1. Air Terjun
  2. Wisata Alam

Yuk, Intip Keindahan Air Terjun Coban Rondo yang Eksotis!

Pergi ke Malang tidak lengkap kalau tidak menikmati wisata alam. Selain terkenal dengan pantainya yang indah, seperti Pantai Teluk Asmara, Pantai Tiga Warna. Ada satu hal yang menarik untuk disinggahi yaitu Air Terjun Coban Rondo.

Hmm, pasti kalian kenal nih dengan objek wisata terkenal ini. Kebanyakan orang menganggap wisata alam ini mempunyai panorama air terjun yang indah dengan air yang begitu jernih. Oleh sebab itu, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara mengunjungi tempat ini di akhir pekan. Pesona alamnya begitu menakjubkan. Siapa sih yang nggak betah di sana?  

Daripada penasaran, yuk simak satu per satu penjelasan di bawah ini mulai dari legenda singkat, daya tarik, lokasi, aktivitas menarik, serta fasilitas-fasilitasnya yang lengkap. 

Legenda Air Terjun Coban Rondo

Asal Usul Coban Rondo
Asal Usul Coban Rondo

Tempat wisata Indonesia biasanya identik dengan cerita rakyat atau legenda dari daerah itu sendiri. Ternyata dibalik keindahan Coban Rondo menyimpan cerita kesedihan yang mendalam. Pada zaman dahulu, hiduplah sepasang sejoli yang baru saja melangsungkan pernikahannya. Pasangan kekasih tersebut bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmoro. 

Sayangnya, pernikahan tersebut tidak berlangsung lama. Kesedihan itu dimulai saat mereka berdua hendak berkunjung ke rumah mertua di Gunung Anjasmoro. Mengingat mereka merupakan pengantin baru yang di mana umur pernikahan masih 36 hari atau belum masuk masa selapan (kepercayaan Suku Jawa).

Berdasarkan masyarakat Jawa, pasangan pengantin yang belum memasuki masa selapan tidak diperbolehkan untuk bepergian karena sesuatu yang buruk akan menimpa mereka. Namun, mereka tidak menghiraukan nasihat itu. Akhirnya mereka akhirnya siap dengan risiko yang mereka ambil. 

Di perjalanan, rombongan mempelai bertemu dengan Joko Lelono. Pria yang tidak diketahui asal-usulnya tersebut menjatuhkan hatinya kepada Dewi Anjarwati. Meskipun sudah mengetahui dia sudah bersuami, namun Joko Lelono tetap bersikukuh mengambilnya dari Raden Baron Kusuma. 

Pertarungan sengit pun dimulai dan mereka beradu ilmu. Demi menyelamatkan istrinya, Raden Baron Kusumo menyuruh pembantunya meninggalkan tempat dan membawa Dewi Anjarwati untuk berlindung. Akhirnya mereka bersembunyi di coban. Mereka pun menunggu kedatangan dari Raden Baron Kusumo. 

Namun, harapan tersebut hanyalah isapan jempol belaka. Raden Baron Kusumo tewas akibat pertarungan itu. Tepat di bawah air terjun Dewi Anjarwati merenungi nasibnya akibat melanggar nasihat orang tua. Mulai dari saat itu, coban tersebut dinamakan Air Terjun Coban Rondo.

Daya Tarik Air Terjun Coban Rondo

Daya Tarik Coban Rondo
Daya Tarik Coban Rondo

Pesona objek wisata ini memang  memiliki kesan tersendiri. Air terjun dengan ketinggian 1.134 meter di atas permukaan air laut atau sekitar 84 meter memiliki aliran air yang cukup deras dan sangat segar. Sumber mata air yang jernih yang berasal dari Gunung Kawi, mengalir dan bermuara di sini.

Berdasarkan kondisi geografis, Coban Rondo memiliki curah hujan rata-rata yakni 1.721 mm/tahun. Pada bulan November-Maret ia mengalami bulan basah sedangkan pada bulan April-Oktober, ia mengalami bulan kering. 

Kalian bisa banget lho melakukan hal-hal seru seperti berendam, berenang, atau bahkan main-main air di tepian. Melansir agentwisatabromo.com, Air Terjun Coban Rondo mempunyai keunikan yakni berasal dari tiga sumber air yaitu Coban Manten, Coban Dudo, dan Coban Rondo sendiri. 

Air Coban Manten mengalir ke bawah dan menyatu dengan Coban Dudo. Selanjutnya, air yang berasal darinya turun dan bersatu menjadi Coban Rondo. Air terjun ini disebut juga sebagai air terjun bertingkat, tentu saja para pencinta alam bisa explore tempat ini dengan leluasa di berbagai tempat.

Daya tarik lainnya yaitu memiliki beberapa fasilitas wisata dan wahana permainan yang tentunya kekinian. Fasilitas wisatanya meliputi camping ground, tempat pemancingan, lintasan sepeda gunung, jogging track, dan lain-lain. Wah, kebayang  nggak sih serunya gimana? 

Lokasi & Rute Air Terjun Coban Rondo

Tentu untuk mencapai lokasi tempat wisata kalian harus mengetahui pasti di mana tempat tersebut berada. Coban Rondo terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Untuk menuju kesana membutuhkan waktu sekitar satu jam dari Kota Malang. Dengan jarak kurang lebih 24 km, kalian tidak akan mengalami kesulitan karena memang jalannya sudah beraspal. 

Apabila kalian berangkat dari arah Batu, setelah melalui jalan berliku-liku dan tanjakan kalian akan sampai di wilayah perbukitan. Ikuti saja papan petunjuk yang ada di tepi jalan dan kalian akan menemukan gapura atau pintu masuk Air Terjun Coban Rondo. Sayangnya, pintu masuk dengan lokasi lumayan jauh,  sehingga untuk mencapai ke air terjun kalian bisa menggunakan jasa ojek. 

Jam & Harga Tiket Air Terjun Coban Rondo

Tempat wisata ini buka pada pukul 07.30 sampai 18.00 WIB. Kabar baiknya, harga tiket masuk cukup terjangkau yaitu Rp15.000 sampai Rp30.000. Semenatara itu, biaya parkir kendaraan roda dua Rp10.000 dan roda empat Rp.15.000  

Harga Wahana Air Terjun Coban Rondo

Penyewaan Arena ATV yang Terjangkau
Penyewaan Arena ATV yang Terjangkau

Seperti yang telah dijelaskan diatas, wahana-wahana atraktif ini memiliki range harga yang affordable. Adapun harga-harganya yang bisa kalian jadikan referensi:

  1. Offroad Jeep Rp100.000/pax (Long Route).
  2. Berkuda Rp15.000/pax 
  3. Panahan Rp15.000/pax
  4. Shooting Target Rp15.000/pax
  5. Skuter listrik Rp25.000/pax
  6. Flying Fox Rp30.000/pax
  7. ATV Tandem Rp150.000
  8. ATV Single Rp100.000
  9. ATV Fun Rp30.000

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai Air Terjun Coban Rondo. Bagaimana, kalian tertarik untuk berlibur ke sana? So, jangan lupa ajak teman-teman atau keluarga untuk pergi di sini. Disamping memiliki panorama air terjun yang indah, terdapat juga berbagai wahana yang menarik yang cocok untuk kalian naiki. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Yuk, Intip Keindahan Air Terjun Coban Rondo yang Eksotis!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]