20 Tempat Wisata Kulon Progo Yang Lagi Hits & Viral 2021

Tempat Wisata Kulon Progo
Tempat Wisata Kulon Progo (sumber: GNFI)
Daftar isi

Daerah Istimewa Yogyakarta memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan, salah satunya adalah Kulon Progo. Meski jarang diketahui, tempat wisata Kulon Progo ternyata sangat banyak dan menarik lho! Mulai dari waduk, pantai, hingga kebun teh. Ingin tahu rekomendasi lengkapnya? Just check this out!

20 Tempat Wisata Kulon Progo yang Lagi Hits & Wajib Kamu Kunjungi

Sudah tak sabar untuk jalan-jalan melepas penat? Siapkan kertas dan pena untuk catat rekomentasi tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits berikut ini. Check this out!

1. Puncak Kalibiru

Rekomendasi tempat wisata Kulon Progo 2021 yang pertama adalah Puncak Kalibiru. Puncak Kalibiru merupakan salah satu tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits, khususnya bagi anak-anak muda. Panorama alam yang disajikan oleh Puncak Kalibiru ini tentu tak main-main, kamu pasti betah untuk berada di sini. Untuk menikmati pemandangan alam yang warbiasah, kamu dapat duduk santai di gardu pandang pohon pinus yang ada di sana.

Puncak Kalibiru (sumber: @dianpasaribu on Instagram)
Puncak Kalibiru (sumber: @dianpasaribu on Instagram)

Selain itu, kamu juga bisa menikmati wahana outbound, seperti flying fox untuk menambah keseruan liburanmu. Bagi kamu yang tertarik, kamu dapat mengunjungi tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits ini di daerah Kecamatan Kokap, Kulon Progo. No worry, dengan biaya karcis sebesar Rp 3.000 saja, kamu sudah bisa menikmati pemandangan yang ada di sini. Namun, jika kamu ingin merasakan duduk di gardu pandang dan bermain flying fox, kamu memerlukan biaya tambahan, ya!

2. Kebun Teh Nglinggo

Kata siapa kebun teh hanya identik dengan daerah Puncak yang ada di Jawa Barat? Kulon Progo juga punya! Kebun Teh Ngglinggo merupakan tempat wisata Kulon Progo yang recommended untuk kamu yang menyukai harum udara segar kebun teh.

Artikel Terkait

Kebun Teh Nglinggo (sumber: @yogyastaycation on Instagram)
Kebun Teh Nglinggo (sumber: @yogyastaycation on Instagram)

Salah satu tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits ini menawarkan pemandangan hijau eksotis yang memanjakan matamu. Ingin berswafoto di tengah hamparan kebun teh bak di FTV? Super bisa! View Kebun Teh Ngglinggo tentu akan menghasilkan sebuah foto yang instagenic abis.

Kamu dapat mengunjungi Kebun Teh Ngglinggo ini selama 24 jam non stop tanpa ditutup. Sesuai namanya, Kebun Teh Ngglinggo ini berada di Dusun Ngglinggo, Desa Pageharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Jangan sampai salah alamat, ya! Eits, setelah dari sini, jangan lupa pamerin ke hasil swafotomu teman-teman, ya, hihi.

3. Puncak Lanang

Kamu yang suka mendaki harus banget datang ke tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits satu ini. Puncak Lanang termasuk dalam tempat wisata Kulon Progo 2021 yang terbaru, guys. Untuk bisa sampai ke Puncak Lanang, kamu perlu menaiki banyak anak tangga yang pasti membutuhkan perjuangan lebih. Namun, kamu tak perlu khawatir, karena rasa lelahmu selama mendaki akan terganti oleh ketakjubanmu menatap view estetik alam sekitar dari Puncak Lanang.

Puncak Lanang (sumber: @intan_ps_sabirin on Instagram)
Puncak Lanang (sumber: @intan_ps_sabirin on Instagram)

Bahkan jika kamu ingin menyaksikan pemandangan yang lebih estetik lagi, kamu bisa datang kemari saat sore hari, sehingga kamu dapat melihat pemandangan sunset yang akan membuatmu merasa jadi anak senja banget! Jika kamu benar-benar tertarik untuk berkunjung ke satu tempat wisata Kulon Progo ini, kamu dapat mengujunginya di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo.

4. Waduk Sermo

Waduk Sermo merupakan salah satu tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits saat ini. Objek wisata Kulon Progo yang satu ini terletak tak jauh dari Puncak Kalibiru, guys. Sebenarnya, waduk ini merupakan waduk irigasi yang digunakan untuk mengairi sawah milik warga sekitar. Untuk menarik wisatawan, waduk ini disulap menjadi Taman Bambu Air Sermo, dan berhasil masuk dalam rekomendasi tempat wisata Kulon Progo 2021.

Waduk Sermo (sumber: @avprils on Instagram)
Waduk Sermo (sumber: @avprils on Instagram)

Ketika berkunjung ke tempat ini, kamu akan bisa menikmati fasilitas yang ada, seperti wahana rakit tradisional, dan spot foto yang instagrammable. Tak hanya itu, kamu bisa sekalian njajan kuliner ikan bakar yang ada di sana, sambil menikmati pemandangan waduk. Harga tiket masuk ke Waduk Sermo tentu murah meriah, sekitar Rp 5.000 saja. Kamu dapat mengunjungi tempat wisata Kulon Progo ini di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo.

5. Kedung Pedut

Hidden gems lain yang ada di Kulon Progo adalah Kedung Pedut. Kedung Pedut merupakan destinasi wisata Kulon Progo yang wajib masuk referensi liburan kamu. Wisata alam berbentuk kedungan air yang eksotis ini akan memberikan pengalaman berbeda bagi kamu yang suka bermain air. Memiliki air yang sangat jernih, Kedung Pedut cocok untuk kamu yang suka mengambil foto dengan gaya underwater.

Kedung Pedut (sumber: @insantransport on Instagram)
Kedung Pedut (sumber: @insantransport on Instagram)

Tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits ini terdiri dari tingkatan-tingkatan yang memiliki kedungnya masing-masing loh, guys. Bagi kamu yang suka berendam di air segar, Kedung Pedut wajib jadi rekomendasi tempat wisata Kulon Progo 2021 yang harus kamu kunjungi. For your information, Kedung Pedut sendiri terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Jangan lupa mampir!

6. Grojogan Sewu Kulon Progo

Seperti namanya, Air Terjun Grojogan Sewu menghasilkan buih-buih air dari grojogan airnya yang deras. Meskipun begitu, Grojogan Sewu tentu termasuk dalam rekomendasi tempat wisata kulon progo 2021 yang wajib dikunjungi. Pemandangan air terjun nan eksotis ini dapat kamu temukan di Desa Beteng, Jatimulyo, Kulon Progo. Air Terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits di kalangan anak muda.

Grojogan Sewu Kulon Progo (sumber: @haryotogreenlovers on Instagram)
Grojogan Sewu Kulon Progo (sumber: @haryotogreenlovers on Instagram)

Di bagian bawah air terjun ini, ada sebuah kedung air yang bisa kamu manfaatkan untuk sekedar bermain air dan mandi. Air yang jernih dan ornamen bebatuan di sekitarnya terasa menambah pesona tampak Air Terjun Grojogan Sewu ini. Bagi kamu yang suka berwisata di air terjun, kamu boleh memasukkan Air Terjun Grojogan Sewu ini sebagai bucket list liburan kamu. Oh iya, di hari normal, Air Terjun Grojogan Sewu ini dapat dikunjungi kapan saja, selama 24 jam non stop!

7. Pantai Trisik

Tak kalah dengan Pulau Dewata, Kulon Progo juga memiliki objek wisata pantai yang memukau. Pantai Trisik, tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits tentu bisa kamu kantongi dalam wishlist liburan kamu. Pemandangan laut yang eksotis, dengan burung-burung yang beterbangan di atasnya, akan menambah kesan liburanmu di Pantai Trisik. Meski demikian, kamu perlu berhati-hati jika berkunjung ke Pantai Trisik, karena ombaknya yang cukup tinggi. Hal ini membuat Pantai Trisik kurang cocok untuk dijadikan spot bermain air dan berenang.

Pantai Trisik (sumber: @aksatriou on Instagram)
Pantai Trisik (sumber: @aksatriou on Instagram)

Soal spot foto dengan view sekitar, boleh diadu! Kamu bisa berswafoto dengan backgorund pemandangan Pantai Trisik, pasti hasilnya sangat instagenic. Selain itu, kamu dapat menjungi Balai Konservasi Penyu di Pantai Trisik ini. Lokasi Pantai Trisik sendiri berada di Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kulon Progo.

8. Wildlife Rescue Centre

Tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits satu ini cocok untuk para pecinta hewan. Wildlife Rescue Centre merupakan pusat perawatan hewan liar di Kulon Progo. Kamu bisa melihat banyak koleksi hewan di sini, bahkan beberapa diantaranya sudah nyaris punah. Berkunjung ke Wildlife Rescue Centre tampak sangat cocok bila bersama keluarga, khususnya anak-anak.

Wildlife Rescue Centre (sumber: @albaridoalexon on Instagram)
Wildlife Rescue Centre (sumber: @albaridoalexon on Instagram)

Selain bisa melihat jenis-jenis hewan di sana, berkunjung ke tempat ini juga bisa menjadi wisata edukatif bagi keluarga. Adapun fasilitas lain yang disedikan di tempat wisata Kulon Progo satu ini, seperti ekowisata dan outbound. Kamu bisa ajak keluargamu untuk sejenak berwisata dengan mengunjungi Wildlife Rescue Centre di Jl. Pengasih – Nanggulan, Pengasih, Kulon Progo. Di hari normal, kamu bisa mengunjungi objek wisata ini mulai pukul 10.00 – 15.00.

9. Arung Jeram Kulon Progo

Menikmati wisata arung jeram sungguh cocok untuk kamu yang gemat berwisata agak ekstrem. Coba kunjungi tempat wisata Kulon Progo yang satu ini! Kamu akan merasakan sensasi bermain arung jeram di Sungai Progo yang memiliki aliran deras.

Arung Jeram Kulon Progo (sumber: @rian_rainn on Instagram)
Arung Jeram Kulon Progo (sumber: @rian_rainn on Instagram)

Untuk kamu yang ingin mencoba namun masih takut, tak perlu khawatir karena rute arung jeram di Arung Jeram Sungai Progo ini dibagi menjadi tiga, yaitu: untuk pemula, untuk orang berpengalaman, dan orang profesional. Supaya bisa menikmati wisata arung jeram, kamu bisa mengunjungi beberapa agen tur arung jeram yang ada di Kulon Progo, seperti: Delta Rafting, Progo Rafting, dan Citra Elo Reiverindo. Uji adrenalinmu di sini!

10. Air Terjun Kembang Soka

Kumpulan air jernihnya seolah membentuk genangan air berwarna biru yang eksotis, membuatmu terpana kala mengunjungi Air Terjun Kembang Soka ini. Wisata air terjun  satu ini termasuk dalam rekomendasi tempat wisata Kulon Progo 2021 terbaru. Tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits di kalangan muda-mudi ini menawarkan pemandangan alam yang menarik, terlebih jika kamu memang menyukai wisata alam.

Air Terjun Kembang Soka (sumber: @kulonprogo.ig on Instagram)
Air Terjun Kembang Soka (sumber: @kulonprogo.ig on Instagram)

Keindahan Air Terjun Kembang Soka sangat cocok dijadikan sebagai latar belakang koleksi swafotomu. Aliran air terjun yang kalem dan tidak terlalu deras, membuat objek wisata ini aman untuk bermain air. Tidak mahal, kamu hanya perlu membayar biaya tiket sebesar Rp 5.000 saja, beserta biaya parkir jika ingin berkujung ke sini. Kamu dapat mengunjungu Air Terjun Kembang Soka di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo.

11. Goa Sriti

Goa Sriti, yang juga terkenal sebagai tempat persembunyian Pangeran Diponegoro dari para penjajah, menjadi rekomendasi tempat wisata Kulon Progo 2021. Meski tampaknya dikenal tak seindah goa-goa lainnya di Yogyakarta, rupanya Goa Sriti dikagumi masyarakat karena nilai sejarah yang ada di dalamnya. Goa Sriti ditengarai sebagai salah satu tempat Pangeran Diponegoro untuk mengasingkan diri dan bertapa.

Goa Sriti (sumber: Alodia Tour)
Goa Sriti (sumber: Alodia Tour)

Namun, Goa Sriti sebenarnya masih oke-oke saja untuk dijadikan spot foto. Kendati demikian, Goa Sriti tetap masuk dalam golongan tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits di kalangan masyarakat. Jika kamu tertarik, kamu dapat mengunjungi Goa Sriti di Dusun Dukuh, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo.

12. Kebon Krembangan

Goa Kebon Krembangan menarik wisatawan dengan pesona dan keunikannya. Goa Kebon Krembangan memiliki keunikan, yaitu adanya pancaran air yang tak pernah kering di mulut goa. Hal ini membuat masyarakat menyebut pancaran tersebut itu sebagai Air Terjun Goa Kebon. Tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits ini sangat oke untuk dijadikan spot berfoto dan main air.

Kebon Krembangan (sumber: @estuagustya on Instagram)
Kebon Krembangan (sumber: @estuagustya on Instagram)

Kamu bisa coba mengunjungi Goa Kebon Krembangan ini bersama teman-teman atau keluargamu di daerah Krembangan, Kulon Progo. Saat mengunjungi tempat ini di musim hujan, kamu harus berhati-hati, ya! Hal ini dikarenakan medan jalan yang jadi agak licin akibat terkena hujan.

13. Pantai Bugel

Wisata pantai gratis hanya bayar parkir? Mana ada? Ada, dong! Untuk mengobati penatmu setelah bekerja sepanjang weekdays, kamu bisa berkunjung ke objek wisata Kulon Progo yang murah meriah ini. Yup, Pantai Bugel! Tak dipungut biaya tiket masuk, kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 2.500 saja.

Pantai Bugel (sumber: @siti_haryati15 on Instagram)
Pantai Bugel (sumber: @siti_haryati15 on Instagram)

Pantai Bugel menawarkan pemandangan hamparan laut yang worth untuk kamu kunjungi meski kondisi dompetmu sedang tipis. Jika bawa uang lebih, kamu bisa coba jajan kuliner ikan bakar, dan kamu bisa makan sambil menikmati keindahan Pantai Bugel. Rupanya, Pantai Bugel ini merupakan salah satu tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits, guys. Untuk letaknya, tak jauh, kok, dari Pantai Trisik. Jadi, kamu bisa sampai ke Pantai Bugel dengan mengikuti rute yang ada, dan tentu anti ribet!

14. Bukit Isis

Calm down, Isis merupakan nama salah satu bukit yang menjadi rekomendasi tempat wisata Kulon Progo 2021. Akhir-akhir ini, Bukit Isis menjadi viral karena dikenal memiliki spot pemandangan yang memukau. Dari atas gardu pandang, kamu bisa merasakan kesegaran udara dan memandang hamparan kebun teh yang ada di bawah kakimu.

Bukit Isis (sumber: @birotapemsetdadiy on Instagram)
Bukit Isis (sumber: @birotapemsetdadiy on Instagram)

Untuk dijadikan sebagai spot foto, of course, nice! Bukit Isis sangat cocok dijadikan spot hunting foto yang instagrammable, atau sekadar dijadikan tempat jalan-jalan untuk sejenak melepas penat.

Tiket masuk Bukit Isis hanya sekitar Rp 3.000 saja loh, guys. Sepertinya kamu wajib kesini, deh, untuk memastikan bahwa kamu tidak salah harga karena pemandangannya sangat cantik namun biaya tiket masuknya murce sekali, guys. Bagi kamu yang sudah tak sabar, cuss datang ke Bukit Isis di Desa Ngglinggo, Samigaluh, Kulon Progo.

15. Embung Banjaroya

Embung Banjaroya merupakan objek wisata yang dapat kamu jadikan pilihan untuk berlibur bersama keluarga. Embung Banjaroya merupakan sebuah waduk, yang memiliki sebuah ornamen khas. Ornamen tersebut adalah patung berbentuk durian yang berukuran sangat besar dan berwarna kekuningan.

Embung Banjaroya (sumber: @khanaphie_frgs on Instagram)
Embung Banjaroya (sumber: @khanaphie_frgs on Instagram)

Waduk estetik ini tentu cocok bila kamu jadikan spot untuk berswafoto ria. Best view untuk menikmati keindahan hakiki dari Embung Banjaroya ini adalah saat sore hari, saat dimana kamu akan menyaksikan pemandangan senja cantik di sekitar waduk ini. Bagi kamu yang belum tahu lokasinya, Embung Banjaroya terletak di daerah Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo.

16. Puncak Dipowono

Puncak Dipowono adalah salah satu tempat wisata Kulon Progo 2021 yang terbaru. Seperti halnya puncak-puncak lain di Kulon Progo, Puncak Dipowono pun memiliki gardu pandang yang membuatmu bisa memandang alam sekitar dari ketinggian.

Puncak Dipowono (sumber: @objek_wisata_jogja on Instagram)
Puncak Dipowono (sumber: @objek_wisata_jogja on Instagram)

Gardu pandang di Puncak Dipowono juga oke untuk kamu jadikan spot berfoto, sehingga kamu akan mendapatkan foto cantik berlatar belakang pemandangan alam Puncak Dipowono. Jangan lupa berhati-hati saat kamu menaiki tangga gardu pandangnya, ya. Tempat wisata ini terletak di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Monggo mampir!

17. Kebun Bunga Krisan Gerbosari

Tempat wisata Kulon Progo yang satu ini sepertinya identik dengan ciwi-ciwi. Kebun Bungan Krisan Gerbosari merupakan salah satu tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits. Kamu bisa melihat koleksi bunga krisan dalam sebuah rumah kaca yang akan membuatmu merasa sedang bertamasya di kebun bunga luar negeri. Matamu akan dimanjakan oleh tampak cantik aneka bunga krisan di sini.

Kebun Bunga Krisan Gerbosari (sumber: Update Pariwisata Jogja)
Kebun Bunga Krisan Gerbosari (sumber: Update Pariwisata Jogja)

Berhubung tempatnya kece, tentu tak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berswafoto di sini. Betapa estetiknya foto yang dihasilkan, dan dilatarbelakangi oleh banyak bunga krisan yang cantik. Penasaran? Kunjungi Kebun Bunga Krisan Gerbosari di Dusun Karang Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo.

18. Rafting Kalibawang

Selain wisata Arung Jeram Kali Progo, kamu juga dapat mencoba rafting yang ada di Sungai Progo Bawah, Kalibawang. Bagi kamu yang gemar berwisata ekstrem, kamu wajib mencobanya karena sungai di daerah tersebut memiliki penampang sungai yang lebar, dan so pasti, arusnya sangat deras. For your information, Sungai Progo Bawah ini ternyata merupakan sungai dengan level paling tinggi se-Jawa Bali loh, guys.

Rafting Kalibawang (sumber: I Hate Green Jello)
Rafting Kalibawang (sumber: I Hate Green Jello)

Jika kamu penasaran namun tak berani, kamu bisa ajak teman-temanmu untuk main arung jeram bersama, sehingga liburanmu kali ini akan terasa seru. Sebelum meluncur ke sungai, jangan lupa kenakan pakaian pengaman, serta berhati-hati, ya!

19. Tebing Gunung Gajah

Tebing Gunung Gajah menawarkan pengalaman berwisata dengan udara segar untukmu. Objek wisata ini masuk dalam rekomendasi tempat wisata Kulon Progo 2021 yang harus kamu kunjungi. Pemandangan alam sekitar yang begitu hijau dan sunyi, ditambah dengan sejuknya udara disana, seolah membuatmu menjadi lebih tenang saat berwisata kemari.

Tebing Gunung Gajah (sumber: @akawisata.co_.id on Instagram)
Tebing Gunung Gajah (sumber: @akawisata.co_.id on Instagram)

View dari Tebing Gunung Tinggi juga cocok untuk dijadikan background foto selfiemu. Jika kamu memiliki waktu senggang dan ingin merefresh pikiran, kamu dapat mengunjungi Tebing Gunung Tinggi di daerah Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

20. Puncak Moyeng

Bagi kamu yang suka camping, sepertinya Puncak Moyeng adalah tempat wisata yang cocok untukmu. Ketika kamu camping di Puncak Moyeng, kamu akan menyaksikan gemerlap daerah sekitar yang tampak dari ketinggian. Puncak Moyeng merupakan salah satu tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits bagi anak muda sekitar.

Puncak Moyeng (sumber: @ochmads on Instagram)
Puncak Moyeng (sumber: @ochmads on Instagram)

Berkemah di Puncak Moyeng tentu menawarkan pengalaman berkemah yang berbeda untukmu. Terlebih, jika kamu berkemah bersama orang-orang tersayang, pasti hal ini akan menambah kualitas liburanmu, guys. Pemandangan yang estetik rasanya akan sia-sia jika kamu tak menyempatkan untuk berswafoto di Puncak Moyeng. Jika kamu sudah kepo, kemasi peralatan campingmu, dan kunjungi Puncak Moyeng di daerah Girimulyo, Kulon Progo.

Wah, ternyata banyak juga ya, hidden gems di Kulon Progo ini. Setelah kamu scroll ulasan di atas sampai habis, adakah yang menarik minatmu untuk sejenak melepaskan penat di sana? Wajib ada! Jika kamu menginginkan liburan berkualitas yang murah, tenang, dan jauh dari perkotaan, next time, kamu bisa mengunjungi Kulon Progo.

Berwisata saat pandemi memang sebuah menjadi sebuah opsi bagi kamu yang sudah mulai penat dengan pekerjaan sehari-hari. Namun, yang terpenting adalah jangan pernah lupakan protokol kesehatan ya, guys. Happy safe holiday!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *