Lokasi Labuan Bajo, Rute Perjalanan, & Tips Wisata

labuan bajo dimana
Sunrise di Pulau Padar Labuan Bajo (Sumber: @helminadia on Instagram)
Daftar isi

Indonesia sebagai negara kepulauan pastinya punya segudang wisata pulau yang memukau, tak terkecuali di wilayah timur Indonesia. Nah, salah satu wisata alam indah yang wajib masuk di wishlist liburanmu adalah Labuan Bajo. Lalu, apakah Advonturers masih penasaran Labuan Bajo di mana? 

Maka dari itu, simak informasi tentang lokasi, akses menuju, dan tips berlibur. Dijamin nggak bakal penasaran dan tanya lagi tentang pantai Labuan Bajo di mana, deh!

Mengenal Labuan Bajo dan Lokasinya

Memotret Pulau Padar dari Kejauhan (Sumber: @skycrewdrone on Instagram)

Pertama-tama, sebelum tau akses menuju ke pulau eksotis ini, Advonturers harus tau dulu nih lokasinya. Lalu pulau Labuan Bajo di mana ya? Nah, Labuan Bajo sendiri sebenarnya adalah nama pelabuhan kecil di ujung barat Flores, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo juga satu dari lima “Destinasi Super Prioritas” yang dikembangkan di Indonesia. 

Nggak kalah dengan kota lain di Indonesia yang sering dijadikan tujuan wisata, Labuan Bajo juga punya paket wisata unik yang nggak bisa ditemukan di tempat lain, asik kan? Meski pesisir pantai yang dimiliki tidak begitu luas seperti gambar di atas, namun Labuan Bajo punya pemandangan dataran hijau berbukit-bukit dan pastinya bisa memanjakan mata Advonturers.

Keindahan Labuan Bajo juga ditambah oleh adanya beberapa pulau kecil tak berpenghuni di sekitarnya. Selain itu, wisata pulau di Flores ini juga sebagai titik singgah utama bagi wisatawan yang ingin berwisata ke Pulau Komodo. Jadi setelah penjelasan tadi, Advonturers sudah tau kan Labuan Bajo di mana.

Artikel Terkait

Akses dan Rute Menuju ke Labuan Bajo

Ilustrasi Menuju Labuan Bajo (@sailnesia on Instagram)

Setelah mengetahui lokasi ada tiga alternatif moda transportasi menuju Labuan Bajo yang bisa Advonturers pilih, yakni menggunakan jalur udara, darat, atau laut. Kamu bisa sesuaikan transportasi yang akan digunakan sesuai dengan bujet yang ada. Berikut di antaranya.

1. Jalur Darat

Jika Advonturers tertarik menikmati perjalanan dengan transportasi darat, Advontura sudah merangkum rute lengkap dan harga tiketnya di bawah ini.

Dari Surabaya

Kalau Advonturers berencana pakai mobil pribadi dari arah Surabaya, maka harus berkendara terlebih dahulu hingga ke Pulau Bali. Lalu lanjutkan perjalananmu ke Pulau Lombok hingga Bima atau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Sape dan naik kapal ke Labuan Bajo. Harga tiket kapal berkisar antara Rp 60-100 ribu per orang.

Beda lagi kalau ingin backpacker dan naik bus. Dari Terminal Purabaya, naiklah bus ke Bali yang harga tiketnya Rp130.000 – Rp300.000/orang, tergantung kelas yang kamu pilih. Kalau sudah sampai di Bali, lanjutkan perjalananmu ke Terminal Mataram Lombok dengan bus seharga Rp225.000-Rp275.000/orang.

Jika sudah sampai di Lombok, lanjutkan perjalananmu ke Bima atau Sumbawa. Harga busnya juga hampir sama kok, yakni sekitar Rp100.000-Rp200.000. Setelah itu, lanjutkan perjalanan hingga sampai ke Labuan Bajo menggunakan kapal.

2. Dari Bali

Sebenarnya, rute dari Bali dan harga tiketnya juga hampir sama dengan rute dari Surabaya. Kalau memulai perjalanan dari Bali dengan mobil pribadi maupun bus, kamu harus terlebih dahulu menyeberang ke Pulau Lombok hingga ke Bima atau Sumbawa. Jika sudah sampai, kamu bisa lanjutkan ke Labuan Bajo dengan naik kapal. 

2. Jalur Udara

Jika Advonturers ingin menggunakan jalur transportasi udara, ada maskapai Transnusa Airlines yang secara langsung menghubungkan Labuan Bajo dengan beberapa kota di Indonesia seperti Makassar, Semarang, Balikpapan, Kupang, dan Mataram. Tentunya kalau menggunakan pesawat akan lebih praktis, namun jangan lupa kalau ada kualitas ada harga.

Sedangkan kalau Advonturers dari arah Jakarta, akses ke Labuan Bajo bisa menggunakanan dengan beberapa maskapai seperti Batik Air, Garuda, dan Citilink. Untuk waktu tempuh Jakarta-Labuan Bajo sekitar empat jam saja. Tetapi tidak perlu khawatir, masih banyak maskapai dan bandara yang bisa membawamu ke Labuan Bajo di mana saja. Untuk informasi penerbangan lebih lanjut, kamu bisa kunjungi situs pesan tiket pesawat online dan situs web maskapai yang ada.

3. Jalur Laut

Kalau Advonturers tertarik menikmati perjalanan dengan transportasi laut ke Labuan Bajo, kamu bisa menaiki kapal Leuser dari PELNI atau kapal PELNI KM Binaiya yang berangkat dari Denpasar (Benoa) ke Labuan Bajo. Supaya lebih jelas, Advontura sudah merangkum kapal apa saja beserta harga tiketnya di bawah ini.

1. Surabaya-Labuan Bajo

Nama kapal: KM Awu, KM Leuser, dan KM Niki Sejahtera.

Harga tiket: Rp160.000-Rp335.000 ribu per orang.

2. Makassar-Labuan Bajo

Nama kapal: KM Leuser, KM Wilis, KM Binaiya, dan KM Tilongkabila.

Harga tiket: Rp100.000-Rp180.000/orang.

Tips Berwisata ke Labuan Bajo

Ilustrasi Wisata ke Labuan Bajo dengan Keluarga (Sumber: @sailnesia on Instagram)

Setelah tau Labuan Bajo di mana dan bagaimana akses menujunya, Advontura mau ngasih tips biar liburanmu lebih menyenangkan dan mengesankan:

  • Pilih waktu yang tepat untuk berlibur, biasanya antara bulan Juni, Juli, dan Agustus. Bulan tersebut merupakan bulan terbaik karena cuacanya cenderung cerah dan jarang hujan. 
  • Mencari banyak sumber tentang informasi hotel maupun sailing trip dan memesannya jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, karena ada kemungkinan untuk full-booked.
  • Jangan lupa untuk membawa uang cash karena di cukup sulit menemukan ATM.
  • Sunscreen it’s a must! Jangan lupa pakai tabir surya, supaya kulit tetap sehat dan nggak terbakar.
  • Pakai baju yang nyaman dan tidak terlalu tebal. Hawa di Labuan Bajo cenderung terik, jadi gunakan baju berbahan tipis dan menyerap keringat.
  • Selalu bawa air mineral di dalam tumbler dan stay hydrated, apalagi kalau aktivitas liburanmu padat dan selalu di bawah matahari.

Itulah informasi mulai dari lokasi, rute, dan tips mengenai berlibur ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Sudah jelas kan Labuan Bajo di mana? Semoga artikel kali ini bisa jadi panduan berlibur untukmu nanti, ya!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *