Melihat Keunikan Destinasi Wisata Kampung Batik Semarang

Kampung Batik Semarang (Sumber: Perpus Jatengprov)
Daftar isi

Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah resmi terdaftar dalam UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Banyak sekali sentra batik yang tersebar di Indonesia. Salah satunya adalah Kampung Batik Semarang.

Kampung ini terkenal sebagai pusat batik yang ada di Semarang. Kamu dapat melihat berbagai motif batik diproduksi di sekitar kampung batik ini. Seperti informasi selengkapnya? Yuk, simak pembahasan Advontura kali ini.

Sejarah Kampung Batik Semarang

Pada zaman dahulu, Kampung ini sudah terkenal sebagai sentra kerajinan batik, terutama pada masa penjajahan Belanda. Sejarah batik di Semarang muncul sekitar tahun 1800 an, seiringan dengan berdirinya Kota Semarang pada saat itu. Batik Semarang memiliki motif seperti kupu-kupu dan motif bunga sepatu yang bermakna luas. 

Batik Semarang sendiri merupakan perpaduan budaya Jawa, Cina, dan Arab. Perpaduan tersebut kemudian dituangkan ke sebuah motif bernama Warak Ngendog. Sekitar tahun 1970 sampai 1980, keberadaan Kampung Batik ini sempat mati karena tidak ada kegiatan membatik yang berlangsung pada saat itu.

Masyarakat sekitar kampung batik kemudian berusaha untuk membangkitkan kembali aktivitas membatik. Kampung batik Semarang kembali hidup kembali sekitar tahun 2005. Kali ini, terdapat sentuhan generasi muda sehingga Kampung batik terlihat lebih menarik dan semakin unik. Kampung ini kemudian dikenal sebagai tempat bersejarah dalam perkembangan batik di Semarang.

Artikel Terkait

Lokasi Kampung Batik Semarang

Letak Kampung Batik Semarang adalah di daerah Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, tepatnya di Jalan Batik No. 698A, Kota Semarang. Kamu dapat menggunakan Kota Lama Semarang atau Pasar Johar sebagai patokannya. 

Untuk menuju kampung ini, kamu perlu mengarahkan kendaraan ke Bundaran Bubakan. Pintu gerbang Kampung Batik berada di Jalan Pattimura yang tidak jauh dari Bundaran Bubakan. Pengunjung hanya akan dikenai biaya parkir saja dan tidak perlu khawatir untuk membayar tiket masuk.

Saat ini, Kampung Batik sudah mengalami berbagai renovasi. Kampung sudah dihiasi dengan berbagai hiasan lampu yang membuat suasana kampung semakin menarik. Pemilik sentra batik juga rutin mengganti barang barang yang sudah lama dengan produk terbaru.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Kampung Batik Semarang

Jika kamu mengunjungi kampung batik ini, berikut adalah kegiatan yang dapat kamu lakukan:

Mempelajari Makna Motif Batik

Setiap motif batik memiliki makna tersendiri. Makna filosofis tersebut merupakan keunikan seni batik. Selain motif yang unik dan indah, batik memiliki makna tersendiri dalam setiap motifnya. Di kampung batik ini, kamu dapat mempelajari serta memahami lebih jauh tentang makna yang terkandung dalam sebuah kain batik. 

Bahkan, kamu juga dapat melihat jenis batik lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, karena pengrajin batik di kampung ini tidak hanya membuat batik Semarang saja. Kamu juga dapat mempelajari bagaimana batik yang dulu terkenal sebagai busana kalangan keraton, dan sekarang menjadi busana untuk kalangan umum.

Belajar Membuat Batik

Selain melihat-lihat, kamu juga dapat belajar membuat batik. Teknik yang diajarkan biasanya adalah teknik mencanting. Mencanting sendiri adalah cara utama yang sering dipakai dalam proses membuat kain batik. Teknik ini adalah teknik yang membuat batik terkesan mahal. Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan masih alami dan memakan waktu yang tidak singkat.

Setiap toko menyediakan fasilitas untuk kamu yang ingin belajar membuat batik menggunakan canting. Kamu bahkan dapat membuat motif sendiri. Saat ini, banyak orang yang suka belajar membatik karena prosesnya yang tidak mudah, bahkan wisatawan luar negeri juga belajar menggambar batik menggunakan canting.

Membeli Kain Batik dengan Berbagai Motif

Tidak lengkap rasanya jika kamu berkunjung dan belajar membuat batik tanpa membeli kain batik khas kampung ini. Kamu dapat menemukan banyak sekali toko batik yang menyediakan berbagai jenis motif batik yang indah. Kamu tidak hanya dapat menjumpai batik khas Semarang saja, tapi juga motif batik dari berbagai daerah di Indonesia.

Harga yang ditawarkan juga bervariasi, tergantung dengan motif dan seberapa rumit pembuatannya. Kamu dapat menemukan kain batik mulai dari kisaran harga ratusan ribu sampai puluh juta rupiah. Hal ini dikarenakan proses pengrajinan batik memang memakan waktu lama dan rumit. Selain itu, kamu juga dapat menemukan pakaian-pakaian batik yang sudah siap pakai.

Berfoto Ria

Mengunjungi tempat wisata tanpa berfoto ria adalah hal yang kurang lengkap. Kamu dapat berfoto dan mengabadikan momen mengunjungi kampung batik Semarang dengan bebas karena lokasi ini dipenuhi dengan tempat-tempat yang instagrammable. Dindingnya bahkan diisi dengan mural yang indah. Rumah warga juga tidak luput dari sisi indah dari kampung ini. Dengan mengunggah foto tersebut ke media sosial, kamu secara tidak langsung sudah membantu pelestarian batik milik Indonesia. Tidak jauh dari tempat berfoto ini, juga terdapat tempat yang menunjukkan keadaan kota Semarang pada tempo dulu.

Berfoto Ria di Kampung Batik Semarang (Sumber:@erillesmana on Instagram)

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Seru di Klaten bersama Keluarga

Demikian adalah penjelasan mengenai sejarah, lokasi, serta berbagai kegiatan yang dapat kamu lakukan di Kampung Batik Semarang. Kamu sudah membantu proses pelestarian budaya Batik dengan mengunjungi, membeli, serta membicarakan kampung ini di media sosial. Tertarik untuk mengunjungi Kampung Batik di Semarang ini?

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *