Pantai Drini Gunung Kidul – Tiket Masuk, Lokasi, & Rute 2021

Pantai Drini (sumber: @nur_jannah2810 on Instagram)
Pantai Drini (sumber: @nur_jannah2810 on Instagram)
Daftar isi

Jika berbicara soal pantai di Jogja, tentu pikiran kita akan mengarah ke Pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis memanglah menjadi primadona di Jogja, bahkan Indonesia. Namun, adakah pantai lain di Jogja yang kamu tahu selain Pantai Parangtritis. Pantai Drini Gunung Kidul merupakan salah satunya. Pantai ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai lainnya.

Terletak di wilayah Gunung Kidul, Pantai Drini Jogja tak kalah pesona dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia. Eksotisme pantai ini pun tak main-main. Objek wisata berupa pantai ini terletak di lingkungan yang asri, sehingga keasrian lingkungannya mampu menambah keindahan dari pantai ini. Jika Advonturers belum pernah mengunjunginya, kamu bisa simak ulasan berikut ini. Jangan sampai kamu tak tertarik!

Sekilas tentang Pantai Drini Gunung Kidul, Pantai Elok dengan Pesisir Curam

Pantai Drini Gunung Kidul merupakan salah satu pantai elok yang berada di kawasan Gunung Kidul, Jogja. Banyak keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini. Pantai eksotis yang berpadu dengan asrinya alam ini tentu sayang untuk dilewatkan. Sayangnya, tak banyak wisatawan yang datang ke sini, sehingga tak jarang Pantai Drini Jogja dijuluki sebagai Virgin Beach. Karena belum banyak dikunjungi wisatawan, keasrian dan kebersihan pantai ini masih terjaga.

Pantai Drini Jogja (sumber: @rifameliyah13 on Instagram)
Pantai Drini Jogja (sumber: @rifameliyah13 on Instagram)

Uniknya, wilayah pesisir Pantai Drini Jogja ini curam, guys. Gugusan pulau kecil yang terletak di sekitar pantai ini seolah menambah daya tarik bagi pantai ini. Bila pantai identik dengan hawa panasnya, tidak dengan pantai ini. Pantai ini memiliki hawa yang sejuk, karena terletak di sekitar bukit. Menarik, bukan? Selain itu, banyak spot serta aktivitas wisata seru yang dapat kamu temukan di pantai ini.

Lokasi dan Jalan Menuju Pantai Drini

Sudahkah kamu penasaran dengan lokasi pantai ini? Lokasi Pantai Drini Jogja sendiri berada di Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Jogja. Setelah mengetahui lokasinya, sudah tahukah kamu tentang jalan menuju Pantai Drini? Tak usah panik! Berikut ini Advontura sajikan rekomendasi rute menuju Pantai Drini yang berangkat dari Jogja, Jawa Barat, dan Jawa timur. Kamu wajib simak dan catat baik-baik rute jalan menuju Pantai Drini berikut!

Artikel Terkait

1. Rute dari Jogja

Berangkat dari pusat Kota Jogja, kamu harus bergerak menuju Jl. Wonosari terlebih dahulu. Setelah itu, lanjutkan perjalananmu menuju daerah Piyungan. Setelahnya, bergeraklah melewati Bukit Bintang, Sambipitu, hingga Logandeng. Tak lama kemudian, kamu akan sampai di Alun-Alun Wonosari. Lanjutkan perjalananmu menuju pertigaan arah Pantai Baron, kemudian beloklah ke kiri. Sesaat kemudian, kamu akan sampai di Pantai Drini Jogja!

2. Rute dari Jawa Barat

Bagi Advonturers yang berangkat dari Jawa Barat, mungkin kamu bisa berangkat dari Kota Bandung. Melewati jalan tol merupakan solusi tercepat bagimu, guys. Dari Bandung, kamu dapat melewati Tol Purbaleunyi, kemudian Tol Jakarta – Cikampek. Bergeraklah hingga sampai di Tol Semarang – Solo, kemudian exit Boyolali. Dari Boyolali, menujulah ke Jogja via Klaten, Prambanan, dan Jogja. Setelahnya, kamu tinggal mengikuti rute menuju pantai elok ini dari pusat Kota Jogja. 

3. Rute dari Jawa Timur

Jika Advonturers berasal dari Jawa Timur, kamu bisa berangkat dari Kota Surabaya. Kamu bisa melewati Tol Surabaya – Gempol terlebih dahulu. Lanjutkan perjalananmu hingga Tol Solo – Ngawi, kemudian exit Colomadu. Dari Colomadu, menujulah ke Kota Jogja via Klaten, Prambanan, dan Jogja. Setelahnya, ikutilah rute menuju pantai ini dari Kota Jogja seperti yang telah dijabarkan di atas!

Info Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Drini (Terbaru 2021)

Bagi kamu yang kepo dengan jam buka dari pantai ini, kamu bisa mengunjunginya selama 24 jam non stop. Mantap banget, kan? Maka dari itu, tak ada alasan untukmu tak menyaksikan sunrise dan sunset dari pantai ini. 

Bermain di Tepi Pantai Drini (sumber: @halo.traveler on Instagram)
Bermain di Tepi Pantai Drini (sumber: @halo.traveler on Instagram)

Selain itu, harga tiket masuk pantai ini sangat terjangkau, dan cocok bagi kamu yang ingin liburan berkualitas dengan budget minim. Harga tiket masuk Pantai Drini hanya Rp 10.000 saja! Selain membayar tiket masuk Pantai Drini, kamu yang membawa kendaraan pribadi juga wajib membayar retribusi parkir. Namun, besarannya juga sama sekali tak mahal, hanya mulai dari Rp 3.000 – Rp 10.000 saja!

Fasilitas Pantai Drini Gunung Kidul

Untuk menunjang kenyamanan para wisatawan, tentunya setiap tempat wisata memiliki fasilitasnya masing-masing. Fasilitas umum yang bisa kamu gunakan di pantai ini antara lain: area parkir memadai, mushola, gazebo, toilet, dan warung makan. 

Bagi kamu yang ingin berlama-lama di sini, bermalam merupakan solusi terbaik untukmu. Bingung mencari penginapan di Pantai Drini? Tenang! Kamu dapat menemukan beberapa penginapan di Pantai Drini dengan rentang harga yang variatif. Bagi kamu yang mencari penginapan Pantai Drini, kamu bisa menemukannya di sekitar pantai ini. Fasilitas yang ditawarkan oleh penginapan di Pantai Drini pun bermacam-macam, tergantung dari harganya. 

Aktivitas Wisata Pantai Drini Terbaik

Supaya kamu makin penasaran, berikut ini 7 aktivitas wisata seru yang sayang untuk kamu lewatkan kala berkunjung ke pantai yang elok ini!

1. Bermain dan Berenang

Bermain air dan berenang tentu menjadi aktivitas utama yang wajib kamu lakukan di sini. Berenang di air pantai yang jernih, sambil menikmati sejuknya angin perbukitan memberikan sensasi ketenangan tersendiri untukmu.

Bermain Air di Pantai Drini (sumber: @wisatapantaigunungkidul on Instagram)
Bermain Air di Pantai Drini (sumber: @wisatapantaigunungkidul on Instagram)

Selain itu, bermain-main dengan ombak pantai juga sangat seru untuk dilakukan. Namun, kamu tetap perlu berhati-hati saat bermain dengan ombaknya. Jangan sampai terbawa arus hingga ke tengah laut, ya!

2. Berjemur di Tepi Pantai

Kamu yang ingin bermain di pantai namun tak mau basah-basahan, kamu dapat memanjakan diri dengan berjemur di tepi pantai. Sebelum berjemur, jangan lupa gunakan tabir surya supaya kulitmu tak terbakar oleh sinar mentari. 

Berjemur di Tepi Pantai Drini (sumber: @dian.wiranto.10 on Instagram)
Berjemur di Tepi Pantai Drini (sumber: @dian.wiranto.10 on Instagram)

Selain berjemur, bermain-main dengan pasir pantai juga merupakan aktivitas seru bagi anak-anak. Membangun istana pasir, kemudian mengabadikan momen bersamanya juga terdengar sayang untuk dilewatkan. Sesimpel itu, namun seru banget, kan?

3. Menikmati Pemandangan di Puncak Kosakora

Puncak Kosakora Pantai Drini merupakan salah satu spot yang wajib dikunjungi di sini. Dari atas Puncak Kosakora, kamu dapat menyaksikan keindahan pantai ini secara keseluruhan. Tentunya, kamu harus mendaki bukit terlebih dahulu untuk sampai ke puncak ini. Namun, segala lelahmu tentu akan terbayar saat menyaksikan keindahan pantai secara utuh dari atas sini.

Puncak Kosakora Pantai Drini (sumber: @febyfathur on Instagram)
Puncak Kosakora Pantai Drini (sumber: @febyfathur on Instagram)

Karena menjanjikan keindahan yang tiada tara, untuk naik ke Puncak Kosakora tentu tak gratis, guys. Namun, kamu tak perlu khawatir karena kamu hanya akan dikenai biaya sebesar Rp 2.000 – Rp 5.000 saja. Murah banget, kan? Tentunya, kamu juga akan menemukan banyak spot foto menarik di puncak ini.

4. Bermain Kano

Bagi Advonturers yang sudah bosan bermain air saja saat di pantai, bermain perahu Kano bisa menjadi opsi yang bagus untukmu. Bemain perahu Kano merupakan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di pantai ini. Tak perlu khawatir, kamu aman saat bermain Kano, karena kamu akan dibekali baju pelampung sebelum bermain.

Bermain Kano di Pantai Drini (sumber: @jogja_trip_travel on Instagram)
Bermain Kano di Pantai Drini (sumber: @jogja_trip_travel on Instagram)

Selain itu, ombak di pantai ini tak besar, sehingga kamu tak perlu khawatir akan diterjang ombak besar. Kamu dapat menyewa perahu Kano beserta pelampungnya di tempat persewaan yang sudah disediakan di sini!

5. Snorkeling

Pantai yang bagus selalu identik dengan spot snorkeling yang memukau. Tak hanya indah di bagian luar, namun bagian bawah laut di pantai ini juga tak kalah memukau. Karena belum banyak dikunjungi wisatawan, kondisi biota laut di pantai ini masih terjaga keasriannya.

Menikmati View Pantai Drini (sumber: @lailatul_fauziyah26 on Instagram)
Menikmati View Pantai Drini (sumber: @lailatul_fauziyah26 on Instagram)

Di bawah lautnya, kamu akan bertemu dengan aneka ikan lucu dan banyak terumbu karang cantik. Kamu juga boleh banget untuk mengambil foto dengan gaya underwater yang keren. Segera kemasi peralatan snorkelingmu dan pergi ke pantai ini!

6. Menikmati Sunset

Karena pantai ini dibuka selama 24 jam full, maka rugi bila kamu tak menyempatkan diri untuk menikmati sunset di tempat ini. Banyak spot menarik yang bisa kamu singgahi untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Saat sunset tiba, tiap objek yang ada di pantai ini seolah menjadi siluet-siluet cantik yang estetik, dibarengi dengan cahaya mentari senja.

Sunset Pantai Drini (sumber: @bazhigin_90 on Instagram)
Sunset Pantai Drini (sumber: @bazhigin_90 on Instagram)

Sembari menikmati sunset, tak ada salahnya bila kamu juga mengabadikan momen-momen serumu di kala senja. Pokoknya, vibesnya jadi senja banget, deh!

7. Menjelajah Berbagai Spot Instagrammable

Bicara soal spot foto, pantai ini memiliki banyak spot foto menarik untukmu. Mulai dari pantai, hingga bukitnya mampu menjadi spot foto yang ciamik. Salah satu spot foto yang terkenal di sini adalah jembatan Pantai Drini. 

Jembatan Pantai Drini (sumber: @rdrentalcamera on Instagram)
Jembatan Pantai Drini (sumber: @rdrentalcamera on Instagram)

Jembatan Pantai Drini yang membentang dari bibir pantai hingga batu karang yang ada di tengah laut ini menjadi salah satu spot favorit wisatawan. Dari jembatan Pantai Drini, kamu bisa menikmati pemandangan laut di sekelilingmu, ditemani oleh angin yang berhembus. Tak lupa, kamu wajib banget berswafoto ria saat melintasi jembatan pantai ini!

Baca juga: Pantai Pok Tunggal: Tiket Masuk & Spot Wisata Terbaru 2021

Setelah membaca sedikit informasi di atas, harusnya kamu sudah sangat tertarik dan ingin segera jalan-jalan di Pantai Drini Gunung Kidul ini. Meski belum banyak dikunjungi wisatawan, keindahan dari pantai ini sama sekali tak kalah dengan pantai-pantai lain yang ramai dikunjungi wisatawan di Jogja.

Kendati demikian, kita harus turut menjaga objek wisata yang ada di Indonesia, termasuk Pantai Drini. Saat berkunjung ke sana, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan, sesimpel membuang sampah pada tempatnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar ini. Bagi kamu yang sedang atau memiliki rencana untuk berlibur ke Jogja, jangan lupa mampir ke pantai yang cantik ini!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *