1. Gunung

Kawah Wurung: Harga Tiket, Lokasi, dan Kegiatan Menarik

Kawah Wurung adalah salah satu pesona wisata alam yang menakjubkan di Bondowoso. Lokasinya berada tidak jaug dari wisata Kawah Ijen. Bagi kamu yang sering mengunjungi Malang atau Bondowoso, pasti pernah mendengar nama kawah ini, setidaknya sekelebat saja.

Pada kesempatan kali ini, Advontura akan membahas lebih dalam mengenai tempat wisata menarik ini, mulai dari harga tiket, lokasi, sampai kegiatan apa saja yang dapat kamu lakukan. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Tentang Kawah Wurung

Kawah Wurung merupakan sebuah kawah mati/tidak aktif yang dikelilingi oleh bukit-bukit kecil dengan rerumputan hijau yang menyelimutinya layaknya permadani. Pesona kawah ini sering dibandingkan dengan keindahan padang rumput yang ada di Selandia Baru, dan bahkan ada yang menyebutnya sebagai “Jamrud Bondowoso.”

Sumber: Phinemo

Nama “Wurung” sendiri, dalam bahasa Jawa, mengandung arti tidak jadi atau gagal. Oleh karena itu, dapat diinterpretasikan bahwa Kawah Wurung adalah kawah yang tidak berhasil terbentuk.

Fungsi Kawah Wurung

Dari segi sejarah dan keelokan Kawah Wurung, saat ini destinasi wisata tersebut telah menjadi salah satu bagian penting di Bondowoso yang mendapat pengakuan internasional dan sertifikasi dari UNESCO Global Geopark (UGG) di Maroko sebagai Ijen Geopark.

Wilayah Ijen Geopark di Bondowoso menyimpan warisan geologi berupa kaldera terluas di Jawa. Sekitar 70.000 tahun yang lalu, gunung Ijen Purba mengalami letusan super eksplosif, meninggalkan dapur magma yang kosong dan membentuk morfologi kaldera luas. 

Sumber: Wikipedia

Kaldera ini juga disertai dengan munculnya 22 anak gunung di dalam dan di sekitarnya. Wilayah Ijen Geopark di Bondowoso mencakup 14 Kecamatan dengan 10 Situs Geologi, 2 Situs Biologi, 3 Situs Budaya Benda, dan 2 Budaya Tak Benda.

Pemerintah Kabupaten Bondowoso saat ini aktif mengembangkan Geowisata melalui konsep Geopark yang menarik minat wisatawan. Pengembangan konsep Geopark ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Pemerintah, Swasta, dan masyarakat Bondowoso.

Pengembangan Geopark menjadi konsep yang bersifat multidimensi dan multidisiplin, membutuhkan sinergi dari semua pihak. Manajemen Geopark bertujuan untuk konservasi, edukasi, dan pembangunan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan. Keterlibatan aktif dari masyarakat dan pemerintah daerah menjadi kunci dalam memastikan bahwa Geopark dapat menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap bumi dan lingkungan sekitarnya.

Harga Tiket Masuk Kawah Wurung

Perum Perhutani Bondowoso, sebagai pengelola wisata, mematok harga tiket masuk bagi kamu yang ingin menikmati obyek wisata ini. Wisatawan domestik harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000, sedangkan wisatawan mancanegara membayar tiket masuk sebesar Rp20.000. Untuk jam operasionalnya, area wisata kawah buka dari jam 08.00 hingga jam 16.00 WIB.

Lokasi Kawah Wurung

Jarak antara Bondowoso dan Kawah Wurung adalah sekitar 54,8 kilometer, dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam 42 menit melalui Jalan Kawah Ijen. Tempat wisata ini terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Perjalanan dari Kota Bondowoso dapat memakan waktu dua hingga tiga jam.

Sejauh mata memandang, pengunjung akan melihat pemandangan luas rumput dan bukit-bukit yang hijau. Keindahan alam ini sangat cocok untuk bersantai atau sekadar melepaskan diri dari hiruk pikuk perkotaan.

Kawah Wurung menjadi destinasi wisata yang ramah keluarga, ideal untuk perjalanan bersama keluarga. Pengunjung dapat membawa tikar dan menikmati piknik sambil menikmati keindahan alam di sekitar kawahnya.

Sumber: Wikipedia

Rute Menuju Kawah Wurung

Ada dua rute yang dapat kamu pilih untuk mencapai Kawah Wurung, yaitu melalui jalur Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Untuk mencapai kawah ini melalui jalur Bondowoso, wisatawan dapat mengikuti rute menuju Kawah Ijen hingga mencapai Desa Sempol.

Sementara itu, untuk rute melalui Banyuwangi, perjalanan menuju Kawah Wurung mirip dengan rute menuju Kawah Ijen, dengan jarak sekitar 40 kilometer. Setelah mencapai pos pendakian Kawah Ijen, perjalanan dapat kamu lanjutkan ke arah jalur Bondowoso.

Keunikan dari perjalanan menuju Kawah Wurung via Banyuwangi adalah melewati air terjun Kali Pahit. Air terjun ini memperoleh warna kehijauan karena tingginya kandungan sulfur yang berasal dari rembesan danau Kawah Ijen.

Wisatawan dapat menggunakan mobil atau sepeda motor untuk mencapai kawasan perbukitan “Teletubbies” ini. Namun, perlu kamu ingat bahwa kondisi jalan menuju objek wisata ini belum sepenuhnya beraspal, dengan jalan yang bergelombang dan sempit.

Dalam perjalanan menuju Kawah Wurung, pengunjung akan menghadapi jalan menanjak dan bergelombang sejauh sekitar 100 meter yang dikenal sebagai Tanjakan Cinta. Setelah mencapai ujungnya, pengunjung akan tiba di puncak bukit yang berbentuk melingkar, dikenal sebagai Bukit Cincin.

Menurut informasi, waktu perlu kamu tempuh untuk mencapai puncak bukit hanya sekitar 15 menit dengan jalur pendakian yang tidak terlalu terjal.

Kegiatan Menarik di Kawah Wurung

Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan di Kawah Wurung.

Bersepeda

Banyak wisatawan yang menikmati kawasan wisatanya dengan cara bersepeda. Mereka menikmati setiap tantangan tanjakan, turunan, dan kelokan perbukitan. Jika tidak membawa sepeda, pastikan untuk tetap menjelajahi tempat ini dengan berjalan kaki melalui jalur setapak yang telah disediakan. Apapun aktivitasnya, merasakan suasana sejuk di pegunungan yang mencapai ketinggian di atas 1500 meter di atas permukaan laut yang begitu damai, merupakan pengalaman yang tidak boleh dilewatkan.

Sumber: Bondowosotourism

Berkemah 

Alternatif lainnya adalah pengunjung dapat membuka tikar atau duduk lipat sambil menikmati makanan yang mereka bawa. Pengunjung juga memiliki opsi untuk berkemah di tempat ini, tetapi penting untuk mendapatkan izin dari petugas terkait. Harap kamu ingat bahwa di area ini tidak tersedia sumber air bersih, oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan diri untuk membawa cukup bekal air minum.

Baca Juga: 5 Tempat Camping di Malang yang Menenangkan Jiwa dan Raga

Demikian pembahasan Advontura mengenai harga tiket, lokasi, dan kegiatan menarik yang dapat kamu lakukan di Kawah Wurung. Semoga penjelasan kali ini dapat membantu kamu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kawah Wurung: Harga Tiket, Lokasi, dan Kegiatan Menarik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]