Desa Wisata Malasari Bogor: Harga Tiket Masuk, Rute, & Penginapan

Desa wisata malasari
Photo by utfanbudiman
Daftar isi

Tahukah kalian jika terdapat destinasi liburan asik bernama Desa Wisata Malasari Bogor? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya di sini.

Menghabiskan waktu berlibur dengan berkunjung ke Kabupaten Bogor memanglah pilihan yang tepat. Banyak destinasi wisata alam maupun wisata buatan yang dapat dimasukkan ke dalam list liburan.

Keindahan alam dan udara pegunungan yang sejuk menjadi daya tarik sendiri yang dimiliki oleh Kabupaten Bogor dan sekitarnya. Tidak heran, perjalanan menuju daerah Bogor selalu ramai dipadati wisatawan setiap akhir pekan atau hari libur sekolah. Salah satu objek wisata yang sedang naik daun dan wajib untuk dikunjungi saat berlibur ke Bogor adalah Desa Wisata Malasari.

Desa Wisata Malasari merupakan objek wisata di Kabupaten Bogor yang menawarkan kehidupan pedesaan asri dengan pemandangan alam yang indah. Desa Malasari dikelilingi dengan berbagai keindahan alam seperti hamparan perkebunan teh yang luas, area persawahan, sungai, dan juga air terjun.

Tidak hanya pemandangan alam sekitarnya saja yang indah, adat istiadat dan budaya warisan leluhur yang dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat setempat membuat tempat wisata ini menjadi sebuah paket berlibur yang lengkap. 

Artikel Terkait

Tiket Masuk dan Penginapan Desa Wisata Malasari

Dengan berbagai keindahan alam yang dimiliki, pengunjung tidak akan puas jika mengunjungi Desa Malasari Bogor hanya satu hari saja. Maka dari itu pengelola sudah menyiapkan penginapan desa wisata malasari untuk wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lama di kawasan desa.

Penginapan desa wisata malasari menawarkan konsep homestay tradisional khas pedesaan. Udara sejuk dan dingin khas pegunungan menjadi salah satu alasan wisatawan betah menghabiskan waktu di penginapan desa wisata malasari.

Jika tidak ingin menginap di penginapan, pengunjung dapat bermalam di desa Malasari dengan mendirikan tenda pada area perkemahan yang telah disediakan.

Pengunjung yang memilih bermalam di area perkemahan maupun penginapan desa wisata malasari dapat menikmati keindahan sunrise dari balik perbukitan dan Gunung Salak. Penginapan desa wisata Malasari mematok harga mulai dari Rp.150.000 per malam untuk satu kamar yang dapat dihuni oleh 2 orang.

Untuk tiket masuk Desa Wisata Malasari Bogor, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja. Namun, harga tersebut dapat berubah tergantung kebijakan pengelola.

Lokasi dan Rute Menuju Desa Wisata Malasari Bogor

Desa wisata Malasari
Desa wisata malasari Bogor (Photo by goodnewsfromindonesia.id )

Desa Wisata Malasari merupakan alternatif baru objek wisata yang ada di Kabupaten Bogor tepatnya di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Desa Wisata ini mulai dioperasikan pada tahun 2015. Lokasinya berjarak kurang lebih 57 kilometer jika dihitung dari pusat Kota Bogor. Pengunjung akan menghabiskan waktu tempuh selama kurang lebih 2.5 hingga 3 jam jika lalu lintas lancar.

Jalan menuju kawasan Desa Wisata Malasari Bogor rata – rata memiliki kondisi yang baik,namun ada beberapa rute yang jalannya berkelok – kelok dan cukup menanjak.

Tidak perlu khawatir, Desa Malasari memiliki jalan yang cukup besar sehingga dapat diakses oleh kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.

Karena lokasinya yang berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, pengemudi harus berhati – hati saat melewati rute yang berkelok dan menanjak karena kondisi jalanan sering licin akibat udara di sekitar Gunung Halimun tidak menentu.

Awan gelap, kabut, dan juga hembusan udara dingin khas pegunungan akan menemani pengunjung selama perjalanan. Wisatawan yang berencana berlibur di Desa Malasari disarankan untuk memakai baju yang tebal atau membawa jaket agar tidak kedinginan. 

Untuk rute tempuh, pengunjung yang memulai perjalanan dari pusat Bogor akan memulai perjalanannya menuju arah IPB melewati Jl. Raya Cibadak – Ciampea.

Setelah sampai di Ciampea, wisatawan melanjutkan perjalanan dengan belok kearah kiri menuju Jl. Raya Leuwiliang – Bogor. Perjalananann selanjutnya melewati Jl. Raya Leuwiliang – Jl. Raya Sadeng hingga Jl, Raya Kalong II.

Kemudia dari Kalong I Leuwisadeng, belok kiri menuju Jl. Raya Ace Tabrani. Lurus terus menyusuri jalanan hingga tiba di kawasan Desa Wisata Malasari Bogor.

Sepanjang perjalanan wisatawan akan menjumpai beberapa petunjuk jalan atau petunjuk arah yang akan membantu mengarahkan wisatawan menuju desa Malasari. Jika takut tersesat, wisatawan dapat menggunakan Google Maps untuk mempermudah perjalanan. 

Baca juga: Desa Wisata Pujon Kidul Malang: Sejuk nan Segar

Pesona Keindahan Alam dan Budaya

Perkebunan teh di desa wisata malasari
Perkebunan teh (Photo by travelosofi.blogspot.com)

Desa Wisata Malasari Bogor terletak di wilayah kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan merupakan satu dari lima kumpulan Desa Halimun.

Lokasinya yang berada di daerah pegunungan membuat Desa ini memiliki udara yang dingin terutama saat musim hujan datang. Masyarakat sekitar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar keindahan alam tetap lestari dan terjaga.

Berbagai macam jenis flora dan spesies fauna khas Hutan hujan dataran rendah dapat kalian temui di sekitar kawasan Desa Malasari. Beberapa spesies fauna yang dapat ditemui antara lain primata owa jawa, macan tutul, kukang, dan elang jawa.

Untuk flora pengunjung akan banyak menemui tumbuhan endemik hutan hujan tropis tersebar di sekitar kawasan desa. 

Perkebunan teh Nirmala Agung adalah salah satu keindahan alam yang dapat dinikmati di kawasan Desa Malasari Bogor. Kebun teh Nirmala Agung dahulunya merupakan perkebunan teh peninggalan kolonial Belanda yang membentang di tengah kawasan Hutan Halimun.

Kebun teh dirawat dengan baik oleh para pemetik teh dan masyarakat setempat. Kawasan kebun teh ini memiliki udara yang sejuk dan dingin karena sering tertutup oleh kabut pegunungan.

Pengunjung dapat berkunjung ke area kebun teh Nirmala Agung pada dini hari agar dapat menikmati keindahan sunrise dari balik Gunung Salak. Perkebunan teh Nirmala Agung memiliki luas sebesar 11.8 persen dari keseluruhan desa Malasari dan berada pada ketinggian 1800 meter diatas permukaan laut.

Keindahan panorama yang asri dan hijau membuat kebun teh Nirmala menjadi spot foto andalan wisatawan yang sedang berlibur. Tidak hanya menikmati kesejukan udara dan pemandangan kebun teh, pengunjung juga dapat merasakan kehangatan seduhan teh yang telah disediakan setiap pagi hari.

Kebun teh Nirmala merupakan salah satu kebun teh terluas yang ada di Kabupaten Bogor. Sayangnya kebun teh Nirmala Agung ini termasuk kebun teh yang sepi pengunjung bila dibandingkan dengan kebun teh Puncak karena lokasinya yang belum banyak diketahui khalayak luas. 

Desa Wisata Malasari Bogor juga menawarkan keindahan pemandangan terasering yang pesonanya tidak kalah indah dengan terasering yang ada di Bali.

Terasering yang ada di desa Malasari adalah lahan persawahan yang dibuat dengan teknologi konservasi tanah dan air peninggalan leluhur masyarakat desa Malasari jaman dahulu.

Terasering yang bernama Terasering 1001 undak ini menjadi ikon dari kebangkitan industri pariwisata Desa Malasari. Sektor pertanian di desa wisata ini masih mempertahankan sistem kearifan lokal sehingga kondisi lahan pertanian dapat tetap terjaga.

Petani setempat mengelola terasing menggunakan cara tradisional dengan rapi dan tertata. Lahan sawah di desa Malasari ditanami dengan varietas pare gede atau padi gabah besar membuat pemandangan terasering lebih indah. 

Khusus untuk pengunjung yang hobi bermain air, objek wisata ini cocok untuk kalian. Desa Malasari memiliki sungai dengan arus yang cukup deras yaitu sungai Cidurian dan sungai Cikaniki.

Selain sungai, pengunjung dapat bermain air di beberapa curug dan air terjun yang terdapat disekitar area desa. Air terjun yang dapat dikunjungi bernama air terjun Pasakan dan air terjun Bajing.

Untuk pengunjung yang ingin bermain air di curug, desa Malasari memiliki beberapa curug yaitu curug Sawer, Curug Citamiang, dan Curug Piit. Selain seru – seruan sambil bermain air, wisatawan juga dapat mengambil foto dengan background curug ataupun air terjun yang indah.

Tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan alam, Desa Malasari juga memiliki kerajinan gula aren, madu hutan, kerajinan anyaman dari bambu, hingga kesenian tradisional.

Terdapat jembatan kanopi dengan panjang 120 meter dan tinggi kurang lebih 25 meter yang menghubungkan beberapa pohon besar di kawasan desa.

Jembatan kanopi dikelilingi oleh pepohonan tinggi sehingga terkesan seperti sebuah jembatan untuk menyeberangi hutan. Jembatan ini biasanya dijadikan sebagai objek foto dan selfie oleh para wisatawan. Bagi para wisatawan yang ingin mencoba uji adrenalin dapat menaiki jembatan kanopi yang tinggi ini.

Adanya Pendopo Bupati peninggalan tahun 1947 ini membuat desa wisata ini memiliki paket wisata yang lengkap. Mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah semuanya lengkap tersedia. Pendopo Bupati ini konon katanya merupakan cikal bakal dari terbentuknya pemerintahan Kabupaten Bogor.

Terdapat beberapa benda peninggalan bersejarah dengan usia yang tua di dalam bangunan pendopo. Disini pengunjung dapat membaur dengan masyarakat setempat agar dapat merasakan kehangatan penduduk desa Malasari dalam menyambut tamu yang datang.

Penduduk desa yang terkenal ramah membuat para wisatawan nyaman dan betah berada di kawasan desa wisata. Pengunjung dapat belajar pada masyarakat desa tentang cara bercocok tanam maupun memetik teh dengan benar. Masyarakat akan dengan senang hati membagikan ilmu dan kemampuan yang dimiliki kepada pengunjung yang ingin belajar. 

Baca juga: Desa Penglipuran Bali yang Terkenal Hingga Mancanegara

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *