Melepas Penat dengan Bermain Air di Kolam Renang Cikini

Kolam Renang Cikini (Sumber : @vistaswimmingcourse on Instagram)
Daftar isi

Aktivitas Ibu Kota sering membuat kamu penat dan suntuk. Tenang, meskipun tinggal di daerah Jabodetabek dengan jadwal yang padat, kamu juga dapat mengunjungi berbagai tempat wisata. Salah satunya adalah Kolam Renang Cikini. Seperti apakah kolam renang satu ini? Yuk, simak penjelasan lebih lanjutnya di Advontura.

Mengenal Kolam Renang Cikini

Kolam renang Cikini Jakarta saat ini ramai dikunjungi oleh orang yang baru ingin belajar renang sampai mereka yang suka olahraga renang. Olahraga renang sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh kamu. Selain hanya untuk menambah tinggi badan, renang juga dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraga renang rutin dapat meningkatkan kekuatan otot.

Kolam renang ini sudah ada sejak lama dan direnovasi ulang supaya mengikuti perkembangan zaman dan meningkatkan kenyamanan untuk para pengunjung. Menurut sejarah. Kolam renang ini dibuat pada masa penjajahan Belanda. Dahulu, kawasan kolam renang ini adalah salah satu bagian dari rumah seorang pelukis yang cukup terkenal, yaitu Raden Saleh.

Orang-orang Belanda sering berenang di kolam ini sampai akhir tahun 1950 dan banyak masyarakat Indonesia yang datang ke kolam ini hanya sekedar untuk melihat orang-orang Belanda tersebut berenang. Saat ini, semua kalangan diperbolehkan masuk ke area kolam renang. Jadi, jangan khawatir.

Kolam Renang Cikini (Sumber : @keriasakura on Instagram)

Lokasi Kolam Renang Cikini

Kolam Renang Cikini beralamat di Jalan Cikini Raya No.75, RT.01/RW.02, Kelurahan Menteng, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Pusat. Lokasi kolam renang tidak jauh dari Taman Ismail Marzuki. Rute aksesnya juga tidak begitu sulit. Jika kamu dari arah Monas, kamu hanya perlu menuju ke selatan sekitar 2,3 km.

Artikel Terkait

Kamu dapat melewati Jalan M.I. Ridwan Rais dan Tugu Tani. Setelah itu, kamu menuju Jalan Menteng Raya dan masuk ke Jalan Cikini. Sebagai patokan, kamu dapat menggunakan Hotel Formula One karena kolam renang ini tepat berada di belakangnya.

Harga Tiket Kolam Renang Cikini

Harga tiket untuk masuk ke Kolam Renang Cikini adalah Rp 40,000 per orang pada weekday (hari biasa) dan Rp 50,000 per orang pada hari libur nasional dan akhir pekan. Selain itu, pengunjung akan juga dikenai biaya parkir sebesar Rp 2,000 untuk motor dan Rp 4,000 untuk mobi. Tarif parkir yang dikenakan menggunakan sistem per jam. Harga tersebut memang bukan harga yang murah, tapi pengunjung tidak akan menyesal ketika mengunjungi kolam renang satu ini.

Jam operasional Kolam Renang Cikini buka mulai pukul 08.00 sampai pukul 20.00 WIB. Khusus weekend jam buka mulai dari pukul 07.00 WIB. Biasanya klub renang juga melakukan latihan di tempat ini sampai pukul 08.30. Pada sore hari sekitar pukul 16.00 sampai pukul 18.00, kolam renang juga akan dipakai setengahnya untuk latihan klub renang. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat menghubungi nomor (021) 31900588.

Fasilitas Kolam Renang Cikini

Jangan tanya untuk fasilitas yang ditawarkan. Kamu dapat menikmati fasilitas yang memuaskan dan membuatmu nyaman. Dengan keadaannya saat ini, kolam renang dapat dikunjungi oleh siapapun, bahkan anak-anak. Kamu dapat bermain air sambil berkumpul dengan keluarga maupun teman-teman.

Fasilitas Kolam Renang Cikini sangat cocok untuk berbagai aktivitas air, seperti bermain air, berendam, dan berenang. Kolam renang ini sudah memiliki standar Olympic. Luasnya adalah sekitar 25 m x 50 m dengan kedalaman kolam mulai dari 1,5 sampai 3 m.

Standar kolam juga terbilang bagus. Kamu dapat menggunakan kolam renang dengan aman dan nyaman. Tidak hanya itu, kolam renang ini juga menyediakan banyak kafe. Kamu dapat melihat berbagai kedai makanan dan minuman dengan harga terjangkau di bagian pinggir kolam.

Seperti yang sudah dikatakan di atas, kolam renang ini juga sering menjadi tempat latihan bagi atlet-atlet dari klub renang. Latihan tersebut biasanya menggunakan sepertiga dari kolam. Jadi, kegiatan kamu tidak akan terganggu dengan adanya latihan ini.

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap. Tidak perlu khawatir, kamu dapat menyewa fasilitas dan pihak pengelola akan menyediakannya. Fasilitas yang tersedia antara lain kamar mandi, gazebo, dan toilet. Kolam renang juga menyediakan banyak kantin dan kedai bagi kamu yang lapar sehabis berenang.

Terdapat juga penyewaan baju renang, mushola, serta tempat parkir. Kolam renang ini menyediakan lahan parkir yang luas. Lahan parkir pun juga ada yang outdoor dan indoor. Jika kamu ingin mengajak rombongan ke kolam renang satu ini, kamu tidak akan kesusahan ketika mencari tempat parkir.

Sebagai catatan, kamu harus memiliki saldo E-wallet, seperti OVO, Debit ATM, atau Gopay. Hal ini dikarenakan kolam renang ini hanya menerima pembayaran non-tunai. Kamu juga dapat menaruh barang-barang bawaan di loker yang sudah tersedia supaya kegiatan bermain air atau berenang tidak terganggu.

Kolam Renang Cikini (Sumber : @warhammertitan25 on Instagram)

Baca Juga : 15 Rekomendasi Kolam Renang di Malang, Lokasi, & Harga Tiket

Nah, Setelah membaca artikel di atas. Apakah kamu tertarik? Segera agendakan waktu senggang untuk berkunjung ke Kolam Renang Cikini. Kamu juga dapat mengajak teman, keluarga, anak, atau rekan kerja untuk bersantai bersama di sini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan menambah referensi tempat wisatamu.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *