1. Jembatan

Gentala Arasy: Sejarah, Koleksi, dan Aktivitas Menariknya

Jika berkunjung ke Jambi, secara tidak langsung kamu akan dapat melihat Gentala Arasy. Menara yang termasuk cagar budaya ini bersinar terang pada malam hari dengan cahaya hijau dan kuningnya. Untuk informasi selengkapnya, simak pembahasan Advontura kali ini!

Sekilas Tentang Gentala Arasy

Gentala Arasy adalah sebuah menara jam yang berlokasi di Kelurahan Arab Melayu, Pelayangan, Kota Jambi. Menara jam ini memiliki tinggi mencapai 80 meter, dan di dalamnya terdapat museum yang mengulas tentang kebudayaan Jambi

Menara ini terhubung dengan sebuah jembatan pejalan kaki yang dikenal sebagai Jembatan Gentala Arasy yang melintasi Sungai Batanghari. Jembatan yang memiliki panjang sekitar 503 meter dan lebar 4,5 meter ini menghubungkan antara Tepian Tanggo Rajo dan Jambi Kota Seberang. Yang membuat jembatan ini unik adalah desainnya yang meliuk-liuk seperti huruf S, sebuah karakteristik yang tidak biasa untuk jembatan pejalan kaki.

Sumber: Wikipedia

Selain itu, juga terdapat Museum yang menampilkan lebih dari 100 koleksi artefak bersejarah Jambi dari masa lampau. Ditambah lagi, museum ini juga menyediakan sebuah bioskop mini yang memutar berbagai tayangan budaya yang mencerminkan warisan budaya Jambi yang kaya. Secara keseluruhan, dari segi arsitektur, bangunan menara Gentala Arasy mencerminkan kekayaan budaya Melayu dan pengaruh Islam (Arab).

Sebagai informasi, proyek pembangunan Jembatan Gentala Arasy menghabiskan anggaran sekitar Rp 88,7 miliar selama tiga tahun periode anggaran 2012-2014. Pembangunan ini dilakukan pada masa pemerintahan Hasan Basri Agus dan diresmikan oleh Wakil Presiden Indonesia saat itu, yaitu Jusuf Kalla, pada tanggal 28 Maret 2015. 

Asal Nama Gentala Arasy

Gentala Arasy merupakan hasil penggabungan tiga kata: “genta,” yang merujuk pada bunyi atau suara; “tala,” yang menggambarkan keselarasan; dan “arasy,” yang mengartikan gema yang mencapai langit. Oleh karena itu, Gentala Arasy memiliki makna sebagai bunyi yang harmonis dan mencapai langit. Bunyi ini dihasilkan oleh lonceng yang terdapat dalam menaranya dan digunakan sebagai penanda waktu salat fardu bagi umat Muslim di Kota Jambi.

Selain itu, nama tempat ini juga memiliki arti lain, yaitu singkatan dari “Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayoeti.” Dalam bahasa Melayu Jambi, “genah” merujuk pada tempat. Abdurrahman Sayoeti adalah seorang mantan gubernur Jambi yang berasal dari Jambi Kota Seberang dan menjabat dari tahun 1989 hingga 1999.

Baca Juga: Danau Limboto, Danau Bersejarah nan Indah di Gorontalo

Koleksi Gentala Arasy

Setelah sebelumnya kamu sudah tahu apa itu Gentala Arasy, maka kita akan membahas setiap bangunan yang ada di sini:

1. Museum dengan Koleksi Sejarah Islam Jambi

Museum ini memiliki banyak koleksi yang berhubungan dengan sejarah perkembangan Islam di Jambi. Koleksi-koleksi ini termasuk foto-foto ulama, artefak kebudayaan Islam, contoh arsitektur Islam, naskah pendidikan Islam, dan naskah sejarah yang berkaitan dengan Museum Menara Gentala Arasy.

Tidak hanya itu, museum ini juga menampilkan berbagai koleksi berharga seperti buku-buku suci yang berumur sangat tua, kain kafan, mangkuk, selendang, dan uang logam kuno. Salah satu barang yang menarik adalah jubah peninggalan Sri Sultan Mangkubumi yang masih dalam kondisi baik dan dipamerkan di sini.

Sumber: Wikipedia

Koleksi-koleksi bersejarah ini akan dipajang di ruangan dengan desain yang unik dan melingkar. Selain koleksi-koleksi yang berhubungan dengan Islam, museum ini juga memiliki berbagai barang yang berkaitan dengan rencana pembangunan Kota Jambi serta peralatan yang digunakan dalam proses tersebut.

2. Menara Jam

Selain museum, di sekitar area ini juga berdiri sebuah menara jam yang memiliki ketinggian mencapai 80 meter. Menara ini tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, tetapi juga sebagai museum kebudayaan Jambi. Museum ini memamerkan sekitar 100 artefak bersejarah dari Jambi.

Sumber: Wikipedia

 

Tidak hanya itu, menara ini juga dilengkapi dengan sebuah bioskop mini yang menayangkan berbagai acara budaya yang berkaitan dengan Jambi. Dilihat dari arsitekturnya, Menara Gentala Arasy dibangun dengan kuat dan mencerminkan perpaduan budaya antara Melayu dan Islam, serta memiliki pengaruh Arab.

3. Jembatan Gentala Arasy

Salah satu arsitektur menarik yang dapat kamu kunjungi di sini adalah Jembatan Pedestrian, atau yang dikenal sebagai Jembatan Gentala Arasy. Jembatan ini berfungsi sebagai penghubung menuju Menara Gentala Arasy yang menjadi ikonik di kawasan ini. Terletak di atas Sungai Batanghari, jembatan ini mempermudah akses pengunjung menuju museum.

Sumber: Wikipedia

Jembatan di Museum Menara Gentala Arasy memiliki peran penting dalam menghubungkan Tepian Tanggo Rajo dengan Jambi Kota Seberang. Keunikan jembatan ini terletak pada desainnya yang meliuk seperti huruf ‘S’, yang menjadikannya sebagai jembatan pedestrian pertama dengan karakteristik tersebut.

Baca Juga: Pantai Barombong, Pusat Kuliner Laut dan Sunset Terbaik!

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Untuk membuat wisatamu semakin menyenangkan, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan di Gentala Arasy. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan jika berkunjung ke tempat ini:

1. Mengapresiasi Desain Bangunan

Salah satu pesona utama Museum Menara Gentala Arasy di Kota Jambi adalah desain bangunannya yang memukau. Meskipun bangunan museum ini tidak terlalu besar, bentuknya yang berbentuk lingkaran memiliki daya tarik tersendiri. Ruangan dalam museum ini berfungsi untuk menampilkan banyak koleksi dengan rapi.

2. Belajar Sejarah Islam di Jambi melalui Koleksi Artefak

Selain itu, kunjunganmu ke museum ini akan memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi banyak artefak sejarah yang berkaitan dengan Islam. Beberapa koleksi termasuk bedug dan Al-Quran dengan ukuran yang sangat besar. Kedua artefak ini menjadi bukti penting bahwa Kota Jambi memainkan peran signifikan dalam perkembangan Islam di Indonesia.

Sumber: Wikipedia

3. Mengabadikan Momen di Sekitar Menara

Tak hanya untuk melihat koleksi sejarah, kamu juga berkesempatan untuk mengambil foto-foto di sekitar museum dengan latar belakang bangunan yang indah. Jangan lupakan juga keberadaan Menara Gentala Arasy yang berdiri dekat museum. Menara setinggi 80 meter ini memberikan latar belakang fotogenik yang akan mempercantik halaman media sosial kamu.

Menara ini memiliki daya tarik tersendiri karena desain dengan nuansa budaya Arab yang kental. Proses pembangunan menara ini mulai pada tahun 2011 dan rampung pada tahun 2014. Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi bertanggung jawab atas pembangunan monumen ini, menjadikannya sebagai salah satu daya tarik utama bagi para wisatawan yang mengunjungi museum yang menarik ini.

Baca Juga: Pantai Toronipa: Lokasi, Biaya, Daya Tarik, dan Fasilitas

Demikian pembahasan Advontura mengenai sejarah, koleksi, dan kegiatan yang dapat kamu lakukan di Gentala Arasy. Saat paling tepat mengunjungi menara ini adalah saat malam hari karena kamu dapat melihat menara bercahaya dengan indahnya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Gentala Arasy: Sejarah, Koleksi, dan Aktivitas Menariknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pantai Ngebum adalah sebuah pantai yang memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Hal ini memungkinkan para pengunjung untuk bermain air dan berenang dengan aman. Di pantai wisata ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan kapal-kapal besar yang keluar masuk dari Pelabuhan Tanjung Emas, serta perahu-perahu nelayan yang sibuk mencari ikan. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini! […]
    Pantai Akkarena terletak di Jalan Tanjung Bunga, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Tempat wisata ini tidak hanya akan memanjakan mata dengan keindahan pantainya, tetapi juga menyajikan beragam wahana rekreasi dan pilihan kuliner yang lezat.  Pantai wisata satu ini merupakan pilihan yang sempurna untuk menghabiskan liburan bersama keluarga di kota Makassar. Seperti apa kira-kira pantai satu ini? […]

    Trending

    Semua orang Indonesia tahu jika Pulau Bali adalah pulau yang terkenal dengan keindahannya. Sudah sekian lama  Pulau Bali menjadi destinasi wisata andalan bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Tak heran, jika jumlah pengunjung di Pulau Dewata meningkat setiap tahunnya sehingga obyek wisata di Bali pun akan mengalami peningkatan dari segi pelayanan dan pariwisata. Oleh karena itu, […]
    Kota Palu terkenal akan sebutan kota lima dimensi. Dengan kata lain, kota yang mempunyai lanskap alam yang menakjubkan antara lain seperti sungai, lautan, pegunungan, teluk dan lembah. Dari kelima lanskap tersebut, kamu bisa menikmati pemandangan berupa lautan yang indah dari Pantai Talise. Menjadi salah satu wisata bahari di Palu, banyak pengunjung dan pendatang yang familiar […]
    Saatnya travelling ke Maluku! Jika di pembahasan sebelumnya kita bersenang-senang di Indonesia bagian barat. Kali ini kita akan mengintip keindahan pantai yang ada di Ternate, Provinsi Maluku. Yap, Pantai Sulamadaha yang begitu eksotis membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sana.  Biar makin penasaran, yuk simak perjalanan wisata di Pantai Sulamadaha berikut ini! Daya Tarik Pantai […]