Pemandian Air Panas Gunung Pancar – Tiket Masuk, Rute, & Fasilitas

Spot Berendam di Pemandian Gunung Pancar (sumber: @jalanjalansentul on Instagram)
Spot Berendam di Pemandian Gunung Pancar (sumber: @jalanjalansentul on Instagram)
Daftar isi

Bogor selalu identik dengan julukan Kota Hujan. Bila julukannya saja sudah Kota Hujan, otomatis udara di sekitar Bogor pasti sejuk, dong. Di tengah dinginnya udara Kota Bogor, berendam di air panas sepertinya menarik untuk dilakukan. Bogor memiliki beberapa objek wisata berupa pemandian air panas yang sayang untuk kamu lewatkan saat musim penghujan. Salah satunya ialah Pemandian Air Panas Gunung Pancar.

Pemandian Air Panas Gunung Pancar memiliki banyak spot berendam yang nyaman untukmu. Menikmati hangatnya air yang merendam tubuh akan menjadi salah satu sarana healing untukmu. Selain karena air panasnya, wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar juga terkenal akan keindahan alam sekitarnya. Berendam air panas ditemani dengan pemandangan alam di sekeliling tempat ini tentu sayang untuk dilewatkan.

Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Pusat Relaksasi dengan Segudang Khasiat

Sejenak melepas penat di tempat Pemandian Air Panas Gunung Pancar sepertinya worth it bagimu yang sudah bekerja keras sepanjang weekdays. Berendam di spot-spot yang telah disediakan di sana bisa menjadi pilihan untukmu. Berendam di air panas dapat membuat otot serta syaraf di badanmu menjadi lebih rileks. Selain itu, sering-sering berendam di air panas memiliki banyak manfaat lain bagi tubuhmu.

Pemandangan hutan pinus di sekitar tempat Pemandian Air Panas Gunung Pancar menambah daya tarik dari tempat wisata ini. Jadi, mustahil bila tubuhmu tak rileks kala berendam di air panas sambil menikmati pemandangan rimbun hutan pinus di sekitarnya. Mata air pemandian air panas ini berasal dari Gunung Pancar, yang terletak tak jauh dari sana. Meskipun air di sini panas, udara sekitarnya tetap sejuk karena tempat ini berada di daerah pegunungan.

Lokasi dan Jalan Menuju Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Seperti namanya, tentu tempat ini terletak tak jauh dari kawasan Gunung Pancar. Jika Advonturers sudah mulai penasaran dengan tempat Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini, kamu bisa berkunjung tepatnya di kawasan Ciburial, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Setelah mengetahui lokasinya, sudahkah kamu tahu jalan menuju Pemandian Air Panas Gunung Pancar? 

Artikel Terkait

Berangkat dari pusat Kota Bogor, bergeraklah menuju Jalan Sentul Raya. Dari Jalan Sentul Raya, bergeraklah menuju Kecamatan Babakan Madang. Lanjutkan perjalananmu menuju arah Jalan Sumur Batu hingga Jalan Air Panas. Dari sini, kamu tinggal mengikuti penunjuk arah menuju ke Gunung Pancar. Pemandian Air Panas Gunung Pancar terletak tak jauh dari sini. Rute jalan menuju Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini sama sekali tak ribet!

Tiket Masuk Pemandian Air Panas Gunung Pancar dan Jam Buka

Setelah mengetahui lokasinya, kamu pasti penasaran dengan jam buka dan harga tiket masuk Pemandian Air Panas Gunung Pancar. Jam buka pemandian air panas ini sangat fleksibel. Kamu dapat mengunjungi Pemandian Air Panas setiap harinya selama 24 jam non stop. Berwisata ke pemandian air panas ini cocok bagi Advonturers yang ingin liburan seru dengan budget pas-pasan. Harga tiket masuk Pemandian Air Panas Gunung Pancar cukup terjangkau. 

Harga tiket masuk Pemandian Air Panas Gunung Pancar bervariasi, hanya mulai dari Rp 15.000 – Rp 100.000. Dengan budget segini, kamu bisa menikmati banyak fasilitas di sana. Selain harga tiket masuk pemandian, kamu juga perlu membayar tiket masuk Gunung Pancar. Kendati demikian, tak ada biaya tiket masuk yang benar-benar mahal saat kamu berwisata ke tempat ini. Jadi, tak perlu terlalu worry soal budget!

Fasilitas Wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bkamu bisa menikmati banyak fasilitas dengan harga yang variatif. Di sini, kamu bisa menikmati berendam di kolam air panas. Bahkan, tempat ini memiliki kolam berendam pribadi yang bisa kamu sewa, sehingga kamu bisa bebas berendam tanpa bergabung dengan orang lain. Selain itu, ada fasilitas Spa dan Sauna yang juga bisa kamu coba di sini.

Demi menunjang kenyamanan wisatawan, tempat Pemandian Air Panas Gunung Pancar juga memiliki fasilitas umum. Mulai dari toilet, hingga kamar bilas yang bersih dapat kamu gunakan seusai berendam air panas di sini. Selain itu, kawasan wisata Gunung Pancar juga memiliki camping spot bagi kamu yang ingin bermalam. Jadi, kamu tak perlu lagi bingung-bingung mencari penginapan di Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini.

Aktivitas Wisata untuk Dilakukan di Air Panas Gunung Pancar

Sepertinya, kamu sudah kepo dengan apa saja yang bisa kamu lakukan di sana. Ikan hiu makan kabel roll, penasaran kan? Yuk di scroll!

1. Berendam dan Main Air Hangat Bersama Teman-Teman

Berendam di air hangat merupakan aktivitas utama yang wajib banget kamu lakukan di sini. Berendam air hangat ditemani obrolan santai bersama teman-temanmu nampak seru untuk dilakukan. Kamu dan teman-temanmu yang lelah bekerja sepanjang weekdays, kembali berenergi kala berendam air hangat di Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini. Hal ini karena tubuhmu akan merasa lebih rileks saat berendam air panas. 

Berendam Air Panas Bersama Teman-Teman (sumber: @hans_christian90 on Instagram)
Berendam Air Panas Bersama Teman-Teman (sumber: @hans_christian90 on Instagram)

Otot-otot serta syaraf-syaraf di tubuhmu pun bisa kembali tenang. Kamu bisa berendam bersama teman-teman atau orang-orang tersayang di spot berendam yang telah disediakan. Maka dari itu, Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini cocok menjadi spot wisata ramai-ramai bersama teman-temanmu, guys!

2. Menikmati Area Berendam Pribadi

Bagi Advonturers yang ingin berendam namun tak mau terganggu oleh siapapun, kamu bisa menyewa kolam berendam pribadi di sini. Ada sekitar 3-4 kolam pribadi yang disediakan. Kolam mini yang tersusun dari batu-batu di tiap sisinya seolah mampu memijat punggungmu kala bersandar di pinggiran kolamnya. Kolam pribadi ini tentunya lebih bersih karena setiap kolamnya hanya dipergunakan untuk satu orang.

Kolam Air Panas Pribadi (sumber: @arzoo_hijab on Instagram)
Kolam Air Panas Pribadi (sumber: @arzoo_hijab on Instagram)

Kolam pribadi ini hanya akan diisi air panas saat ada yang menyewanya. Jadi, kamu tak perlu ragu akan kebersihan airnya. Untuk menyewa kolam pribadi, tentu biayanya berbeda dengan kolam air panas yang menampung banyak orang. Namun, kamu tak perlu khawatir, segala fasilitas kolam air panas di sini bisa kamu nikmati dengan kisaran harga Rp 15.000 – Rp 100.000 saja!

3. Sauna dan Spa

Selain menyediakan fasilitas untuk berendam di air panas, Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini juga menyediakan fasilitas yang umumnya disukai para wanita, yakni Sauna dan Spa. Di sini, kamu dapat membeli masker belerang dan lumpur alami yang dijual dengan harga Rp 15.000 saja. Seru banget, kan?

Spot Berendam di Pemandian Gunung Pancar (sumber: @jalanjalansentul on Instagram)
Spot Berendam di Pemandian Gunung Pancar (sumber: @jalanjalansentul on Instagram)

Setelah puas berendam di air panas. Sangat seru untuk menikmati Sauna dan pijatan ala Spa di tempat ini. Maka dari itu, tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berwisata sambil memanjakan diri di hari libur.

4. Berpiknik Bersama Keluarga

Kawasan wisata Gunung Pancar Bogor memiliki banyak spot yang bisa kamu eksplor. Kamu bisa berpiknik ala-ala di kawasan hutan pinus yang sejuk. Sembari menikmati keindahan alam sekitarnya, menikmati kudapan-kudapan kecil sambil mengobrol santai dengan orang-orang tersayang nampak sayang untuk dilewatkan.

Spot Piknik (sumber: @nano90benly on Instagram)
Spot Piknik (sumber: @nano90benly on Instagram)

Tak terkecuali di kawasan pemandian air panasnya, kamu juga bisa berpiknik asyik seusai berendam di kolam air panas. Menikmati perbekalan yang sudah kamu bawa sambil celup-celup kakimu ke air hangat juga akan memberikan kesenangan tersendiri bagimu. Terdengar seru, kan?

5. Menikmati Pemandangan Alam dengan Satwa Alami

Di sekitar kawasan wisata Gunung Pancar, pemandangan alam yang bisa kamu saksikan sangat luar biasa. Kesejukan udara yang terdapat di kawasan wisata juga mampu membuatmu betah berlama-lama di sini. Hutan pinus yang rimbun juga menjadi spot foto yang instagrammable bagimu. Banyak wisatawan yang datang kesini sekedar untuk refreshing dan melepas penat.

Menikmati Alam Sekitar Gunung Pancar (sumber: @didinsaepudin71 on Instagram)
Menikmati Alam Sekitar Gunung Pancar (sumber: @didinsaepudin71 on Instagram)

Keberadaan satwa-satwa serta aneka jenis tanaman di kawasan wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini seolah membuatmu menyatu dengan alam. Sepertinya, kawasan wisata Gunung Pancar ini cocok bagi pecinta alam dan bagi kamu yang benar-benar ingin sejenak refreshing bersama alam.

6. Camping

Setelah menikmati berendam air hangat, kamu ketagihan dan masih ingin berlama-lama di sini? Bermalam di kawasan wisata Gunung Pancar bisa menjadi solusi yang bagus untukmu. Daripada bingung mencari penginapan di Pemandian Air Panas Gunung Pancar, kamu bisa coba berkemah di Taman Wisata Gunung Pancar, yang terletak tak jauh dari lokasi pemandian air panas.

Spot Camping (sumber: @nano90benly on Instagram)
Spot Camping (sumber: @nano90benly on Instagram)

Berkemah menjadi solusi untukmu yang ingin bermalam dengan murah dan praktis. Camping spot di kawasan wisata Gunung Pancar cukup memadai. Jadi, kini kamu tak perlu bingung lagi mencari penginapan di Pemandian Air Panas Gunung Pancar.

7. Melakukan Kegiatan Outbound

Selain terkenal karena pemandian air panasnya, Taman Wisata Gunung Pancar juga banyak dijadikan sebagai lokasi outbound. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, karena tempat ini terletak di alam hijau. Siapapun yang berkunjung ke sini pasti merasa sedang menyatu dengan alam. Seru banget, kan?

Taman Wisata Gunung Pancar (sumber: @bonitnotz on Instagram)
Taman Wisata Gunung Pancar (sumber: @bonitnotz on Instagram)

Tak jarang, Pemandian Air Panas Gunung Pancar juga ramai-ramai didatangi rombongan wisatawan yang sedang melakukan kegiatan outbound. Pemandian air panas ini memang spot yang pas untuk sejenak melepas penat dan rileks karena berendam di air panas alami yang berasal langsung dari Gunung Pancar.

Baca juga: Gunung Bunder Bogor: Rute Jalan, Harga Tiket, & Spot Wisata

Setelah mengetahui sedikit informasi di atas, sudahkah kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Sepertinya, wajib banget, sih! Bagi Advonturers yang sudah mulai burnout akibat terlalu fokus bekerja keras saat weekdays, boleh lah sekali-kali kamu kunjungi Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini. Kembali dari sini, tubuhmu pasti akan kembali rileks dan siap untuk bekerja lagi.

Bagi kamu wisatawan yang berasal dari luar Bogor, berhati-hatilah saat dalam perjalanan menuju tempat ini. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kondisi tubuhmu tetap sehat dan fit, karena liburanmu bisa terasa lebih menyenangkan jika tubuhmu sehat. Jangan lupa mampir ke pemandian air panas ini, ya!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *