Curug Ciherang Jonggol: Lokasi, Tiket Masuk, dan Spot Wisata

Air Terjun Ciherang (sumber: @rtn.cahya19_ on Instagram)
Daftar isi

Kota Bogor terkenal memiliki banyak objek wisata alam yang elok dan memukau. Tak hanya populer dengan objek wisata Puncak, Bogor juga memiliki objek wisata alam lain yang tak kalah daya tarik. Objek wisata alam tersebut adalah Air Terjun Ciherang, yang terletak di kawasan Jonggol. Air terjun eksotis ini sekarang telah dirubah menjadi objek wisata yang lebih modern dan memiliki lebih banyak fasilitas wisata.

Tak hanya air terjun, banyak spot wisata seru seperti kolam renang, jembatan gantung, dan rumah pohon yang bisa kamu temukan di sini. Sudah tahukah kamu dengan objek wisata berupa air terjun yang satu ini? Air Terjun Ciherang bisa jadi referensi liburan kamu, lho. Yuk, cari tahu tentang lokasi, harga tiket masuk, serta spot wisata favorit yang ada di Air Terjun Ciherang dalam ulasan berikut ini!

Curug Ciherang Bogor, Air Terjun Elok nan Eksotis di Bogor

Air Terjun Ciherang merupakan salah satu objek wisata berupa air terjun yang berada di kawasan Jonggol. Air Terjun Ciherang memiliki pesona alam yang sama sekali tak kalah saing dengan objek wisata alam lain yang ada di Bogor. Seperti arti namanya, yakni Ciherang, air terjun ini memiliki air yang sangat jernih bak kristal. Hal ini adalah dasar mengapa objek wisata yang satu ini diberi nama Curug Ciherang.

Curug Ciherang Bogor
Curug Ciherang Bogor (sumber: @dmatchaholic on Instagram)

Gemuruh air terjun di objek wisata yang satu ini mampu memanjakanmu saat liburan. Ditemani pepohonan rimbun, Air Terjun Ciherang ini semakin asyik untuk dipandang. Selain itu, udara sejuk khas pegunungan pun turut dapat kamu rasakan di sini. Berwisata ke Air Terjun Ciherang Jonggol sangat cocok bagi Advonturers yang sejenak ingin rehat dari pekerjaan sehari-hari dengan menjauh dari keramaian kota.

Artikel Terkait

Lokasi Curug Ciherang Jonggol & Rutenya

Advonturers, sudahkah kamu tahu di mana lokasi Curug Ciherang Jonggol? Lokasi Curug Ciherang Jonggol sendiri terletak di kawasan Sirnajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Lokasi Curug Ciherang Jonggol ini berada tak jauh dari kawasan wisata Puncak, lho, guys. Jika sudah tak sabar untuk segera main-main ke objek wisata yang satu ini, kamu harus simak rekomendasi rute Curug Ciherang Jonggol berikut ini!

Rute Curug Ciherang Jonggol dapat kamu tempuh dari Jakarta. Berangkat dari Jakarta, kamu bisa melewati kawasan Cibinong, kemudian ambillah jalur flyover menuju Jl. Raya Mayor Oking Jayaatmadja. Lanjutkan perjalananmu hingga sampai di kawasan Citeureup. Kemudian, bergeraklah ke arah kawasan Cipanas, lalu ke Jonggol. Setelah sampai di Jonggol, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk arah yang ada hingga sampai ke destinasi tujuan, yakni Air Terjun Ciherang.

Tiket Masuk Curug Ciherang Jonggol & Jam Operasional

Siapa bilang bahwa berwisata seru ke Air Terjun Ciherang Jonggol akan memakan banyak biaya. Kenyataannya tidak, guys. Harga tiket masuk Curug Ciherang pun terbilang cukup terjangkau. Harga tiket masuk Curug Ciherang Jonggol adalah Rp40.000 saja. Tak hanya dikenai biaya tiket masuk Curug Ciherang Jonggol, bagi kamu yang membawa kendaraan sendiri wajib membayar biaya retribusi parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat.

Adapun jam operasional dari objek wisata yang satu ini adalah pada pukul 07.00 – 18.00 setiap harinya. Jam operasional ini tentu cukup untukmu seharian berwisata di sini. Namun, kamu tak perlu khawatir bila masih ingin berlama-lama di sini. Supaya wisatamu makin seru di objek wisata yang satu ini, kamu bisa menyewa penginapan di sekitar Air Terjun Ciherang Jonggol, atau menyewa camping ground yang ada. 

Fasilitas di Air Terjun Ciherang Bogor

Untuk menunjang kenyaman wisatawan, Air Terjun Ciherang memiliki sederet fasilitas yang bisa kamu manfaatkan. Adapun fasilitas tersebut antara lain: area parkir memadai, kamar ganti, toilet, kamar bilas, dan warung makan. Selain itu, terdapat fasilitas lain seperti area berkemah atau camping ground, yang membuatmu tak perlu bingung lagi mencari penginapan di Curug Ciherang Jonggol. Namun, jika kamu tak ingin berkemah, kamu bisa mencari penginapan di sekitar Curug Ciherang yang tak jauh dari lokasi wisata.

Spot Wisata Menarik di Curug Ciherang Bogor

Sudah tak sabar untuk jalan-jalan ke Air Terjun Ciherang Jonggol? Berikut ini spot-spot wisata yang wajib kamu jelajahi di sana!

1. Air Terjun

Air terjun merupakan spot wisata yang wajib kamu kunjungi di Air Terjun Ciherang Jonggol. Pesona air terjun yang eksotis ditambah dengan rimbunnya pepohonan akan memanjakan kamu, si pecinta alam. Berwisata ke air terjun ini sangat cocok bagi kamu yang sejenak ingin menyatu dengan alam dan menjauhi hiruk pikuk kota. Pemandangan alam sekitar air terjun ini akan turut membuatmu terpukau, diiringi dengan udara sejuk khas dataran tinggi.

Air Terjun Ciherang (sumber: @rtn.cahya19_ on Instagram)
Air Terjun Ciherang (sumber: @rtn.cahya19_ on Instagram)

Di air terjun ini, wisatawan bisa bermain air serta berenang di sekitaran air terjunnya. Jika kamu tak ingin basah-basahan, sekadar merendam kaki dan merasakan sejuknya air juga menjadi opsi yang bagus untukmu. Tak jarang air terjun ini menjadi spot foto yang diburu wisatawan karena eksotismenya. 

2. Rumah Pohon Curug Ciherang

Rumah Pohon Curug Ciherang Jonggol merupakan spot wisata di Air Terjun Ciherang Jonggol yang sangat terkenal. Wisatawan berbondong-bondong untuk menjadikan Rumah Pohon Curug Ciherang ini sebagai spot foto. Selain karena estetik, naik ke atas rumah pohon ini akan memberikan pengalaman wisata terbaik untukmu, guys.

Rumah Pohon Curug Ciherang
Rumah Pohon Curug Ciherang (sumber: @itapurnamasari on Instagram)

Dari atas Rumah Pohon Curug Ciherang ini, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan alam yang memukau dari ketinggian. Menikmati pemandangan alam sekitar Air Terjun Ciherang dari ketinggian akan memberikan kesan tersendiri, karena wisatawan dapat menyaksikan pemandangan sekitar secara keseluruhan.

3. Kolam Renang

Tak hanya air terjun, kini objek wisata Air Terjun Ciherang sudah disulap menjadi objek wisata yang lebih modern dengan lebih banyak fasilitas wisata. Salah satu fasilitas wisata terbaru di sini ialah kolam renang. Kolam renang di sini turut menjadi salah satu spot wisata yang diburu masyarakat, karena memiliki fasilitas wahana air memadai layaknya sebuah waterboom.

Kolam Renang Curug Ciherang Bogor
Kolam Renang Curug Ciherang Bogor (sumber: @musfiraaa_m on Instagram)

Bila Advonturers berkunjung ke Curug Ciherang Bogor, jangan lupa sempatkan diri untuk berenang di kolam renang yang ada di sini. Karena akan sangat rugi bila kamu tak menyempatkan diri untuk merasakan sejuknya air kolam renang yang belum tentu ada di tempat lain!

4. Jembatan Gantung

Jembatan gantung merupakan spot wisata yang menantang adrenalin, bagi kamu si petualang. Jembatan gantung ini turut menjadi spot favorit wisatawan kala berkunjung ke Curug Ciherang. Bahkan, tak jarang wisatawan harus rela mengantre panjang demi bisa berburu foto keren di jembatan gantung ini.

Jembatan Gantung
Jembatan Gantung (sumber: @mf_t_a_ on Instagram)

Jembatan gantung ini terlihat sangat estetik dan instagramable. Maka dari itu, rugi bila wisatawan yang berkunjung ke Curug Ciherang tidak menyempatkan diri untuk berswafoto ria di jembatan gantung.

5. Camping Ground

Mencari penginapan di Curug Ciherang Jonggol? Sebenarnya, banyak jenis penginapan yang bisa kamu temukan di sana. Di sekitar objek wisata yang satu ini, kamu dapat menemukan villa, hotel, hingga homestay. Namun, bila kamu tak memiliki cukup budget untuk menginap di penginapan mahal, kamu bisa berkemah dengan menyewa camping ground yang ada di Curug Ciherang Bogor.

Camping Ground
Camping Ground (sumber: @bogorcampers on Instagram)

Sensasi bermalam di camping ground ini tentu tak kalah dengan bermalam di hotel berbintang. Di sini, kamu bisa menyaksikan pemandangan sunrise dan sunset secara langsung dengan sesuka hati. Selain itu, kamu akan lebih menyatu dengan alam, dan turut merasakan angin yang berhembus di sekitarnya. Tak akan rugi bila kamu lebih memilih untuk berkemah di camping ground ini!

6. Spot Foto Instagramable

Meskipun setiap sisi dari objek wisata ini terlihat instagramable, masih banyak spot foto keren yang memang didesain sebagai spot foto wisatawan. Bagi kamu yang suka berswafoto ria, berkunjung ke Curug Ciherang Bogor memanglah tak ada ruginya. Bahkan, wisatawan kerap mengunjungi objek wisata yang satu ini hanya untuk berburu foto keren, lho.

Spot Foto
Spot Foto Curug(sumber: @musfiraaa_m on Instagram)

Mengambil foto dengan latar belakang air terjun serta alam di sekitarnya pun tak kalah menarik untuk dilakukan. Berkunjung ke objek wisata yang satu ini akan membuatmu memiliki banyak koleksi foto yang instagramable!

Baca juga: Kembang Soka, Curug Biru Nan Menawan di Tengah Kulon Progo

Setelah mengetahui beberapa informasi tentang Air Terjun Ciherang Jonggol, spot wisata manakah yang menarik hatimu? Bagi Advonturers yang menyukai wisata alam, dan ingin sejenak meninggalkan keramaian kota dan menyatu dengan alam, objek wisata yang satu ini merupakan opsi terbaik untukmu. Segeralah berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, dan kamu akan merasakan bagaimana serunya berwisata menyatu dengan alam.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *