Tebing Breksi Jogja: Lokasi, Tiket Masuk, & Fasilitas [SUDAH BUKA]

Tebing Breksi (sumber: @vikafhadilah on Instagram)
Tebing Breksi (sumber: @vikafhadilah on Instagram)
Daftar isi

Yogyakarta beserta seisinya selalu memiliki kejutan tersendiri bagi wisatawan. Tak hanya Parangtritis dan Malioboro, Yogyakarta memiliki objek wisata lain yang sayang bila tak dijelajahi. Salah satunya adalah wisata Tebing Breksi. Tempat wisata yang merupakan bekas tambang kapur ini tak lagi ditambang sumber daya alamnya, namun kini ditambang pesona estetiknya. Bekas tambang kapur ini disulap dan diberdayakan menjadi objek wisata edukatif bagi masyarakat.

Bagi Advonturers yang suka naik-naik tebing, medan di tempat wisata ini terbilang tak sulit, karena keberadaan anak tangga yang memudahkanmu untuk sampai ke atas tebing. Selain menawarkan pemandangan berupa tebing kapur, banyak pahatan relief bernilai seni tinggi di tiap sisi tebing ini. Tentunya, ini menjadi salah satu spot oke untukmu yang hobi berswafoto. Scroll ulasan berikut ini supaya kamu makin penasaran dengan objek wisata tebing yang satu ini!

Sejarah Tebing Breksi Jogja, Bekas Tambang dengan Pemandangan Mempesona

Sejarah Tebing Breksi Yogyakarta ini rupanya juga menarik untuk diulas. Dahulunya, tempat ini hanyalah tambang kapur yang dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pada tahun 2014, datanglah peneliti dari Institut Teknologi Bandung dan Universitas Pembangunan Nasional yang meninjau secara langsung kondisi dari tebing kapur ini. Ternyata, mereka menemukan jenis batuan langka, sehingga masyarakat dilarang menambang kapur lagi.

Tebing Kapur Breksi (sumber: @ambarestine on Instagram)
Tebing Kapur Breksi (sumber: @ambarestine on Instagram)

Meski tak lagi bisa ditambang kapurnya, objek wisata Tebing Breksi Yogyakarta kini bisa ditambang keindahannya, terutama saat sunrise dan sunset tiba. Pemandangan sekitar yang luar biasa, ditemani dengan pahatan relief pewayangan yang artistik, tentu menjadi nilai tambah bagi tempat wisata ini. Sejarah Tebing Breksi memiliki nilai edukatif tersendiri bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang terlibat langsung dalam pemberdayaan objek wisata Tebing Breksi ini. 

Info Lokasi Tebing Breksi dan Rute Menuju Ke Sana

Jika Advonturers sudah tak sabar untuk berkunjung ke Bukit Breksi, sudah tahukah kamu di mana lokasinya? Lokasi Tebing Breksi sendiri berada di kawasan Sambirejo, Prambanan, Yogyakarta. Lokasi Tebing Breksi sendiri berada kira-kira sejauh 15 km dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi Tebing Breksi, kamu dapat mengikuti rekomendasi rute perjalanan berikut ini!

Artikel Terkait

Dari pusat Kota Yogyakarta, gunakanlah jalur ringroad utara. Kamu harus melewati RS. Hermina, dan bergeraklah menuju Pertigaan Jalan Raya Solo. ikutilah rute menuju Jalan Opak Raya, kemudian ke Jalan Opak VIII. Setelahnya, menujulah ke Jl. Piyungan, dan Jl. Candi Ijo. Dari Jl. Candi Ijo, kamu tinggal melanjutkan perjalananmu hingga sampai ke Bukit Breksi. Rute perjalanan anti ribet!

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi, Jam Buka, dan Fasilitas

Ngebet ingin segera liburan tapi takut harga tiket masuk Tebing Breksi mahal? Berwisata ke Tebing Breksi Yogyakarta memanglah cocok untukmu yang ingin liburan dengan low budget. Hal ini karena harga tiket masuk Tebing Breksi hanya mulai dari Rp 10.000 saja! Jadi, kamu tak perlu lagi pusing-pusing memikirkan budget untuk membayar tiket masuk Tebing Breksi. Meski biaya tiket masuk Tebing Breksi tak mahal, kamu juga harus tetap membayar biaya parkir bila membawa kendaraan sendiri, yakni mulai Rp 2.000 – Rp 5.000 saja. 

Tebing Breksi Yogyakarta sendiri dapat kamu kunjungi mulai pukul 06.00 – 20.00, guys. Tentu momen yang tepat untuk menanti sunrise dan sunset tiba. Untuk menunjang kenyamanan wisatawan, objek wisata ini memiliki sejumlah fasilitas umum yakni: area parkir, toilet, mushala, wahana ATV, hingga kafe. 

Aktivitas Wisata yang Bisa Dilakukan di Tebing Breksi Jogja

Sudah penasaran dengan objek wisata Bukit Breksi? Simak baik-baik informasi tentang aktivitas wisata seru yang bisa kamu lakukan di sana!

1. Menikmati Pemandangan Jogja dari Atas

Karena tempat wisata ini berupa tebing, tentunya hal ini identik dengan ketinggian. Advonturers bisa coba naik ke sisi atas tebingnya untuk mendapatkan view yang luar biasa. Dari atas sini, kamu bisa menyaksikan indahnya pemandangan Yogyakarta dan sekitarnya. Hal ini semakin luar biasa saat kamu menyaksikan pemandangan saat pagi atau sore hari. Pemandangan kota saat siang hari pun sebetulnya tak kalah menarik, namun cuaca terik terkadang membuatmu tak nyaman. 

Menikmati Pemandangan dari Sisi Tebing (sumber: @_mentikgajah_ on Instagram)
Menikmati Pemandangan dari Sisi Tebing (sumber: @_mentikgajah_ on Instagram)

Terlepas dari itu semua, menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari atas tempat ini merupakan aktivitas wajib dan sama sekali tak boleh kamu lewatkan. Berfoto dari atas sini, juga akan memberikan hasil foto terbaik dan keren untukmu. Sebaiknya, kamu menggunakan sunglasses atau krim tabir surya untuk meminimalisir dampak sengatan sinar mentari!

2. Menunggu Sunrise dan Sunset

Menyaksikan kehadiran sunrise dan sunset sangat mungkin untuk kamu lakukan di sini. Jam buka tebing yang sangat pagi, memungkinkan kamu untuk menikmati keindahan matahari terbit di sekitar tempat wisata ini. Sore harinya, kamu pun bisa menyaksikan pemandangan senja sore yang memukau. Sunrise dan sunset di tempat ini tak jarang menjadi momen yang dinanti-nanti para wisatawan.

Sunset di Tebing Breksi (sumber: @syamslemoto on Instagram)
Senja di Tebing Breksi (sumber: @syamslemoto on Instagram)

Jika Advonturers tak ingin melewatkan momen sunrise dan sunset, namun takut berangkat terlalu siang atau terlalu sore, kamu bisa menyewa penginapan yang ada di sekitar tempat wisata ini ini. Dengan demikian, kamu tak perlu khawatir akan melewatkan momen sunrise dan sunset yang keren di tempat ini!

3. Berkumpul di Tlatar Seneng

Tlatar Seneng merupakan sebuah spot yang mirip dengan ampiteater di tempat wisata ini. Biasanya, Tlatar Seneng dipergunakan sebagai tempat diadakannya pertunjukan, seperti pagelaran seni, hadrah, hingga konser-konser musik. Di bagian tengah Tlatar Seneng, terdapat sebuah “panggung” yang berbentuk lingkaran dan beralaskan rumput. Hal ini tentu menambah keunikan dari Tlatar Seneng itu sendiri.

Duduk Santai di Tlatar Seneng (sumber: @rilaaaw on Instagram)
Duduk Santai di Tlatar Seneng (sumber: @rilaaaw on Instagram)

Selain dipergunakan sebagai spot pertunjukan seni, wisatawan juga gemar menjadikan Tlatar Seneng ini sebagai spot foto yang keren. Jika kamu penasaran, kamu bisa sejenak duduk-duduk santai di Tlatar Seneng ini sambil mengabadikan beberapa momen liburanmu di objek wisata Tebing Breksi Yogyakarta!

4. Berlatih Panjat Tebing

Karena tempat ini merupakan objek wisata berupa tebing, panjat tebing tentu menjadi aktivitas wajib saat berkunjung ke sini. Sayangnya, tak semua orang bisa merasakan aktivitas panjat tebing di sini. Panjat tebing di Tebing Breksi ini biasanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah professional, atau tergabung dalam komunitas panjat tebing. 

View Tebing Breksi (sumber: @indrabima_kurniawan on Instagram)
View Tebing Breksi (sumber: @indrabima_kurniawan on Instagram)

Jika kamu ingin mencoba sensasi panjat tebing di sini, cobalah untuk bergabung dengan komunitas panjat tebing, dan lakukanlah latihan kecil-kecilan terlebih dahulu, sehingga kamu bisa melakukan panjat tebing dengan aman!

5. Berfoto di Berbagai Pahatan Seni Keren

Salah satu yang menjadi daya tarik objek wisata ini adalah adanya pahatan-pahatan relief pewayangan di beberapa sisi tebing. Karya ini dipahat oleh seorang seniman yang tak lain dan tak bukan adalah masyarakat asli Jogja itu sendiri. Ketelatenan serta kerja keras seniman pahat ini menghasilkan sebuah maha karya yang artistik, sehingga relief-relief ini menjadi sebuah daya tarik bagi wisatawan.

Relief Terkenal di Tebing Breksi (sumber: @julfikaryogis on Instagram)
Relief Terkenal di Tebing Breksi (sumber: @julfikaryogis on Instagram)

Salah satu ukiran pahat yang terkenal adalah ukiran relief cerita pewayangan, dan pahatan berbentuk naga yang besar. Masyarakat menyukai ukiran-ukiran ini sehingga menjadikannya spot liburan favorit saat berkunjung ke objek wisata ini.

6. Menikmati Panorama Tebing Breksi Jogja Malam Hari

Mengunjungi objek wisata ini pada siang hari memanglah epic. Namun, sudahkah kamu mengunjungi Tebing Breksi Jogja malam hari? Pemandangannya sama sekali tak kalah menarik dibanding siang hari. Pemandangan di Tebing Breksi Jogja malam hari menawarkanmu menyaksikan indahnya tempat wisata ini diiringi gemerlap lampu-lampu yang semakin membuatnya estetik.

Tebing Breksi di Malam Hari (sumber: @jogjaseni on Instagram)
Tebing Breksi di Malam Hari (sumber: @jogjaseni on Instagram)

Menyaksikan pemandangan kota Yogyakarta dari atas tebing pada malam hari, tentu menjadi pengalaman tak terlupakan bagimu. Dinginnya udara malam tentu tak akan terasa saat kamu menatap gemerlap kota dengan lampu-lampu yang terlihat hangat. Seru banget, kan?

Baca juga: Tebing Koja Tangerang: Alamat, Tiket Masuk, & Aktivitas Wisata

Meski hanya berasal dari bekas tambang kapur, ternyata Tebing Breksi memiliki keindahan serta daya tariknya sendiri. Objek wisata ini merupakan salah satu wujud mahakarya yang patut diapresiasi, sehingga keberadaannya diharapkan mampu mendatangkan lebih banyak wisatawan. Tempat wisata yang satu ini pokoknya wajib banget masuk wishlist liburan kamu, guys! 

Berhubung pandemi belum usai, objek wisata ini tentu menerapkan sejumlah aturan kesehatan yang wajib kamu patuhi. Salah satunya adalah memakai masker, menjaga kebersihan, dan menjaga jarak. Dengan demikian, hal ini diharapkan mampu memberikan liburan yang aman dan nyaman bagi wisatawan saat pandemi. Tunggu apa lagi? Segeralah berkunjung ke wisata Tebing Breksi Jogja, ya!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *