20 Tempat Wisata Pacitan Terhits & Sudah Dibuka Tahun 2022

Tempat Wisata Pacitan
Daftar isi

Pacitan merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur. Sebuah kota yang terkenal karena julukan ‘Kota 1001 Goa’-nya ini tentu identik dengan banyak goa yang dimilikinya. Bahkan, salah satu goanya, yaitu Goa Gong, terkenal hingga kawasan Asia Tengfara. Kendati demikian, ternyata tempat wisata Pacitan tak hanya berupa goa, loh, guys. 

Pacitan dapat menjadi referensi liburan bagi Advonturers sekalian. Meskipun mungkin tak sebesar kota-kota di Jawa Timur lainnya, berbagai objek wisata Pacitan pantas diperhitungkan. Mulai dari goa, pantai, hingga air terjun di Pacitan pun memiliki pesonanya masing-masing. Kamu perlu simak ulasan tentang rekomendasi tempat wisata Pacitan berikut ini, siapa tahu ada yang akan membuat kamu kepincut!

20 Tempat Wisata Pacitan Terhits & Sudah Dibuka Tahun 2022

Jika kamu sudah tak sabar untuk jalan-jalan melepas penat, berikut ini rekomendasi tempat wisata Pacitan, untuk kamu, Advonturers!

1. Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan tempat wisata Pacitan terbaru dan hits! Pantai Klayar memiliki sebuah batuan unik yang disebut ‘Seruling Laut’, karena batuan besar tersebut akan membunyikan suara mirip dengan siulan jika terkena angin. Selain Seruling Laut, Pantai Klayar memiliki sebuah karang raksasa yang berbentuk seperti piramida Sphinx, yang tentu asyik jika kamu jadikan latar belakang swafotomu.

Serunya berwisata di pantai Klayar Pacitan (sumber: @nugrahenidias on Instagram)

Advonturers dapat mengunjungi Pantai Klayar ini di kawasan Donorojo, Pacitan. Namun, kamu perlu berhati-hati saat bermain di pantai, karena ombak di Pantai Klayar ini cukup besar, guys.

Artikel Terkait

2. Watu Karung

Siapa bilang surganya para peselancar hanya ada di Bali? Pacitan juga punya, loh! Bagi Advonturers yang suka berolahraga selancar, kamu boleh coba kunjungi tempat wisata Pacitan yang satu ini, yaitu Pantai Watu Karung. Meskipun untuk sampai ke pantai ini agak sulit karena tempatnya yang sedikit tersembunyi, penatmu selama perjalanan pasti akan terbayar kala menikmati panorama pantai yang menjadi salah satu tempat wisata Pacitan terbaru ini.

Surfing di Pantai Watu Karung (sumber: @carlosgraciagz on Instagram)
Surfing di pantai Watu Karung (sumber: @carlosgraciagz on Instagram)

Keindahan view pulau karang serta pantai yang bersih akan membuatmu betah berlama-lama di sini. Bagi kamu yang penasaran, segera kunjungi Pantai Watu Karung di Desa Widoro, Kabupaten Pacitan. Jangan lupa selalu berhati-hati saat berselancar, ya!

3. Pantai Srau

Tempat wisata Pacitan yang satu ini memang tak se-terkenal Pantai Klayar. Namun, keindahan pesona alamnya sangat perlu diperhitungkan, bahkan termasuk salah satu pantai terindah di Pulau Jawa. Pantai Srau merupakan salah satu tempat wisata Pacitan terbaru 2021.

Indahnya pantai Srau Pacitan di pagi hari (sumber @yunojunior on Instagram)

Panorama pantai dengan pasir putih dan ombak yang sedikit besar khas pantai selatan, tak akan membuatmu rugi bila berkunjung ke Pantai Srau. Pemandangan alam yang menakjubkan juga tak salah bila kamu jadikan background swafotomu. Jika Advonturers tertarik untuk datang, maka kamu bisa kunjungi Pantai Srau ini di daerah Pringkuku, Pacitan.

4. Monumen Jenderal Sudirman

Monumen yang merupakan salah satu tempat wisata Pacitan terbaru ini tentu dikenal banyak orang. Monumen Jenderal Sudirman berdiri kokoh dan megah di bekas markas tempat Jenderal Sudirman menyusun taktik gerilya. Diorama yang ada di monumen ini seolah membawamu ke masa lalu, sehingga kamu akan turut merasakan bagaimana hebatnya para pejuang kita untuk menumpas penjajahan.

Megahnya monumen Jenderal Soedirman di Pacitan (sumber: @ayudypratama on Instagram)

Uniknya, monumen ini memiliki tangga yang berjumlah 70, yang didefinisikan sebagai penjumlahan angka dalam tanggal kemerdekaan Indonesia (17+8+45). Monumen Jenderal Sudirman ini tentu oke bila kamu jadikan spot foto bersama teman-temanmu. Jika Advonturers tertarik untuk mengunjungi Monumen Jenderal Sudirman, kamu dapat mengunjunginya di daerah Pakis Baru, Nawangan, Pacitan.

5. Pantai Pangasan

Eksotisme Pantai Pangasan memang layak diacungi jempol. Tak heran jika Pantai Pangasan menjadi salah satu tempat wisata Pacitan terbaru yang hits dan wajib dikunjungi di tahun 2021 ini.

Pantai Pangasan Pacitan tampak seperti pantai di film-film petualangan (sumber @adityagunawan26_ on Instagram)

Pemandangan di Pantai Pangasan benar-benar cantik, seperti pantai-pantai misterius dalam film Barat. Tebing-tebing yang membentuk kubah membuat suasana Pantai Pangasan makin sakral. Selain itu, keadaan pantai satu ini cukup bersih, karena masih sepi pengunjung.

6. Sungai Maron

Sungai Maron merupakan Green Canyon di Indonesia. Bagaimana tidak, salah satu tempat wisata Pacitan terbaru ini memiliki view cantik yang cukup mirip dengan Green Canyon di Amerika. Air sungai yang jernih seakan memberikan ketenangan bagi kamu yang berkunjung ke sini. For your information, Sungai Maron sering menjadi tempat diadakannya lomba mendayung.

Keindahan sungai Maron, bak Green Canyon ala Pacitan (sumber @dianrarasatii on Instagram)

Untuk menyusuri Sungai Maron, Advonturers dapat menyewa perahu yang disediakan di sana. Jika kamu tertarik, kamu dapat mengunjungi Sungai Maron ini di Desa Dersono, Pringkuku, Pacitan. Harga tiket masuknya pun sangat murah, yakni hanya Rp 2.000. Namun, jika Advonturers ingin menyewa perahu, kamu akan dikenakan biaya sewa perahu sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000.

7. Goa Gong

Goa Gong merupakan goa paling indah di Asia Tenggara. Goa Gong adalah salah satu tempat wisata Pacitan terbaru 2021. Ketika berkunjung ke Goa Gong, kamu akan bisa menikmati pemandangan batuan stalagtit yang estetik. Jika sebuah goa dalam bayanganmu terlihat gelap gulita, tidak sama sekali di Goa Gong ini.

Eksotisme Gua Gong dengan stalagtit dan stalagmitnya (sumber @kerigit on Instagram)

Uniknya, Goa Gong memiliki sebuah ruangan yang memiliki batu unik. Batu unik tersebut jika ditabuh, akan menghasilkan suara mirip sebuah gong yang dipukul. Selain itu, kamu juga bisa menemukan Sendang Bidadari yang memiliki air jernih di dalam sini. Jika Advonturers sudah penasaran, yuk, kunjungi Goa Gong ini di kawasan Purung Donorejo, Pacitan.

8. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria sepertinya wajib masuk dalam bucket list liburan kamu. Pantai Teleng Ria merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata Pacitan terbaru loh, guys. Eksotisme pantai dengan ombak yang tak terlalu besar membuatmu akan tertarik untuk berlama-lama di sini. Selain itu, Pantai Teleng Ria rupanya juga cukup instagenic bila kamu jadikan spot foto.

Sejuknya pantai Teleng Ria Pacitan di pagi hari (sumber @erniindah.l on Instagram)

Akan terasa semakin seru bila kamu mengajak keluargamu untuk sejenak berlibur di tempat ini. Bagi Advonturers yang tertarik untuk mengunjungi Pantai Teleng Ria, lokasi Pantai Teleng Ria terletak di daerah Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan.

9. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong merupakan salah satu tempat wisata Pacitan terbaru, yang masih terletak di sekitar Pantai Klayar. Meski tak sefamous Pantai Klayar, namun Pantai Karang Bolong ini dapat menjadi referensi wisata yang bagus untuk Advonturers.

Pantai Karangbolong Pacitan di pagi hari (sumber @kesetwelcome_ on Instagram)

Pemandangan sebuah tebing besar dengan celah di bagian bawahnya, seolah benar-benar mendefinisikan Pantai Karang Bolong. Pantai ini cukup apik untuk kamu jadikan tempat melepas penat, atau sekadar untuk berswafoto ria. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati, karena ombak di Pantai Karang Bolong ini cukup besar, guys.

10. Goa Tabuhan

Bukan tanpa alasan jika tempat wisata Pacitan terbaru yang satu ini dinamai sebagai Goa Tabuhan. Jika Advonturers berkunjung ke Goa Tabuhan, kamu akan menemukan kumpulan stalagtit di salah satu sisi goa yang bisa menghasilkan bunyi mirip tabuhan gamelan. Goa ajaib ini keunikannya pasti tak bisa kamu temukan di goa manapun. Goa ini memiliki panjang sekitar 100 meter.

Gua Tabuhan dan kemegahan stalagtitnya (sumber @deladevila on Instagram)

Usut punya usut, ternyata Goa Tabuhan sebelumnya dinamai Goa Tapan, karena dahulu sering dimanfaatkan orang untuk bertapa. Fyi, letak Goa Tabuhan ini tak jauh dari Goa Gong, guys. Jadi, next time kamu bisa sempatkan waktu untuk berwisata ke dua goa ajaib ini, ya!

11. Mandi Angin

Mandi Angin merupakan salah satu tempat wisata Pacitan terbaru, guys. Bagi Advonturers yang sekadar ingin melepaskan penat di akhir pekan, objek wisata Mandi Angin rupanya bisa jadi pilihan. Diiringi udara segar yang dikelilingi pepohonan, bisa membuatmu sedikit tenang. Terlebih, dari ketinggian kamu bisa menyaksikan pemandangan berupa hamparan laut dengan pasir putih di pinggirnya.

Kecantikan Mandi Angin Pacitan dari ketinggian (sumber Jogja Day)

Mandi Angin juga bisa menjadi spot yang instagenic bagi kamu yang suka hunting foto. Jika Advonturers tertarik untuk datang ke Mandi Angin, kamu dapat mengunjunginya di daerah Dadapan, Pringkuku, Pacitan.

12. Alun-Alun Pacitan

Bagi Advonturers yang butuh refreshing namun tak ingin jauh-jauh meninggalkan kota, kamu bisa sejenak jalan-jalan santai di Alun-Alun Pacitan. Alun-Alun Pacitan merupakan salah satu tempat wisata Pacitan terbaru yang direkomendasikan. Menikmati udara segar yang berasal dari pepohonan hijau di sekitarnya, pasti akan membantumu untuk healing, guys.

Alun-Alun Pacitan, salah satu alun-alun paling kreatif di Indonesia (sumber @lenisetyaningsih99 on Instagram)

Selain untuk refreshing, Alun-Alun Pacitan juga memiliki beberapa spot yang oke untuk berswafoto. Benar-benar jadi referensi bagi kamu yang ingin sejenak melupakan penat! Advonturers bisa mengunjungi Alun-Alun Pacitan ini di tengah-tengah Kota Pacitan, guys.

13. Pantai Taman

Ingin menguji adrenalin dengan bermain flying fox di atas pantai? Bisa! Kamu perlu coba wahana flying fox yang ada di salah satu tempat wisata Pacitan terbaru ini. Pantai Taman menawarkan pengalaman wisata berbeda untuk kamu, Advonturers. Selain panorama pantai yang eksotis, kamu wajib coba bermain flying fox di Pantai Taman. Wahana flying fox ini meluncur menuju Pantai Taman, dan berangkat dari puncak bukit, bahkan melewati bagian atas pantai, guys!

Patung Penyu, salah satu ikon utama pantai Taman Pacitan (sumber @samdawus on Instagram)

Tak hanya flying fox, di Pantai Taman, kamu dapat melihat penangkaran penyu dan menikmati wahana permainan outbound lainnya. Jadi, jika Advonturers tertarik untuk berwisata di akhir pekan, Pantai Taman bisa masuk wishlist liburan kamu.

14. Masjid Agung Pacitan

Siapa sangka masjid pun turut menjadi salah satu tempat wisata Pacitan terbaru yang direkomendasikan, guys. Masjid Agung Pacitan memiliki arsitektur yang megah dan unik. Ornamen menara di sisi masjidnya tentu menambah nilai estetika dari Masjid Agung Pacitan ini.

Megahnya Masjid Agung Pacitan (sumber @zhitriey on Instagram)

Lokasi Masjid Agung Pacitan ini tentunya masih di tengah-tengah kota, guys. Tepatnya, di Jl. T. Imam Bonjol, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. Bagi Advonturers yang beragama Islam, kamu bisa menyempatkan untuk beribadah sekaligus sejenak mengagumi keindahan bangunan Masjid Agung Pacitan ini.

15. Grojogan Dhuwur

Grojogan Dhuwur merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata Pacitan terbaru untukmu. Panorama wisata berupa air terjun serta sungai yang jernih, akan memberikan ketenangan bagimu. Selain itu, pepohonan yang rimbun di sekitar Grojogan Dhuwur seolah menambah keasrian dan mengundang datangnya udara segar.

Grojogan Dhuwur, salah satu hidden gem Pacitan (sumber @yustinazarine on Instagram)

Berwisata ke Grojogan Dhuwur sangat cocok bagi Advonturers yang menyukai wisata alam. Berbagai spot di Grojogan Dhuwur ini juga sangat instagrammable, sehingga sangat oke untuk kamu yang suka berswafoto. Advonturers dapat mengunjungi Grojogan Dhuwur ini di Dusun Barong Kulon, Desa Candi, Pacitan. Jangan sampai salah alamat, ya!

16. Curug Sabun

Curug Sabun dapat kamu jadikan referensi bagi kamu yang suka bermain air. Curug Sabun merupakan referensi tempat wisata Pacitan terbaru 2021. Aliran air terjun yang tak terlalu deras, akan memberikan kesegaran kala mengguyur badanmu. Sebuah tebing yang dihinggapi tanaman-tanaman hijau juga menambah estetika Curug Sabun ini.

Ademnya suasana Curug Sabun Pacitan (sumber @taufiqmanafi on Instagram)

Karena pesona alam sekitar yang menawan, rupanya sia-sia jika kamu tak menyempatkan untuk sejenak mengabadikan momen liburanmu dengan kamera. Jika Advonturers tertarik untuk mengunjungi Curug Sabun, kamu dapat mengunjunginya di Desa Bandar, Kecamatan Bandar, Pacitan, guys.

17. Goa Song Terus

Goa Song Terus bisa menjadi referensi bagi Advonturers yang menyukai wisata bernilai sejarah. Goa Song Terus merupakan salah satu tempat wisata Pacitan terbaru yang menjadi rujukan para arkeolog untuk meneliti tentang manusia purba. Pada tahun 1999, arkeolog menemukan adanya kerangka manusia purba yang diperkirakan berusia 10 ribu tahun di dalam goa ini. Kerangka manusia purba yang ditemukan pun diberi nama Mbah Sayem.

Situs manusia purba, salah satu daya tarik Goa Song Terus Pacitan (sumber Trip Terus)

Ketika ditemukan, kerangka Mbah Sayem terlihat sedang menggenggam alat kerja dari tulang dan batu. Keren ya, guys! Untuk kamu yang tertarik, kamu boleh banget untuk mengunjungi Goa Song Terus ini di Desa Mendolo Lor, Pacitan.

18. Pantai Kunir

Pantai Kunir nampaknya cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga. Salah satu tempat wisata Pacitan terbaru ini memiliki ombak yang tak terlalu besar, sehingga cocok untuk kamu jadikan tempat untuk bermain air atau sekadar berjalan-jalan melepas penat. Pantai Kunir bisa dibilang sebagai pantai yang sepi pengunjung, karena aksesnya yang agak sulit dijangkau oleh wisatawan.

Pantai Kunir Pacitan, dinamai berdasarkan warna pasirnya yang kekuningan (sumber @bariqalsalam on Instagram)

Tapi, jika Advonturers berniat mengunjungi Pantai Kunir, kamu sama sekali tak akan rugi setelah mengetahui eksotisme dan panorama alam yang memukau di sekitarnya. Advonturers dapat mengunjungi Pantai Kunir ini di daerah Pager Kidul, Sudimoro, Pacitan.

19. Goa Luweng Jaran

Goa lagi, goa lagi. Memang ya, Pacitan ini benar benar Kota 1001 Goa. Namun, Advonturers tak akan rugi bila berkunjung ke goa-goa yang ada di Pacitan. Salah satunya adalah Goa Luweng Jarang ini. Goa Luweng Jaran ini termasuk dalam rekomendasi tempat wisata Pacitan terbaru loh, guys.

Luweng Jaran, gua yang dikenal sebagai gua tanpa ujung di Pacitan (sumber Urbanasia)

Dalam goa ini, adrenalinmu akan sedikit teruji karena kamu akan merasa sedang berpetualang ke perut bumi. Katanya, Goa Luweng Jaran ini panjangnya 48 kilometer loh, guys! Goa Luweng Jaran ini semakin keren karena terdiri dari ornamen-ornamen yang terbentuk secara alami. Bagi Advonturers yang menyukai wisata ke goa-goa, tak ada salahnya untuk coba berkunjung ke Goa Luweng Jaran ini.

20. Curug Gringsing

Ternyata, di Pacitan juga ada curug (air terjun) loh, guys! Salah satu tempat wisata Pacitan terbaru ini adalah Curug Gringsing. Curug Gringsing merupakan objek wisata Pacitan berupa air terjun yang segar dan eksotis. Destinasi wisata satu ini bisa kamu jadikan opsi kala kamu benar-benar ingin refreshing. Deburan air terjun, udara yang sejuk, serta pepohonan yang rimbun seakan menambah kualitas liburanmu kali ini.

Curug Gringsing, salah satu air terjun tercantik di Pacitan (sumber @prasetia_bhayu on Instagram)

Selain eksotisme panorama alamnya, Curug Gringsing sepertinya cukup instagrammable, terutama bagi kamu yang suka berburu foto dengan background suasana alam. Tak mahal untuk dapat berkunjung kemari, kamu hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000. Advonturers dapat mengunjungi Curug Gringsing ini di Desa Ploso, Tegalombo, Pacitan.

Itulah tadi beberapa ulasan tentang rekomendasi tempat wisata Pacitan untuk Advonturers sekalian. Mana yang paling menarik hatimu?

Ketika kamu memang berniat untuk liburan, jangan lupa untuk memasukkan Pacitan untuk jadi referensi liburanmu ya! Meskipun tak setenar kota-kota besar lainnya, wisata-wisata Pacitan ternyata sama cantiknya lho!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *