Nusa Penida Bali: Rute, Biaya Masuk, Fasilitas, & Spot Wisata (LENGKAP)

Nusa Penida (sumber: @juwitachai on Instagram)
Nusa Penida (sumber: @juwitachai on Instagram)
Daftar isi

Sejak dahulu kala, Pulau Bali memanglah menjadi destinasi favorit wisatawan. Bali terkenal memiliki banyak objek wisata berupa lautan yang memukau setiap mata. Nusa Penida adalah salah satu objek wisata yang menyimpan berjuta keindahan. Dikenal memiliki kawasan perairan yang jernih, tak heran bila wisatawan asing maupun lokal memilih Pulau Nusa Penida Bali sebagai tempat plesiran.

Terletak di sekitar Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan, Nusa Penida sama sekali tak kalah daya tarik dari kedua pulau tersebut. Terdiri dari pantai-pantai eksotis, spot snorkeling dengan air yang jernih, serta banyak spot instagrammable, sepertinya membuat Advonturers rugi besar bila tak sesekali berlibur kemari. Supaya kamu semakin tertarik untuk mengunjungi Pulau Nusa Penida Bali, kamu wajib simak ulasan berikut ini!

Nusa Penida Bali, Surga Wisata yang Jadi Telur Emas Bali

Nama Nusa Penida berasal dari Bahasa Bali, yakni: Nusa, Ped, dan Ida. Nusa memiliki arti pulau, sementara Ped dan Ida berarti kematian dan kekuasaan. Secara umum, Nusa Penida berarti pulau yang memiliki kekuasaan besar dan mematikan. Pulau Nusa Penida Bali juga akrab dengan sebutan Nusa Gede, yang berarti pulau besar, karena Nusa Penida merupakan pulau yang paling besar di antara Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.

Bagi Advonturers yang suka berwisata ke pantai atau laut, kamu bisa jadikan Pantai Nusa Penida Bali sebagai tujuan wisatamu. Perairan di Pantai Nusa Penida Bali terkenal akan kejernihannya, dan air laut yang berwarna kebiruan menambah nilai estetikanya. Selain itu pemandangan apik pantai yang eksotis pasti akan menyita perhatianmu. 

Tak hanya pantai, ada sebuah tanjung di Nusa Penida yang menyita perhatian wisatawan. nama tanjung yang berada di Pulau Nusa Penida adalah Tanjung Bakung. Adapun beberapa aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di sana antara lain: snorkeling, berenang, dan berburu foto instagrammable. Menarik sekali, bukan?

Artikel Terkait

Rute Perjalanan ke Nusa Penida Bali

Ingin berlibur ke Nusa Penida namun tak tahu arah? Berikut ini Advontura berikan rekomendasi rute perjalanannya untukmu!

Nusa Penida Bali (sumber: @tripnusapenidalovely on Instagram)
Nusa Penida Bali (sumber: @tripnusapenidalovely on Instagram)

1. Dari Pelabuhan Gilimanuk

Pertama, kamu harus menaiki bis jurusan Gilimanuk – Denpasar. Nantinya, kamu akan turun di Terminal Mengwi. Sesampainya di Terminal Mengwi, naiklah angkot jurusan Terminal Ubung, dan turun di Terminal Ubung. Kemudian, naiklah angkot jurusan Ubung-Tegal, dan turunlah di Terminal Tegal. 

Kamu harus naik angkot sekali lagi, yakni jurusan Tegal-Sanur, kemudian turunlah di Pantai Sanur. Sesampaimu di Pelabuhan Pantai Sanur, kamu harus menyeberang ke Nusa Penida menggunakan fast boat, sekitar 40 menit. Sampailah kamu di Nusa Penida Bali, tepatnya di Pelabuhan Nusa Penida!

2. Dari Bandara Ngurah Rai

Jika Advonturers berangkat menuju Pulau Nusa Penida Bali dari Bandara Ngurah Rai, pertama, kamu harus menaiki bis Trans Sarbagita jurusan Mengwi, dan turun di Simpang Dewa Ruci. Naiklah bis Trans Sarbagita lagi jurusan Nusa Dua – Batubulan, dan turun di Halte Sanur.

Setelah sampai, kamu dapat berjalan kaki untuk sampai ke Pelabuhan Pantai Sanur. Di Pelabuhan Pantai Sanur, kamu harus menyeberang ke Nusa Penida menggunakan fast boat, sekitar 40 menit. Selama perjalanan menyeberang ke Pelabuhan Nusa Penida, kamu bisa menikmati pemandangan laut sekitar yang eksotis.

3. Dari Pelabuhan Benoa

Rute dari Pelabuhan Benoa menuju Pantai Nusa Penida Bali adalah rute yang paling singkat. Tak banyak rute jalan yang harus kamu lalui bila berangkat dari Pelabuhan Benoa. Advonturers hanya perlu naik taksi atau ojek untuk menuju ke Pelabuhan Pantai Sanur. 

Sama seperti biasanya, sesampaimu di Pelabuhan Pantai Sanur, kamu harus menyeberang ke Pelabuhan Nusa Penida menggunakan fast boat, sekitar 40 menit. Setelah itu, kamu telah sampai di tujuan kamu, yakni Pulau Nusa Penida Bali!

Biaya ke Nusa Penida Bali

Di balik keindahan objek wisatanya yang memukau dan worth it, siapa sangka bahwa biaya ke Nusa Penida ini cukup terjangkau loh, guys! Untuk menyeberang ke Pulau Nusa Penida Bali dari Pantai Sanur menggunakan fast boat, wisatawan domestik hanya dikenai biaya sekitar Rp 85.000 – Rp 100.000 saja. Sedangkan untuk wisatawan asing, akan dikenai biaya penyeberangan sebesar Rp 125.000 – Rp 150.000 saja, guys. Cukup terjangkau, kan?

Adapun biaya lainnya adalah biaya sewa motor saat kamu sudah sampai di Pulau Nusa Penida Bali. Harga sewa motor yang ditawarkan di sana rata-rata Rp 70.000 per hari. Saat mengunjungi objek wisata tertentu di sana, kamu juga wajib membayar biaya parkir sebesar mulai dari Rp 5.000 saja. Murah, kan? Sepertinya kamu tak perlu pikir panjang soal budget untuk berkunjung ke Pulau Nusa Penida yang menakjubkan ini!

Fasilitas di Pulau Nusa Penida

Untuk memanjakan para wisatawan, umumnya sebuah objek wisata selalu memiliki fasilitas yang memadai. Demikian dengan Nusa Penida Bali. Apa sajakah fasilitasnya?

1. Hotel di Nusa Penida

Bagi kamu seorang backpackers, tak perlu khawatir bila ingin bermalam di Pulau Nusa Penida Bali. Banyak penginapan atau hotel di Nusa Penida yang bisa kamu sewa. Hotelnya pun bervariatif, mulai dari bintang 2, hingga bintang 5, bisa kamu pilih sesuai budgetmu. Fasilitas yang ditawarkan oleh hotel di Nusa Penida pun terbilang worth it untuk seorang backpacker!

Adapun hotel di sekitar Nusa Penida yang bisa kamu pilih antara lain: The Mel Huts, Krisna Guesthouse, Ramwan Guesthouse, dan Nova Homestay.

2. Resort Nusa Penida

Demi menunjang kenyamanan wisatawan, Pantai Nusa Penida Bali memiliki beberaa resort yang bisa jadi referensi untuk wisatawan. Salah satu yang terkenal adalah The Raja Lima Nusa Penida. Raja Lima Nusa Penida adalah resort yang menawarkan fasilitas lengkap seperti spa, kamar ber-AC, dan restoran. Letak dari The Raja Lima Nusa Penida ini tak jauh dari Diamond Beach.

Adapun resort-resort lain di sekitaran Pantai Nusa Penida Bali adalah: The Mesare Resort, Mahaloka Valley, dan Adiwana Warnakali Resort. Resort-resort ini sangat menggiurkan dan pasti mampu menambah keseruan liburanmu!

3. Tour Guide

Saat pertama kali berkunjung ke Pulau Nusa Penida Bali, pasti kamu akan sedikit kebingungan, bahkan tak tahu harus melangkahkan kaki ke mana. Menyewa Tour Guide dapat menjadi solusimu, guys! Menyewa Tour Guide akan memberikanmu kemudahan dalam berwisata di Pantai Nusa Penida Bali. 

Dengan juga menyewa seorang Tour Guide, kamu tak hanya asal berwisata, namun biasanya seorang Tour Guide juga akan memberikanmu informasi mengenai tempat wisata yang kamu kunjungi. Jadi, kamu bisa berwisata sekaligus belajar, deh!

4. Sewa Kendaraan & Alat Scuba Diving

Saat sampai di Pulau Nusa Penida Bali, kamu pasti tak sabar untuk segera menjelajahi seluruh isi alamnya. Untuk berkeliling, kamu bisa menyewa kendaraan seperti mobil dan motor di tempat persewaan yang telah disediakan. Menyewa mobil dan motor akan memudahkan kamu berkeliling menyusuri Pulau Nusa Penida Bali.

Bagi Advonturers yang hobi diving namun tak membawa atau tak memiliki peralatannya, kamu bisa menyewa peralatan diving yang sudah disediakan di sekitar Pantai Nusa Penida Bali. Sehingga, liburan ke Pantai Nusa Penida Bali menjadi sangat praktis untukmu, guys!

5. Fasilitas Umum Lainnya

Fasilitas utama yang dimiliki oleh Pulau Nusa Penida Bali adalah penyeberangan menggunakan fast boat. Selain itu, ada sejumlah spot terkenal di Nusa Penida. Nama tanjung yang berada di Pulau Nusa Penida Bali adalah Tanjung Bakung, yang memiliki keindahannya tersendiri. Pun dengan Bukit Teletubbies Nusa Penida yang merupakan salah satu spot favorit masyarakat.

Bukit Teletubbies Nusa Penida dinamai demikian karena bukit ini tampaknya mirip dengan yang ada di kartun Teletubbies. Tak heran bila wisatawan begitu antusias untuk datang ke Bukit Teletubbies Nusa Penida meski hanya untuk berburu foto estetik.

Tempat Wisata di Nusa Penida dengan View Terbaik

Supaya kamu semakin kepo tentang keseruan apa saja yang bisa kamu lakukan di Pulau Nusa Penida Bali, Advontura sajikan rekomendasi spot wisata terbaik di Pulau Nusa Penida Bali untukmu!

1. Diamond Beach

Diamond Beach Nusa Penida Bali merupakan salah satu pantai terindah di Nusa Penida Bali. Tak kalah pesona dari Pantai Nusa Penida Bali lainnya, pantai ini menawarkan eksotisme pemandangan yang luar biasa. Diamond Beach Nusa Penida merupakan pantai yang menjadi primadona bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Nusa Penida Bali. Pasir putih serta air laut jernih yang berwarna kebiruan akan membuatmu terkagum-kagum.

Diamond Beach (sumber: @rubypurnamasari on Instagram)
Diamond Beach (sumber: @rubypurnamasari on Instagram)

Untuk sampai ke Diamond Beach, kamu harus menuruni anak tangga yang agak curam. Namun, segala lelahmu tentu akan terbayar setelah kamu melihat kenampakan alam dari Pantai Nusa Penida Bali yang satu ini. Selain itu, banyak spot foto yang instagrammable di Diamond Beach ini. Jika Advonturers suka berwisata ke pantai, Diamond Beach Nusa Penida sungguh recommended untukmu!

2. Crystal Bay

Crystal Bay Nusa Penida disebut-sebut sebagai salah satu pantai tercantik di Nusa Penida. Seperti namanya, daya tarik dari Crystal Bay adalah pantai dengan air yang jernih bak kristal. Tak heran bila Crystal Bay Nusa Penida banyak dijadikan tempat snorkeling atau scuba diving oleh para wisatawan. Air laut yang sangat jernih menghasilkan warna kebiruan yang sangat eye catching bila dipandang mata.

Pantai Crystal Bay (sumber: @sandymakessense on Instagram)
Pantai Crystal Bay (sumber: @sandymakessense on Instagram)

Pasir putih yang terhampar di sisi pantai, pepohonan hijau, dan gugusan atol kecil yang melengkapinya mampu membuatmu merasa lebih tenang bila berlibur di Pantai Crystal Bay Nusa Penida.

3. Rumah Pohon

Rumah Pohon Nusa Penida merupakan salah satu spot wisata yang diincar para pengunjung kala plesiran di Nusa Penida. Rumah Pohon sederhana yang terletak di atas pohon dan tersambung dengan tangga kayu ini cukup estetik bila dilihat-lihat. Tak jarang, wisatawan menjadikannya sebagai spot foto, karena Rumah Pohon Nusa Penida serta pemandangan alam di sekitarnya terlihat sangat instagrammable. 

Rumah Pohon Nusa Penida (sumber: @mum.on.a.travel.mission on Instagram)
Rumah Pohon Nusa Penida (sumber: @mum.on.a.travel.mission on Instagram)

Dari atas Rumah Pohon Nusa Penida ini, wisatawan dapat menyaksikan keindahan Pantai Nusa Penida Bali dari ketinggian. Pemandangan pantai yang apik akan semakin terasa bila sunset tiba. Dari atas sini, Advonturers bisa menyaksikan eksotisnya sunset pantai di penghujung hari.

4. Kelingking Beach

Kelingking Beach Nusa Penida merupakan salah satu Pantai Nusa Penida Bali yang keunikannya menyita perhatian wisatawan. Kelingking Beach Nusa Penida memiliki bentuk yang menyerupai leher dinosaurus bila sekilas dilihat. Bahkan, beberapa wisatawan menyebut keindahan pantai di Nusa Penida yang satu ini sangat mirip dengan Pantai Navagio, yang terletak di Yunani.

Kelingking Beach (sumber: @gungaay on Instagram)
Kelingking Beach (sumber: @gungaay on Instagram)

Disebut-sebut, wisatawan yang ingin berkunjung ke Kelingking Beach Nusa Penida harus rela mengantre selama satu jam. Sayangnya, belum ada akses yang mengizinkan wisatawan untuk turun ke bawah mendekati perairan pantai. Wisatawan hanya bisa melihat keindahan pantai Nusa Penida satu ini  dari atas bukit Karang Dawa.  

5. Broken Beach

Broken Beach Nusa Penida, atau yang biasa disebut sebagai Pantai Pasih Uug, merupakan salah satu Pantai Nusa Penida Bali yang terindah. Broken Beach Nusa Penida berada di antara sebuah tebing tinggi. Ketika kamu menatapnya dari atas tebing, Broken Beach Nusa Penida terlihat seperti kolam raksasa yang diisi dengan air laut. 

Broken Beach (sumber: @antycamilla on Instagram)
Broken Beach (sumber: @antycamilla on Instagram)

Tentu saja, air laut di pantai ini berwarna kebiruan yang estetik, karena setiap objek wisata di Pantai Nusa Penida selalu identik dengan air lautnya yang jernih dan berwarna kebiruan. Bagi Advonturers yang suka berswafoto, boleh banget bila kamu berfoto di sekitar tebing dengan memperlihatkan pemandangan pantai ini.

6. Blue Corner Dive

Jika Advonturers merupakan pecinta diving, saat kamu berkunjung ke Nusa Penida, jangan sampai tak mampir ke Blue Corner Dive Nusa Penida ini. Diving di air Pantai Nusa Penida yang jernih dan kebiruan, pasti memberikan pengalaman berbeda untukmu. Spot diving di Blue Corner Dive ini boleh banget untuk kamu taklukkan.

Blue Corner Dive (sumber: @jaikennedy on Instagram)
Blue Corner Dive (sumber: @jaikennedy on Instagram)

Maka dari itu, segeralah kemasi perlengkapan divingmu, dan menuju ke Blue Corner Dive Nusa Penida. Jika kamu tak memilikinya, atau mager beres-beres perlengkapan divingmu, kamu bisa menyewanya di persewaan peralatan diving dan snorkeling yang sudah disediakan.

7. Goa Giri Putri

Tak hanya wisata pantai dan laut, Nusa Penida Bali juga memiliki objek wisata bernilai sejarah. Goa Giri Putri merupakan tempat wisata di Nusa Penida yang sudah ada sejak zaman Neolithikum. Goa Giri Putri Nusa Penida merupakan goa terbesar di Pulau Nusa Penida Bali, yang dikatakan mampu menampung wisatawan sebanyak 5000 orang. 

Goa Giri Putri (sumber: @sunshine_doula_mari on Instagram)
Goa Giri Putri (sumber: @sunshine_doula_mari on Instagram)

Meski pintu masuk Goa Giri Putri Nusa Penida terlihat sempit, namun orang dewasa tetap bisa memasukinya, guys. Ketika Advonturers berkunjung ke tempat ini, tentunya kamu harus mengikuti aturan yang ada, karena goa ini disakralkan oleh masyarakat setempat.

8. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong Nusa Penida merupakan spot wisata di Pantai Nusa Penida Bali yang berupa kolam alami. Bagi Advonturers yang suka berendam dan bermain air, kamu boleh banget coba kunjungi Angel’s Billabong Nusa Penida ini. Selagi berendam dan menikmati segarnya air yang mengelilingi tubuhmu, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan Pantai Nusa Penida Bali dari kolam alami ini. 

Angel's Billabong (sumber: @ariekeln on Instagram)
Angel’s Billabong (sumber: @ariekeln on Instagram)

Spotnya yang estetik juga tak rugi bila kamu jadikan latar belakang fotomu, guys. Jadi, saat kalian mengunjungi Nusa Penida, kamu juga wajib mampir ke Angel’s Billabong ini. Tak hanya Angel’s Billabong, ada sebuah tanjung di Nusa Penida Bali yang wajib kamu kunjungi karena keindahannya. nama tanjung yang berada di pulau nusa penida bali adalah Tanjung Bakung.

9. Banah Cliff

Banah Cliff merupakan salah satu spot wisata unik yang berada di Pantai Nusa Penida Bali. Banah Cliff Nusa Penida merupakan spot wisata berupa batu karang bolong yang terletak di tengah laut. Banah Cliff berada di atas ombak laut yang tenang, dengan air yang sangat jernih. Batu karang ini ditumbuhi dengan tanaman hijau yang seolah menambah nilai estetikanya.

Banah Cliff (sumber: @vacationtonusapenida on Instagram)
Banah Cliff (sumber: @vacationtonusapenida on Instagram)

Karena keindahannya, tak jarang Banah Cliff Nusa Penida selalu diburu wisatawan sebagai spot wisata. Di sekitar sini, kamu juga bisa melihat kawanan ikan pari yang berenang bebas. Kawasan sekitar Banah Cliff sendiri sering dikenal sebagai salah satu habitat Ikan Pari di Pantai Nusa Penida Bali, selain di Manta Point. Keren banget kan, guys!

Baca juga: Crystal Bay Nusa Penida: Tiket Masuk, Rute, & Aktivitas Wisata

Keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Nusa Penida ternyata sungguh tak main-main. Banyak objek dan spot wisata di sana yang mungkin kamu belum tahu. Namun, setelah membaca ulasan di atas, sudah tertarikkah kamu untuk berkunjung ke Nusa Penida? Objek wisata ini hendaknya selalu masuk dalam wishlist liburanmu, guys.


Sebelum berkunjung ke pulau dan pantai Nusa Penida Bali, ada baiknya untuk menyiapkan rencana liburanmu secara matang. Tak lupa, jagalah selalu kondisi tubuhmu, dan pastikan kamu berlibur dengan kondisi fisik yang fit dan prima, supaya wisatamu kali ini bisa kamu nikmati dengan baik. Jangan lupa tetap patuhi prokes, ya!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *