Yuk, Intip Keindahan Candi Borobudur dari Puncak Suroloyo!

Puncak Suroloyo (Sumber : @williamrudy on Instagram)
Daftar isi

Yogyakarta adalah kota yang terkenal dengan berbagai objek wisatanya. Setiap tahun, Yogyakarta selalu ramai dengan para wisatawan yang ingin menikmati keindahan wisata alam maupun wisata buatannya. Salah satu yang cukup terkenal adalah objek wisata Puncak Suroloyo. Seperti apa keindahan wisata alam satu in? Yuk, simak informasi lebih lengkapnya di Advontura!

Mengenal Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo adalah salah satu wisata alam di Yogyakarta yang keindahannya mampu menghipnotis para pengunjung. Hamparan daratan yang hijau serta pepohonan yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini.

Selain itu, Suroloyo juga menyimpan legenda tersendiri yang ditulis dalam kitab karya seorang pujangga bernama Ngabehi Yasadipura dari Keraton Surakarta. Kisah yang tertulis dalam kitab tersebut adalah kisah tentang Raden Mas Rangsang, seorang putra Kerajaan Mataram, yang mendapatkan wangsit untuk menjadi sosok penguasa Jawa.

Dalam wangsit tersebut, Raden Mas Rangsang harus berjalan kaki dari Kotagede ke arah barat. Perjalanan Raden Mas Rangsang sudah mencapai 40 km sampai Ia akhirnya pingsan karena kelelahan.

Ketika pingsan, Raden Mas Rangsang mendapat wangsit kembali. Dalam wangsit kedua ini, Raden Mas Rangsang harus melakukan tapa ksatria di tempat tujuannya untuk menjadi Raja Mataram. Tempat Raden Mas Rangsang bertapa kemudian pada saat ini dikenal sebagai Puncak Suroloyo. 

Artikel Terkait

Bahkan sampai saat ini, masih ada tiga buah pendopo yang dipercaya sebagai tempat pertapaan yaitu Pertapaan Sariloyo, Pertapaan Kaendran, dan Pertapaan Suroloyo. Dari Pertapaan Suroloyo ini, pengunjung dapat menyaksikan keindahan Candi Borobudor.

Pengunjung juga dapat melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dari Pertapaan Sariloyo. Sedangkan dari Pertapaan Kaendran, Pengunjung dapat melihat pemandangan Samudra Hindia karena lokasinya yang berada di paling atas.

Selain ketiga pendopo tersebut, kamu juga dapat mengunjungi tempat tempat lainnya seperti Sendang Kadewatan, Pertapaan Mintorogo, Tegal Kepanasan dan Sendang Kawidodaren.

Letak Puncak Suroloyo

Lokasi Puncak Suroloyo ini berada di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya sekitar 33 km dari pusat Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam kurun waktu sekitar 1,5 jam. 

Kamu dapat melihat beberapa objek wisata lain yang ada di Kabupaten Magelang dan sekitarnya dari atas Puncak Suroloyo Kulon Progo. Namun, hal ini hanya dapat dilakukan ketika cuaca sedang cerah.

Tentu saja, kamu dapat menyaksikan Candi Borobudur. Jarak antara puncak ini dengan Candi Borobudur adalah sekitar 4,96 kilometer sehingga kamu perlu memperhatikan dengan saksama untuk dapat melihat salah satu dari tujuh keajaiban alam tersebut.

Puncak Suroloyo (Sumber : @seputarkulonprogo on Instagram)

Harga Tiket Masuk Puncak Suroloyo

Bagi kamu yang tertarik untuk berkunjung ke sini, harga tiket masuk yang ditarik cenderung murah. Sama seperti wisata di Yogyakarta lainnya yang terkenal murah dan terjangkau. Kamu perlu membayar Rp 2.000 per orang untuk masuk ke objek wisata ini. 

Murah, bukan? Tempat ini sangat cocok untuk menjadi rekomendasi wisata keluarga. Biaya tambahan lainnya adalah tiket parkir. Kamu perlu membayar Rp 2.000 jika menggunakan motor dan Rp 5.000 jika menggunakan mobil. 

Bagi kamu yang tidak kuat atau ingin menempuh jalan mudah menuju puncak, kamu dapat menggunakan jasa Ogun atau Ojek Gunung seharga Rp 50.000. Perlu diingat bahwa harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola. 

Penginapan di Puncak Suroloyo

Bagi kamu yang ingin menginap di area sekitar Puncak Suroloyo, Advontura sudah merangkum beberapa rekomendasi penginapan terbaik, sebagai berikut :

Plataran Heritage Borobudur Hotel

Plataran Heritage Borobudur adalah hotel berbintang 4 yang berada di area pedesaan Magelang. Penginapan ini memberikan pemandangan indah Bukit Menoreh serta kondisi pedesaan yang asri.

Plataran Heritage Hotel menyediakan kolam renang outdoor, akses wifi di seluruh area hotel dan berbagai pilihan tempat makan. Kamar yang tersedia juga memiliki desain yang alami tapi elegan. Fasilitas kamar sudah termasuk TV LED, meja kerja dan minibar serta kamar mandi yang sudah dilengkapi dengan shower dan alat mandi.

Kamu dapat menikmati masakan Indonesia di beberapa restoran yang tersedia di hotel ini. Bukan hanya masakan Indonesia saja, para tamu juga dapat menikmati hidangan Asia dan Internasional. Selain itu, tamu juga dapat mengunjungi Langit Menoreh Bar & Lounge.

Lokasi hotel juga tidak jauh dari tempat-tempat wisata lainnya seperti Punthuk Setumbu, Gereja Ayam, dan Candi Borobudur. Sangat cocok bagi kamu yang ingin merasakan nuansa alami yang elegan.

Villa Borobudur Resort

Villa Borobudur Resort terletak di Dusun Pete Rt 03 Rw 03, Majaksingi, Magelang, Jawa Tengah sekitar 15 menit dari Bukit Barede. Penginapan ini memiliki konsep taman tropis. Hal ini dapat terlihat di Suite dan Villa mewah yang tersedia serta kolam renang outdoor dan restorannya. Tamu juga sudah mendapat akses wifi gratis dan layanan parkir gratis.

Kamar Suite dan Villa yang ada di resort ini sudah dilengkapi dengan AC dan berbagai furniture yang terbuat dari kayu. Tamu resort sudah akan mendapatkan fasilitas kamar mencakup TV LCD, DVD player, Minibar, brankas sampai mesin pembuat kopi. Kamar mandi juga sudah dilengkapi dengan bathtub, peralatan mandi dan shower.

Restoran resort menyajikan santapan Indonesia dan Asia setiap harinya. Jika kamu lebih nyaman di kamar, kamu dapat memesan dari layanan kamar 24 jam untuk menikmati hidangan favoritmu sesuai permintaan. Selain itu, kamu juga dapat menikmati fasilitas spa dan pijat untuk menyegarkan diri kembali setelah berwisata.

Cempaka Villa II Borobudur

Berikutnya adalah Cempaka Villa II Borobudur. Penginapan ini sebenarnya lebih dekat ke Candi Borobudur daripada ke Puncak Suroloyo. Namun, tidak salah juga jika kamu menginap di Cempaka Villa ini karena Candi Borobudur dan Suroloyo juga tidak terlalu jauh.

Kamar yang disewakan sudah lengkap dengan AC, TV LCD, Lemari Pakaian, alat pembuat kopi/teh dan berbagai perabotan kayu. Kamar mandi juga sudah dilengkapi dengan shower serta peralatan mandi.

Restoran villa juga menyediakan sarapan setiap pagi hari. Jika kamu ingin menikmati hidangan lain, kamu dapat berjalan ke sekitar villa dan menemukan restoran atau warung makan yang menyajikan berbagai hidangan khas Jawa.

Lokasinya yang dekat dengan berbagai tempat wisata terkenal menjadikan villa ini menjadi tempat penginapan yang strategis. Staf resepsionis juga dapat memberikan kamu rekomendasi tempat wisata yang ada di sekitar villa dan dapat membantu penyewaan mobil.

Puncak Suroloyo (Sumber : @sohib017 on Instagram)

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Wisata Alam Posong, Lokasi, & Rute

Demikian penjelasan Advontura mengenai Puncak Suroloyo dan beberapa rekomendasi penginapan terdekatnya. Semoga artikel kali ini dapat membantumu untuk mempersiapkan perjalanan ke tempat wisata ini dan menambah katalog tempat wisatamu!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *