1. Air Terjun
  2. Wisata Alam

Air Terjun Coban Talun: Daya Tarik, Lokasi, Rute & Harga Tiketnya

Halo guys, kita mainnya masih di daerah Malang dan sekitarnya nih! Selain ada Air Terjun Coban Rondo, ada juga air terjun yang layak untuk kalian kunjungi, yaitu Air Terjun Coban Talun. Hmm, kira-kira sebagus apa ya? Simak penjelasannya di sini ya!

Daya Tarik Air Terjun Coban Talun

Daya Tarik Coban Talun
Daya Tarik Coban Talun

Ingin main air di tempat nyaman? Coba saja main di Coban Talun. Menjadi salah satu destinasi wisata air terjun yang disukai oleh berbagai kalangan. Ternyata, aliran air ini berasal dari Sungai Brantas yang masuk ke dalam hutan lindung Malang. Daya tarik Coban Talun begitu terasa saat melihat panorama air terjun yang deras dengan lingkungannya yang asri.

Secara geografis, Coban Talun merupakan hasil erupsi Vulkanik Gunung Welirang. Pembentukan air terjun ini pun sangat alami karena memang terbentuk dari banyak batuan. Lalu, ketinggiannya antara 50 – 60 meter dengan aliran air yang jernih. Kabar baiknya, ketinggian kolam air terjun tidaklah terlalu dalam sehingga cukup aman untuk anak-anak. Namun, jika bermain di tengah kolam, pastikan mahir berenang ya guys! 

Nah, di coban talun ini terdapat beberapa wahana yang bisa kalian nikmati. Adapun beberapa wahana atraktif yang boleh banget untuk dicoba, antara lain:

Kebun Bunga

Kebun Bunga yang Menawan
Kebun Bunga yang Menawan

Bagi kalian yang suka banget berswafoto, bisa banget datang ke Coban Talun untuk mengabadikan momen di sini. Dengan hamparan bunga warna-warni bak permadani, sangat cocok menjadi spot foto yang oke. Terlebih lagi, beberapa pasangan muda-mudi menjadikan tempat ini sebagai momen pre-wedding. Nah, pasti nggak diragukan lagi dong betapa indahnya kebun bunga di coban ini.

Wahana Permainan

Jika kalian menyukai aktivitas yang memicu adrenalin, bisa juga mencoba mengendarai ATV mengelilingi area coban. Harga sewanya juga cukup murah yakni dengan Rp30.000 kalian akan puas mendapatkan pengalaman mengelilingi kawasan.

Wisata Kuliner

Para pengunjung tidak perlu khawatir jika perut keroncongan,lho. Pasalnya, di sekitar sana banyak stand atau tenant yang menjual aneka makanan dan minuman. Makanan tradisional pun ada lho. Beberapa di antaranya yaitu rawon, soto, dan sop daging.

Penginapan

Yang membedakan Air Terjun Coban Talun dengan lainnya adalah keberadaan penginapan yang memadai bagi wisatawan yang ingin bermalam di sana. Adanya penginapan tersebut sangat tepat karena di sekitarnya suasana masih nyaman dan asri.

Penginapan-penginapan tersebut adalah Apache Camp dan Pagupon Camp. Sesuai dengan namanya, Apache Camp terlihat mirip dengan perkampungan Suku Indian. Sementara itu, Pagupon Camp merupakan penginapan berbentuk sangkar burung.

Nah, di Pagupon Camp ini pengunjung bisa mengabadikan momen bersama hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Jadi, kalian bisa menikmati keunikan rumah kayu yang berbentuk sangkar dengan leluasa.

Toko Souvenir

Rasanya tidak lengkap apabila pulang tidak membawa oleh-oleh. Beberapa toko souvenir di area ini menghadirkan beberapa jenis cinderamata yang bisa dibeli sebagai kenang-kenangan. Harganya pun sangat terjangkau guys. Mulai dari Rp10.000,kalian bisa membawa pulang souvenir ini.

Lokasi & Rute Menuju Air Terjun Coban Talun

Jika berbicara mengenai lokasi dan rute, pastinya kalian akan berpikir bagaimana sampai di sana dengan lancar dan nyaman. Menurut tripadvisor.co.id, Air Terjun Coban Talun terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Rute terbaik untuk menuju sini adalah dapat melalui melalui Jalan Dewi Sartika, Jalan Oro-Oro Ombo maupun Jalan Anggrek. Jika berangkat dari Malang Kota, membutuhkan waktu sekitar 1 jam 10 menit.

Jam & harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Talun

Tempat wisata ini mulai dibuka untuk umum mulai pukul 07.30 sampai 17.00 WIB. Jadi, kalian bisa berkunjung di siang hari atau sore hari. Selanjutnya, harga tiket masuk yang dibanderol pun cukup murah yaitu Rp10.000. Untuk menikmati pengalaman yang terbaik, hindari mengunjungi di saat weekend, karena di hari-hari tersebut banyak pengunjung yang berdatangan.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai Air Terjun Coban Talun. Objek wisata ini terkenal dengan panorama air terjun yang memukau, lingkungan yang masih sejuk dan asri. Beberapa wahana yang bisa dinikmati antara lain kebun bunga, ATV, bersantai di food court, atau berbelanja di pusat oleh-oleh. Oke sampai di sini dulu ya? Sampai jumpa dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Air Terjun Coban Talun: Daya Tarik, Lokasi, Rute & Harga Tiketnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]