Taman Nasional Baluran: Berpetualang di Afrika Kecil Jawa

Taman Nasional Baluran (sumber: @wisatasitubondo on Instagram)
Taman Nasional Baluran (sumber: @wisatasitubondo on Instagram)
Daftar isi

Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang terkenal memiliki banyak objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Di ujung timur Pulau Jawa, terdapat sebuah objek wisata yang terkenal dengan sebutan Afrika Kecil Pulau Jawa. Objek wisata tersebut adalah Taman Nasional Baluran, yang terletak di perbatasan Kabupaten Situbondo-Banyuwangi. Wisata Taman Nasional Baluran pun terkenal hingga seluruh penjuru negeri.

Sudah tahukah kamu tentang objek wisata yang satu ini? Supaya kamu makin penasaran, kamu wajib simak ulasan tentang Taman Nasional Baluran berikut ini. Tempat wisata yang satu ini tentu recommended dan wajib masuk wishlist kamu saat liburan nanti!

Taman Nasional Baluran, Eksotisme Afrika Kecil di Pulau Jawa

Taman Nasional Baluran Banyuwangi merupakan sebuah tempat wisata yang sangat terkenal di Jawa Timur, bahkan ke seluruh penjuru negeri. Objek wisata yang satu ini akrab dengan sebutan Afrika Kecil Pulau Jawa, karena tak kalah eksotis dari tanah Afrika. Taman nasional yag berdiri di atas lahan seluas 25.000 hektare ini menjadi tempat tinggal banyak hewan yang dilindungi di Indonesia. Jadi, jangan heran bila kamu akan melihat banyak satwa yang berlalu-lalang tanpa permisi di sini.

Taman Nasional Baluran Banyuwangi (sumber: @ekogatan on Instagram)
Pesona Taman Nasional Baluran (sumber: @ekogatan on Instagram)

Sejak tahun 1937, objek wisata yang satu ini telah dinobatkan sebagai Suaka Margasatwa oleh pemerintah Hindia Belanda. Pada tahun 1980, Suaka Margasatwa ini diresmikan menjadi Taman Nasional Baluran oleh pemerintah Indonesia. Selain menjadi kawasan yang memiliki panorama alam eksotis, objek wisata yang satu ini memiliki banyak keunikan di dalamnya. Salah satunya adalah tanaman pohon Bekol yang tetap tumbuh subur meski musim sedang kering kemarau. 

Letak Taman Nasional Baluran dan Rutenya

Sudah tahukah kamu di mana letak Taman Nasional Baluran? Letak Taman Nasional Baluran sendiri berada di perbatasan Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi, guys. Letak Taman Nasional Baluran secara geografis adalah di Desa Wonorejo, Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Untuk menuju ke lokasi objek wisata yang satu ini, kamu bisa menempuh rute Situbondo-Batangan atau Banyuwangi-Batangan, kemudian menujulah ke Bekol. Tak lama kemudian, kamu akan menemukan gerbang masuk ke Taman Baluran.                                                                                           

Artikel Terkait

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Berlibur ke Taman Nasional Baluran Banyuwangi merupakan opsi bagus untukmu yang menginginkan wisata seru dengan budget terbatas. Hal ini dikarenakan harga tiket masuk Taman Nasional Baluran hanyalah Rp 15.000 saat weekdays, dan Rp 17.500 saat weekend untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, harga tiket masuk Taman Nasional Baluran adalah Rp 150.000 saat weekdays, dan Rp 225.000 saat weekend

Jam Operasional dan Fasilitas Wisata Taman Nasional Baluran

Kamu pasti sudah tak sabar untuk segera berkunjung ke Afrika Kecil Pulau Jawa ini. Kamu dapat mengunjungi objek wisata yang satu ini pada pukul 07.30-16.30 setiap harinya, guys. Jam operasional ini tentu sudah cukup untukmu bersenang-senang seharian di sana. 

Adapun fasilitas wisata yang dimiliki oleh objek wisata yang satu ini adalah warung makan, serta sederet spot wisata yang ciamik. Mulai dari pantai, gunung, padang savana, hingga hutan, dapat memanjakan dirimu kala berlibur ke Taman Nasional Baluran Banyuwangi ini. 

Spot Eksotis di Objek Wisata Taman Nasional Baluran

Sudah tak sabar untuk jalan-jalan ke objek wisata yang satu ini? Berikut ini rekomendasi aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana! 

1. Pantai Bama

Pantai Bama (sumber: @rohma_sh on Instagram)
Pantai Bama (sumber: @rohma_sh on Instagram)

Pantai Bama merupakan spot wisata yang berada di ujung Taman Nasional Baluran Banyuwangi. Bermain-main dengan pasir putih dan ombak-ombak kecilnya sangat menyenangkan untuk dilakukan. Bahkan, sekadar berjemur di tepian pantainya pun dapat menjadi aktivitas yang sayang untuk dilewatkan. Eksotisme pantai ini tak kalah dengan pantai-pantai lain yang ada di Jawa Timur.

Dibalik eksotisme serta keindahannya, ada banyak kera ekor panjang yang siap bertemu dengan wisatawan, terlebih bila wisatawan membawa makanan. Kera-kera di sini merupakan hewan liar, sehingga mereka terkenal cukup galak, guys. Jadi, bila kamu berkunjung ke Pantai Bama, lebih baik tak membawa makanan, ya!

2. Gunung Baluran

Gunung Baluran (sumber: @taradibta on Instagram)
Gunung Baluran (sumber: @taradibta on Instagram)

Gunung Baluran adalah spot wisata yang masih menjadi bagian dari kawasan wisata Baluran. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.247 mdpl, dan sudah tak aktif lagi kini. Meski sudah nonaktif, Gunung Baluran tetap menjadi spot wisata favorit masyarakat saat berkunjung ke kawasan wisata Baluran. Gunung Baluran ini tetap memiliki keindahan serta panorama yang tiada duanya. 

Bagian tengah pegunungan ini membentuk kaldera yang cukup dalam dan menciptakan cerukan berisi kawah yang padat. Banyak wisatawan yang mengunjungi Gunung Baluran ini hanya untuk sekadar berburu foto keren dengan latar belakang Gunung Baluran yang eksotis.

3. Pantai Bilik Sejile

Pantai Bilik Sejile (sumber: @eastjava.supertrip on Instagram)
Pantai Bilik Sejile (sumber: @eastjava.supertrip on Instagram)

Pantai Bilik Sejile adalah spot wisata unik yang terdapat di Taman Baluran. Begitu mengunjungi pantai ini, kamu akan merasa sedang liburan ke pantai pribadimu, karena Pantai Bilik Sejile memiliki suasana yang sunyi dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Hal ini membuat kondisi alam sekitar pantai ini tentu masih sangat terjaga.

Pantai ini bernama Bilik Sejile, di mana Sejile berarti Lidah. Hal ini dikarenakan saat sedang surut, pantai ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan lidah yang sedang menjulur. Selain memiliki keunikan, panorama dan eksotisme pantai ini tak kalah dengan Pantai Bama. Jadi, saat Advonturers berkunjung ke Taman Nasional Baluran, sempatkanlah juga untuk berkunjung ke Pantai Bilik Sejile ini!

4. Savana Bekol

Savana Bekol (sumber: @semuawisatacom on Instagram)
Savana Bekol (sumber: @semuawisatacom on Instagram)

Savana Bekol memiliki sifat yang sama dengan Hutan Musim. Savana Bekol juga ‘menghijau’ saat musim hujan, dan ‘mengering’ saat musim kemarau. Namun, kamu tak perlu khawatir karena spot wisata yang satu ini tetaplah estetik kapanpun kamu mengunjunginya. Savana Bekol menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan saat berkunjung ke Taman Nasional Baluran Banyuwangi, guys.

Di balik eksotisme panorama alamnya, banyak hewan-hewan yang bisa kamu temui di sini. Dari ular, hingga sekawanan banteng yang seolah bermain-main dengan bebasnya di sini tak jarang membuat wisatawan panik. Tapi, kamu juga tak perlu khawatir, kok. Saat bertemu hewan-hewan yang melintas, kamu harus tetap tenang dan jangan panik supaya mereka tak menyerangmu, ya!

5. Hutan Musim

Hutan Musim (sumber: @msurya_men on Instagram)
Hutan Musim (sumber: @msurya_men on Instagram)

Kamu tentu sudah kepo mengapa spot wisata yang satu ini dinamai Hutan Musim. Seperti namanya, Hutan Musim merupakan hutan yang memiliki kondisi berbeda seiring berjalannya musim. Saat musim hujan, Advonturers akan menyaksikan hamparan hutan yang memiliki pepohonan rimbun nan ijo royo-royo. Sementara saat musim kemarau, Advonturers akan menyaksikan hutan yang kering kerontang dengan daun-daun kering yang berguguran.

Kendati demikian, Hutan Musim tetap memiliki eksotismenya sendiri, baik pada musim hujan maupun musim kemarau. Spot wisata yang satu ini akan tetap menjadi spot wisata yang estetik. Bahkan, tak jarang wisatawan kemari hanya untuk berburu foto keren lho, guys.

Kunjungi: Website Resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai Taman Nasional Baluran Banyuwangi, manakah spot wisata yang membuatmu tertarik? Semua spot wisata di atas tentu sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Berkunjung ke taman nasional yang satu ini akan lebih menyenangkan bila dilakukan bersama keluarga atau orang-orang tersayang. Jadi, jangan lupa untuk menjadikan kawasan wisata Baluran sebagai destinasi wisata pilihanmu saat liburan, ya!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *