Sungai Mudal Kulon Progo, Hidden Gem di Yogyakarta

Daftar isi

Kulon Progo adalah salah satu kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya yang berada di dataran tinggi dan jauh dari keramaian membuatnya ramai dikunjungi wisatawan. Salah satu tempat wisata yang wajib kamu ketahui adalah Sungai Mudal Kulon Progo. Seperti informasi selengkapnya? Yuk, simak lebih dalam hanya di Advontura!

Sejarah Sungai Mudal Kulon Progo

Sungai Mudal Kulon Progo pertama dibuka pada sekitar awal tahun 2011 ketika masyarakat setempat melakukan bersih bersih saluran air. Rencana awal masyarakat adalah membersihkan saluran mata air yang bersumber dari goa terdekat. Oleh karena airnya yang jernih, masyarakat menggunakan sumber air ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Potensi sumber air yang dapat menarik wisatawan ditambah dengan pesona alam yang ada di Banyunganti menjadikan tempat ini dikelola dan ditata sehingga menjadi salah satu kawasan objek wisata Kulon Progo. 

Berbagai fasilitas penunjang dibuat lengkap dengan sebuah kolam yang bersumber pada mata air. Tidak lupa juga sebuah taman yang menghiasi area wisata. Nama Mudal berasal dari kondisi sumber air yang selalu memiliki kondisi air melimpah, jernih, dan tidak pernah surut. Hal ini kemudian menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat sekitarnya.

Sungai Mudal Kulon Progo (Sumber: @andrepramono__ on Instagram)

Fasilitas Sungai Mudal Kulon Progo

Sebagai tempat wisata, Sungai Mudal Kulon Progo Jogja tentu memiliki berbagai fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan para pengunjungnya. Fasilitas lengkapnya, meliputi:

Artikel Terkait

  • Toilet
  • Gazebo
  • Area parkir yang luas
  • Kolam Renang
  • Wahana rekreasi

Wisata Sungai Mudal Kulon Progo 

Harga Tiket Masuk

Pengunjung akan dikenai harga tiket masuk sebesar 10.000 per pengunjung. Jika ingin menggunakan wahana yang ada di objek wisata, seperti wahana flying fox, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan.

Jam Operasional

Taman Sungai Mudal buka setiap hari pada jam yang sama, yaitu mulai pukul 08.30 sampai pukul 15.15. Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata ini adalah pada saat siang hari ketika matahari menyinari air Sungai Mudal yang jernih.

Rute & Lokasi

Lokasi Sungai Mudal terletak di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Rute menuju tempat wisata ini juga terbilang tidak jauh dari pusat kota, yaitu hanya sejauh 32 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Akses jalannya juga sudah bagus dan dapat dilalui oleh motor maupun mobil.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Sungai Mudal

Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi tempat wisata satu ini jangan lupa untuk melakukan berbagai aktivitas sebagai berikut: 

Berenang di Kolam Pemandian

Daya tarik dari Sungai Mudal adalah kolam renang atau kolam pemandiannya yang bersumber dari sebuah goa. Oleh karena itu, air di sini sangat jernih dan memiliki warna hijau tosca. Pemandangan ini tentu menarik hasrat pengunjung untuk berenang di kolam, terutama ketika cuaca terik.

Kolam pemandian tersebut juga sudah tertata sedemikian rupa dan dijamin keamanannya. Kolam sudah dibagi menjadi kolam untuk orang dewasa dan kolam untuk anak anak. Kolam pemandian ini juga memiliki fasilitas penunjang seperti ban pelampung.

Menikmati Keindahan Taman

Sebelum berenang, kamu juga dapat mengunjungi taman yang ada di Sungai Mudal. Taman Sungai Mudal ini mengitari area kolam dengan jalur yang sudah tertata dan bunga-bunga yang indah. Tidak hanya itu, kamu dapat melepas penat di gazebo yang ada di sini sambil menyaksikan keindahan alamnya.

Mencoba Wahana yang Tersedia

Objek wisata ini tentu juga memiliki beragam wahana yang cukup lengkap dan dapat dinikmati oleh semua kalangan, seperti hunting foto, area untuk camping dan juga flying fox.

Sungai Mudal Kulon Progo (Sumber: @estetikajogja on Instagram)

Air Terjun di Sekitar Sungai Mudal Kulon Progo

Jangan khawatir, Sungai Mudal bukan satu-satunya objek wisata yang dapat kamu kunjungi di Desa Jatimulyo, berikut ini adalah air terjun lainnya yang ada di sekitar Sungai Mudal:

Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka secara administratif terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Tempatnya juga berjarak sekitar 32 km dari pusat kota Yogyakarta. Waktu tempuhnya kurang lebih sekitar satu jam dengan rute tercepat mulai dari Tugu Jogja lurus menuju arah barat. 

Tempatnya tidak jauh, tapi kamu perlu melewati jalan khas perbukitan yang penuh tanjakan dan jalan berkelok. Air Terjun Kembang Soka terletak di desa yang sama dengan Sungai Mudal. Perbedaanya adalah Kembang Soka terletak di daerah yang lebih rendah.

Kedung Pedut

Kedung Pedut sudah buka sejak bulan Februari tahun 2015. Lokasinya juga sama seperti Kembang Soka dan Sungai Mudal, yaitu di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Dalam bahasa Jawa, Kedung memiliki arti kolam dan Pedut memiliki arti kabut. Nama ini digunakan karena derasnya air hujan dapat menyebabkan daerah sekitar kolam menjadi berkabut. Air yang ada pada Kedung Pedut juga memiliki kemiripan seperti Sungai Mudal, yaitu jernih dan berwarna hijau tosca.

Baca Juga: Harga Tiket Wisata Kebun Teh Pagilaran, Rute, dan Lokasinya

Demikian pembahasan Advontura mengenai Sungai Mudal Kulon Progo. Letaknya yang jauh dari keramaian kota membuat Sungai Mudal menjadi tempat yang cocok untuk beristirahat sejenak dari kesibukan. Semoga penjelasan kali ini bermanfaat untuk kamu dan menambah wishlist liburanmu!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *