njarhamim on Instagram)
Penangkaran Rusa Ranca Upas (sumber: @njarhamim on Instagram)

Selain itu, kamu juga bisa memberi makan rusa secara langsung. Kamu bisa membeli pakan rusa yang tersedia di counter. Harganya kisaran Rp 5.000 – Rp 10.000 saja, loh! Untuk tiket masuk penangkaran rusa ranca upas sendiri sama sekali tak mahal, yakni hanya Rp 20.000 saja! Harga tiket masuk penangkaran rusa ini sangat worth di kantongmu! Jadi, sempatkanlah main-main ke penangkaran rusa Ranca Upas ini, ya!

2. Berkemah

Mungkin bagimu camping Ranca Upas terdengar sebagai hal yang biasa saja. Jangan salah, glamping Ranca Upas wajib kamu cobain! Glamping (glamour-camping) adalah kegiatan berkemah dengan sederet fasilitas lebih mewah daripada berkemah biasa. Dan bagi kamu yang tertarik untuk melakukan glamping Ranca Upas, nampaknya Bobocabin dari Bobobox Ranca Upas bisa menjadi opsi yang sangat bagus untukmu, guys!

Bobocabin dari Bobobox Ranca Upas (sumber: @chitraachiet on Instagram)
Bobocabin dari Bobobox Ranca Upas (sumber: @chitraachiet on Instagram)

Fyi, Bobocabin merupakan sebuah inovasi keren dari Bobobox Ranca Upas, yang memungkinkan kamu untuk melakukan glamour camping di tengah pesona alam. Bobocabin dari Bobobox Ranca Upas memiliki desain untuk dan estetik, ditambah dengan fasilitas lain yang mampu membuatmu tidur lelap di tengah udara Ranca Upas yang sejuk. Bermalam di Bobobox Ranca Upas yang cozy dan estetik ini cocok untuk kamu yang ingin merasakan sensasi glamping di Ranca Upas Bandung. So, book now!

3. Spot Prewedding

Karena pemandangan sekitar Ranca upas Bandung ini terlihat sangat instagrammable, wisatawan sering berburu foto instagenic, bahkan tak jarang tempat ini dijadikan spot foto prewedding, loh! Ranca Upas Ciwidey bisa menjadi opsi bagi Advonturers yang mau nikah (ciyee…), namun belum menemukan spot yang pas untuk melakukan sesi foto prewedding bersama pasangan.

Sesi Foto Bersama Pasangan (sumber: @veritasstory_ on Instagram)
Sesi Foto Bersama Pasangan (sumber: @veritasstory_ on Instagram)

Untuk melakukan sesei foto prewedding di Ranca Upas Ciwidey, tentunya kamu harus membayar sejumlah biaya. Pun biaya yang dipatok sebenarnya cukup terjangkau, yakni hanya sekitar Rp 500.000 saja. Harga ini tentu tak terlalu mahal bila dibandingkan dengan view sekitar yang akan tertangkap dalam foto estetikmu. So, next time, sesi prewedding kamu pokoknya wajib di sini, ya!

4. Pemandian Air Hangat

Ranca Upas Bandung memiliki fasilitas berupa pemandian air hangat. Hal ini tentu cocok untuk Advonturers yang ingin menghangatkan diri di tengah suhu Ranca Upas yang sedikit dingin. Bagi kamu yang berkemah di Ranca Upas Bandung, kamu wajib sempatkan untuk sejenak berendam di pemandian air hangat ini, supaya tidurmu lebih nyenyak. Selain itu, berendam di air hangat akan membuat tubuhmu lebih rileks.

Kolam Renang Ranca Upas (sumber: @nopproject_ on Instagram)
Kolam Renang Ranca Upas (sumber: @nopproject_ on Instagram)

Adapun watebroom mini untuk anak-anak. Waterboom ini dilengkapi dengan beberapa wahana air seperti seluncuran. Anak-anak tentu tak akan rewel bila kamu ajak berkunjung ke Ranca Upas Bandung ini!

5. Area Outbound

Selain camping Ranca Upas, tak jarang, Ranca Upas Bandung juga dijadikan tempat outbound yang mengasyikkan. Biasanya, area outbound di Ranca Upas Bandung disewa oleh sekolah atau perusahaan untuk mengadakan kegiatan outbound. Terletak di alam yang sejuk, kegiatan outbound akan terasa semakin menyenangkan.

Outbound di Taman Bunga Ranca Upas (sumber: @trip_wisata_ciwidey on Instagram)
Outbound di Taman Bunga Ranca Upas (sumber: @trip_wisata_ciwidey on Instagram)

Adapun beberapa wahana outbound yang tersedia antara lain: elvis bridge, flying fox, dan jembatan goyang. Wahana-wahana outbound di sini tentu mengasyikkan dan baik untuk mempererat serta membangun tim supaya lebih kompak.

6. Sunrise

Salah satu alasan kamu wajib bermalam di Ranca Upas Bandung adalah sunrise yang indah. Menikmati eksotisme matahari terbit yang nampak dari tenda atau kabinmu, adalah momen yang banyak ditunggu oleh wisatawan. Keindahan matahari terbit ini semakin terlihat kala berpadu dengan alam sekitar yang hijau nan elok.

Sunrise Ranca Upas Bandung (sumber: @jelajahlebihjauh on Instagram)
Sunrise Ranca Upas Bandung (sumber: @jelajahlebihjauh on Instagram)

Maka dari itu, wajib bagi kamu untuk sesekali coba berkemah di Ranca Upas Bandung ini, karena banyak spot aktivitas menarik yang bisa kamu jelajahi di sini!

7. Wisata Kuliner

Berlibur sambil kulineran di Ranca Upas Bandung tentu tak kalah menarik untuk dilakukan. Setelah lelah berwisata seharian, kamu boleh banget coba kulineran di spot kuliner yang tersedia di sini. Kuliner yang dijajakan di sini pun tak kalah enak dari kuliner-kuliner restoran

Berkemah sambil Piknik di Ranca Upas (sumber: @yanuartriadjie on Instagram)
Berkemah sambil Piknik di Ranca Upas (sumber: @yanuartriadjie on Instagram)

Selain kulineran di spot yang tersedia, berpiknik nampaknya juga seru untuk kamu lakukan, terlebih jika kamu berkemah di sini. Seru banget, kan?

Baca juga: Green Canyon Pangandaran: Harga Tiket Masuk & Aktivitas Wisata

Itulah tadi sedikit informasi mengenai Ranca Upas Bandung. Sudah tertarikkah kamu untuk berkunjung ke sini? Tentu saja tertarik, kan? Jangan lupa siapkan barang-barangmu untuk berkemah di sini. Rupanya, banyak sekali spot wisata menarik yang bisa kamu jelajahi di sini. Pokoknya, sempatkanlah waktumu di akhir pekan untuk berkunjung ke Ranca Upas Bandung ini. See you there!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *