Curug Leuwi Hejo: Alamat, Tiket Masuk, dan Aktivitas Wisata

Curug Leuwi Hejo (sumber: @muhammad.aldi.r on Instagram)
Curug Leuwi Hejo (sumber: @muhammad.aldi.r on Instagram)
Daftar isi

Kota Hujan Bogor terkenal sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu objek wisata yang berada di Kota Bogor adalah Curug Leuwi Hejo. Curug Leuwi Hejo merupakan objek wisata berupa air terjun yang memiliki keindahan tiada tara. Uniknya, air terjun di objek wisata yang satu ini dapat berubah menjadi berwarna kehijauan bila terpapar sinar mentari.

Terletak berjajar dengan curug lain seperti Curug Barong, Curug Putri Kencana, dan Leuwi Lieuk, Curug Leuwi Hejo dapat kamu temukan di kawasan paling depan dari jajaran air terjun ini. Sudah kenalkah kamu dengan objek wisata yang menawan ini? Yuk, simak beberapa informasi mengenai tempat wisata yang memukau ini. Jangan sampai kamu tak tertarik untuk berwisata ke sana setelah ini!

Curug Leuwi Hejo Sentul, Air Terjun Eksotis nan Penuh Misteri di Bogor

Air Terjun Leuwi Hejo (sumber: @anwarsan8 on Instagram)
Air Terjun Leuwi Hejo (sumber: @anwarsan8 on Instagram)

Curug Leuwi Hejo Sentul merupakan objek wisata berupa air terjun yang terletak di bilangan Sentul, Bogor. Eksotisme dari air terjun ini memanglah tak bisa diragukan, karena keindahannya pun sudah terkenal hingga ke seluruh pelosok negeri. Seperti namanya, air terjun di tempat wisata ini akan terlihat berwarna kehijauan bila terkena sinar matahari. Hal ini mendasari mengapa objek wisata ini diberi nama Curug Leuwi Hejo.

Di balik keindahannya, terdapat beberapa misteri Curug Leuwi Hejo yang perlu kamu ketahui. Konon katanya, setiap wisatawan yang membuang sampah sembarangan di tempat wisata ini, maka ia akan ditimpa suatu musibah atau bencana. Adapun misteri Curug Leuwi Hejo yang lainnya adalah tempat wisata ini selalu dikaitkan dengan Nyi Blorong, dan terdapat petilasan dari Mbah Uyud Marsinah. 

Artikel Terkait

Meski ada beberapa misteri Curug Leuwi Hejo, hal ini tak menghalangi wisatawan untuk tetap menikmati wisata di objek wisata yang satu ini. Selama kamu tetap bisa menjaga kebersihan tempat ini, maka kamu bisa berwisata dengan aman dan nyaman.

Rute & Alamat Curug Leuwi Hejo Sentul

Sudah tahukah kamu di mana alamat Curug Leuwi Hejo? Alamat Curug Leuwi Hejo sendiri berada di Kampung Wangan Cileungsi, Babakan Madang, Sukamakmur, Bogor. Alamat Curug Leuwi Hejo ini tak jauh dari kawasan Sentul. Untuk menuju ke objek wisata yang satu ini, kamu dapat menempuh rute perjalanan melewati Tol Jagorawi. Perjalanan via Tol Jagorawi akan membantumu lebih cepat sampai ke tujuan.

Melewati Tol Jagorawi, kemudian kamu harus keluar jalan tol menuju Sentul City. Berjalanlah lurus melewati Sentul City hingga sampai di kawasan Jungle Land. Sesampaimu di pintu gerbang Jungle Land, beloklah ke kanan menuju Karang Tengah. Kemudian, kamu akan menemukan pertigaan dan beloklah ke kiri. Sampai di sini, kamu tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Curug Leuwi Hejo.

Jam Buka & Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo 

Berkunjung ke objek wisata yang satu ini memanglah cocok untuk Advonturers yang menginginkan wisata seru dengan budget terjangkau. Hal ini dikarenakan biaya tiket masuk Curug Leuwi Hejo sangatlah murah. Tiket masuk Curug Leuwi Hejo hanya dipatok dengan harga sekitar Rp 25.000 saja untuk wisatawan.

Adapun jam buka dari objek wisata yang satu ini, yaitu 24 jam. Itu artinya, tak ada batasan jam kunjungan bagi wisatawan yang ingin bermain-main ke air terjun ini. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini adalah pada siang hingga sore hari.

Fasilitas Wisata Curug Leuwi Hejo

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, setiap tempat wisata pasti memiliki fasilitasnya tersendiri. Adapun fasilitas yang bisa kamu manfaatkan di Curug Leuwi Hejo antara lain: area parkir memadai, toilet, ruang ganti, dan loker. Selain itu, terdapat juga tempat persewaan alat-alat serta tali tambang untuk berpegangan saat di air. 

Setelah bermain air seharian, tentu kamu merasa lelah dan lapar. Namun, kamu tak perlu khawatir karena di sekitar tempat wisata ini terdapat banyak warung yang menjajakan makanan. Keberadaan fasilitas-fasilitas ini akan membuatmu nyaman selama berwisata di Curug Leuwi Hejo!

Aktivitas Wisata di Curug Leuwi Hejo

Setelah mengetahui sedikit informasi tentang Curug Leuwi Hejo Sentul, berikut ini Advontura sajikan rekomendasi aktivitas wisata yang sayang untuk kamu lewatkan di sana!

1. Berenang dan Bermain Air

Berenang dan bermain air merupakan aktivitas utama yang wajib kamu lakukan di sini. Menikmati segarnya air yang mengguyur tubuhmu merupakan pengalaman wisata luar biasa untukmu. Perairan di sekitar air terjun ini cukup dangkal, dan berwarna sangat jernih. Diiringi udara sejuk khas pegunungan, berenang dan bermain air di sini akan membuat tubuhmu menjadi segar kembali.

Bermain Air di Curug Leuwi Hejo (sumber: @dwimairani on Instagram)
Bermain Air di Curug Leuwi Hejo (sumber: @dwimairani on Instagram)

Konon katanya, air dari curug ini dapat menyembuhkan penyakit, khususnya gatal-gatal dan kelumpuhan anggota badan. Menurut masyarakat setempat, air dari Curug Leuwi Hejo Sentul ini memang berkhasiat. Jika kamu ingin membuktikannya, cobalah untuk berenang di objek wisata yang satu ini.

2. Body Jumping

Di sekitar air terjun ini, terdapat tebing-tebing yang membuat objek wisata yang satu ini terlihat mirip dengan Green Canyon. Biasanya, wisatawan memanfaatkan keberadaan tebing-tebing ini untuk melakukan body jumping. Wisatawan akan loncat dari tebing-tebing ini untuk nyebur ke perairan air terjun ini. Hal ini tentu sayang untuk kamu lewatkan, guys.

Curug Leuwi Hejo Sentul (sumber: @do_ardian on Instagram)
Curug Leuwi Hejo Sentul (sumber: @do_ardian on Instagram)

Kamu tak perlu khawatir, karena melompat dari tebing ini bisa dibilang aman, karena kedalaman kolam di bawah air terjun adalah sekitar 3 meter. Sambil melakukan body jumping, tak ada salahnya bila kamu meminta bantuan orang lain untuk mengambil foto saat kamu melakukan body jumping

3. Trekking

Karena lokasi Curug Leuwi Hejo Sentul ini berada di ketinggian, otomatis wisatawan harus mendaki untuk mencapai lokasi air terjun ini. Trekking menuju air terjun sambil menikmati pemandangan elok sekitar yang memanjakan mata, akan membuat lelahmu tak terasa saat trekking

Trekking Menuju Curug Leuwi Hejo (sumber: @teklaangelina on Instagram)
Trekking Menuju Curug Leuwi Hejo (sumber: @teklaangelina on Instagram)

Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, kamu harus melakukan trekking selama 20-30 menit. Namun, trekking menuju air terjun ini akan terasa seru, karena kamu akan mendapati pemandangan indah khas pegunungan di sepanjang jalanmu.

4. Menikmati Panorama Alam Sekitar

Kondisi alam di sekitar objek wisata yang satu ini sangatlah asri. Panorama alam di sekitar air terjun ini memiliki keindahan yang tiada tara. Pepohonan rimbun nan hijau, serta bunga-bunga cantik yang akan banyak kamu temui di sini menjadi salah satu daya tarik dari objek wisata yang satu ini. Sesampaimu di air terjun, pemandangan alam di sekitar sana pun sangat indah. 

Panorama Alam Sekitar Curug Leuwi Hejo (sumber: @candylievetilana on Instagram)

Tebing-tebing yang menyatu dengan air berwarna kehijauan yang jernih, membuat objek wisata ini terlihat seperti Green Canyon. Ditemani udara segar khas pegunungan, kamu pun akan merasa semakin rileks kala menikmati panorama alam di objek wisata Air Terjun Leuwi Hejo ini.

5. Berswafoto Ria

Berburu foto keren menjadi salah satu aktivitas wajib yang bisa kamu lakukan di objek wisata yang satu ini. Berlatar belakang pemandangan alam, wisatawan gencar berburu foto keren dan instagramable. Setiap sisi dari tempat wisata ini merupakan spot yang instagramable. Tak jarang, wisatawan yang datang ke air terjun ini lebih banyak menghabiskan waktu untuk hunting foto bila tak ingin basah-basahan.

Berswafoto Ria di Curug Leuwi Hejo (sumber: @anwarsan8 on Instagram)

Saat menyelam di dalam air pun, kamu juga bisa mengabadikan foto dengan gaya underwater yang keren. Berswafoto ria akan terasa lebih menyenangkan bila kamu lakukan bersama keluarga atau orang-orang tersayang. Saat berkunjung ke tempat wisata ini, jangan sampai kamu tak mengabadikan momen wisata kerenmu, ya!

Baca juga: Curug Lembah Tepus: Spot Wisata, Rute, Tiket, Potret Pesona

Kini kamu telah mengetahui beberapa informasi mengenai Air Terjun Leuwi Hejo dari ulasan di atas. Aktivitas wisata manakah yang menarik perhatianmu? Semua rekomendasi aktivitas di atas tentu menyenangkan dan sayang untuk dilewatkan. Saat mengunjungi air terjun ini, jangan lupa membawa keluarga serta orang-orang tersayangmu untuk berwisata bersama, supaya liburanmu makin seru di sini.


Yang terpenting, tetaplah berhati-hati saat bermain di air terjun ini. Jagalah kebersihan dari objek wisata ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan ini, kamu akan dapat berwisata dengan aman dan nyaman. Enjoy your holiday!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *