1. Uncategorized

Menelisik Keindahan Pantai Gandoriah di Padang Pariaman

Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah.

Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan pantai yang masih asri, membuat siapapun ingin bermain air di sana. Daripada penasaran, berikut kami rangkum sejarah singkat dan keindahan pantai ini. Simak sampai habis ya! 

Daftar Isi

Asal Usul Pantai Gandoriah

Sebelum mengenal lebih jauh tentang daya tarik dan keindahan Pantai Gandoriah. Usut punya usut, pantai ini menyimpan cerita sedih. Menurut masyarakat setempat, pada zaman dahulu kala hiduplah sepasang sejoli bernama Anggun Nan Tongga dan Puti Gandoriah. 

Alkisah,  seorang pemuda yang bernama Anggun Nan Tongga berlayar untuk mencari mamaknya yang belum pulang dari perantauan. Setelah beberapa bulan, akhirnya dia berhasil menemukan mamaknya satu per satu, namun masih belum kembali ke kampung halaman. Namun pada kondisi tersebut, masih menjalin hubungan cinta dengan pasangannya yakni Puti Gandoriah. 

Naasnya, cinta mereka tidak berlangsung lama. Salah satu temannya telah kembali ke kampung halaman. Teman Anggun Nan Tongga melakukan pengkhianatan dengan cara menjalin hubungan dengan Puti Gandoriah. Puti Gandoriah pun mengira bahwa Anggun Nan Tongga telah meninggal, akhirnya mereka menikah. 

Dalam kesendirian dan kesedihannya, Puti Gandoriah bersemedi di Gunung Ledang. Waktu bergulir begitu cepat, akhirnya dia bertemu dengan Anggun Nan Tongga. Betapa kagetnya saat dia melihatnya hidup dan kembali. Sesaat mereka telah kembali, dia mengetahui bahwa Anggun Nan Tongga merupakan saudara sepersusuannya yang di mana mereka tidak boleh menikah. 

Cerita rakyat itu pun terkenal pada masanya, sehingga Anggun Nan Tongga dijadikan sebuah nama hotel di tepi pantai tersebut. Tercatat sebagai hoten tertua, hotel tersebut selalu ramai di saat acara-acara tertentu di Pantai Gandoriah. 

Pesona Pantai Gandoriah

Daya Tarik Pantai Gandoriah
Daya Tarik Pantai Gandoriah

Duh, cukup terharu ya menyimak kisah percintaan mereka. Memang takdir tidak ada yang tahu. Oke, selanjutnya kita akan membahas daya tarik dari pantai ini. Menurut infopublik.id, Pantai Gandoriah memiliki  panorama yang indah. Hal ini dibuktikan dengan terlihat pemandangan pulau-pulau di seberang pantai. 

Gugusan pulau tersebut bagaikan bintang-bintang di atas birunya laut.  Pulau-pulau tersebut antara lain Pulau Kasiak, Pulau Angso, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Bando serta Pulau Gosong. 

Tak hanya itu, letaknya yang strategis tak jauh dari pusat kota membuat pantai ini ramai dikunjungi apalagi jika bertepatan dengan hari perayaan tradisi atau disebut dengan festival tabuik. 

Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Gandoriah

Tentu saja saat di tempat wisata, kita akan melakukan aktivitas seru apalagi di pantai. Mengingat lokasinya yang tak jauh dari pusat kota, melihat senja di sore hari bukanlah ide yang buruk,lho. Setelah beraktivitas, bersantai di tepi pantai sambil melihat deburan ombak tetap asyik untuk dilakukan. 

Apabila kalian sudah puas bermain air boleh juga menaiki kapal wisata yang tersedia di sana. Kapal wisata ini akan membawa kalian ke Pulau Angso Duo dan Pulau Kasiak. Dengan menaiki kapal ini, kalian akan merasakan sensasi angin laut, serta melihat langsung birunya air laut.

Pariaman tak hanya terkenal dengan panorama yang bagus, namun juga masakan khas yang penuh rempah. Tak jarang, kalian akan menemukan makanan khas yang dijual di daerah pantai ini, seperti sala lauak, kerupuk kuah, dan nasi sek. Hah, apaan tuh?

Padang Pariaman tak hanya terkenal dengan panorama yang bagus, namun juga masakan khas yang penuh rempah. Tak jarang, kalian akan menemukan beberapa pedagang menjual makanan khas di daerah pantai ini, seperti sala lauak, kerupuk kuah, dan nasi sek. Hah, apaan tuh?

Nah, sala lauak merupakan campuran ikan dan tepung beras yang diolah menjadi gorengan. Selanjutnya adapun nasi sek. Nasi sek merupakan sejenis nasi padang yang sambalnya dibungkus dengan segumpal nasi. Wah, pasti enak-enak tuh? Berkunjung ke sini merupakan sebuah kenikmatan sendiri selain mendapatkan pemandangan laut yang indah, makanan yang dijual cukup terjangkau dan tentunya nikmat. 

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan mengenai Pantai Gandoriah. Tentunya ini adalah secuil pembahasan mengenai pantai yang ada di Padang Pariaman. Masih banyak pantai, pegunungan, atau tempat-tempat indah yang ada di sana. Oleh karena itu, saksikan terus artikel-artikel perjalanan yang menarik hanya di advontura. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Menelisik Keindahan Pantai Gandoriah di Padang Pariaman

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]