Pantai Klayar Pacitan – Lokasi, Tiket Masuk, Jam Buka 2022

Bersantai di Pasir Putih Pantai Klayar (sumber: @mariethahelfi_y on Instagram)
Bersantai di Pasir Putih Pantai Klayar (sumber: @mariethahelfi_y on Instagram)
Daftar isi

Seperti yang kita tahu, setiap wilayah di Jawa Timur memiliki keunikannya tersendiri, khususnya dalam bidang pariwisata. Pacitan menjadi salah satu wilayah yang memiliki objek wisata tak kalah menarik dari daerah lainnya di Jawa Timur. Sebut saja Pantai Klayar Pacitan, objek wisata berupa pantai di daerah Pacitan yang seolah menjadi hidden gem di sana. Fyi, Pantai Klayar Pacitan menyimpan banyak keindahan serta keunikan yang mungkin tak ada di pantai lainnya.

Mulai dari seruling laut, hingga Goa Gong Pantai Klayar yang menjadi ikon pantai ini dapat kamu temukan di sini. Bagi Advonturers yang belum pernah mengunjungi objek wisata Pantai Klayar, sepertinya kamu harus kemasi perlengkapanmu untuk segera berlibur ke sana. Berikut ini Advontura sajikan spoiler tentang wisata Pantai Klayar Pacitan untukmu. Tempat wisata yang satu ini pokoknya wajib banget masuk dalam wishlist liburan kamu!

Pantai Klayar Pacitan, Spot Surfing Nan Cantik di Ujung Jawa Timur

Meski mungkin tak setenar pantai-pantai di daerah lain, keunikan dan eksotisme Pantai Klayar Pacitan ini nampaknya wajib diperhitungkan. Bagaimana tidak, banyak daya tarik berbeda yang dapat kamu temukan di sini, dan mungkin tak kamu temukan di pantai-pantai lainnya. Sebut saja Goa Gong, Seruling Laut, dan Tebing Air Mancur merupakan spot indah nan melekat dengan Pantai Klayar ini. Eksotisme pantainya pun sama sekali tak kalah dengan Pulau Dewata.

View Pantai Klayar (sumber: mariethahelfi_y on Instagram)
View Pantai Klayar (sumber: mariethahelfi_y on Instagram)

Selain itu, Pantai Klayar Pacitan turut menjadi surganya para pecinta selancar (surfing), karena medan ombak di lokasi Pantai Klayar ini cukup oke untuk ditaklukkan. Selain surfing, tentunya masih banyak aktivitas seru lainnya yang bisa kamu lakukan di sini. Maka dari itu, daripada kamu penasaran, mendingan segera main-main ke sini, deh. Liburan murah dan sangat worth it!

Lokasi Pantai Klayar Pacitan dan Rutenya

Sebelum menuju ke sana, sudahkah kamu tahu di mana lokasi Pantai Klayar? Lokasi Pantai Klayar sendiri berada di kawasan Kalak, Donorejo, Pacitan, Jawa Timur. Lokasi Pantai Klayar terletak sekitar 102 km dari Yogyakarta. Jika kamu belum tahu rute perjalanannya, kamu bisa simak rekomendasi rute perjalanan dari Malang, Surabaya, dan Yogyakarta untukmu. Simak dan catat baik-baik, ya!

Artikel Terkait

1. Rute Pantai Klayar dari Malang

Bagi Advonturers yang berangkat dari Kota Malang, untuk sampai ke Pantai Klayar Pacitan, tentunya kamu harus menuju ke Pacitan terlebih dahulu. Sesampaimu di Pacitan, kamu bisa mengikuti rute bis Pacitan-Solo. Setelah bertemu dengan pertigaan Dadapan, beloklah ke kiri. Bergeraklah menuju Desa Candi. Setelah bertemu pertigaan, beloklah ke kanan. Tak lama kemudian, kamu akan menemukan petunjuk arah dan tinggal mengikutinya saja hingga sampai di Pantai Klayar.

2. Rute Pantai Klayar dari Surabaya

Jika Advonturers berangkat dari surabaya, melewati jalan tol merupakan solusi tercepat untukmu. Dari Surabaya, naiklah ke jalan tol Ngawi. Bergeraklah menuju Kertosono, kemudian keluarlah dari jalan tol. Dari sini, kamu bisa langsung melanjutkan perjalananmu menuju Pacitan, hingga sampai di Pantai Klayar Pacitan. Anyway, kamu juga bisa menuju Pantai Klayar menggunakan bus atau travel!

3. Rute Pantai Klayar dari Yogyakarta

Bila Advonturers berangkat dari Yogyakarta, kamu bisa melewati jalur Wonosari atau Gunungkidul. Dari situ, kamu harus bergerak menuju arah Pathuk. Lanjutkan perjalananmu menuju Pracimantoro hingga Giribelah. Lewatilah daerah Punung, tak lama kemudian kamu akan menemukan papan penunjuk arah. Ikuti arah yang dituju hingga sampai di Pantai Klayar Pacitan.

Info Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Klayar 2021

Advonturers ingin segera main-main ke Pantai Klayar ini? Kamu dapat mengunjungi Pantai Klayar Pacitan pada pukul 06.00 – 18.00. It means, kamu bisa banget menyaksikan sunset di sini. Seru banget, kan? Selain itu, harga tiket masuk Pantai Klayar sangar murah, yakni mulai dari Rp 5.000 – Rp 10.000 saja. Berwisata ke Pantai Klayar Pacitan sangat cocok bagi Advonturers yang ingin liburan seru dengan low budget.

Selain membayar harga tiket masuk Pantai Klayar, kamu akan dikenai biaya parkir bila membawa kendaraan sendiri. Namun, kamu tak perlu khawatir karena tarif parkir kendaraan di Pantai Klayar Pacitan ini sangat murah, yakni Rp 2.000 saja. Harga tiket masuk Pantai Klayar sangat pas di kantongmu. Jangan khawatir, harga tiket masuk Pantai Klayar pastilah sangat murah dibanding keseruan liburan yang akan kamu dapat di sini.

Fasilitas Wisata Pantai Klayar Pacitan

Untuk menunjang kenyamanan para pengunjungnya, objek wisata Pantai Klayar Pacitan memiliki sejumlah fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan para wisatawan. Beberapa fasilitas umum yang ada di sana antara lain: mushola, toilet, dan spot kuliner. Setelah seharian bermain di pantai, kamu bisa langsung bersih diri di toilet yang ada, serta menikmati kuliner khas pesisir di sekitaran Pantai Klayar. 

Pantai Klayar Pacitan (sumber: fitriiherdian on Instagram)
Pantai Klayar Pacitan (sumber: fitriiherdian on Instagram)

Bagi Advonturers yang ingin bermalam, kamu dapat memilih beberapa penginapan Pantai Klayar dengan harga yang variatif. Penginapan Pantai Klayar pun tak terlalu mahal harganya, hanya mulai dari Rp 200.000 saja, tentu dengan fasilitas berbeda sesuai harga. Kamu bisa memilih penginapan Pantai Klayar sesuai dengan budgetmu. 

Spot Wisata Pantai Klayar yang Wajib Dikunjungi

Sudah makin penasaran, kan, dengan Pantai Klayar Pacitan ini? Berikut ini rekomendasi spot wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi di Pantai Klayar Pacitan!

1. Goa Gong

Goa Gong Pantai Klayar merupakan spot wisata yang terkenal di sekitar Pantai Klayar. Selagi mengunjungi pantai, wisatawan juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Goa Gong Pantai Klayar. Spot ini tak jarang menjadi favorit wisatawan karena keunikan goa serta nilai-nilai sejarahnya.

Goa Gong Pacitan (sumber: @pacitan_paradise on Instagram)
Goa Gong Pacitan (sumber: @pacitan_paradise on Instagram)

Saat kamu berkunjung ke Pantai Klayar Pacitan, sempatkanlah juga untuk berkunjung ke Goa Gong Pantai Klayar ini, karena Goa Gong Pantai Klayar memiliki banyak spot estetik yang bisa kamu temukan!

2. Sunset

Bermain ke pantai rasanya tak akan lengkap bila tak sekalian menanti kehadiran senja. Menyaksikan indahnya sunset Pantai Klayar Pacitan di tengah alam yang eksotis pasti mampu memberikan pengalaman tersendiri bagimu. Sinar mentari senja yang menabrak tiap objek pantai akan membentuk siluet bayangan yang indah. 

Langit Sore di Pantai Klayar (sumber: @fitriiherdian on Instagram)
Langit Sore di Pantai Klayar (sumber: @fitriiherdian on Instagram)

Tak heran bila wisatawan senantiasa berburu foto keren saat sunset Pantai Klayar Pacitan Tiba. Bagi kamu yang hobi berswafoto, sepertinya pantai ini adalah spot yang cocok bagimu. Saat berkunjung ke sini, sempatkanlah waktumu untuk menyaksikan sunset Pantai Klayar Pacitan yang estetik ini.

3. Seruling Laut Pantai Klayar

Seruling Laut Pantai Klayar merupakan salah satu fenomena alam unik yang ada di Pantai Klayar Pacitan. Semburan air yang muncul ke atas diduga karena ombak yang menabrak selokan. Saat semburan ini terjadi, suara yang dihasilkan pun terdengar mirip dengan seruling, sehingga fenomena ini disebut dengan Seruling Laut Pantai Klayar. 

Seruling Laut Pantai Klayar (sumber: @rodadanroti on Instagram)
Seruling Laut Pantai Klayar (sumber: @rodadanroti on Instagram)

Keunikan fenomena alam ini tak jarang membuat Seruling Laut menjadi spot wisata favorit wisatawan saat berkunjung ke Pantai Klayar Pacitan. Penasaran?

4. Pasir Putih

Bagi Advonturers yang tak suka basah-basahan kala bermain di pantai, bersantai-santai sambil menggelar tikar di pasir putih tepi pantai merupakan opsi yang bagus. Sekadar berjemur atau bermain-main dengan pasir di tepian pantainya tak kalah seru untuk dilakukan. Biasanya, wisatawan akan menggelar tikar dan berpiknik bersama keluarga di tepian Pantai Klayar.

Bersantai di Pasir Putih Pantai Klayar (sumber: @mariethahelfi_y on Instagram)
Bersantai di Pasir Putih Pantai Klayar (sumber: @mariethahelfi_y on Instagram)

Selain itu, berswafoto dengan latar belakang pasir putih serta hamparan pantai yang eksotis sangat menarik untuk kamu lakukan. Setiap spot di Pantai Klayar Pacitan merupakan spot yang instagrammable abis!

5. Bukit Pandang Pantai Klayar

Bukit Pandang merupakan spot yang memungkinkan kamu untuk melihat hamparan Pantai Klayar Pacitan dari ketinggian, sehingga kamu bisa menyaksikan keindahan pantai ini secara keseluruhan. Tak heran bila Bukit Pandang ini menjadi salah satu spot wisata favorit di Pantai Klayar. 

Eksotisme Pantai Klayar (sumber: pantaiklayar24jam on Instagram)
Eksotisme Pantai Klayar (sumber: pantaiklayar24jam on Instagram)

Selain itu, Bukit Pandang ini bisa menjadi spot foto yang keren bagimu, guys. Bagi Advonturers yang juga suka mendaki, naik ke Bukit Pandang bisa menjadi pilihan yang bagus untukmu.

6. Tebing Air Mancur

Tebing Air Mancur merupakan spot fenomena alam unik yang ada di Pantai Klayar Pacitan selain Seruling Laut. Konon katanya, air yang muncul dari Tebing Air Mancur ini dapat membuatmu menjadi lebih awet muda. Namun, benar atau tidaknya mitos ini belum dapat dibuktikan kebenarannya.

Tebing Karang di Pantai Klayar (sumber: mariethahelfi_y on Instagram)
Tebing Karang di Pantai Klayar (sumber: mariethahelfi_y on Instagram)

Terlepas dari itu semua, Tebing Air Mancur merupakan spot unik dan estetik yang bisa kamu kunjungi di Pantai Klayar Pacitan. So, jika kamu berkunjung ke Pantai Klayar, sempatkanlah untuk sejenak main-main ke Tebing Air Mancur ini!

Baca juga: 20 Tempat Wisata Pacitan Terhits & Sudah Dibuka Tahun 2021

Sekarang, kini kamu tahu bahwa Pantai Klayar memiliki pesona yang sama sekali tak main-main. Sepertinya, kamu juga sudah mulai kepo dengan tempat wisata yang satu ini. Saat kamu berkunjung ke Pacitan, pokoknya kamu wajib mampir untuk sejenak melepas penat di tempat ini. Pantai Klayar Pacitan dapat menjadi tempat yang oke untukmu melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

Sebagai masyarakat yang baik, hendaknya kita turut menjaga dan melestarikan objek wisata alam di Indonesia. Maka dari itu, saat berkunjung ke tempat wisata manapun, tetaplah menjaga kebersihan. Setelah berkunjung ke Pantai Klayar, jangan lupa juga rekomendasikan tempat wisata yang satu ini kepada orang-orang terdekat kamu, ya! Hal ini bertujuan supaya semakin banyak orang yang mengenal objek wisata alam yang elok ini.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *