Kembang Soka, Curug Biru Nan Menawan di Tengah Kulon Progo

Kolam Air Terjun Kembang Soka (sumber: @jogjatransporttour on Instagram)
Kolam Air Terjun Kembang Soka (sumber: @jogjatransporttour on Instagram)
Daftar isi

Tak kalah dengan objek wisata terkenal di Yogyakarta, Kulon Progo memiliki sebuah objek wisata tak biasa yang penuh dengan keunikan. Objek wisata tersebut adalah Air Terjun Kembang Soka. Air Terjun Kembang Soka merupakan objek wisata berupa air terjun yang jernih, dan berwarna kebiruan.

Sudah tahukah kamu tentang keberadaan air terjun yang penuh dengan keunikan ini? Untuk kenal lebih jauh dengan objek wisata Kembang Soka Kulon Progo ini, kamu wajib simak beberapa informasi berikut ini!

Sekilas tentang Kembang Soka, Curug Unik di Tengah Kulon Progo

Curug Kembang Soka merupakan objek wisata berupa air terjun eksotis yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Nama wisata Kembang Soka sendiri tercipta karena air terjun ini dikelilingi oleh banyak tanaman Bunga Soka. Air Terjun ini memiliki air yang sangat jernih nan berwarna kebiruan, yang berasal dari Sungai Mudal dan Sungai Miri. Air dari kedua sungai ini kemudian ditampung dalam beberapa kolam, yang digunakan wisatawan untuk berenang. 

Pesona Kolam Kembang Soka
Pesona Kolam Kembang Soka (sumber: @ahmadbastianputra on Instagram)

Menjadi sebuah hidden gem di Perbukitan Menoreh, panorama alam sekitar objek wisata ini pun masih asri terjaga, karena jauh dari hiruk pikuk kota. Objek wisata ini terbilang masih baru, namun sudah banyak dikunjungi wisatawan karena panorama alamnya masih terjaga. Dikelola oleh masyarakat setempat, Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo kini memiliki fasilitas umum yang memadai dan akses jalan yang cukup mudah dilalui. 

Artikel Terkait

Keunikan Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo

Air Terjun Kembang Soka
Air Terjun Kembang Soka (sumber: @kulonprogospotlight on Instagram)

Wisata Kembang Soka Kulon Progo juga sering disebut sebagai Air Terjun Dua Warna. Hal ini dikarenakan warna airnya sangat jernih, namun memancarkan efek warna tosca yang sangat cantik. Warna tosca ini berasal dari tumbuhan-tumbuhan yang berada di dasar air terjun. Kembang Soka merupakan air terjun tertinggi yang terletak di Perbukitan Menoreh, sehingga hal ini membuat Kembang Soka memiliki arus air yang cukup deras. 

Untuk bisa sampai ke air terjun ini, wisatawan harus melakukan trekking sejauh 200 meter. Uniknya, siapapun bisa menaklukkan medan trekking menuju Kembang Soka, karena akses jalannya yang mudah untuk dilalui. Selain itu, kesan alami dari air terjun ini begitu kental terasa, karena kondisi alam sekitar objek wisata ini masih sangat asri. Begitu memasuki tempat wisata ini, kamu akan langsung disambut oleh suara gemericik air yang mampu memanjakan telinga. 

Rute Ke Air Terjun Kembang Soka

Lokasi Air Terjun Kulon Progo berada di kawasan Gunung Kelir, Girimulyo, Kulon Progo. Setelah mengetahui lokasinya, sudahkah Advonturers tahu rute jalan menuju air terjun cantik ini? Berikut ini Advontura informasikan rekomendasi rute perjalanan yang berangkat dari tiga titik. Catat dan simak baik-baik!

1. Dari Yogyakarta

Bagi kamu yang berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, rute perjalanan menuju Curug sama sekali tak ribet, lho. Pertama, kamu harus bergerak menuju ke Jalan Nanggulan. Kemudian, lanjutkan perjalananmu hingga sampai di kawasan Girimulyo. Dari sini, kamu tinggal mengikuti petunjuk arah hingga sampai ke destinasi tujuan, yakni Curug Kembang Soka.

2. Dari Jawa Timur

Jika Advonturers berasal dari Jawa Timur, kamu dapat mengawali rute perjalanan menuju air terjun ini dari Kota Surabaya. Kamu dapat bergerak melintasi Tol Surabaya-Gempol, hingga sampai di Tol Solo-Ngawi. Dari Tol Solo-Ngawi, exit Colomadu, dan bergeraklah menuju pusat Kota Yogya melewati Klaten dan Prambanan. Kemudian, menujulah ke Jalan Nanggulan, hingga sampai di Girimulyo. Dari Girimulyo, kamu tinggal mengikuti petunjuk arah untuk sampai ke tempat wisata tujuanmu!

3. Dari Semarang

Bagi Advonturers yang berangkat dari Semarang, kamu bisa melintasi jalan tol supaya lebih cepat sampai. Pertama, kamu bisa melintasi Tol Semarang – Solo, kemudian exit Boyolali. Kemudian, menujulah ke pusat kota Yogyakarta via Klaten dan Prambanan. Setelah sampai di pusat Kota Yogyakarta, menujulah ke Jalan Nanggulan. Lanjutkan perjalananmu menuju kawasan Girimulyo, dan ikuti petunjuk arah menuju Curug Kembang Soka.

Info Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Kembang Soka

Terkait dengan jam buka objek wisata ini, ternyata, kamu bisa mengunjunginya selama 24 jam non stop, lho. Jadi, kamu bisa bermain air sepuasnya karena pihak pengelola tak menerapkan jam buka-tutup. Selain itu, objek wisata ini banyak dikunjungi wisatawan karena harga tiket masuknya yang sangat murah, yaitu Rp 10.000 saja. Murah banget, kan?

Tak hanya membayar biaya tiket masuk, bagi kamu yang membawa kendaraan sendiri, kamu wajib membayar biaya parkir. Namun tenang saja, biaya parkirnya hanyalah kisaran Rp 2.000-Rp 5.000 saja. Berwisata ke air terjun ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berwisata seru dengan budget terbatas!

Fasilitas Wisata Kembang Soka Kulon Progo

Untuk menunjang kenyamanan wisatawan, tentu saja objek wisata ini memiliki fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan. Beberapa fasilitas umum tersebut antara lain: area parkir memadai, mushola, toilet, dan warung makan. Adapun fasilitas lain bagi kamu yang suka berenang, air terjun ini memiliki kolam dengan air jernih nan berwarna kehijauan. Dengan adanya fasilitas-fasilitas ini, diharapkan wisatawan tetap bisa berwisata dengan nyaman dan menyenangkan.

Aktivitas untuk Dilakukan di Air Terjun Kembang Soka

Siapa yang sudah semakin penasaran dengan si air terjun cantik ini? Kamu wajib simak lima rekomendasi aktivitas wisata seru yang dapat kamu lakukan di sana, check this out!

1. Bermain di Titik Air Terjun

bermain di air terjun kembang soka
Bermain di Titik Air Terjun Kembang Soka (sumber: @corigunawann on Instagram)

Bermain di titik air terjun ini merupakan agenda wajib kamu kala berwisata di sini. Merasakan segarnya tubuh yang diguyur langsung oleh air mengalir, akan membuatmu lebih betah berlama-lama di sini. Duduk santai sembari menikmati aliran air yang melewati bebatuan air terjun yang tersusun rapi, menjadi aktivitas wisata tak terlupakan untukmu. 

2. Berenang Menggunakan Ban

berenang di kembang soka
Mengapung Bersama Ban di Kembang Soka (sumber: @marialiemyeli on Instagram)

Mengapung bersama ban di atas air jernih nan berwarna tosca, juga merupakan aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini. Selagi mengapung bersama banmu di atas air, kamu juga bisa santai-santai sejenak. Bagi kamu yang tak bisa berenang di tempat yang lumayan dalam, kamu bisa menyewa ban di tempat persewaan yang ada, supaya kamu tetap bisa merasakan serunya berenang di kolam air terjun ini!

3. Menyelam

menyelam di curug
Berenang di Kolam (sumber: @kabar_in on Instagram)

Menyelam di air jernih nan berwarna tosca, merupakan aktivitas seru bagi kamu, si pecinta snorkeling. Siapa bilang kamu tak bisa melakukan snorkeling di kolam air terjun? Justru kejernihannya yang menjadi daya tarik tersendiri. Sambil menyelam, mengambil foto keren dengan gaya underwater juga seru untuk dilakukan.

4. Piknik Bersama Keluarga

Menikmati curug
Beristirahat di Dekat Air Terjun Kembang Soka (sumber: @epanstill09_ on Instagram)

Sambil menikmati keindahan alam sekitar Air Terjun, piknik bersama keluarga merupakan salah satu opsi seru untukmu. Merasakan sejuknya udara alam, sambil menyantap kudapan-kudapan kecil ditemani cengkrama hangat bersama keluarga, merupakan momen menyenangkan yang tak setiap waktu terjadi. Piknik juga mampu menjadi solusi bagi kamu yang kelelahan setelah seharian bermain dan berenang di air terjun.

5. Berfoto di Spot Alam Instagrammable

spot foto
Berfoto di Tengah Panorama Alam Kembang Soka (sumber: @yuni_kurniasari95 on Instagram)

Bicara soal spot foto instagrammable, segala sisi dari air terjun ini merupakan spot yang keren, terutama spot alamnya. Banyak spot alam yang bisa kamu jadikan background fotomu di sini, mulai dari air terjun, pepohonan rimbun, hingga kolamnya. Bagi Advonturers yang hobi mengoleksi foto dengan keindahan alam, Air Terjun Kembang Soka cocok menjadi destinasi wisata tujuan kamu!

Baca juga: Blue Lagoon Jogja: Tiket Masuk, Alamat, & Spot Foto Kerennya

Setelah membaca sedikit ulasan tentang Curug Kembang Soka di atas, kamu pasti sudah tertarik dan tak sabar untuk segera berwisata ke sini. Objek wisata ini merupakan pilihan yang bagus untukmu yang sejenak ingin melepas penat saat liburan. Di balik aktivitas wisata yang menyenangkan, wisatawan juga wajib menjaga kondisi alam di sekitar air terjun ini, karena lingkungannya yang masih asri. So, selagi berwisata, jagalah kondisi sekitar tempat wisata yang kamu kunjungi, jangan sampai mengotori, apalagi merusak. Enjoy the holiyay!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *