1. Air Terjun
  2. Wisata Alam

Bak Surga! Inilah Keindahan Air Terjun Banyumala di Bali Utara

Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali. 

Air Terjun Banyumala menyimpan banyak keindahan yang membuat siapapun betah bermain air di sana. Hmm, kira-kira apa saja ya hal menarik sehingga para pengunjung terutama turis mancanegara antusias datang ke tempat ini? Baca sampai tuntas ya guys!

Daya Tarik Air Terjun Banyumala

Daya Tarik Air Terjun Banyumala
Daya Tarik Air Terjun Banyumala

Salah satu wisata Bali yang tidak harus kalian lewatkan adalah Air Terjun Banyumala. Pesona alam ini merupakan salah satu air terjun tercantik yang ada di Pulau Bali. Sekilas, air terjun ini terlihat seperti air terjun lainnya. Namun, jika kalian telah pergi ke sana, kalian akan menyadari keindahan alam air terjun dan lingkungannya yang masih lestari. 

Konon, masyarakat setempat menjulukinya sebagai twin waterfall. Penamaan ini bukanlah sembarangan, lho guys. Jika kita perhatikan dengan seksama, air terjun banyumala terlihat seperti air terjun kembar. Yap, terlihat ada dua air terjun yang dimana rupa dan bentuk aliran airnya hampir sama. 

Sebagai informasi, air terjun ini mengalir deras dari ketinggian 20  meter dan memiliki muara berbentuk bulat berukuran sedang. Diameter kurang  lebih 15 meter bisa menampung lebih banyak orang untuk bermain air. 

Kedalaman kolam berbeda-beda, rata-rata setinggi orang dewasa. So, buat kalian yang membawa anak di bawah umur atau kurang mahir berenang, perlu melakukan pengawasan extra ya, supaya berenang menjadi lebih nyaman. Mungkin, dengan memperbolehkan anak-anak  hanya bermain di tepi kolam sudah aman. 

Pesona Air Terjun Banyumala begitu nyata ketika terlihat dari kejauhan. Pemandangan yang eksotis bak lukisan terwujud jelas di depan mata. Suara air gemericik mengalir dan menenangkan cocok sebagai pelarian sejenak dari bisingnya keramaian.  

As you know, ternyata untuk sampai ke tempat ini membutuhkan tenaga yang cukup besar, lho. Jarak yang harus ditempuh oleh wisatawan cukup lama karena mereka harus melewati puluhan anak tangga yang terbuat dari kayu. Tangga yang tersedia cukup aman untuk menuruni bukit yang terjal. 

Walaupun cukup melelahkan, namun rasa capek akan terbayar lunas dengan pemandangan air terjun yang disuguhkan. Nah, sepanjang perjalanan, kalian akan melihat pemandangan hutan tropis yang cukup lebat dan kebun cengkeh milik warga setempat. 

Baca Juga: Waterboom Sidembunut: Alternatif Wisata Air di Bali

Cara Menuju Air Terjun Banyumala

Rute dari Bedugul ke Lokasi
Rute dari Bedugul ke Lokasi

Air terjun ini terletak di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Tepatnya di Desa Wanagiri. Menurut informasi, tempat wisata tersebut buka setiap hari atau 24 jam. Wah, bisa sewaktu-waktu main ke sini dong! By the way, untuk tiketnya dibanderol dengan harga murah yakni sekitar Rp.10.000 sampai Rp. 35.000 saja. .

Sementara itu untuk mencapai ke wisata Air Terjun Banyumala, beberapa sumber mengatakan untuk lebih menganjurkan menggunakan mobil mengingat kondisi medan atau akses jalan kurang memadai. Jika kalian berangkat dari Kota Denpasar, dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam. Namun, jika kalian berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. 

Lain cerita jika kalian berangkat dari arah Bedugul. Kalian akan melewati Wanagiri Hidden Hills dan melihat pemandangan indah sepanjang jalan. Saat tiba, kalian akan melihat lahan parkir dan loket pembayaran. Di situ juga disediakan penyewaan skuter dengan harga Rp. 50.000 apabila kalian merasa terlalu lelah untuk berjalan kaki. 

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Banyumala

Berhubung wisata alam ini tidak terlalu sering dijangkau oleh para pengunjung, maka fasilitas yang tersedia terbilang sederhana, namun kebersihan fasilitas di sana tetap terjaga. Adapun toilet yang memadai yang bisa kalian gunakan untuk berganti pakaian. Selanjutnya, jika perut mulai keroncongan, kalian tidak usah khawatir. Pasalnya di dekat pintu masuk, masyarakat setempat menjual beberapa olahan makanan dan minuman. 

Tips Berkunjung ke Air Terjun Banyumala

Kamera Anti Air
Kamera Anti Air

Nah, berikut kami akan memberitahu beberapa tips berlibur ke sini supaya liburan kalian lebih menyenangkan dan berkesan

  1. Bawalah baju ganti jika ingin berenang atau bermain air.
  2. Gunakan alas kaki berupa sepatu tertutup supaya terhindar dari ranting berserakan dan menghindari terpeleset sepanjang perjalanan
  3. Bawalah kamera anti air atau pelindung gawai apabila ingin berfoto di dekat are air terjun. Hal ini untuk mengurangi peluang kerusakan barang kalian.
  4. Tak hanya itu, lebih baik berkunjung saat weekday untuk menghindari berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya.
  5. Hindari berkunjung saat musim penghujan supaya terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Desa Penglipuran Bali yang Terkenal Hingga Mancanegara

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan mengenai Air Terjun Banyumala. Meskipun Bali memiliki banyak pantai, namun tak ada salahnya kalian sesekali bermain ke air terjun di Pulau Dewata ini. Keindahan yang ditawarkan juga tidak main-main,lho. Apalagi fasilitasnya perlu mendapatkan apresiasi karena memudahkan para pengunjung dalam berekreasi. Oke, sampai di sini dulu ya. Nantikan artikel jalan-jalan lainnya hanya di Advontura. Semoga bermanfaat ya!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Bak Surga! Inilah Keindahan Air Terjun Banyumala di Bali Utara

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]