17 Tempat Wisata Purwokerto Terhits & Wajib Dikunjungi 2022

Tempat Wisata Purwokerto
Tempat Wisata Purwokerto
Daftar isi

Purwokerto merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Tengah yang sebenarnya cukup berpotensi pada bidang pariwisata. Meskipun tidak se-hits kota-kota lainnya, namun siapa sangka ternyata tempat wisata Purwokerto juga sangat recommended untuk dikunjungi olehmu.

Tempat wisata Purwokerto pun sangat beragam, mulai dari bukit, taman, hingga curug (air terjun). Spoilernya, Purwokerto sepertinya sangat cocok bagi kamu yang merupakan pecinta alam, karena rata-rata tempat wisata Purwokerto yang hits adalah wisata alam. Untuk kamu yang sudah penasaran, kamu bisa langsung siapkan note untuk mencatat tempat-tempat wisata Purwokerto berikut ini. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!

17 Tempat Wisata Purwokerto Hits Yang Wajib Kamu Kunjungi 2022

Sudah penasaran? berikut ini ulasan tentang 17 tempat wisata di Purwokerto yang wajib banget masuk bucket list liburan kamu. Scroll sampai habis, ya!

1. Bukit Agaran

Tempat wisata Purwokerto terbaru yang pertama adalah Bukit Agaran. Jika kamu berkunjung ke Bukit Agaran, pasti kamu terasa sedang melihat lukisan alam, karena keindahannya. Wisata alam yang instagrammable ini tentu cocok bagi kamu yang menyukai swafoto dengan background langit biru dan alam di sekelilingnya.

Bukit Agaran (sumber: @instapurwokerto on Instagram)
Bukit Agaran (sumber: @instapurwokerto on Instagram)

Tak mahal untuk dapat masuk ke Bukit Agaran. Hanya dengan membayar Rp 5.000 saja, kamu sudah dapat menikmati keindahan alam yang ada di sana. Objek wisata Purwokerto ini bertempat di daerah Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas. Jangan lupa berhati-hati saat kamu sedang mendaki atau berfoto di spot yang dekat dengan jurang.

Artikel Terkait

2. Wasiat Bukit Putri

Bila kamu menyukai wisata bukit dengan hiasan pohon-pohon pinus yang estetik, tampaknya kamu harus coba kunjungi Wasiat Bukit Putri. Tempat wisata Purwokerto yang menakjubkan ini juga cocok kamu jadikan tempat camping bersama circlemu.

Wasiat Bukit Putri (sumber: @kebumenzone on Instagram)
Wasiat Bukit Putri (sumber: @kebumenzone on Instagram)

Oh iya, bagi kalian, cowok-cowok yang suka nyetir motor trail, medan di Wasiat Bukit Putri ini boleh juga untuk dicoba. Jika kamu tertarik untuk mampir, kamu bisa  kunjungi Wasiat Bukit Putri ini di daerah Sadang, Kabupaten Banyumas.

3. Bukit Banda

Bukit Banda bisa menjadi referensi untukmu yang ingin melepas penat dan sejenak menyatu dengan alam. Tempat wisata Purwokerto yang berada di ketinggian sekitar 374 mdpl ini menawarkan pengalaman wisata yang luar biasa untukmu. Untuk bisa sampai kesini, kamu tentunya harus memiliki kondisi fisik yang sehat dan prima untuk mendaki. Meskipun kamu bisa mengendarai motor sampai ke puncak bukit, kamu juga perlu berhati-hati bila bertemu dengan jalan menanjak atau licin.

Bukit Banda (sumber: @kebumen.explore on Instagram)
Bukit Banda (sumber: @kebumen.explore on Instagram)

Bagi kamu yang belum tahu lokasi tempat wisata Purwokerto terbaru yang satu ini, kamu bisa mengujunginya di daerah Karangsambung, Kebumen. Kepo sama harga tiket masuknya? Rp 10.000 aja, kok. Jadi, tunggu apa lagi?

4. Bukit Hud

Salah satu tempat wisata terbaru Purwokerto yang instagrammable ini bernama Bukit Hud. Tidak hanya view bukit yang menawan, namun kamu juga akan bisa melihat hamparan laut dari atas sini. Bagi kamu yang gemar berswafoto dengan latar belakang alam yang estetik, sepertinya Bukit Hud bisa jadi referensi yang bagus untukmu. Akan lebih seru lagi jika kamu dapat menyaksikan sunrise dan sunset di tempat ini.

Bukit Hud (sumber: @wisatasemarang on Instagram)
Bukit Hud (sumber: @wisatasemarang on Instagram)

Tempat wisata Purwokerto yang satu ini bisa kamu kunjungi di daerah Karangbolong, Kabupaten Kebumen. Untuk kamu yang ragu karena minim budget, tak usah khawatir, Rp 5.000 saja sudah cukup, kok, untuk masuk ke sini!

5. Taman Bunga Asmara Pantai Kambal

Tempat wisata Purwokerto yang satu ini nampaknya sangat cocok untuk ciwi-ciwi yang ngidam pergi ke kebun bunga bak film-film luar negeri. Soal instagrammable atau tidak, tak perlu dipertanyakan lagi. Teman-teman kamu pasti sirik dengan hasil foto-fotomu yang cantik! Banyak jenis-jenis bunga cantik yang kamu bisa temukan di sini.

Taman Bunga Asmara Pantai Kambal (sumber: @pucukekebumen on Instagram)
Taman Bunga Asmara Pantai Kambal (sumber: @pucukekebumen on Instagram)

Ketika menatap indahnya hamparan kebun bunga, dijamin kamu tak akan lapar mata. Tiket masuk ke salah satu tempat wisata Purwokerto terbaru ini hanya sebesar Rp 5.000 saja. Kamu dapat mengunjungi Taman Bunga Asmara Pantai Kambal ini di Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen.

6. Watu Meja

Watu Meja merupakan tempat wisata Purwokerto yang berupa bukit. Untuk dapat sampai ke Bukit Watu Meja, kamu tentunya memerlukan usaha lebih, yaitu dengan mendaki. Tapi jangan khawatir, lelahmu selama mendaki pasti akan terbayar dengan indahnya view di atas Bukit Watu Meja. Pepohonan yang rimbun serta bau tanah perbukitan yang khas seakan menjadi healer untuk penatmu.

Watu Meja (sumber: @wisatakphbanyumastimur on Instagram)
Watu Meja (sumber: @wisatakphbanyumastimur on Instagram)

Selain bukit, di sana juga ada sebuah sungai yang bernama Serayu. Bagi kamu yang telah siap-siap untuk berlibur, kamu dapat mengunjungi salah satu tempat wisata terbaru Purwokerto ini  terletak di Kecamatan Kebasean, Purwokerto, dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja.

7. Curug Nangga

Tempat wisata Purwokerto yang satu ini sedang menjadi trend di kalangan muda. Air terjun yang memiliki tujuh undakan ini menyuguhkan pemandangan air terjun yang menawan. Namun, bila kamu berkunjung ke Curug Nangga, kamu perlu berhati-hati karena medan jalan yang tidak rata dan licin.

Curug Nangga (sumber: @purwokertokeren on Instagram)
Curug Nangga (sumber: @purwokertokeren on Instagram)

Untuk lokasinya sendiri, Curug Nangga bertempat di Kabupaten Banyumas. Curug Nangga merupakan salah satu tempat wisata Purwokerto terbaru yang harus masuk dalam bucket list liburan kamu.

8. Curug Jenggala

Curug Jenggala merupakan tempat wisata Purwokerto yang hits dan eksotis. Kamu dapat menyaksikan pemandangan berupa air terjun dan sungai yang mengalir di bawahnya. Bagi kamu yang suka berfoto, ada sebuah spot yang sangat terkenal di Curug Jenggala, yaitu papan kayu yang berbentuk hati.

Curug Jenggala (sumber: @ali_aerial on Instagram)
Curug Jenggala (sumber: @ali_aerial on Instagram)

For your information, Curug Jenggala bertempat di Desa Petahunan, Purwokerto. Dengan biaya Rp 8.000 saja, kamu sudah bisa menikmati indahnya pemandangan di sekitar Curug Jenggala ini. Hati-hati ya, kamu pasti bakal amaze dan ingin kembali lagi ke sini!

9. Sendang Bidadari

Sendang Bidadari merupakan salah satu tempat wisata Purwokerto yang bisa membantu kamu untuk self healing, karena ketenangannya. Udara segar, suara air terjun, dan ornamen batu yang instagenic pasti akan membuatmu betah untuk berada di sini.  Ornamen bebatuan yang seakan membentuk sebuah gua, semakin menambah keindahan tampak dari Sendang Bidadari. Untuk kamu yang butuh ketenangan, kamu boleh banget untuk datang ke sini.

Sendang Bidadari (sumber: @arifff.96 on Instagram)
Sendang Bidadari (sumber: @arifff.96 on Instagram)

Nggak perlu pusing mikirin biaya, dengan harga tiket Rp 5.000 saja, kamu sudah dapat berlibur dan sejenak melepaskan penatmu di Sendang Bidadari. Bagi kamu yang belum tahu lokasinya, Sendang Bidadari berada di daerah Baturraden, Kabupaten Banyumas.

10. Small World Purwokerto

Tempat wisata Purwokerto yang instagrammable ini sangat cocok untuk kamu yang hobi hunting foto. Desain aneka bangunan yang colorful seakan bisa menambah keceriaan liburanmu di Purwokerto. Small World merupakan salah satu tempat wisata Purwokerto terbaru. Salah satu yang menyita perhatian wisatawan adalah Miniatur Dunia, dimana kamu akan merasa sedang  liburan di luar negeri, padahal masih di Purwokerto, guys, hihi!

Small World Purwokerto (sumber: @purwokertohits on Instagram)
Small World Purwokerto (sumber: @purwokertohits on Instagram)

Untuk mengunjungi Small World Purwokerto, kamu tentunya tak perlu mengeluarkan biaya mahal. Cukup Rp 15.000 – Rp 20.000 saja, kamu sudah bisa menikmati hari liburmu di objek wisata yang cheerful ini. Oh iya, Small World Purwokerto ini terletak di Jalan Raya Baturraden Barat, guys. Jangan sampai salah, ya!

11. Geo Park Karangsambung

Tak hanya wisata alam, tempat wisata Purwokerto terbaru yang satu ini juga menawarkan wisata edukatif tentang situs geologi. Kamu dapat menemukan aneka batuan purba di tempat ini.

Geo Park Karangsambung (sumber: @explorekaranggayam on Instagram)
Geo Park Karangsambung (sumber: @explorekaranggayam on Instagram)

For your information, Geo Park Karangsambung ini terdiri dari sekitar 41 geosite, yang membuat tempat ini sering dijadikan tempat rekreasi siswa sekolah. Pemandangan alam yang ditawarkan di Geo Park Karangsambung ini juga tak kalah ciamik, mulai dari curug, hingga pegunungan.

Kamu tak memerlukan biaya sepeserpun untuk masuk ke Geo Park Karangsambung, karena tarifnya gratis. Objek wisata ini terletak di daerah Karangsambung, Kabupaten Kebumen.

12. Caping Park Purwokerto

Objek wisata ini cukup menantang bagi kamu yang menyukai ketinggian. Bagaimana tidak, Caping Park Purwokerto ini memiliki sebuah spot yang populer, yaitu lantai kaca. Bayangkan bagaimana rasanya berdiri di sebuah lantai kaca, yang di bawahnya kamu bisa melihat seberapa jarak antara kakimu dengan tanah. Jika tak berani, pasti kamu akan ketar-ketir, hihi! Setiap pengunjung yang datang ke sini akan diberikan topi caping supaya tidak merasa kepanasan.

Caping Park Purwokerto (sumber: @nourmalitazianisa on Instagram)
Caping Park Purwokerto (sumber: @nourmalitazianisa on Instagram)

View yang ditawarkan oleh tempat wisata Purwokerto yang satu ini juga nggak kalah amazing. Bagi kamu yang tertarik untuk datang kemari, kamu dapat mengunjungi Caping Park ini di Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Jangan lupa siapkan budget sebesar Rp 20.000 – Rp 25.000 untuk biaya tiket masuk. Selamat berlibur!

13. Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan Pinus Limpakuwus merupakan salah satu tempat wisata Purwokerto terbaru. Tak ada salahnya jika kamu sejenak melepas penat di objek wisata yang dikelilingi pohon pinus yang estetik ini. Selain spot foto yang instagenic, udara di sekitar hutan pinus ini pun sangat segar. Hutan Pinus Limpakuwus memiliki sebuah keunikan yang sangat terkenal, yaitu adanya fenomena Jabal Magnet yang kita ketahui seperti di Madinah, Arab Saudi. Keren kan?

Hutan Pinus Limpakuwus (sumber: @instapurbalingga on Instagram)
Hutan Pinus Limpakuwus (sumber: @instapurbalingga on Instagram)

Anyway, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk mengunjungi Hutan Pinus Limpakuwus. Jangan sampai salah alamat, karena seperti namanya, Hutan Pinus Limpakuwus terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas.

14. Pantai Gebyuran

Masyarakat asli sekitar Purwokerto tentu tahu bahwa Purwokerto memiliki objek wisata yang tak kalah dengan Pulau Dewata. Yup, Pantai Gebyuran! Selain suara debur ombak yang memanjakan telinga, matamu juga akan dimanjakan dengan memandangi laut dari gua-gua alami yang ada di sana.

Pantai Gebyuran (sumber: @kiekebumen on Instagram)
Pantai Gebyuran (sumber: @kiekebumen on Instagram)

Best view untuk melihat pemandangan dari gua-gua tersebut adalah sore hari, tepatnya saat sunset. So pasti keren, seperti anak senja. Kamu juga bisa duduk di ayunan yang dipasang di mulut gua, kemudian, cekrek! Kamu menghasilkan sebuah foto yang cantik.

Untuk berkunjung ke Pantai Gebyuran, kamu perlu menyiapkan uang tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja. Bila kamu berkunjung ke Kebumen, jangan lupa mampir!

15. Watu Bale

Kata siapa pantai selatan itu seram? Buktinya, Pantai Watu Bale sama sekali tidak. Malah, Pantai Watu Bale merupakan tempat wisata Purwokerto yang menawarkan pemandangan laut yang sangat memanjakan mata. Kamu bisa menyaksikan indahnya laut dari ketinggian dengan duduk santai di spot-spot yang ada di sana. Eits, spot di sini juga sangat instagrammable, loh! Salah satu spot foto yang populer ialah miniatur kapal, mungkin kamu bisa untuk mencobanya.

Watu Bale (sumber: @kiekebumen on Instagram)
Watu Bale (sumber: @kiekebumen on Instagram)

Pantai Watu Bale merupakan salah satu tempat wisata Purwokerto terbaru. Tak perlu worry soal biaya tiket masuk yang mahal, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 10.000 saja, gokil, kan? Tunggu apa lagi, kamu bisa segera kunjungi pantai ini di daerah Pasir, Ayah, Kabupaten Kebumen.

16. Baturraden Adventure Forest

Tempat wisata Purwokerto yang berlokasi di lereng gunung slamet ini ternyata memiliki bermacam-macam fasilitas seperti outbound. Salah satu tempat wisata Purwokerto terbaru ini menyajikan pemandangan yang eksotis, dan tentu cocok bagi kamu yang menyukai udara segar pegunungan.

Baturraden Adventure Forest (sumber: @ndyrahman26 on Instagram)
Baturraden Adventure Forest (sumber: @ndyrahman26 on Instagram)

Untuk masuk ke wisata Purwokerto yang ciamik ini, kamu tak perlu bayar mahal. Cukup dengan Rp 14.000 saja, kamu telah bisa merasakan keindahan alam Baturraden dan sekitarnya, dari atas lereng Gunung Slamet.

17. Telaga Sunyi

Tempat wisata Purwokerto terbaru dan recommended yang terakhir adalah Telaga Sunyi. Siapa masyarakat asli Purwokerto yang tak kenal dengan tempat wisata Purwokerto yang begitu hits ini. Air yang jernih, padatnya pepohonan, serta aroma pinus seolah menenangkan kamu di liburan kali ini. Air telaga yang sangat jernih seakan tak terlihat di matamu, hanya kesegaran airnya saja yang mungkin akan kamu rasa.

Telaga Sunyi (sumber: @purwokertosetia on Instagram)
Telaga Sunyi (sumber: @purwokertosetia on Instagram)

Lokasi Telaga Sunyi tak jauh dari objek wisata Baturraden. Jadi, saat kamu mengunjungi wisata Baturraden, kamu juga boleh banget untuk mampir ke Telaga Sunyi.

Setelah membaca beberapa preview tentang tempat wisata Purwokerto di atas, tentunya kamu menjadi tahu bahwa berwisata nggak harus mahal. Meskipun Purwokerto bukan kota besar yang memiliki ratusan objek wisata, namun tak ada salahnya bila kamu coba mampir ke beberapa hidden gems yang estetik, simpel, dan pastinya murah meriah ini. Bye bye, stress!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *