Crystal Bay Nusa Penida: Tiket Masuk, Rute, & Aktivitas Wisata

Crystal Bay Nusa Penida (sumber: @nusapenidafriends on Instagram)
Crystal Bay Nusa Penida (sumber: @nusapenidafriends on Instagram)
Daftar isi

Pulau Dewata memang selalu menyita perhatian siapapun yang mengunjunginya. Pulau Bali, yang dikenal memiliki banyak objek wisata laut yang eksotis, membuat kita tak heran bila Bali selalu menjadi pilihan wisatawan lokal maupun asing. Salah satu objek wisata yang menyita perhatian ialah Pantai Crystal Bay Nusa Penida. Objek wisata Crystal Bay Bali disebut-sebut sebagai salah satu pantai tercantik di Bali.

Jika Advonturers suka berwisata di pantai atau laut, Pantai Crystal Bay Nusa Penida ini nampak cocok untuk kamu datangi. Banyak aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di sana, seperti: sunbathing, snorkeling, bahkan menikmati sunset. Untuk membuatmu tertarik berkunjung ke objek wisata Crystal Bay Bali, kamu harus simak sedikit ulasan berikut ini. Selesai membacanya, kamu pasti langsung susun plan, deh! 

Crystal Bay Nusa Penida, Pantai Super Jernih di Selatan Pulau Dewata

Pantai Crystal Bay Nusa Penida disebut-sebut sebagai salah satu pantai tercantik di Pulau Dewata. Seperti namanya, daya tarik dari objek wisata Crystal Bay Bali ini adalah pantainya yang jernih bak kristal. Tak heran bila Crystal Bay banyak dijadikan tempat snorkeling atau scuba diving oleh para wisatawan. Air laut yang sangat jernih menghasilkan warna kebiruan yang sangat eye catching bila dipandang mata.

Pantai Crystal Bay (sumber: @sandymakessense on Instagram)
Pantai Crystal Bay (sumber: @sandymakessense on Instagram)

Selain karena airnya yang jernih, keindahan aneka ragam biota lautnya pun sangat mempesona, sehingga Pantai Crystal Bay Bali disebut sebagai surganya para penyelam. Selain keindahan lautnya, pesona pemandangan daratannya pun tak kalah cantik. Pasir putih yang terhampar di sisi pantai, pepohonan hijau, dan gugusan atol kecil yang melengkapinya mampu membuatmu merasa lebih tenang bila berlibur di Pantai Crystal Bay Nusa Penida.

Info Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Crystal Bay

Meski Pantai Crystal Bay Nusa Penida menawarkan keindahan yang wow, bukan berarti harga tiket masuk objek wisata Crystal Bay Bali ini juga mahal. Siapa sangka bahwa tiket masuk ke tempat wisata yang elok ini hanya Rp 0, alias gratis! Namun, meski biaya tiket masuknya gratis, bagi Advonturers yang membawa kendaraan pribadi, tetap dikenai biaya parkir sebesar mulai dari Rp 2.000 saja. 

Artikel Terkait

Untuk menuju ke sana, sudahkah kamu tahu rute perjalanannya? Jika belum, berikut ini Advontura sajikan rekomendasi rute menuju Crystal Bay dari tiga lokasi berangkat yang berbeda. Jangan lupa dicatat, dan simak baik-baik, ya!

1. Rute Crystal Bay Nusa Penida dari Pelabuhan Gilimanuk

Bagi Advonturers yang berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk, kamu dapat menaiki bis Gilimanuk – Denpasar. Nantinya, kamu harus turun di Terminal Mengwi. Sesampainya di Terminal Mengwi, naiklah angkot jurusan Terminal Ubung, dan turunlah di Terminal Ubung. Kemudian, naiklah angkot jurusan Ubung-Tegal, dan turunlah di Terminal Tegal.Kamu harus naik angkot sekali lagi, yakni jurusan Tegal-Sanur, kemudian turunlah di Pantai Sanur. 

Sesampaimu di Pelabuhan Pantai Sanur, kamu harus menyeberang ke Nusa Penida menggunakan fast boat, sekitar 40 menit. Setelah sampai di Nusa Penida, lanjutkan perjalanan dengan menyewa motor ke arah Toya Pakeh. Sesampaimu di Pertigaan Sakti, beloklah ke kanan menuju Banjar Sakti. Tak lama kemudian, kamu sudah bisa melihat Pantai Crystal Bay Nusa Penida! 

2. Rute Crystal Bay Nusa Penida dari Bandara Ngurah Rai

Jika Advonturers berangkat menuju Crystal Bay dari Bandara Ngurah Rai, pertama, kamu harus menaiki bis Trans Sarbagita jurusan Mengwi, dan turunlah di Simpang Dewa Ruci. Naiklah bis Trans Sarbagita kembali, jurusan Nusa Dua – Batubulan, dan turunlah di Halte Sanur. Sesampaimu di sini, kamu bisa berjalan kaki atau menggunakan ojek untuk sampai ke Pelabuhan Pantai Sanur.

Sesampaimu di Pelabuhan Pantai Sanur, kamu harus menyeberang ke Nusa Penida menggunakan fast boat, sekitar 40 menit. Setelah sampai di Nusa Penida, lanjutkan perjalanan dengan menyewa motor ke arah Toya Pakeh. Sesampaimu di Pertigaan Sakti, beloklah ke kanan menuju Banjar Sakti. Tak lama kemudian, kamu sudah bisa melihat Pantai Crystal Bay Nusa Penida!

3. Rute Crystal Bay Nusa Penida dari Pelabuhan Benoa

Rute dari Pelabuhan Benoa menuju Pantai Crystal Bay Nusa Penida adalah rute yang paling singkat! Tak banyak rute jalan yang harus dilalui bila kamu berangkat dari Pelabuhan Benoa. Advonturers hanya perlu naik taksi atau ojek untuk menuju ke Pelabuhan Pantai Sanur. 

Sama seperti biasanya, sesampaimu di Pelabuhan Pantai Sanur, kamu harus menyeberang ke Nusa Penida menggunakan fast boat, sekitar 40 menit. Setelah sampai di Nusa Penida, lanjutkan perjalanan dengan menyewa motor ke arah Toya Pakeh. Sesampaimu di Pertigaan Sakti, beloklah ke kanan menuju Banjar Sakti. Tak lama kemudian, kamu sudah bisa melihat Pantai Crystal Bay Nusa Penida!

Fasilitas yang Terdapat di Crystal Bay Nusa Penida

Seperti tempat wisata pada umumya, Pantai Crystal Bay Nusa Penida tentu memiliki sejumlah fasilitas umum demi menunjang kenyamanan para wisatawan. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah: lahan parkir memadai, kamar mandi, penyewaan alat diving dan snorkeling, serta kursi pantai untuk bersantai di tepiannya.

Maka dari itu, sepertinya Advonturers tak perlu pikir panjang bila ingin berkunjung ke objek wisata Crystal Bay Bali ini. Karena selain murah meriah, Crystal Bay juga menyediakan fasilitas yang cukup memadai bagi para pengunjungnya. Worth it!

8 Aktivitas Wisata Crystal Bay Nusa Penida Terbaik untuk Dilakukan

Supaya kamu semakin penasaran, berikut ini Advontura spill beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan di Pantai Crystal Bay Nusa Penida. Cekidot!

1. Berenang

Saat berkunjung ke pantai, berenang memanglah aktivitas utama yang sama sekali tak boleh kamu lewatkan. Berenang dan bermain-main di air jernih Pantai Crystal Bay Nusa Penida tentu akan sangat menyenangkan bagimu. Dengan ombak pantai yang tak terlalu besar, berenang di wisata Crystal Bay Bali menjadi lebih menyenangkan dan tentu aman, guys. 

Berenang di Pantai Crystal Bay (sumber: @azwal.rykb on Instagram)
Berenang di Pantai Crystal Bay (sumber: @azwal.rykb on Instagram)

Berenang di tengah air laut yang berwarna kebiruan akan memberikan pengalaman berbeda untukmu. Berenang di Crystal Bay mampu menjadi sarana healing bagi kamu. Kamu dapat merasakan segarnya air pantai eksotis yang mengguyur tubuhmu, dapat memberikan ketenangan tersendiri untukmu. Berenang ditemani oleh hewan-hewan kecil di sekitar lautnya, juga mampu menambah keseruan liburanmu di sini.

2. Sunbathing di Tepi Pantai

Bagi Advonturers yang tak ingin basah-basahan saat berkunjung ke Pantai Crystal Bay Nusa Penida, kamu bisa melakukan sunbathing alias berjemur di pinggiran pantainya. Berbaring di hangatnya hamparan pasir putih sekitaran pantai, tentu menyenangkan. Merasakan tubuh dipapari sinar mentari saat berbaring di pasir pantainya merupakan opsi yang bagus untukmu. 

Berjemur di Tepi Pantai Crystal Bay (sumber: @yudan.gabriel on Instagram)
Berjemur di Tepi Pantai Crystal Bay (sumber: @yudan.gabriel on Instagram)

Selain itu, kamu bisa bermain-main dengan pasirnya, guys. Menyusun istana pasir dan memainkan pasirnya bak membuat sesuatu dari plastisin, juga terdengar menyenangkan. Namun, saat cuaca terik, hendaknya kamu memakai sunblock supaya kulitmu tidak terbakar dengan berlebihan. Objek wisata Crystal Bay Bali sangat wajib kamu kunjungi!

3. Snorkeling

Air laut yang jernih pasti identik dengan spot snorkeling yang memukau. Benar saja, di Pantai Crystal Bay Nusa Penida, kamu bisa menikmati snorkeling dengan menyenangkan. Biota laut yang masih terjaga menambah keindahan pemandangan bawah laut dari objek wisata Crystal Bay Bali ini. Jika beruntung, kamu akan bertemu dengan Ikan Mola-Mola yang lucu saat snorkeling!

Snorkeling Bersama Ikan Mola (sumber: @hara_siregar on Instagram)
Snorkeling Bersama Ikan Mola (sumber: @hara_siregar on Instagram)

Selagi melakukan snorkeling, mengambil foto dengan gaya underwater sangat recommended untuk dilakukan. Lensa kameramu pasti nembus, karena air lautnya tidak keruh, guys. Jadi, hasil foto underwatermu akan terlihat sangat jelas dan estetik.

4. Berwisata Kuliner

Bermain-main di pantai yang eksotis, rasanya tak afdol bila tak mencicipi kuliner yang ada di sana. Biasanya, wisatawan akan membawa perbekalan pribadi jika ingin lebih hemat. Namun, jika memiliki budget lebih, tak ada salahnya jika kamu menyempatkan diri untuk kulineran di sekitar Pantai Crystal Bay Nusa Penida. 

Menikmati Segarnya Kelapa Muda di Crystal Bay (sumber: @travelshownusapenida on Instagram)
Menikmati Segarnya Kelapa Muda di Crystal Bay (sumber: @travelshownusapenida on Instagram)

Kuliner yang direkomendasikan pun tak jauh-jauh dari hasil laut itu sendiri, seperti ikan bakar, dan seafood lainnya. Rasa makanannya pun tak mungkin membuatmu kecewa. Maka dari itu, tak ada salahnya jika sesekali kamu coba kulineran di sekitar objek wisata Crystal Bay Bali ini!

5. Menikmati Sunset

Rasanya, agak sia-sia bila bermain ke pantai yang sangat cantik, namun melewatkan keindahan sunsetnya. Keindahan sunset di Pantai Crystal Bay Nusa Penida tentu tak main-main. Keeksotisan pantai yang diiringi warna sore langit senja, seolah menambah keelokan dari objek wisata Crystal Bay Bali itu sendiri.

Sunset di Crystal Bay (sumber: @penidago on Instagram)
Sunset di Crystal Bay (sumber: @penidago on Instagram)

Sembari menikmati sunset, jangan lupa capture beberapa momenmu saat menikmati keindahan langit senja. Pantai yang elok ditambah dengan langit senja yang estetik, pasti mampu menjadi latar belakang foto yang instagrammable bagimu.

6. Menyelam di Manta Point

Selain snorkeling bersama Ikan Mola-Mola yang lucu, di Pantai Crystal Bay Nusa Penida, kamu juga bisa menyelam bersama banyak Ikan Manta. Ikan Manta merupakan salah satu jenis Ikan Pari yang hidup bebas di kawasan laut wisata Crystal Bay Bali. Terdengar seru, kan? Jika kamu penasaran, kamu wajib mampir di Manta Point saat berkunjung ke Crystal Bay.

Menyelam di Manta Point (sumber: @snorkelingnusapenida on Instagram)
Menyelam di Manta Point (sumber: @snorkelingnusapenida on Instagram)

Tak usah khawatir, ikan-ikan ini tidak akan menggigitmu, kok. Jadi, kamu bisa menyelam dengan bebas, dan mengabadikan momenmu bersama para Ikan Manta ini. Ikan Manta ya, guys, bukan Mantan. Hihi!

7. Berburu Spot Foto Instagrammable

Rasa-rasanya, setiap spot di Pantai Crystal Bay Nusa Penida merupakan spot yang Instagrammable. Mulai dari laut, hingga pasir putihnya pun turut menjadi spot foto yang estetik. Hal ini membuatmu semakin mudah untuk berburu foto terbaikmu. Sangat menarik bagi kamu yang hobi berswafoto!

Berfoto Gaya Underwater di Crystal Bay (sumber: @yogitriprasetyo on Instagram)
Berfoto Gaya Underwater di Crystal Bay (sumber: @yogitriprasetyo on Instagram)

Tak hanya keindahan pada wilayah daratannya, objek wisata Crystal Bay Bali juga memungkinkan kamu untuk mengambil foto dengan gaya underwater yang keren. Kegiatan ini bisa kamu lakukan bila kamu sedang melakukan snorkeling, guys. Jadi, apapun aktivitasmu di sana, jangan lupa untuk sejenak mengabadikannya, ya. Hasil foto-fotomu pasti sangat keren!

8. Melihat Laut & Teluk dari Atas Crystal Bay Point

Pantai Crystal Bay Nusa Penida memiliki sebuah spot yang menggiurkan untukmu. Spot itu adalah Crystal Bay Point. Crystal Bay Point merupakan tempat dimana wisatawan bisa melihat pemandangan laut dan teluk secara utuh. Untuk mencapai Crystal Bay Point, tentunya kamu harus mendaki ratusan anak tangga. Namun, sesampainya di atas, pasti lelahmu akan terbayar, kok.

Crystal Bay Nusa Penida (sumber: @nusapenidafriends on Instagram)
Crystal Bay Nusa Penida (sumber: @nusapenidafriends on Instagram)

Bagi Advonturers yang ingin berkunjung ke objek wisata Crystal Bay Bali, hendaknya jangan kamu lewatkan Crystal Bay Point ini. Beberapa objek pemandangan yang bisa kamu saksikan dari atas sini antara lain: pura, atol, serta gugusan Nusa Lembongan dan Ceningan. Mantap banget, kan? 

Baca juga: Nusa Lembongan: Rute Perjalanan & 7 Aktivitas Wisata Favorit

Setelah membaca sedikit spoiler tentang keindahan Pantai Crystal Bay Nusa Penida, sudahkah kamu memiliki rencana untuk mengunjunginya dalam waktu dekat? Tentunya, objek wisata Crystal Bay Bali dapat menjadi pilihan liburan kamu. Keindahan serta keelokan dari tempat wisata ini pasti akan membuatmu pikir-pikir lagi untuk tak mengunjunginya.

Maka dari itu, sempatkanlah untuk mampir ke Crystal Bay saat kamu sedang berada di Bali. Pantai Crystal Bay Nusa Penida sangatlah cocok bagi kamu yang ingin menikmati liburan luar biasa dengan budget yang tak terlalu banyak. Saat berwisata, jangan lupa untuk senantiasa menjaga diri dengan patuh protokol kesehatan, ya!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *