Pantai Losari – Lokasi, dan Daya Tarik Icon Kota Makassar

Pantai losari
Photo by reddoorz.com
Daftar isi

Pantai Losari merupakan pantai indah yang menjadi ikon dari Kota Makassar. Berkunjung ke Makassar taka akan lengkap rasanya bila tidak mengunjungi pantai ini.

Tak hanya menjadi ikon kota Makassar, Pantai Losari juga merupakan destinasi wisata favorit masyarakat Makassar dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu berlibur. Pantai Losari menawarkan keindahan panorama alam yang dapat memukau pandangan siapapun yang menyaksikannya.

Di tempat ikonik ini wisatawan dapat mengambil banyak foto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Pengelola juga telah menyediakan berbagai spot foto menarik sebagai fasilitas bagi para wisatawan yang hobi berfoto.

Di sekitar kawasan pantai terdapat sebuah masjid unik bernama Amirul Mukminin yang letaknya sekilas seperti mengapung diatas permukaan air pantai. Masjid ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Kemegahan dan keunikan masjid Amirul Mukminin yang memiliki 2 kubah dan dua menara ini juga menjadi menjadi salah satu spot yang kerap dijadikan objek foto oleh wisatawan yang sedang berkunjung

Artikel Terkait

Sejarah Singkat

Berbagai objek wisata yang ada di Indonesia memanglah tak pernah bisa terpisah dari cerita bersejarah yang ada di baliknya, begitu pula pantai ikonik kota Makassar ini.

Sebelum menjadi objek wisata, dahulu pada pagi hingga siang hari daerah sekitar pantai digunakan sebagai pasar ikan, sedangkan pada malam harinya berubah menjadi tempat untuk menjual berbagai makanan.

Kemudian atas usulan DM Van Swieten walikota Makassar pada masa itu, daerah tepian pantai mulai dibangun pada tahun 1945. Tahap awal pembangunan dimulai dengan pemasangan lantai beton sepanjang 910 meter.

Lantai beton ini difungsikan untuk melindungi kawasan sekitar pantai dari terjangan ombak selat Makassar. Setelah, itu pembangunan dilanjutkan dengan membangun fasilitas – fasilitas lain yang ada di sekitar pantai hingga menjadi sebuah objek wisata seperti sekarang. 

Untuk arti dari nama Losari sendiri sebenarnya sampai sekarang belum diketahui apakah alasan dibalik penggunaan nama tersebut. Namun apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa, kata Losari terbagi menjadi dua suku kata dasar “Los” dan “Ari”.

Los adalah sebuah kata yang memiliki arti sebuah area yang digunakan sebagai pusat kegiatan jual beli atau sebuah area yang terbagi menjadi beberapa los atau toko. Sedangkan kata Ari memiliki arti selaput bungkus atau sesuatu yang menyalurkan, contohnya seperti ‘ari – ari’ dalam bahasa Jawa. 

Letak Pantai Losari Makassar

Letak Pantai Losari ada di bagian barat kota Makassar, tepatnya di Jl. Metro Tanjung Bunga, Desa Maloku, Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan.  Letak Pantai Losari ini berada tak jauh dari pusat kota, hanya berjarak 21 km dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Tidak seperti pantai lain yang biasanya berlokasi di pedalaman dengan akses yang terbatas, letak Pantai Losari Makassar berada di tempat yang sangat strategis dan mudah ditemukan.

Jalan menuju lokasi Pantai Losari Makassar juga telah mengalami banyak perbaikan sehingga kondisi jalannya baik dan dapat dilintasi oleh berbagai macam kendaraan. Tidak jauh dari lokasi pantai terdapat beberapa objek wisata yang cukup terkenal seperti Trans Studio Makassar dan Benteng Rotterdam.

Lokasi Pantai Losari Makassar dibuka untuk umum selama 24 jam non stop. Pengunjung dapat bebas mengunjungi kawasan pantai kapanpun mereka mau.

Namun jika ingin menikmati keindahan panorama pantai dengan tenang dan nikmat, wisatawan disarankan untuk berkunjung ke pantai ini pada pukul 3 sore hingga pukul 9 malam.

Jam tersebut sangat disarankan untuk wisatawan yang ingin duduk bersantai menikmati angin laut sambil menyaksikan keindahan sunset. Namun jika ingin menikmati permainan air, pengunjung dapat berkunjung di pagi hari saat matahari belum terlalu terik.

Karena telah menjadi objek wisata umum, memasuki kawasan Pantai Losari Makassar tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir bagi yang berkunjung dengan membawa kendaraan pribadi. Biaya parkir dibandrol dengan harga mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 10.000. 

Baca juga: Pantai Melasti Bali – Lokasi Hingga Tiket Masuk

Daya Tarik Pantai Losari

Pantai Losari di malam hari
Pantai losari (Photo by agoda. com)

Objek wisata ikonik kota Makassar ini menawarkan suguhan panorama alam yang begitu memukau terutama pada saat sore hari.

Tempat ini juga kerap dijadikan sebagai tempat menghabiskan waktu sore hari sambil menanti sunset tiba oleh masyarakat asli Makassar maupun wisatawan yang sedang berkunjung. Keindahan sunset akan terlihat sangat jelas dari lokasi pantai Losari Makassar ini.

Tidak seperti pantai lain yang memiliki hamparan pasir luas, Pantai Lokasi Makassar tidak memiliki hamparan pasir di kawasan sekitarnya. Selain itu arus air disini juga termasuk cukup berbahaya sehingga pengunjung dilarang berenang bebas di perairan pantai.

Untuk menyiasati hal tersebut, pengelola telah menyiapkan beberapa wahana permainan air seperti sepeda air, perahu bebek, banana boat , dan pilihan wahana permainan air lain yang dapat dijadikan pilihan oleh pengunjung yang ingin bermain. Walaupun tidak memiliki pasir, ombak laut telah dihalau oleh tanggul beton yang berada di sepanjang pantai.

Dahulu letak Pantai Losari terkenal dengan julukannya sebagai pantai dengan meja warung terpanjang di dunia. Julukan tersebut muncul karena di sepanjang lokasi pantai terdapat banyak tenda warung yang satu sama lainnya menyambung hingga sepanjang kurang lebih 1 KM.

Tenda warung ini tidak hanya menjual menu hidangan laut saja, berbagai macam makanan khas Makassar seperti menu pisang epe juga dijual di warung tersebut.

Pisang epe merupakan Makanan terkenal khas Makassar yang terbuat dari pisang bakar yang kemudian dipipihkan dan diberi siraman air gula merah. Pisang epe memiliki cita rasa khas yang nikmat terutama jika disantap dalam keadaan hangat.

Namun kini keberadaan tenda – tenda warung tersebut telah dipindahkan dari yang awalnya di sepanjang pantai menjadi di sekitar sebaran Pantai.

Walaupun begitu, warung – warung tersebut tetap ramai oleh pengunjung yang ingin merasakan cita rasa makanan Makassar sambil menikmati pemandangan pantai Losari Makassar pada malam hari. Tenda – tenda warung ramai dipenuhi pengunjung yang datang setelah menyaksikan sunset di kawasan pantai. 

Lokasi Pantai Losari Makassar juga kerap dijadikan tempat untuk berolahraga. Banyak orang mengunjungi kawasan ini untuk berlari pagi karena udaranya sejuk dan segar. Di dekat lokasi pantai juga terdapat lapangan yang biasanya digunakan untuk bermain sepak bola oleh masyarakat sekitar.

Jika berkunjung ke tempat ini pada hari minggu pagi, wisatawan dapat mengikuti acara Car Free Day (CFD) yang dilaksanakan setiap hari minggu pagi di anjungan Pantai Losari Makassar.

Beberapa anjungan yang terletak di tepi laut yang dimanfaatkan sebagai ruang publik untuk wisatawan yang berkunjung. Anjungan – anjungan tersebut diberi nama sesuai dengan suku yang ada di Masar seperti Anjungan Makassar, Anjungan Toraja, Anjungan Bugis, dan Anjungan Mandar.

Pengelola rutin melakukan perawatan dan juga memperbaiki kondisi anjungan agar pengunjung dapat lebih nyaman saat berada disana. Pengelola juga menghimbau agar wisatawan selalu menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah sesuai pada tempatnya.

Baca juga: Pantai Sadranan – Lokasi, Rute, dan Tiket Masuk

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *