1. Pantai

Pantai Kolbano, Mutiara Tersembunyi di Timor Tengah Selatan

Daerah Timor Tengah Selatan mungkin terdengar asing di telinga kamu. Oleh karena itu, Advontura akan mengenalkanmu pada daerah ini sekaligus pantai indahnya yang bernama Pantai Kolbano. Yuk, ikuti pembahasan lebih dalamnya bersama Advontura kali ini!

Sejarah Pantai Kolbano

Tidak akan lengkap rasanya menjelajahi dunia pariwisata tanpa kisah-kisah menarik dan legenda-legenda yang hidup di tengah masyarakat. Dan begitu juga dengan Pantai Kolbano, memiliki sebuah cerita legenda yang menarik untuk kita simak.

Pada zaman dahulu, di suatu tempat bernama Balka ma Laepun, hiduplah seorang kepala suku dari suku Sole yang juga masyarakat akui sebagai raja dari sebuah kerajaan bernama Pne Faifnome. Kerajaan ini memiliki wilayah kekuasaan yang meliputi Hu moen, Pah nai, Balka, dan Laepun.

Sumber: Wikipedia

Suku Sole menjadikan Faifnome sebagai simbol suku mereka, yang memiliki makna “bintang fajar.” Pada suatu waktu, Raja Sole memerintahkan anak buahnya untuk membuat kebun milik raja di daerah yang bernama Noe Sop.

Kebun tersebut ditanam dengan tanaman bernama Sain, sebuah jenis tumbuhan jemawut dengan biji kecil bulat dan halus. Tumbuhan ini tumbuh dalam kelompok, dan daunnya mirip dengan daun padi.

Suatu hari, para pengawal lengah sehingga tanaman Sain dimakan oleh kolsain, burung-burung yang gemar memakan Sain. Hal ini menyebabkan kepanikan di antara mereka, terutama karena kabar bahwa sang raja berencana untuk melihat kebun Sain tersebut.

Raja Sole pun bertanya mengapa tanaman Sain miliknya rusak. Pengawal-pengawal ini akhirnya berbohong demi ketakutan mereka. Namun, raja dengan bijaksana memahami kecemasan mereka dan akhirnya memberi nama daerah tersebut “Kolbano,” yang berarti burung yang bersuara seperti giring-giring.

Daya Tarik Pantai Kolbano

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya, Pantai Kolbano memiliki karakteristik unik pada pasirnya. Pasir di sini tidak seperti pasir halus yang umumnya kamu temukan di pantai-pantai lain. Sebaliknya, pasir di sini memiliki tekstur yang agak kasar karena terdiri dari gumpalan bebatuan yang membentuk pasir yang memikat dan eksotis. Bebatuan-bebatuan ini memberikan sentuhan berbeda yang membuat pantai ini terasa lebih menarik.

Jika kamu amati dengan cermat, bebatuan yang berada di tepi pantai ini menampilkan beragam warna. Tidak hanya putih saja, tetapi ada juga warna peach, jingga, coklat, abu-abu kehijauan, dan bahkan warna pink yang menarik perhatianmu untuk tinggal berlama-lama di tempat wisata ini dan bermain-main dengan bebatuannya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Kolbano

Meskipun akses ke tempat ini agak sulit karena belum ada transportasi umum yang memadai, tetapi pengunjung tidak perlu khawatir karena dapat menyewa kendaraan dari Kota Kupang sebelumnya.

Kondisi jalan menuju Kawasan Kolbano memiliki variasi yang cukup menarik. Pengunjung akan melewati jalan berkelok-kelok, tanjakan, dan turunan yang memberikan sensasi adrenalien. Namun, jangan khawatir, karena sepanjang perjalanan, pengunjung akan menyaksikan berbagai pemandangan dan panorama alam yang beragam. 

Sumber: Wikipedia

Mulai dari ladang dan sawah penduduk desa sekitar, hingga perbukitan yang menghampar dan tebing-tebing menjulang yang memberikan keindahan tersendiri. Bahkan, beberapa rumah adat khas daerah tersebut juga bisa kamu temukan di sepanjang jalan.

Setelah melintasi jarak sekitar 135 km dari Kota Kupang, pengunjung akan sampai di pantai yang banyak bebatuan krikil warna-warni di tepi pantai. Pemandangan ini akan mempesona para pengunjung. Paduan warna biru air laut dan hamparan batu kerikil yang berwarna-warni di Pantai Kolbano memberikan panorama yang tidak dapat terungkapkan oleh kata kata.

Harga Tiket Masuk Pantai Kolbano

Dengan biaya masuk yang terjangkau, yakni sekitar Rp2.000-Rp5.000 untuk pengunjung yang membawa kendaraan, kamu sudah dapat menikmati keindahan Pantai Kolbano. Namun sayangnya, di pantai ini belum tersedia fasilitas umum yang lengkap bagi para pengunjung. Hanya beberapa lopo-lopo (mirip dengan bale-bale atau gazebo) yang tersedia sebagai tempat istirahat untuk para pengunjung.

Sumber: Kabupaten TTS

Fasilitas di Sekitar Lokasi

Bagi wisatawan yang berniat berkunjung ke Pantai Kolbano, kamu dapat membawa bekal makanan dan minuman karena daerah sekitar Pantai Kolbano masih sangat sepi dan minim warung yang menjual makanan dan minuman. 

Pantai Kolbano tentu menjadi destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan bagi kamu sang pecinta wisata alam. Atau bagi kamu para penggemar batu-batu unik, tidak ada salahnya untuk menikmati pesona hamparan kerikil berwarna-warni yang menajubkan di Pantai Kolbano ini.

Obyek Wisata Pantai Kolbano

Para wisatawan dapat menemukan berbagai obyek wisata yang menarik di pantai ini. Berikut adalah obyek wisata tersebut.

Keindahan Pasir Putih

Keberadaan pasir putih yang eksotis juga menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Kolbano. Kombinasi warna pasir putih dengan kerikil berwarna menciptakan suasana yang menarik. Pemandangan ini juga sangat cocok untuk menjadi latar belakang foto yang indah di media sosial, terutama Instagram.

Paduan antara pasir dan kerikil serta suara ombak yang tenang menambah kesan eksotis di Pantai Kolbano. Ombak di pantai ini tidak begitu besar, sehingga menciptakan suasana yang lebih tenang dan nyaman.

Gazebo di Tepi Pantai

Salah satu fasilitas yang tersedia di Pantai Kolbano adalah gazebo-gazebo yang terletak di tepi pantai. Gazebo-gazebo ini disediakan agar pengunjung dapat duduk dan menikmati pemandangan laut yang luas. Namun, perlu kamu ingat bahwa di sekitar pantai belum terdapat penjual makanan, jadi, bagi wisatawan, dapat membawa bekal makanan sendiri.

Sumber: Wikipedia

Keindahan Laut

Pantai Kolbano juga terkenal dengan keindahan air lautnya yang jernih dan bersih, serta pasir kerikil berwarna-warni yang indah. Pemandangan laut yang menakjubkan membuat panorama pantai ini semakin memukau. Pengunjung bisa menikmati momen santai dengan duduk di tepi pantai bersama keluarga sambil menikmati makanan lezat yang sudah kamu bawa. Suasana alam yang menenangkan semakin melengkapi pengalaman liburan di Pantai Kolbano.

Batu Fun Un

Salah satu objek menarik lainnya di Pantai Kolbano adalah batu bernama Fun Un yang memiliki bentuk mirip kepala singa jika kamu lihat dari samping. Pengunjung dapat naik ke atas batu ini dan menikmati panorama luas Laut Pantai Kolbano. Air laut yang bening dan jernih membuat spot foto dari atas batu “Fun Un” sangat memukau. Banyak wisatawan menjadikan batu “Fun Un” sebagai latar belakang foto Instagramable karena pemandangan yang spektakuler dapat terabadikan dengan baik dari atas batu ini.

Batu Kerikil Berwarna-Warni

Salah satu daya jual atau keunikan dari Pantai Kolbano yang sangat menarik minat para wisatawan untuk dikunjungi adalah batu kerikil berwarna-warni. Pemandangan ini sangat cantik dan cocok untuk diabadikan dalam foto, terutama untuk konten Instagram.

Banyak orang, terutama kaum muda, tertarik mengunjungi tempat ini. Batu kerikil ini sering dianggap mirip dengan batu permata, sehingga beberapa orang menyebutnya “batu akik”. Keindahan kerikil berwarna-warni ini sudah menjadi daya tarik yang cukup kuat sehingga perjalanan jauh untuk mencapai pantai ini terbayar dengan pemandangan yang memukau.

Baca Juga: Pantai Pulisan, Pantai Indah nan Eksotis di Sulawesi Utara

Demikian pembahasan Advontura mengenai Pantai Kolbano yang merupakan mutiara tersembunyi di Timor Tengah Selatan. Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat untukmu ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Kolbano, Mutiara Tersembunyi di Timor Tengah Selatan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]